1. Kuliner

18 Makanan Khas Batam yang Lezat & Menggoda Lidah

Kota Batam merupakan kota kecil yang menjadi persimpangan menuju Singapura maupun Malaysia. Oleh karena itu tidak heran jika Batam tumbuh menjadi kota industri karena letaknya yang sangat strategis. Begitu pula dengan industri pariwisata di kota ini, menjadi gerbang masuk ke tiga para wisatawan yang ingin datang ke Indonesia, Bali dan Jakarta membuat kota ini hadir tidak hanya sebagai tempat transit namun juga tujuan wisata dengan pesona wisata maupun makanan khas Batam yang lezat dan menggoyang lidah.

Pesona Jembatan Barelang yang menarik serta beragam kuliner khas dengan cita rasa nikmat sayang untuk dilewatkan saat berkunjung kesini. Kuliner Batam menyajikan perpaduan cita rasa unik dari akulturasi budaya Indonesia, Melayu dan Tiongkok yang pastinya bakal bikin ketagihan mencoba berulang kali. Mau tau apa saja makanan khas Batam yang wajib anda cicipi saat berada disini? Yuk, cek artikel Kuliner Kota berikut ini!

1. Nasi Lemak

Tidak perlu jauh-jauh menyebrang ke Malaysia untuk menikmati Nasi Lemak dengan cita rasa nikmat yang lezat, karena di Batam anda pun juga bisa menikmati kuliner satu ini. Merupakan salah satu makanan khas Batam, Nasi Lemak memiliki cita rasa gurih dan sedikit berminyak karena diolah dengan santan kelapa.

Nasi Lemak Batam
Nasi Lemak, Foto oleh Blog Airy Rooms Com

Kuliner Batam ini disajikan bersama ikan bilis yang ditumbuk halus, telur dadar dan irisan mentimun. Perpaduan cita rasa yang nikmat dalam satu porsi Nasi Lemak bakal bikin anda kenyang dan pastinya ketagihan. Tidak hanya itu, harganya juga terjangkau lho! Mulai dari Rp5.000 saja. Kapan lagi makan nikmat dan tidak menguras kantong kalau bukan kuliner Batam ini pilihannya.

Tempat : Nasi Lemak Mak Ngah Tanjung Riau
Alamat : Tanjung Riau, Kecamatan Sekapung
Harga : Rp5.000/bungkus

2. Sop Ikan Batam

Jika biasanya anda menikmati sop ayam pada beberapa kota di Indonesia, maka saat berada di Batam Sop Ikan Batam juga harus anda cicipi. Merupakan salah satu makanan khas Batam, Sop Ikan Batam berisi ikan, udang, cumi dan bawang goreng yang disajikan bersama kuah segar yang diolah dengan berbagai macam bumbu serta tambahan tomat hijau untuk menambah cita rasa agar lebih segar dan nikmat. 

Soto Ikan Batam
Sop Ikan Batam, Foto oleh Masak Apaya Com

Tidak hanya itu, biar semakin tambah lezat anda juga bisa menambahkan lagi potongan cabe rawit, minyak wijen, kecap dan sawi asin saat menikmati kuliner satu ini. Perpaduan cita rasa segar yang nikmat dan khas bakal bikin anda nagih untuk menyantapnya berulang kali. Ada juga bisa menikmatinya bersama bihun, mie kuning maupun nasi hangat lho! Pastinya bakal bikin anda kenyang lebih lama saat menikmatinya.

Tempat : Rumah Makan Yong Kee
Alamat : Komplek Nagoya City Centre Blok E Nomor8-9, Nagoya
Harga : Rp18.000/porsi

3. Mie Tarempa

Memiliki nama yang unik, Mie Tarempa merupakan salah satu makanan khas Batam yang terbuat dari adonan telur, tepung terigu dan berbagai macam bumbu sehingga memiliki tekstur kenyal dan tebal. Jika, biasanya mie disajikan dengan topping ayam maka Mie Tarempa disajikan dengan dua pilihan topping yaitu daging sapi dan daging ikan.

Mie Tarempa Batam
Mie Tarempa, Foto oleh Kompasiana Com

Selain itu anda juga bisa memilih sendiri mau disajikan dengan kuah atau tanpa kuah lho! Sama-sama nikmatnya tergantung selera saja. Cita rasa gurih yang khas dan kaya rempah bakal bikin perpaduan yang pas di mulut saat anda menyantapnya. Tertarik untuk mencoba kuliner mie satu ini saat di Batam?

Tempat : Mie Tarempa Sei Panas
Alamat : Komplek Graha Mas Blok J Nomor 10-11, Sei Panas, Sungai Panas
Harga : Rp8.000/porsi

4. Luti Gendang

Merupakan salah satu makanan khas Batam, Luti Gendang adalah sebuah roti khas Batam yang bentuk oval atau lonjong memanjang. Luti dalam bahasa Melayu merupakan roti yang terbuat dari tepung dan berisi abon ikan maupun abon ayam yang sudah dicampur dengan berbagai bumbu khas Melayu sehingga cita rasanya nikmat dan lezat.

Luti Gendang Batam
Luti Gendang, Foto oleh Blog Airy Rooms Com

Luti Gendang memiliki tekstur luar yang renyah dan lembut didalam serta bercita rasa gurih yang khas dan nikmat. Apalagi disantap sebagai teman minum kopi maupun teh? Bakal bikin anda tidak puas jika hanya menikmatinya satu biji saja.

Tempat : Lutfi Gendang Original Batam
Alamat : Panbil Mall Food Street Lantai Dasar Nomor 9-10, Muka Kuning, Nongsa
Harga : Rp4.000/biji

5. Mie Sagu

Tidak hanya olahan mie tarempa yang wajib anda cicipi saat di Batam, Mie Sagu juga wajib masuk kuliner yang harus anda coba. Mie Sagu merupakan makanan khas Batam yang memiliki tekstur kenyal, ukuran yang besar serta aroma yang khas dan nikmat saat disantap.

Mie Sagu Batam
Mie Sagu, Foto oleh Foodnesia Net

Disajikan bersama telur, taburan tauge, bakso ikan, udang atau potongan daging ikan membuat makanan satu ini tidak hanya nikmat tetapi juga mengenyangkan. Cita rasa gurih, pedas dan berpadu dengan berbagai bumbu rempah yang khas bakal bikin anda ketagihan untuk mencobanya berulang kali. Apalagi menyantapnya saat malam hari ditemani dinginnya angin malam di Kota Batam? Bikin tambah nikmat dan tidak ingin berhenti mengunyah pastinya.

Tempat : Morning Bakery
Alamat : Teluk Tering, Kecamatan Batam Kota
Harga : Rp15.000/porsi

6. Gonggong

Makanan khas Batam selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah Gonggong. Merupakan salah satu biota laut yang hidup di daerah Riau, Gonggong memiliki bentuk yang hampir mirip dengan keong namun memiliki panjang sekitar 7 cm dan bertekstur kenyal saat dimasak.

Gonggong Batam
Gonggong, Foto oleh Plus Kapan Lagi Com

Gonggong biasa disajikan dengan cara direbus menggunakan air garam dan jahe agar mengurangi aroma amis. Cita rasanya yang khas dan nikmat meskipun hanya diolah dengan cara direbus saja, membuat kuliner ini selalu jadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tapi jangan lupa! Disarankan untuk tidak memakan kakinya karena tajam dan bergerigi. Tertarik untuk mencoba kuliner siput ini?

Tempat : Golden Prawn 933
Alamat : Jalan Bengkong Laut

Harga : Rp15.000/porsi

7. Mie Lendir

Makanan khas Batam tidak lepas dengan namanya kuliner mie, salah satunya Mie Lendir. Terbuat dari campuran mie kuning, mie putih, tauge, telur rebus, potongan cabai hijau, seledri, dan bawang goreng lalu disajikan bersama kuah kental yang berasal dari campuran tepung kanji dan berbagai rempah-rempah di dalamnya. 

Mie Lendir Batam
Mie Lendir, Foto oleh Wisata Go Com

Perpaduan cita rasa manis, gurih dan nikmat membuat Mie Lendir tidak hanya nikmat saat disantap tetapi juga mengenyangkan. Apalagi anda menyatapnya di sore hari saat cuaca mendung? Bikin tidak ingin berhenti mengunyah pastinya.

Tempat : Mie Lendir Kasan Ciblek
Alamat : Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja
Harga : Rp10.000/porsi

8. Bingka Bakar Batam

Mencari kudapan yang manis-manis, anda bisa mencoba Bingka Bakar Batam sebagai pilihannya. Merupakan salah satu makanan khas Batam, Bingka Bakar Batam terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur dan santan yang dimasak menggunakan oven hingga matang. Teksturnya yang padat tapi lembut saat digigit membuat kuliner Melayu satu ini sudah jadi favorit para warga lokal maupun mancanegara saat berada di Kota Batam.

Bingka Bakar Batam
Bingka Bakar Batam, Foto oleh Pariwisata Oleh Oleh Batam WordPress Com

Bingka Bakar Batam juga memiliki berbagai varian rasa lho! Mulai dari pandan, coklat, wijen, keju, buah naga dan berbagai rasa lainnya. pastinya nikmat dan cocok menjadi teman minum kopi maupun teh di sore hari.

Tempat : Kue Bingka Nayadam
Alamat : Ruko Puri Legenda Blok D1 Nomor 3, Batam Centre
Harga : Rp25.000/pack

9. Kerapu Steam

Kerapu Steam Batam
Kerapu Steam, Foto oleh Makan Mana 13 Rssing Com

Kuliner Batam memang banyak mendapatkan akulturasi budaya Melayu salah satunya Kerapu Steam. Merupakan olahan Ikan Kerapu yang dimasak asam pedas dan disajikan bersama kuah kental dan berwarna merah. Cita rasa gurih dan tekstur ikan yang lembut membuat makanan khas Batam yang menyehatkan ini akan semakin nikmat saat disantap bersama dengan nasi hangat.

Tempat : D’steam Peranakan Live Seafood
Alamat : Komplek Seraya Blok II Nomor 2, Seraya, Batu Ampar
Harga : Rp20.000/porsi

10. Mie Kacang Selat Panjang

Mie Kacang Selat Panjang Batam
Mie Kacang Selat Panjang, Foto oleh Good Indonesian Food Com

Berbagai olahan mie bisa jadi pilihan wisata kulineran anda saat di Batam, tidak terkecuali Mie Kacang Selat Panjang ini. Merupakan salah satu kuliner khas Batam, Mie Kacang Selat Panjang disajikan bersama kuah udang atau kuah kacang yang terbuat dari campuran kacang, santan dan bumbu penyedap sehingga memiliki cita rasa gurih yang lezat mirip dengan kuah gado-gado. Unik dan menarik bukan? 

Tempat : Mie Selat Panjang Ciau Kiat
Alamat : Jalan Anggrek Permai, Baloi Indah, Kecamatan Lubuk Baja

Harga : Rp20.000/porsi

11. Nasi Dagong Batam

Nasi Dagong Batam
Nasi Dagong Batam, Foto oleh Food Nesia Net

Mau coba kuliner nasi khas Batam? Anda bisa mencicipi Nasi Dagong Batam. Nasi dagong merupakan kepanjangan dari nasi daging gonggong. Olahan nasi yang dicampurkan dengan daging gonggong dan rempah-rempah lalu dibungkus menggunakan daun pisang sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan nikmat. Nasi Dagong Batam akan terasa semakin nikmat saat disantap sebagai menu sarapan bersama dengan teh tarik. Tertarik untuk mencicipinya?

Tempat : Kedai Teh Tarik Raja
Alamat : Kawasan Batam Centre
Harga : Rp10.000/porsi

Baca Juga : Tips dan Aneka Olahan Daging Kambing Praktis

12. Otak-otak

Otak-Otak
Otak-Otak, Foto oleh Batamraya Com

Siapa sih yang tidak tahu tentang jajanan otak-otak? Hampir di setiap daerah memiliki makanan khas berupa otak-otak. Sama halnya dengan Kota Batam yang juga memiliki kuliner khas berupa otak-otak yang diolah dengan bumbu berbeda. Jajanan ini terbuat dari ikan yang masih segar dan dipadukan bumbu-bumbu alami yang nikmat sehingga membuat cita rasa gurih semakin terasa. Selain itu, makanan khas Batam ini memiliki varian rasa pedas, yang mana dapat menggugah selera.

Tempat : Otak-otak Cabang Batam Centre
Alamat : Teluk Tering,  Kecamatan Batam Kota
Harga : Rp500/biji

13. Layer Cake

Layer Cakes
Layer Cakes, Foto oleh Batamlayercakes Com

Layer Cake khas Batam memiliki bentuk yang hampir sama seperti kue lapis legit. Tampilannya yang menarik dibungkus menggunakan wadah modern dan mudah dibawa membuat kue ini menjadi incaran untuk dijadikan wisatawan sebagai buah tangan. Makanan khas Batam ini memiliki berbagai varian rasa, mulai dari original, cheese, moka, fresh pandan hingga stroberi. Dengan berbagai rasa yang ada membuat jajanan ini meiliki cita rasa manis yang pastinya akan membuat kamu merasa ketagihan untuk membeli dan mencobanya lagi.

Tempat : Lamoist Layers
Alamat : Nagoya Hill Shopping Centre, Jala Teuku Umar, Lubuk Baja Kota
Harga : Mulai Rp200.000 – Rp250.000

14. Ba Kut Teh

B-Kut-Teh
Ba Kut Teh, Foto oleh Rotinrice Com

Kuliner khas Batam satu ini terbuat dari campuran daging babi. Banyak orang yang memfavoritkan makanan ini karena rasanya enak dan bumbu khasnya meresap ke dalam daging babinya. Tekstur dagingnya yang lembut juga membuat kuliner ini menjadi incaran bagi orang-orang yang menyukai olahan daging babi. Sajian ini cocok untuk disantap dalam keadaan yang hangat serta menghadirkan cita rasa manis, pedas dan gurih pada makanan khas Batam ini.

Tempat : Shuang Hong Bak Kut Teh Nagoya Citywalk
Alamat : Nagoya City Walk, Jalan Imam Bonjol, Lubuk Baja Kota
Harga : Rp30.000/porsi

15. Tapis

Tapis
Tapis, Foto oleh Foodnesianet Com

Tapis masuk ke dalam daftar makanan khas Batam yang wajib untuk kamu coba ketika berkunjung ke kota ini. Rasanya hampir sama seperti gonggong namun lebih nikmat dan menggiurkan. Olahan kerang laut tersebut disajikan dalam piring kecil dipadukan dengan sambal cabe rawit. Tambahan sambal itulah yang membuat Tapis memiliki cita rasa yang gurih-gurih pedas dan pastinya bikin nagih.

Tempat : Restoran Jawa-Melayu
Alamat : Daerah Piayu Laut
Harga : Rp10.000/porsi

16. Teh Obeng

Teh-Obeng
Teh Obeng, Foto oleh Goodnews Com

Selain sajian makanan, di Batam juga memiliki minuman khas yang dikenal dengan nama Teh Obeng. Minuman ini selain dapat melepas dahaga, juga dapat menyehatkan badan karena mengandung beberapa khasiat. Teh Obeng memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan teh manis pada umumnya, namun teh ini terbuat dari teh pilihan yang berkualitas sangat baik sehingga rasanya lebih enak dan beraroma khas ketika diseduh.

Tempat : Rumah Makan Batandur
Alamat : Komplek Ruko Panbil Mall Blok E Nomor 3A, Muka Kuning, Sei Beduk
Harga : Rp3.000/gelas

17. Es Pisang Hijau

Es Pisang Hijau
Es Pisang Hijau, Foto Oleh Goodnewsfromindonesia

Saat berkunjung ke Batam, tak lengkap rasanya bila tidak menyempatkan waktu untuk mencoba Es Pisang Hijau. Minuman khas ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung terigu berwarna hijau kemudian disiram kuah serta fla yang manis. Dengan perpaduan yang pas menciptakan cita rasa manis dan menghilangkan dahaga. Tidak heran jika Es Pisang Hijau menjadi favorit masyarakat Batam. Minuman ini sangat nikmat ketika diminum saat cuaca di Batam sedang terik-teriknya.

Tempat : La Tansa Es Pisang Ijo
Alamat : Jalan Tembesi, Buana Bukit Permata Mutiara Nomor 26, Tembesi, Sagulung
Harga : Mulai Rp7.500 – Rp15.000

18. Sate Jumbo

Sate-Jumbo
Sate Jumbo, Foto oleh Joekogaul Blogspot Com

Kuliner khas Batam satu ini sama seperti jenis-jenis sate pada umumnya, namun sate yang ada di Batam memiliki ukuran yang lebih besar lho. Sate Jumbo memiliki dua varian daging yaitu daging ayam dan daging kambing. Dengan potongan daging yang lebih besar membuat para penikmatnya merasa puas ketika memakan sate ini. Tekstur dagingnya yang lembut dan bumbu kecap yang manis, mampu menciptakan cita rasa sangat khas dan tentunya nikmat.

Tempat : Restoran Sate Jumbo
Alamat : Kompleks Dana Graha, Nagoya
Harga : Rp7.500/tusuk Sate Ayam dan Rp8.500/tusuk Sate Kambing

Berbagai pilihan menu kuliner khas Batam bakal memanjakan lidah anda saat singgah di kota ini. Jangan sampai anda hanya sebatas transit sesaat tanpa mencicipi berbagai kuliner disini ya sobat Kuliner Kota! Pastinya Kota Batam tidak akan membuat anda menyesal dengan ragam kuliner khasnya maupun destinasi yang menarik, jika anda menjadwalkan lebih lama berada di kota ini. Jadi, mau pulang kampung maupun berlibur? Sempatkan untuk berada di kota ini lebih lama.

Baca Juga : 7 Pusat Oleh-Oleh Khas Batam

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 18 Makanan Khas Batam yang Lezat & Menggoda Lidah
  • 22 Juni 2020

    Makanan khas Batam emang paling mengoda untuk semua dicipi sih, 🙂

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

  Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

Trending

Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]