Ini Dia Resep Dimsum Ayam yang Mudah dan Dijamin Enak!

Dimsum Ayam (sumber: Pixabay)
Dimsum Ayam (sumber: Pixabay)
Daftar isi

Dimsum ayam memang bukan makanan asli dari Indonesia, tetapi kelezatannya sudah cukup terkenal di seluruh Nusantara. Tak kalah populer dengan jajanan lainnya, resep dimsum ayam cukup mudah dicari, lho.

Sobat Kuliner bisa menemukan jajanan satu ini di pedagang kaki lima hingga restoran hotel mewah. Cara membuat dimsum ayam sederhana dan terbilang cukup praktis. Bagi Sobat Kuliner yang ingin mencoba resep dimsum ayam di rumah, maka artikel Kuliner Kota ini cocok untuk jadi panduan memasak kamu. Yuk, simak resep dimsum ayam enak berikut ini!

Dimsum Ayam, Jajanan Lezat yang Bikin Ketagihan

Dimsum merupakan makanan yang terbuat dari daging yang kemudian dibungkus dengan kulit pangsit. Isian dagingnya pun dapat disesuaikan dengan selera, lho. Salah satu daging yang terkenal enak sebagai isian dimsum adalah daging ayam. Rasa gurih dari daging ayam membuat kudapan satu ini semakin nikmat. 

Jajanan ini merupakan makanan khas Tiongkok yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Terlepas sebagai camilan, dimsum diketahui memang cukup banyak disantap sebagai menu hidangan utama. Biasanya dipadukan dengan saus ‘cocol’ asam manis yang menambah kenikmatan jajanan ini.

Cara bikin dimsum ini hampir sama seperti membuat siomay lho, Sobat Kuliner. Hanya saja, dimsum dibungkus dengan kulit pangsit dan diberi topping parutan wortel. Rasanya gurih dan lezat, terlebih ketika masih hangat dengan tambahan saus sebagai cocolan. Belum lagi jika ditambah varian isian lain, misalnya jamur ataupun sayur-sayuran. Hmm.. nikmatnya bukan main!

Artikel Terkait

Baca Juga:  10 Resep Sahur Enak Sederhana yang Bisa Kamu kreasikan di Rumah

Kandungan Kalori pada Dimsum Ayam

Kandungan Kalori Dimsum Ayam (sumber: Pixabay)
Kandungan Kalori Dimsum Ayam (sumber: Pixabay)

Jika Sobat Kuliner pecinta olahan ayam, tentu jenis dimsum satu ini sudah tak asing lagi, dong. Nah, kali ini ada dimsum yang dikukus dengan isian potongan ayam yang gurih dan dipadukan dengan kulit siomay yang lembut. Mengutip dalam Nutritionix, dalam 1 dimsum ayam ukuran 758 gram, ada sebanyak 1.484 kalori di dalamnya. Ini dia rincian kalori pada dimsum ayam tersebut:

  • Lemak: 62% atau 40 gram lemak
  • Karbohidrat: 58% atau 174 gram karbohidrat
  • Protein: 106 gram protein
  • Sodium: 177% sodium
  • Vitamin A: 20% vitamin
  • Vitamin C: 50% vitamin
  • Kalsium: 80% kalsium

Tips Cara Membuat Dimsum Ayam

Supaya terasa lebih enak, ada beberapa tips cara membuat dimsum ayam sederhana yang bisa Sobat Kuliner simak sebelum membuat resep dimsum ayam ini.

  • Gunakan bahan-bahan dimsum ayam yang masih segar. Tidak hanya daging ayamnya saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga perhatikan kualitas tepung dan bahan lain. Pastikan bahan-bahan dimsum ayam tersebut belum kadaluarsa, ya.
  • Sebagai bahan utama, gunakan daging ayam dalam jumlah banyak dan gunakan tepung hanya sebagai bahan tambahan untuk memberi tekstur sedikit kenyal sekaligus untuk menyatukan adonan.
  • Untuk mendapatkan cita rasa dimsum yang gurih, gunakan daging ayam giling yang berasal dari fillet paha ayam. Bagian tersebut lebih banyak mengandung lemak sehingga akan lebih gurih, moist, dan sedikit lebih kenyal.
  • Kukus dimsum hingga matang dan hindari mengukus terlalu lama supaya daging ayam dalam dimsum tidak terasa ‘kering’. Jangan lupa untuk menggunakan kulit dimsum yang tipis atau kulit pangsit yang memang dikhususkan untuk jenis pangsit rebus.
  • Buatlah saus pendamping kamu sendiri. Ada dua tipe saus yang bisa Sobat Kuliner buat, yaitu saus merah dan saus kecap asin. Saus merah dapat dibuat dari bawang merah, bawang putih, garam, dan cabai. Sedangkan, saus kecap asin dapat dibuat dari kecap asin dan potongan cabai. 
Baca Juga:  5 Resep Salad Buah Enak dan Praktis, Cocok untuk Jualan di Rumah

Resep Dimsum Ayam Enak

Ingin menikmati dimsum ayam namun malas keluar rumah untuk beli di pedagang atau restoran? Yuk, coba bikin dimsum ayam sendiri di rumah! Cara membuat dimsum ayam ini sederhana dan cukup praktis, kok. Dengan bahan baku yang mudah ditemukan, Sobat Kuliner juga bisa mencoba resep dimsum ayam ini sendiri di rumah. Resep dimsum ayam ini dijamin enak dan lembut!

Recipe By Kuliner Kota
Course: Starter Cusine:Chinese Difficulty:Medium

Servings

8 minutes

Preparing Time

45 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

94 kcal

INGREDIENTS

  1. 500 gram daging ayam giling (bahan utama)

  2. 100 gram udang (opsional) (bahan utama)

  3. 200 gram tepung tapioka atau kanji (bahan utama)

  4. 2 butir telur ayam (bahan utama)

  5. 3 batang daun bawang, cincang halus (bahan utama)

  6. 1 buah wortel ukuran sedang (bahan utama)

  7. Kulit pangsit secukupnya (bahan utama)

  8. 4 siung bawang putih, haluskan (bahan bumbu)

  9. 1 ½ sdm minyak wijen (bahan bumbu)

  10. 1 sdm saus tiram (bahan bumbu)

  11. 1 sdm kecap asin (bahan bumbu)

  12. ½ sdt lada bubuk (bahan bumbu)

  13. 1 sachet kaldu bubuk rasa ayam (bahan bumbu)

  14. ½ sdt garam atau sesuai selera (bahan bumbu)

Baca Juga:  Resep Es Mojito (Non-Alkohol) Segar, Sejarah, & Info Kalori

DIRECTION

  1. Cuci bersih daging ayam giling lalu haluskan dengan blender atau chopper. Sisihkan.

  2. Kupas kulit udang lalu cuci hingga bersih. Kemudian haluskan udang dengan blender atau chopper<em>. </em>Sisihkan.

  3. Kupas dan cuci wortel hingga bersih, lalu parut wortel hingga halus. Sisihkan.

  4. Campurkan daging ayam dan udang yang sudah dihaluskan tadi dan tambahkan telur serta daun bawang cincang, aduk hingga rata.

  5. Tambahkan semua bahan bumbu lalu aduk rata supaya daging tercampur dengan bumbu.

  6. Tambahkan tepung tapioka atau kanji ke dalam olahan daging, kemudian aduk rata kembali agar semua bahan benar-benar tercampur rata. Adonan dimsum sudah jadi.

  7. Ambil selembar kulit pangsit dan isi dengan 1 sendok makan adonan dimsum. Kemudian lipat rapi bagian pinggirnya.

  8. Beri topping<em> </em>parutan wortel di atas dimsum secukupnya. Lakukan tahap ini hingga semua adonan habis.

  9. Panaskan pengukus. Setelah panas, kukus dimsum hingga benar-benar matang, sekitar 25-30 menit.

  10. Setelah dimsum matang, sajikan dengan kecap dan saus.

  11. Dimsum ayam siap disajikan selagi hangat.

NOTES

Itulah resep dimsum ayam sederhana yang enak ala rumahan. Kini Sobat Kuliner tidak perlu lagi membeli dimsum ayam di pedagang atau restoran karena sudah bisa menggunakan resep dimsum ayam ini di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi!

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *