Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

18 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Populer 2020

7 min read

Jogja Scrummy

Sebagai kota yang kaya akan budaya dan terkenal dengan keramahan warganya, Jogja tidak pernah gagal untuk membuat pengunjungnya ingin terus berdatangan. Karena itu juga, masyarakat Jogja juga selalu memiliki sesuatu yang unik dan khas untuk dipersembahkan bagi para pelancong yang datang. Kota Jogja dikenal dengan nama kota Gudeg sudah bisa dipastikan kuliner kota Jogja khas dengan cita rasa manis, pedas dan pastinya lezat. Singgah di Jogja tak lengkap rasanya bila tak membawa buah tangan khas Kota Istimewa untuk keluarga tersayang. Beragam pilihan oleh-oleh yang unik, legendaris, kekinian, dengan rasa manis, gurih, dan pedas semuanya tersedia! Oleh-oleh khas Jogja pun dibanderol dengan harga yang terjangkau dan ramah bagi kantong para wisatawan. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang bisa masuk list dan dicicipi ketika singgah di kota ini:

1. Bakpia Kukus Tugu Jogja


Buah tangan khas Jogja satu ini, merupakan inovasi terbaru dan kekinian dari bakpia. Jika biasanya bakpia tersedia dalam 2 kategori yakni bakpia basah dan kering. Lain halnya dengan Bakpia Kukus Tugu Jogja. Seperti pada namanya, bakpia ini diolah dengan cara dikukus dengan berbagai varian rasa dan isian di dalamnya. 

Bakpia Kukus
Bakpia Kukus Jogja, Foto oleh Qupas Id

Tekstur yang dihasilkan oleh Bakpia Kukus ini sangat lembut, sekali gigitan saja isinya akan terasa lumer dimulut. Tersedia dalam berbagai varian rasa seperti, Bakpia Kukus rasa coklat, keju, dan juga kacang merah. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yakni dengan harga Rp25.000/kotak, berisi 10 Bakpia Kukus. Menggoda bukan sajian oleh-oleh khas yang satu ini?

2. Bakpia Pathok

Ke Jogja tidak lengkap rasanya jika belum membawa buah tangan khas dari Kota Istimewa yang satu ini. Yah, Bakpia Pathok sudah memiliki nama dihati para turis lokal yang singgah di Kota Yogyakarta. Bakpia Pathok terbuat dari campuran kacang hijau dan gula, kemudian dibalut dengan tepung yang menghasilkan rasa enak dengan teksturnya yang lembut. Sudah terbayang nikmatnya saat makan Bakpia Pathok bukan? 

Bakpia Pathok
Bakpia Pathok Jogja, Foto oleh Beli Bakpia com

Saat ini Bakpia Pathok terus berinovasi untuk menghadirkan rasa yang lebih kaya akan variasi, agar tetap diminati para wisatawan. Bakpia Pathok yang awalnya hanya rasa kacang hijau, kini tersedia dalam beberapa varian seperti coklat, keju, green tea, dan red velvet. Oleh-oleh yang satu ini memang wajib anda bawa pulang saat bertandang ke Jogja.

3. Geplak

Ada begitu banyak pilihan oleh-oleh kuliner khas kota Jogja yang memiliki cita rasa manis, salah satunya adalah Geplak. Kue Geplak berbentuk bulat dengan tampilannya yang berwarna-warni. Geplak terbuat dari bahan dasar seperti parutan kelapa dan gula merah atau gula pasir yang membuat rasanya manis.

Geplak
Geplak Jogja, Foto oleh Ini Baru Id

Keunikan kue bulat dan berwarna-warni dengan cita rasa manis ini adalah pada kemasannya yang dibalut dengan bambu anyaman. Tentunya akan semakin diminati dan dicari para wisatawan maupun warga lokal. Kini kue Geplak memiliki varian warna putih, merah, hijau, kuning dengan balutan rasa jahe, stroberi dan juga durian.

4. Jogja Scrummy

Kota Jogja tak ketinggalan menjadi ladangnya usaha kuliner para artis yang semakin marak membuka usaha pada ranah kuliner saat ini, salah satunya adalah Jogja Scrummy milik Dude Harlino. Jogja Scrummy merupakan perpaduan antara kue brownies kukus dan puff pastry yang atasnya dilapisi oleh krim dengan rasa manis. 

Jogja Scrummy
Jogja Scrummy Jogja, Foto oleh Gudeg Net

Memiliki bentuk persegi panjang dilengkapi dengan berbagai varian rasa seperti, taro, cokelat, keju, srikaya, mangga, kue kacang, wortel, dan masih banyak lagi. Satu kotak Jogja Scrummy dibanderol mulai harga Rp45.000. Bagi kalian yang penasaran dengan kelezatan Jogja Scrummy, bisa langsung dicicipi ketika berkunjung ke kota Jogja.

5. Geblek

Jika mendengar namanya pasti terdengar unik dan lucu, yah! Geblek merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Jogja. Geblek terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu bawang yang memiliki bentuk unik yakni angka delapan. Makanan ini biasanya tersedia dalam bentuk mentahan yang bisa kapan saja di goreng di rumah. Bagaimana? Tertarik untuk mencicipinya? Tidak lengkap rasanya ke Jogja khususnya Kulon Progo bila tak mencoba olahan Geblek.

Geblek Jogja
Geblek Jogja, Foto oleh Tawangsari Pengasih Desa Id

6. Yangko

Kue mochi khas Jogja ini tak pernah sepi dari serbuan wisatawan. Yangko merupakan salah satu kuliner tradisional khas dari Yogyakarta. Tampilannya yang berwarna-warni menjadi daya tarik tersendiri untuk oleh-oleh khas jogja kue yang satu ini.

Kue ini terbuat dari olahan tepung ketan yang kemudian dibalut dengan tepung dibagian luarnya, olahan ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Oleh-oleh khas Jogja ini memiliki rasa manis dan legit yang bisa memanjakan pecinta kuliner dengan rasa manis. Untuk satu kotak Yangko dibanderol mulai harga Rp10.000. Yangko ini banyak dijual di hampir semua pusat oleh-oleh di jogja, karena memang yangko banyak digemari wisatawan dari luar.

Yangko
Yangko Jogja, Foto oleh ini Baru Id

Menggiurkan bukan? Jangan lupa beli Yangko sebagai buah tangan ketika singgah di kota Jogja ya!

7. Jadah Tempe 

Jadah Tempe merupakan makanan tradisional khas dari Yogyakarta yang menjadi favorit para raja jaman dahulu. Jadah Tempe merupakan olahan sederhana yang terbuat dari ketan yang dicampurkan dengan tempe bacem, tak lupa dilengkapi dengan parutan kelapa yang bisa menghadirkan cita rasa gurih pada makanan khas satu ini. 

Jadah Tempe
Jadah Tempe Jogja, Foto oleh Good Indonesian Food Com

Jadah Tempe memiliki perpaduan yang pas yakni rasa gurih dari parutan kelapa, rasa manis yang dihasilkan dari bacem tempe, dan rasa pedas pada cabe rawitnya. Jadah Tempe juga dikenal sebagai Burger Jawa karena cara penyajiannya yang sama persis dengan burger. Jadah Tempe bisa dijadikan pilihan buah tangan ketika bertandang ke kota Yogyakarta. 

8. Walang Goreng

Kuliner khas yang satu ini terbilang cukup ekstrim! Sajian khas walang atau belalang goreng ini pasalnya berasal dari Gunung Kidul. Rasa gurih dan renyah menjadi hal yang membuat penikmat walang goreng ketagihan. Harga yang dibanderol cukup terjangkau, yakni berkisar Rp20.000 – Rp30.000 saja.

Walang Goreng
Walang Goreng Jogja, Foto oleh Brilicious Brilio Net

Jangan khawatir soal rasa dari oleh-oleh khas ini, Walang Goreng rasanya gurih dan kaya kandungan protein. Pilihan varian rasa untuk oleh-oleh ini adalah gurih, pedas, dan bacem, dicicipi. Menarik bukan sajian oleh-oleh yang satu ini?

9. Coklat Monggo

Suka makan cokelat? Jangan lupa singgah ke Coklat Monggo khas Jogja. Olahan cokelat khas perpaduan antara Jawa, Sumatra dan Sulawesi ini memiliki cita rasa yang khas. Coklat Monggo merupakan hasil karya dari Tiery Doturney asal Belgia dengan warga lokal Jogja. Coklat yang berdiri sejak tahun 2005 ini memiliki varian rasa susu, karamel, durian, stroberi, mangga hingga rasa cabe merah pun tersedia disini. Olahan Coklat Monggo ini berbahan dasar dari dark chocolate dengan prosentase hingga 69 persen, yang dikemas dengan packaging yang elegan, klasik, dan modern. Jangan lupa mampir dan membeli Coklat Monggo yang tingkat kelezatan dan kenikmatannya tidak kalah dengan coklat yang berasal dari negara Belgia ini ya!

Coklat Monggo
Cokelat Monggo Jogja, Foto oleh Adira Co Id

10. Gudeg Kalengan

Kuliner apa yang menjadi icon kota Jogja? Ya, kuliner khas Gudeg! Memiliki cita rasa yang khas menjadi daya tarik wisatawan yang selalu ramai untuk ingin berkunjung ke Jogja dan menikmati sajian khas Gudeg Jogja.

Jika biasanya Gudeg tersedia dalam 2 (dua) kategori yakni Gudeg basah dan Gudeg kering, kali ini semakin banyak inovasinya yang membuat Gudeg semakin terlihat kekinian.

Gudeg Kaleng
Gudeg Kaleng Jogja, Foto oleh Blog Trip Cetera Com

Gudeg Kalengan saat ini hadir bagi wisatawan yang ingin menikmati olahan Gudeg dengan cara yang lebih praktis. Gudeg merupakan olahan yang terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan kental dilengkapi dengan sambal krecek, menggiurkan bukan? 

Kuliner Gudeg Kalengan memiliki komposisi yang sama seperti Gudeg pada umumnya. Tetapi Gudeg Kalengan memiliki masa kadaluarsanya yang cukup lama tanpa mengubah rasa dari makanan itu sendiri. Dikemas dalam bentuk kalengan agar memudahkan wisatawan membawa bepergian dalam jarak yang jauh tanpa rasa khawatir akan basi. Jadi jangan lupa membeli Gudeg Kalengan khas Jogja ya!

11. Mamahke Jogja

Mamahke Jogja
Mamahke Jogja, Foto oleh Shop Lionparcel Com

Jika anggota keluarga kamu menyukai kue namun memiliki selera rasa yang berbeda beda, kue yang satu ini cocok banget buat kamu jadikan oleh-oleh khas Jogja. Kue dari pasangan artis Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo memiliki 6 varian rasa yang semuanya endes. 6 varian rasa yang ada yaitu kacang ijo, tiramisu, red velvet, green tea coklat, coklat pisang, coklat keju. Rasanya yang legit siap memanjakan lidah kamu. Untuk harganya pun dipatok mulai dari Rp60.000 hingga Rp65.000 lho. Jika kamu ingin datang ke gerainya, Mamahke Jogja berada di Jalan Taman KT 1/329, tepatnya di selatan pintu masuk Tamansari.

12. Keripik Welut

Keripik Belut
Keripik Belut, Foto oleh Cookpad Com

Kabar baik buat sobat Kuliner kota yang ingin membeli oleh-oleh khas Jogja bercita rasa gurih dan renyah, olahan keripik belut ini bisa menjadi pilihan kamu. Olahan belut yang gurih dan lezat dijamin akan membuat kamu ketagihan. Keripik belut bisa dengan mudah kamu dapatkan di Pusat Kuliner Belut Godean di Sleman. Belut krispi dengan ukuran kecil, sedang hingga besar ada disini. Untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, belut diolah dari belut yang segar dan menggunakan minyak goreng yang selalu bersih. Harganya pun cukup terjangkau. Cukup merogoh kocek sebesar Rp30.000 kamu sudah mendapatkan 1 kilogram kripik ini

13. Bakpia Princess Cake

Bakpia Princess
Bakpia Princess, Foto oleh Flickriver Com

Jika biasanya bakpia pathok berukuran kecil, bakpia Princess Syahrini ini ukurannya lebih besar dari bakpia biasanya. Tampilan dan rasanya tentu saja spesial. Jika bakpia pada umumnya hanya berisi kacang hijau atau coklat, bakpia princess memiliki beberapa varian rasa yang lebih kekinian seperti Tiramisu, Double Cheese hingga Durian. Untuk  mendapatkan kudapan ini sebagai oleh-oleh khas Jogja kamu bisa dengan mudah menemukannya di beberapa tempat seperti stasiun Tugu, Malioboro dan tempat lainnya. Bakpia ini dibanderol dengan harga Rp65.000/kotaknya. Cukup bikin ketagihan bukan?

14. Wedang Uwuh/Wedang Sampah

Wedang Uwuh
Wedang Uwuh, Foto oleh Tribunnews Com

Sudah pernah mencoba wedang sampah? Jika belum, sesekali cobalah menikmati hidangan wedang yang unik khas Jogja ini. Disebut uwuh/sampah karena minuman ini dibuat dengan rendaman berbagai rempah-rempah. Meskipun dibuat dengan berbagai macam rempah, wedang uwuh rasanya tidak pahit seperti jamu, melainkan manis dan pedas dari jahe. Rasanya yang nikmat dan menghangatkan sangat cocok untuk kamu nikmati saat hujan. Minuman ini juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, seperti mengatasi sakit perut dan lambung. Jika penasaran dengan wedang ini, kamu bisa mencarinya di daerah Malioboro atau di Pasar Beringharjo.  

15. Peyek Mbok Tumpuk

Peyek Mbok Tumpuk
Peyek Mbok Tumpuk, Foto oleh Tribunnews Com

Cemilan khas Jogja yang juga wajib kamu bawa pulang adalah Peyek Mbok Tumpuk yang sudah pernah mendapat rekor MURI ini. Hal itu disebabkan karena Peyek Mbok Tumpuk yang memiliki berat yang melebihi peyek pada umumnya. Jika peyek biasanya berbentuk pipih dan rapuh, beda lagi dengan Peyek Mbok Tumpuk ini. Bentuknya lebih tebal dan besar karena memang dibuat dari beberapa lempeng peyek yang ditumpuk. Berkat Peyek Mbok Tumpuk, camilan tradisional ini sudah banyak digemari oleh beberapa turis mancanegara lho. Untuk setiap setengah kilogramnya, kamu hanya mengeluarkan budget sekitar Rp20.000. Cukup murah bukan?

16. Kue Mochi (Mochi Sakura)

Mochi Sakura
Mochi Sakura, Foto oleh Jogja Idntimes Com

Ternyata Jogja juga punya kue mochi yang nggak kalah nikmatnya dengan mochi Jepang. Kue mochi Sakura teksturnya kenyal dan lembut, sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja untuk disantap bersama keluarga. Sakura mochi ada banyak varian rasanya, bahkan ada juga mochi dengan isian es krim lho. Namun, kue mochi tidak bisa bertahan lebih dari 2 hari. Untuk itu, segera santap kue ini setibanya kamu dirumah ya. Jajanan ini bisa kalian jumpai di sekitar Malioboro Mall dengan kisaran harga Rp20.000/15 biji dan kalian mendapatkan mochi ukuran mini. Sedangkan mochi premium dibanderol mulai Rp22.000 hingga Rp55.000.

17. Kripik Tempe Sagu

Keripik Tempe Sagu
Keripik Tempe Sagu, Foto oleh Cookpad Com

Tempe memang bahan makanan yang dapat diolah menjadi hidangan apa saja, salah satunya menjadi keripik tempe sagu. Keripik tempe ini sangat unik dan jarang ditemui di daerah lain, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja. Sesuai dengan namanya, keripik tempe inovasi masyarakat Bantul ini terbuat dari campuran sagu. Teksturnya lebih empuk dari tekstur keripik tempe biasanya yang digoreng dengan tepung. Untuk membelinya, kalian bisa singgah di toko Mbak Nah Keripik Tempe Sagu Shop, Bantul.

18. Brownies Ubi Ungu

Brownis Ubi Ungu
Brownis Ubi Ungu, Foto oleh Beautynesia Com

Brownies berbahan dasar coklat itu sudah biasa, namun brownies dengan bahan dasar ubi ungu inilah yang tidak biasa. Oleh-oleh khas Jogja ini rasanya nggak kalah manis dan nikmat loh dengan brownies berbahan dasar coklat. Teksturnya yang lembut juga cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan. Selain itu, brownies ini juga mengenyangkan pastinya. Jika tertarik untuk memborongnya, langsung saja ke Toko Kue Violetta yang mempelopori hadirnya brownies ubi ungu di Jogja ini. 

Bagaimana, sudah menentukan tanggal untuk jalan-jalan ke Jogja bersama teman atau keluarga? Sekarang kamu tidak perlu bingung untuk menentukan oleh-oleh yang akan dibeli, karena 18 oleh-oleh khas Jogja di atas wajib untuk kalian bawa pulang ketika singgah ke kota ini. Soal rasa, tidak perlu ditanyakan lagi! Kuliner kota Jogja memang juara dan pastinya bikin ngangenin. Paduan cita rasa terbaik dengan harga terjangkau, pas di kantong!! Jadi, mau bawa berapa banyak oleh-oleh khas Jogja untuk keluarga di rumah?

Last Updated on September 22, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Sisca Dwi Rachmawati
Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

One Reply to “18 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Populer 2020”

  1. Bakpia tetap juaranya sih, tapi kalo next ke Jogja lagi mau nyoba beli yg lainnya ahh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *