1. Oleh-Oleh Khas

16 Rekomendasi Makanan Oleh Oleh Khas Wonogiri Jawa Tengah

Wonogiri terkenal akan wilayah dengan sederet spot wisatanya. Namun, salah satu daerah di selatan Jawa Tengah tersebut juga cukup terkenal sebagai tempat untuk berburu aneka kuliner. Maka dari itu, berkunjung ke Wonogiri rasanya tidak lengkap jika belum berburu buah tangan khasnya. Berikut rekomendasi makanan oleh oleh khas Wonogiri Jawa Tengah yang paling diburu wisatawan!

Rekomendasi Makanan Oleh-Oleh Khas Wonogiri Jawa Tengah

1. Cabuk Wonogiri

Cabuk merupakan makanan khas asli Wonogiri yang terbuat dari biji wijen mentah yang disangrai, kemudian ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan air. Setelah itu, adonan tepung wijen dikukus dan dicampur dengan parutan kelapa, daun pisang yang dibakar, cabe, bawang, gula jawa dan juga daun kemangi. Hmm.. membayangkannya saja sudah terasa lezatnya, bukan? 

Cabuk Wonogiri (Sumber: @ika_kusumadewi on Instagram)

Bentuk Cabuk disebut mirip dengan otak-otak dan memiliki warna hitam. Cabuk paling nikmat disantap dengan nasi putih tapi banyak juga yang lebih suka menikmatinya dengan nasi Tiwul. Jika kamu tertarik membeli Cabuk, kamu bisa dapatkan di Pasar Kota Wonogiri dengan harga Rp7.500 – Rp10.000 per porsinya.

2. Brem Wonogiri

Makanan oleh oleh khas Wonogiri selanjutnya adalah Brem. Brem merupakan sejenis makanan ringan berbahan dasar fermentasi sari ketan yang dimasak dan kemudian dikeringkan sebelum dikemas untuk disantap. Ketika masuk ke dalam mulut, Brem akan langsung meleleh sehingga menyantap jajanan satu ini akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Brem Wonogiri (Sumber: @tokosnacknguter on Instagram)

Walaupun, ada Brem Bali dan Brem Madiun, Brem Wonogiri ini memiliki ciri khas yang unik. Bentuknya lebih bulat, berwarna putih, dan rasanya lebih manis daripada Brem yang lain. Bagaimana? Cukup membuat penasaran, ya?

3. Nasi Tiwul

Sudah biasa mendengar nasi merah dan nasi putih, kali ini terdapat Nasi Tiwul  yang merupakan masakan oleh oleh khas Wonogiri. Nasi Tiwul Wonogiri dibuat dari olahan singkong sehingga memiliki citarasa manis yang khas dan berwarna coklat cantik. Untuk melengkapi citarasanya agar semakin lezat dan gurih, biasanya Nasi Tiwul diberi gula merah serta taburan parutan kelapa.

Nasi Tiwul Wonogiri (Sumber: @bumbueco on Instagram)

Apabila Sobat Kuliner ingin mencobanya, Sobat Kuliner dapat mengunjungi salah satu warung di daerah Ngadirejo Km. 4, Bulusulur, Wonogiri yang menyediakan paket Nasi Tiwul dan lauk dengan harga mulai dari Rp8.000 – Rp20.000 an saja per porsinya. Selain itu, Sobat Kuliner juga dapat mengunjungi Pondok Degan dekat RS. Maguan Husada dengan harga yang sama. 

4. Lentho

Beralih ke makanan oleh oleh khas Wonogiri yang lain, Lentho menjadi buah tangan berupa camilan kuno yang terbuat dari kacang Tolo dan parutan singkong yang diberi bumbu rempah pilihan. Singkong direbus terlebih dahulu hingga lunak, kemudian kacang Tolo dan singkong dicampur hingga membentuk adonan dan diberi bumbu rempah agar rasanya gurih dan lezat.

Lentho Wonogiri (Sumber: @dapurcleguk on Instagram)

Tak hanya enak, harga Lentho juga terjangkau dan mudah dijumpai di pasar tradisional Wonogiri bahkan di warung-warung pinggir jalan. Lentho merupakan salah satu masakan oleh oleh khas Wonogiri yang diburu wisatawan dan wajib dijajal ketika kamu berkunjung ke daerah tersebut.

5. Besengek Tempe

Besengek Tempe merupakan makanan oleh oleh khas Wonogiri Jawa Tengah yang diolah dari bahan utama yakni tempe mlanding atau tempe petai cina yang diolah menggunakan bumbu khas sehingga memberikan citarasa yang kuat dan gurih serta beraroma ketumbar. Biasanya, Besengek Tempe dicampur bersama cabe ijo, petai, atau kulit biji melinjo. 

