Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Resep Onde-Onde Isi Keju Lembut dan Enak Banget

2 min read

Onde-onde

Siapa sih yang nggak tahu dengan jajanan tradisional enak dan bikin ketagihan ini? Iya, Onde-onde. Jajanan jadul yang banyak ditemui di pasar-pasar tradisional ataupun pedagang makanan keliling. Onde-onde digandrungi oleh masyarakat Indonesia karena tekstur dan isiannya yang empuk, juga kulit luarnya yang manis. Nah, bicara tentang isian kue Onde-onde, ternyata ada berbagai varian isinya yang sudah berkembang lho, mulai dari kacang hijau, isi coklat, keju, ubi ungu, rainbow dan masih banyak varian unik lain. Untuk itu bagi pecinta jajanan tradisional, tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah ketika ingin merasakan enaknya onde-onde, kamu bisa membuat onde-onde sendiri dengan menggunakan resep onde-onde isi keju yang tentunya simpel dan low budget. Penasaran? Yuk, bayar rasa penasaran kamu dengan simak ulasan lengkap artikel di bawah ini.

Sejarah Onde-Onde

Di Indonesia Onde-onde sudah ada sejak zaman dahulu, namun, kue bulat satu ini bukan asli dari negara kita, makanan tradisional tersebut berasal dari Tiongkok yang dibuat sekitar 1045-256 SM. Onde-onde di bawa ke Indonesia oleh pedagang Tiongkok pada tahun 1300-1500 SM. Jajanan tradisional ini terkenal di Mojokerto sampai disebut dengan kota Onde-onde sejak zaman Majapahit.

Di angkat oleh Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming. Kue ini merupakan sebuah lambang dari keselamatan dan kebersamaan. Dan ternyata onde-onde juga punya banyak sebutan di sebagian daerah. Ladeui, salah satu sebutan Onde-onde pada masa kekaisaran Dinasti Tang. Sementara untuk sebagian masyarakat Tiongkok Utara menyebutnya dengan Matuan. Berbeda lagi ketika sudah berada di daerah lain, ada yang menyebutnya Ma Yuan dan Jen Dai.

Dahulu, Onde-onde yang dibawa dari negeri Tiongkok berbeda dengan Onde-onde yang ada di Indonesia. Masyarakat Tiongkok dulu hanya menggunakan pasta gula merah saja sebagai isiannya. Dan semenjak jajanan ini berkembang di Indonesia, barulah perubahan mulai muncul seperti isian kacang hijau, ubi ungu dan bahan lainnya yang sudah di sesuaikan dengan lidah masyarakat kita. Onde-onde terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat, digoreng kemudian permukaannya ditaburi wijen. Semula di dalamnya berongga kemudian diisi dengan berbagai varian rasa.

Resep Onde-Onde

Jika kamu sedang ingin makan kue Onde-onde dan kebetulan jauh dari pasar tradisional, jangan bingung, praktekkan resep onde-onde isi keju ala Kuliner Kota di bawah ini. Pastikan kamu menyelesaikan setiap langkahnya dengan baik dan benar. Untuk mempersingkat waktu memasaknya siapkan terlebih dahulu bahan-bahan dan baca lengkap artikel cara membuat onde-onde di bawah ini.

Bahan Onde-Onde

  • Bahan Kulit Onde-onde:
  • 50 gram kentang (kukus dan haluskan),
  • 65 gram gula pasir,
  • 100 gram wijen,
  • 250 gram tepung ketan putih,
  • 180 ml air hangat,
  • ½ sdt garam,
  • Minyak goreng secukupnya,
  • Bahan isi Onde-onde keju:
  • 25 gram keju parut,
  • 50 gram gula pasir,
  • 75 gram kacang hijau kupas (rendam sekitar 1 jam),
  • 100 ml santan,
  • ¼ sdt garam,
  • 1 lembar daun pandan yang sudah disimpul,

Cara Membuat Onde-Onde Keju

Resep Onde-onde
Resep Onde-onde, Foto Oleh Cooking With Dog Com
  1. Untuk membuat isiannya. Kukus kacang hijau sekitar 20 menit sampai terlihat mengembang, kemudian angkat.
  2. Tambahkan garam, simpul daun pandan, gula pasir, dan santan, aduk semua bahan tersebut hingga tercampur kalis.
  3. Tambahkan keju parut, aduk hingga merata.
  4. Angkat dan biarkan. Jika sudah dingin, timbang masing-masing dengan berat 10 gram.
  5. Buat bulatan adonan, dan selesai untuk membuat isiannya.
  6. Untuk membuat kulit Onde-onde. Siapkan wadah lalu masukan tepung ketan putih, gula pasir, garam dan kentang. Aduk sampai rata.
  7. Tuang air hangat perlahan sambil diaduk hingga adonan kalis dan licin.
  8. Timbang masing-masing adonan seberat 20 gram dan selesai membuat kulit Onde-ondenya.
  9. Beralih ke tahap akhir. Ambil adonan kulit yang sudah dibentuk bulat tadi, kemudian pipihkan,
  10. Taruh adonan isi tersebut ke atas kulit Onde-onde. Bungkus adonan isi dengan kulit adonan kemudian bulatkan.
  11. Bolak-balikkan adonan jadi tersebut di atas biji wijen.
  12. Siapkan penggorengan. Panaskan minyak goreng.
  13. Goreng adonan menggunakan api kecil. Aduk sampai mengembang.
  14. Besarkan api kompor, lalu goreng kembali onde-onde hingga berwarna kuning kecoklatan.
  15. Angkat dan sajikan.

Cukup mudah bukan mengikuti resep onde-onde keju di atas? Nah, jika mau membuat Onde-onde lebih banyak, kamu hanya tinggal menambah jumlah bahan seperti kentang, tepung ketan, keju parut, kacang hijau dan bahan lainnya. Untuk resep membuat onde-onde di atas, kamu membutuhkan waktu sekitar 100 menit ketika ingin membuatnya. Sedangkan budget sendiri sekitar Rp25.000 saja untuk mendapatkan 30 buah kue Onde-onde. Jadi, pastinya kamu semakin tertarik bukan mencoba resep onde-onde ala Kuliner Kota diatas?

Kandungan Gizi Onde-Onde

Cara Membuat Onde-onde
Cara Membuat Onde-onde, Foto Oleh Grid Id

Selain empuk dan gurih, Onde-onde juga mengandung berbagai kandungan gizi yang menyehatkan bagi tubuh kita lho. Ketika kamu mengonsumsi satu buah Kue Onde-onde maka akan mendapatkan 101 kal kalori, 1,83 gram lemak, 19,42 gram karbohidrat, 1,51 gram protein, 0,8 gram serat, 3,23 gram gula, 28 miligram sodium dan 35 miligram kalium.

Cukup lengkap bukan? Recommended banget nih, apalagi saat musim hujan dijadikan camilan sebagai teman ngeteh atau kopi hangat di rumah. Kamu juga bisa menambahkan susu cair maupun keju parut sebagai taburan di atas kue onde-onde sebagai pelengkap lho sobat Kuliner Kota. Jadi, mau camilan praktis, hemat dan nikmat? Yuk cobain membuat jajanan tradisional dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat dan resep onde-onde diatas!

Last Updated on November 19, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

One Reply to “Resep Onde-Onde Isi Keju Lembut dan Enak Banget”

  1. Kak, kakak ahli gizi ya? Lulusan mana kak? Soalnya semua resep di web, kakak selalu nampilin nilai gizi dari makanannya 😂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *