1. Resep

Cara Membuat Chicken Karage Simple yang Renyah dan Lezat

Pernahkah Sobat Kuliner mengunjungi gerai fast food Jepang atau membeli produk olahan ayam frozen? Jika sudah, pasti Sobat Kuliner sudah tidak asing dengan sajian satu ini. Chicken karage merupakan salah satu hidangan berbahan dasar ayam yang gurih dan lezat. 

Penasaran dengan cara membuat chicken karage ini? Yuk, simak artikel Kuliner Kota berikut ini untuk mengetahui kandungan gizi hingga resep chicken karage yang renyah dan lezat!

Chicken Karage, Ayam Goreng ala Jepang yang Lezat

Bosan dengan masakan ayam goreng yang hanya itu-itu saja? Sobat Kuliner bisa nih mencoba membuat chicken karage atau ayam goreng ala Jepang yang gurih dan lezat yang dibuat dari dada ayam fillet yang dibalut dengan tepung bumbu dan digoreng dengan krispi. Karage sendiri merupakan teknik memasak khas Jepang, dimana bahan makanan yang digunakan dimasak melalui dua tahap penggorengan. 

Meskipun memasaknya perlu melalui dua tahap penggorengan, cara membuat chicken karage tidaklah susah dan cukup mudah untuk dicoba. Tidak hanya menggunakan bagian dada ayam saja, hidangan ala Jepang ini juga bisa dibuat menggunakan bagian paha ayam karena dagingnya lebih lembut dan juicy walaupun digoreng deep fry sampai garing bagian luarnya.

Membuat hidangan karage berbahan dasar ayam seperti ini yang rasanya otentik khas resto Jepang ternyata cukup mudah, lho. Walaupun cara membuatnya terdengar mudah, Sobat Kuliner tetap perlu berhati-hati dalam membuat hidangan ala Jepang ini karena cara membuat dan menggorengnya akan mempengaruhi tekstur akhir sajian renyah ini.

Kandungan Gizi pada Chicken Karage

Seperti yang kita ketahui, ayam banyak mengandung vitamin B6 yang diperlukan oleh tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, memproduksi sel darah merah, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Jika Sobat Kuliner merupakan pecinta olahan ayam, hidangan daging ayam yang digoreng ala Jepang ini pasti akan menjadi favorit kamu. Tidak hanya rasanya yang gurih dan lezat, per porsi 100 gram chicken karage ternyata mengandung bermacam gizi, lho! Berikut rincian informasi gizi pada hidangan ala Jepang tersebut: 

  • Energi: 1225 kl
  • Lemak: 18 gr
  • Protein: 12 gr
  • Karbohidrat: 21 gr
  • Sodium 360 mg 

Tips Cara Membuat Chicken Karage Anti Gagal

Nah, sebelum lanjut ke resepnya, ada baiknya Sobat Kuliner tahu lebih dulu mengenai tips cara membuatnya. Berikut tips cara membuat chicken karage agar masakan yang kamu buat anti gagal:

  • Pilih fillet ayam bagian dada atau paha untuk hasil yang lebih lembut.
  • Potong ayam menggunakan pisau yang tajam dan kuat atau yang terbuat dari bahan stainless steel berkualitas. Pisau jenis seperti ini akan memudahkan kamu memotong daging ayam.
  • Apabila fillet ayam disimpan dalam kulkas, diamkan sebentar fillet ayam dalam suhu ruang supaya ayam bisa matang sempurna hingga ke bagian dalam saat digoreng,

Resep Chicken Karage Renyah dan Gurih

Selain cara membuatnya yang tidak susah, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan ala Jepang satu ini juga tidak banyak dan mudah dicari, lho. Berikut resep chicken karage renyah dan gurih yang bisa Sobat Kuliner gunakan:

Recipe By Kuliner Kota
Course: Main Course Cusine:Japanese Difficulty:Medium

Servings

3 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

1125 kcal

INGREDIENTS

  1. 300 gram ayam fillet, potong dadu besar (bahan rendaman)

  2. 60 ml susu cair (bahan rendaman)

  3. 2 siung bawang putih, haluskan (bahan rendaman)

  4. 1 cm jahe, haluskan (bahan rendaman)

  5. ½ sdt kecap asin (bahan rendaman)

  6. ¼ sdt garam (bahan rendaman)

  7. ¼ sdt merica (bahan rendaman)

  8. ¼ sdt kaldu bubuk (bahan rendaman)

  9. Minyak goreng secukupnya (bahan rendaman)

  10. 100 gr tepung terigu (bahan baluran)

  11. 50 gr tepung maizena (bahan baluran)

  12. ¼ sdt garam (bahan baluran)

  13. ¼ sdt merica (bahan baluran)

DIRECTION

  1. Siapkan wadah lalu campur dan aduk rata semua bahan rendaman.

  2. Lumuri ayam fillet dengan bumbu rendaman yang sudah dicampur tadi hingga merata, Diamkan dan simpan di dalam kulkas minimal 1 jam agar bumbu meresap sempurna.

  3. Siapkan wadah lalu campur dan aduk semua bahan baluran hingga merata.

  4. Nyalakan api dan panaskan minyak.

  5. Ambil ayam lalu gulingkan ke bahan baluran sambil ditekan-tekan agar bahan baluran menempel pada ayam. Goreng ayam pada minyak panas dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat ayam lalu tiriskan.

  6. Ayam karage yang renyah dan gurih siap disajikan. Di Jepang, karage ini dinikmati bersama potongan lemon dan onigiri.

NOTES

Nah, itulah tadi cara membuat chicken karage yang simple dan lezat. Tidak perlu membeli di restoran Jepang atau membeli frozen food-nya, Sobat Kuliner hanya perlu menyiapkan bahan lalu menggunakan resep di atas untuk membantu kamu membuat sajian chicken karage yang lezat. Hidangan ala Jepang ini juga cocok untuk disantap oleh anak-anak, lho. Selamat mencoba ya, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Membuat Chicken Karage Simple yang Renyah dan Lezat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]