Besengek Tempe (Sumber: @sriadiani on Instagram)

6. Tempe Benguk

Tempe Benguk merupakan salah satu makanan oleh oleh khas Wonogiri yang pembuatannya bukan dari kedelai biasa tetapi dibuat dari kacang koro asli dari hasil pertanian Wonogiri yang tumbuh subur. Tempe Benguk bisa diolah dengan berbagai macam cara, seperti digoreng dengan bumbu yang sama dengan tempe biasa atau di bacem, atau diolah secara “Sengek”.

Tempe Benguk (Sumber: @mimin_go_karmini on Instagram)

Sengek merupakan salah satu cara mengolah Tempe Benguk yang paling dikenal. Caranya yaitu mengolahnya dengan bumbu berbagai rempah kemudian ditambah dengan santan. Olahan Tempe Benguk dapat didapatkan di semua pasar tradisional Wonogiri dengan merogoh kocek Rp2.000 – Rp4.000 saja. Biasanya, isi untuk satu porsi terdiri dari empat potong Tempe Benguk.

7. Wader Goreng

Sobat Kuliner sudahkah pernah mencoba Wader Goreng? Sesuai namanya, makanan oleh oleh khas Wonogiri satu ini terbuat dari ikan wader yang diolah dengan cara digoreng.  Ikan wader sendiri merupakan ikan berukuran kecil yang ada di rawa atau kolam air tawar. Wader ini seringkali ditemui di daerah wisata Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri.

Wader Goreng (Sumber: @the.lucky.belly on Instagram)

Selain enak disajikan bersama sepiring nasi yang masih panas, wader goreng juga cocok untuk dijadikan sebagai camilan di waktu santai. Soal harga, Sobat Kuliner tak perlu khawatir karena kuliner satu ini dibanderol dengan harga Rp40.000 – Rp60.000 per kilogramnya. Cocok untuk dinikmati ramai-ramai bersama keluarga ataupun teman.

8. Kacang Mede Wonogiri

Nah, buat Sobat Kuliner yang suka ngemil, Kacang Mede asli Wonogiri bisa jadi buah tangan kamu untuk dibawa pulang! Cemilan ringan berbahan dasar biji jambu mede ini memiliki rasa yang gurih dan bertekstur renyah. Wonogiri sendiri memiliki lahan jambu mede seluas 20.000 hektar lebih sehingga dimanfaatkan untuk bahan pangan bernilai jual tinggi. Walaupun begitu, kacang mede wonogiri menjadi salah satu buah tangan paling digemari wisatawan saat berkunjung ke Wonogiri.

Kacang Mede Wonogiri (Sumber: @mete_saribaru_wonogiri on Instagram)

Untuk mendapatkan kacang mede Wonogiri ini juga tidaklah sulit, Sobat Kuliner dapat mengunjungi toko oleh-oleh yang tersebar di Kota Wonogiri atau mengunjungi toko pusat oleh oleh khas Wonogiri “Mete Super” yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Wonogiri atau ke Mete Sabar Subur yang berlokasi di Jalan Kutilang 4 No. 30, Wonogiri.

9. Roti Gaplek

Selanjutnya ada Roti Gaplek yang merupakan salah satu rekomendasi makanan oleh oleh khas Wonogiri. Gaplek merupakan sebutan lain dari ketela pohon yang menjadi bahan utama pembuatan roti satu ini. Roti Gaplek memiliki berbagai varian rasa mulai dari coklat, kayu manis, cokelat jahe, dan masih banyak lagi. 

Roti Gaplek (Sumber: @tazzadinaturale on Instagram)

10. Ayam Panggang Wonogiri

Untuk Sobat Kuliner yang kali ini mencari makanan oleh oleh khas Wonogiri untuk membuat perut kenyang, menyantap Ayam Panggang Wonogiri merupakan pilihan tepat. Menyantap Ayam Panggang Wonogiri akan semakin lengkap apabila ditemani dengan sambal dadak, urap sayur bumbu kelapa, dan juga minuman segar pelepas dahaga. Ayam panggang ini merupakan salah satu makanan yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Wonogiri.

Ayam Panggang Wonogiri (Sumber: @omahewhawin on Instagram)

11. Emping

Sobat Kuliner pasti sudah tidak asing dengan emping, bukan? Meski bisa dibilang emping ada di hampir semua daerah di Indonesia, namun Emping khas Wonogiri ini cukup berbeda. Ketika emping lain dibuat dari biji melinjo, emping khas Wonogiri ini tidak harus dibuat dari biji melinjo. Emping khas Wonogiri ini bisa terbuat dari tepung yang mengandung pati.

Emping (Sumber: @hernisartikanoviani on Instagram)

Sobat Kuliner bisa mendapatkan emping khas Wonogiri ini dalam keadaan mentah atau sudah digoreng. Biasanya mudah ditemui di pasar tradisional hingga pusat oleh-oleh. Soal harganya, emping dijual dengan harga yang bervariasi tetapi relatif terjangkau.

12. Geti Biji Wijen

Bagi Sobat Kuliner pecinta makanan manis, Sobat Kuliner dapat mencoba Geti Biji Wijen. Makanan oleh oleh khas Wonogiri Jawa Tengah satu ini tentu terbuat dari bahan utamanya yakni wijen. Kemudian ditambahkan gula jawa dan jahe mirip dengan ampyang tetapi bedanya ampyang terbuat dari kacang tanah. 

Geti Biji Wijen (Sumber: @komukinofest on Instagram)

Dengan citarasa yang gurih dan manis menjadi Geti Biji Wijen camilan yang cocok dinikmati ketika sedang bersantai. Untuk per bungkusnya biasanya dihargai sekitar Rp5.000 – Rp7.000 saja. Tak perlu takut basi, Geti Biji Wijen dapat bertahan hingga 1 bulan, lho.

13. Jangan Lombok Ijo

Jangan dalam Bahasa Jawa artinya adalah sayur. Orang Wonogiri lebih mengenal sebutan Sayur Lombok Ijo dengan Jangan Lombok Ijo. Oleh oleh khas Wonogiri satu ini dibuat dari cabe hijau keriting dipotong-potong kecil, kemudian dibumbui seperti sayur lodeh lalu diberi santan. Biasanya akan lebih nikmat jika disantap dengan Nasi Tiwul dan lauk Cabuk Wijen.

Jangan Lombok Ijo (Sumber: @haniahumii on Instagram)

Untuk bisa mendapatkan Jangan Lombok Ijo, Sobat Kuliner dapat menemukannya di rumah atau warung makan di Wonogiri dengan mudah. Mereka menjualnya bersamaan dengan nasi atau lauk pauk lainnya. 

14. Tahu Wonogiri

Rekomendasi makanan oleh oleh khas Wonogiri Jawa Tengah selanjutnya adalah tahu khas Wonogiri. Kuliner satu ini merupakan salah satu makanan merakyat yang mudah ditemui di seluruh daerah di Indonesia. Untuk tahu khas Wonogiri memiliki ciri yang berbeda dengan tahu pada umumnya, Sobat Kuliner. Tahu Wonogiri ini lebih awet dan memiliki tekstur yang lebih keras serta memiliki ukuran yang lebih mungil.

Tahu Wonogiri (Sumber: @prendierlin on Instagram)

15. Pecel Mie Pentil

Pecel khas Wonogiri satu ini berbeda dengan pecel pada umumnya. Pecel ini terbilang sangat unik karena menyajikan mie pentil sebagai pelengkapnya. Mie pentil sendiri adalah mie yang dibuat menggunakan bahan ubi pohon atau lebih dikenal dengan tepung tapioka sehingga teksturnya lebih kenyal ketimbang mie pada umumnya. Ukurannya pun juga lebih besar daripada mie lainnya.

Pecel Mie Pentil (Sumber: @rasasayange on Instagram)

Untuk isian pecel mie pentil ini terdiri dari sayuran segar seperti kecambah lamtoro, daun pepaya, bayam, wortel, dan kacang panjang yang disusun sedemikian rupa sehingga nampak rapi dan cantik yang kemudian disiram dengan sambal pecel khasnya yang menggoyang lidah. Hmm.. Bagaimana Sobat Kuliner? Tertarik mencicipi?

16. Pindang Kambing

Sesuai namanya, makanan oleh oleh khas Wonogiri satu ini diolah dari daging kambing. Berbeda dengan olahan kambing lainnya, Pindang Kambing khas Wonogiri ini terbuat dari gaplek atau singkong yang sudah dikeringkan. Gaplek kemudian digiling menjadi tepung kemudian dimasak hingga menyerupai bubur. Setelah itu ditambahkan jeroan kambing, kikil, dan tulang-tulang kambing.

Pindang Kambing (Sumber: @solo.foodie on Instagram)

Aroma khas dari bubur gaplek tersebutlah yang menjadikan Pindang Kambing ini memiliki ciri khas. Selain itu, Pindang Kambing disajikan bersamaan dengan daun jati. Satu bungkus Pindang Kambing ini dijual dengan harga Rp1.000 – Rp5.000 untuk satu porsinya. Jika Sobat Kuliner tertarik, dapat berkunjung ke Warung Sinem di wilayah Ngadirejo dusun Sambirejo, Wonogiri yang terkenal menyediakan Pindang Kambing Wonogiri yang lezat.

Nah, itulah sederet rekomendasi masakan oleh oleh khas Wonogiri Jawa Tengah yang cocok untuk dibawa pulang. Apakah Sobat Kuliner sudah tentukan ingin bawa pulang yang mana?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 16 Rekomendasi Makanan Oleh Oleh Khas Wonogiri Jawa Tengah

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending