1. Oleh-Oleh Khas

10 Oleh-Oleh Khas Bengkulu yang Terkenal & Paling Dicari

Kota Bengkulu dikenal dengan julukan bumi Rafflesia karena merupakan daerah pertama kali ditemukannya bunga Rafflesia. Tak hanya dikenal akan keindahan bunga Rafflesia serta berbagai tujuan wisata yang menarik nan eksotis, kota Bengkulu juga dikenal dengan ragam kuliner bercita rasa lezat dan nikmat. Puas kulineran dan memanjakan mata anda di tempat ini, berburu oleh-oleh khas Bengkulu juga harus masuk agenda wajib saat berada disini.

Berbagai oleh-oleh khas Bengkulu mulai dari makanan khas, pernak-pernik sampai souvenir ikon kota Rafflesia ini harus jadi buah tangan anda untuk keluarga dirumah. Oleh karena itu, Kuliner Kota punya 10 rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa jadi pilihan anda. Mau tau apa saja oleh-oleh tersebut? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Batik Besurek

Kain batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang hadir dengan berbagai motif-motif khas di setiap daerahnya. Saat berada di Bengkulu anda bisa membawa pulang kain Batik Besurek sebagai salah satu cinderamata untuk keluarga di rumah. Batik Besurek khas Bengkulu ini memiliki ciri khas motif kaligrafi dengan huruf asli Bengkulu yaitu Kaganga dan dipadukan dengan motif lain seperti rembulan, relung paku, bunga rafflesia serta burung kuau.

Batik Besurek Bengkulu
Batik Besurek, Foto oleh Google Com

Proses pembuatannya yaitu dengan cara tulis menggunakan canting sehingga membutuhkan waktu lama dan kualitasnya bagus. Anda bisa membawa oleh-oleh khas Bengkulu ini dalam bentuk kain maupun sudah menjadi berbagai model pakaian. Untuk mendapatkan Batik Besurek sebagai buah tangan, anda bisa membelinya di Gallery Batik pada seluruh Kota Bengkulu.

2. Lempuk Durian

Lempuk Durian Bengkulu
Lempuk Durian, Foto oleh Buka Lapak Com

Bagi anda pecinta Durian, maka kuliner ini cocok menjadi buah tangan anda, Lempuk Durian. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang mirip dengan dodol, namun terbuat dari campuran gandum dan buah durian. Rasanya yang legit dan manis serta mampu bertahan lama membuat oleh-oleh ini selalu jadi favorit wisatawan untuk dibawa pulang maupun cemilan dalam perjalanan. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah karena Lempuk Durian di jual di berbagai pusat oleh-oleh di Kota Bengkulu. Untuk harganya juga terjangkau, cukup Rp25.000 – Rp50.000 saja.

3. Manisan Terong

Manisan Terong Bengkulu
Manisan Terong, Foto oleh Shopee Co Id

Jika biasanya terong digoreng maupun di sayur, maka saat di Bengkulu anda bisa membawa terong dalam bentuk manisan. Manisan Terong merupakan oleh-oleh khas Bengkulu berbahan dasar terong ungu dan gula pasir. Teksturnya yang kenyal dan rasanya manis membuat oleh-oleh Bengkulu ini bercita rasa mirip dengan buah kurma. Tak hanya nikmat Manisan Terong juga awet dan tahan lama jadi cocok dijadikan buah tangan dan dibawa dalam jarak tempuh yang jauh. Jika, anda tertarik membawanya pulang maka kunjungilah pusat oleh-oleh di Bengkulu dengan harga mulai Rp8.000 saja per kotaknya.

4. Sirup Kalamansi

Tidak hanya kuliner dengan cita rasa nikmat yang bisa anda jadikan buah tangan, minuman menyegarkan khas Bengkulu juga bisa jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Sirup Kalamansi, merupakan salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang terbuat dari campuran sari jeruk kalamansi dan gula pasir. Cita rasanya yang khas dan nikmat serta dipercaya memiliki berbagai macam khasiat untuk tubuh cocok jika menjadi buah tangan untuk dibawa pulang.

Sirup Kalamansi Bengkulu
Sirup Kalamansi, Foto oleh Jawara Food Blogspot Com

Anda juga bisa menikmati Sirup Kalamansi dalam keadaan dingin maupun hangat lho! Jadi, minuman satu ini memang cocok jadi pilihan dalam segala suasana. Untuk bisa membawa kesegaran Sirup Kalamansi sebagai buah tangan, cukup mengeluarkan budget mulai dari Rp5.000 – Rp45.000 saja per botolnya. Murah bukan?

5. Perut Punai

Perut Punai Bengkulu
Perut Punai, Foto oleh Google Com

Mendengar nama oleh-oleh satu ini cukup unik, Perut Punai. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang berbentuk menyerupai isi perut burung punai yang melilit-lilit serta melingkar. Perut Punai terbuat dari tepung terigu, gula, garam dan berbagai bahan lainnya. Memiliki dua varian rasa yaitu manis dan gurih, jadi anda bisa memilihnya sesuai selera. Tidak hanya itu harganya yang terjangkau mulai dari Rp10.000 saja per bungkusnya. Selain itu Perut Punai juga tahan lama, sehingga cocok dibawa kemanapun.

6. Kue Bay Tat Bengkulu

Kue Bay Tat Bengkulu
Kue Bay Tat Bengkulu, Foto oleh Buka Lapak Com

Mau bawa kue khas Bengkulu sebagai oleh-oleh? Anda bisa memilih Kue Bay Tat Bengkulu sebagai alternatif pilihannya. Merupakan oleh-oleh khas Bengkulu berbahan dasar terigu, gula, santan kelapa dan margarin. Memiliki isian selai nanas atau selai kelapa dan teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis membuat oleh-oleh ini cocok jadi teman minum kopi maupun teh. Untuk mendapatkan Kue Bay Tat Bengkulu sebagai oleh-oleh, anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh di Kota Bengkulu dengan harga mulai dari Rp20.000 saja.

7. Kue Siput Kacang

Kue Siput Kacang Bengkulu
Kue Siput Kacang, Foto oleh Ramah Traveler Com

Bagi anda yang suka ngemil, cobalah untuk membawa Kue Siput Kacang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Kue Siput Kacang merupakan salah satu oleh-oleh khas Bengkulu berbahan dasar kacang tanah, gandum dan gula pasir. Teksturnya renyah dengan cita rasa manis yang pas cocok untuk menemani acara  ngopi maupun minum teh di sore hari. Tertarik membawanya sebagai buah tangan?

8. Emping Bengkulu

Emping Bengkulu
Emping Bengkulu, Foto oleh Bisma Bekraf Go Id

Emping Bengkulu merupakan oleh-oleh khas Bengkulu yang terbuat dari biji buah melinjo yang direbus lalu di memarkan dan goreng. Cita rasanya yang nikmat dan khas membuat makanan khas Bengkulu ini, cocok jadi teman ngemil saat nonton Tv maupun disuguhkan untuk tamu. Anda juga bisa membawanya dalam keadaan mentah maupun matang lho! Tergantung selera anda. Untuk mendapatkan Emping Bengkulu ini, anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Kota Bengkulu.

9. Kerupuk Gurita

Kerupuk Gurita Bengkulu
Kerupuk Gurita, Foto oleh Yenni Fitrias Blogspot Com

Bengkulu memang terkenal memiliki berbagai pantai indah nan eksotis, oleh karena itu seafood menjadi salah satu pilihan kuliner yang banyak ditawarkan disini. Untuk oleh-oleh berbau seafood anda bisa membawa Kerupuk Gurita sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Perpaduan rasa gurih dan asin yang khas pada Kerupuk Gurita membuat oleh-oleh ini cocok untuk teman makan berbagai menu favorit anda maupun sebagai camilan. Apalagi bisa awet dan tahan lama? Jadi cocok di bawa kemanapun tanpa takut kadaluarsa.

10. Kerajinan Kulit Lantung

Kerajinan Kulit Lantung Bengkulu
Kerajinan Kulit Lantung, Foto oleh Twitter Com

Mau bawa berbagai souvenir unik khas Bengkulu? Anda bisa memilih Kerajinan Kulit Lantung sebagai pilihan. Lantung merupakan kulit kayu khas bengkulu yang memiliki tekstur kasar dan berserabut serta memiliki warna yang unik dan menarik. Kerajinan Kulit Lantung sendiri memiliki berbagai macam pilihan seperti tas, gantungan kunci miniatur bunga rafflesia dan berbagai pilihan lainnya. Pastinya oleh-oleh satu ini bakal jadi kenang-kenangan yang tidak bisa terlupakan jika anda membawanya pulang sebagai buah tangan.

Berbagai pilihan oleh-oleh khas Bengkulu bisa anda jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Jangan sampai anda pulang dengan tangan kosong ya sobat Kuliner Kota! Ingat orang-orang di rumah selalu menunggu kepulangan anda, oleh karena itu maniskan suasana dengan membawa buah tangan untuk keluarga setelah anda berpergian ke suatu kota.

Baca Juga : 10 Makanan Khas Bengkulu Ini Terkenal lezat & Wajib Dicoba

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Oleh-Oleh Khas Bengkulu yang Terkenal & Paling Dicari

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending