Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Resep Tempe Bacem Sederhana dan Menggugah Selera

2 min read

Tempe Bacem

Bagi kalian para pecinta kuliner manis pasti sudah tidak asing dengan masakan bacem. Yaps, bacem merupakan masakan khas Indonesia yang didominasi rasa manis, legit yang bikin siapa saja tergoda. Kalian bisa mengolah aneka bahan seperti tempe, tahu ataupun ayam menjadi bacem. Untuk itu, bagi kalian yang ingin menghadirkan menu bacem, Kuliner Kota punya resep tempe bacem sederhana ala rumahan yang bisa dicoba. Pastinya juga harganya ekonomis namun cita rasanya sekelas restoran di hotel berbintang. Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Sejarah Bacem

Sebelum kalian mencoba resep tempe bacem ala Kuliner Kota, perlu diketahui bacem merupakan makanan tradisional Indonesia yang identik dengan kota Jawa Tengah. Yaps, kota Jawa Tengah memang terkenal memiliki panganan khas dengan cita rasa manis terkhusus Kota Yogyakarta. Masakan bacem sendiri tidak semata-mata datang begitu saja di Jogja. Pangan ini hadir akibat dari adanya peristiwa tanam paksa atau cultuurstelsel oleh pemerintah kolonial Belanda di pertengahan abad ke-19.

Masyarakat pada masa itu dipaksa untuk menanam tebu di perbatasan timur Yogyakarta. Hasil panen yang begitu melimpah diolah menjadi gula, melimpahnya produksi gula akibat panen tersebut mengakibatkan merosotnya harga gula. Oleh sebab itulah saking melimpahnya gula dan harga murah, masyarakat mengolah beberapa makanan menggunakan gula.

Itulah sebabnya, kita bisa menikmati olah masakan bacem dengan cita rasa manis dan gurih sampai hari. Selain punya cita rasa manis yang khas, bacem juga jadi salah satu alternatif untuk mengawetkan makanan loh. Tapi sebelum itu, yuk coba kreasikan resep tempe bacem ala Kuliner Kota ini terlebih dulu.

 

Resep Tempe Bacem
Resep Tempe Bacem, Foto oleh Healty Detik Com

 

Resep Tempe Bacem

Untuk menghasilkan cita rasa tempe bacem yang nikmat layaknya di Jogja, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini. Pastikan baca resep bacem tempe sampai lengkap yang sobat Kuliner Kota.

 

Bahan Membuat Tempe Bacem

 

  • ¼ sendok teh ketumbar bubuk,
  • Jinten bubuk seperempat sendok teh,
  • 50 Gram gula merah,
  • 1 Batang sereh yang sudah di geprek,
  • 4 Lembar daun jeruk,
  • 2 Papan tempe potong menjadi 8 bagian,
  • Margarine untuk menggoreng secukupnya,
  • Penyedap rasa secukupnya,
  • Air secukupnya,

 

Cara Membuat Bacem Tempe

 

  1. Panaskan margarine dengan api sedang,
  2. Tumis bumbu, jintan bubuk, ketumbar bubuk, gula merah, sereh yang sudah di geprek, daun jeruk dan jahe,
  3. Tambahkan sedikit air dan penyedap rasa setelah bumbu harum,
  4. Masukkan tempe yang sudah dipotong-potong. Tunggu bumbu meresep kira-kira 10 menit sampai 15 menit,
  5. Setelah bumbu benar-benar merasap, angkat dan sajikan.

Bagaimana mudah bukan resep tempe bacem ala Kuliner Kota diatas? Untuk satu kali memasak resep bacem tempe tersebut bisa untuk 3 orang – 5 orang. Dengan range budget kira-kira kurang dari Rp20.000 serta waktu memasaknya sekitar 30 menit.

 

Tempe Bacem
Tempe Bacem, Foto oleh Mommy Asia Id

 

 

 

Kadungan Gizi Tempe Bacem

Kandungan nutrisi dalam satu potong tempe bacem terdiri dari 49 kkal kalori, 3,1g lemak, 2,23h karbohidrat dan 3,37g protein. Jadi, pastinya akan membuat kamu lebih berenergi jika mengkonsumsinya sebagai menu sarapan ataupun makan malam.

 

Tips Memasak Tempe Bacem 

Agar kreasi resep tempe bacem yang kamu buat terasa lezat dan makin menggugah selera, jangan lupa gunakan api kecil, aduk sesekali dan gunakan air secukupnya. Proses ini bertujuan untuk membuat bumbu bisa meresap sempurna dan tempe bacem lebih awet sampai berhari-hari.

Jadi, tertarik mengkreasikan tempe bacem di rumah sobat Kuliner Kota! Kalian bisa menikmatinya bersama nasi hangat, jadah ataupun uli ketan lho sebagai pelengkapnya. Semua sama-sama nikmatnya, tergantung selera saja. Jadi, mau memasak tempe bacem, atau tahu tempe bacem hari ini?

 

Last Updated on November 19, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *