Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Low Budget dan Populer

6 min read

Dodol Betawi

Jakarta merupakan kota metropolitan yang menjadi tujuan banyak orang untuk bekerja, keperluan bisnis, hingga pariwisata. Jakarta menyimpan banyak keunikan tersendiri bagi siapa saja yang singgah di kota ini. Budaya Betawi yang masih kental hingga berbagai fasilitas umum yang akan memudahkan pengunjung kota.

Jauh-jauh datang ke Kota Jakarta tidak lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh khasnya. Jika anda hanya mengenal dodol betawi sebagai oleh-oleh khas Jakarta, maka ulasan Kuliner Kota kali ini akan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang  berbagai oleh-oleh khas dari Ibukota, yang pastinya nikmat dan recommended untuk menjadi buah tangan keluarga di rumah.

Mau tau apa saja oleh-oleh khas Jakarta yang direkomendasikan oleh Kuliner Kota? Yuk, cek artikel berikut ini ya! 

1. Bir Pletok

Bir Pletok Jakarta
Bir Pletok Jakarta, Foto oleh Oleh oleh Jakarta Co Id

Jika mendengar nama Bir Pletok pasti anda akan berpikir minuman khas Betawi ini tidak bisa menjadi buah tangan untuk keluarga di rumah ya? Minuman khas Betawi yang terbuat dari berbagai macam rempah seperti batang serai, daun pandan, jahe, dan berbagai rempah-rempah lainnya ini diolah dengan cara direbus, sehingga membuat minuman khas betawi ini nikmat dan pastinya menyehatkan. Untuk memudahkan anda membawanya sebagai oleh-oleh, Bir Pletok dikemas dalam kemasan botol siap minum dan juga serbuk untuk kemasan yang lebih praktis dan tahan lama. 

2. Roti Buaya

Roti Buaya Jakarta
Roti Buaya Jakarta, Foto oleh Toko Mesin Com

Jika anda melihat Roti Buaya hanya pada seserahan dalam pernikahan adat Betawi, kini Roti Buaya berubah menjadi oleh-oleh khas Jakarta yang bisa anda bawa pulang untuk keluarga di rumah. Olahan roti dengan bentuk menyerupai seekor buaya yang dilengkapi dengan berbagai varian rasa manis dan gurih ini membuat Roti Buaya sebagai oleh-oleh khas Jakarta memiliki cita rasa yang nikmat dan pastinya bikin anda ketagihan. Jika saat digunakan sebagai seserahan ukuran Roti Buaya terkenal jumbo, maka untuk oleh-oleh khas yang hendak dibawa pulang Roti Buaya dibuat dengan ukuran yang lebih pas, sehingga tidak akan memakan banyak space pada koper anda. Untuk mendapatkannya pun juga mudah, karena berbagai toko oleh-oleh di daerah Jakarta kini sudah mulai menjual oleh-oleh khas Rori Buaya ini. Tertarik untuk membawanya pulang?

3. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Jakarta
Kue Akar Jakarta, Foto oleh Tokopedia Com

Salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang juga bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang adalah Kue Akar Kelapa. Tidak hanya namanya saja yang unik, Kue Akar Kelapa juga memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai akar kelapa lengkap dengan cita rasanya yang unik pula. Olahan yang terbuat dari tepung ketan, tepung beras, mentega, telur, dan gula ini ‘diprocotkan’ atau dikeluarkan secara perlahan dari cetakan dengan lubang yang ada pada bagian ujungnya sebelum digoreng, oleh-oleh ini merupakan  panganan dengan perpaduan tekstur yang renyah dan rasa manis yang mampu membuat anda ketagihan saat mengunyahnya pertama kali. Tertarik untuk mencoba dan membawa oleh-oleh ini untuk keluarga di rumah?

4. Kue Semprong

Kue Semprong Jakarta
Kue Semprong Jakarta, Foto oleh Blanja Com

Jika anda berkunjung ke Kota Jakarta, Kue Semprong wajib masuk daftar oleh-oleh khas yang harus anda bawa pulang. Kue dengan bentuk lonjong silinder ini memiliki cita rasa manis, gurih, dan renyah serta tahan lama yang membuat oleh-oleh khas Jakarta satu ini selalu diburu untuk menjadi buah tangan. Bentuknya yang unik dan rasanya yang nikmat cocok untuk menemani waktu santai anda sambil menikmati segelas kopi. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Jakarta ini juga cukup mudah karena di jual pada semua pusat oleh-oleh di Jakarta. Jadi, tertarik untuk membawa Kue Semprong sebagai oleh-oleh?

5. Telur Gabus Keju

Kue Gabus Keju Jakarta
Kue Gabus Keju Jakarta, Foto oleh Oleh oleh Jakarta Co Id

Bagi anda pecinta olahan makanan dengan cita rasa keju, Telur Gabus Keju wajib masuk list oleh-oleh yang akan anda bawa pulang. Salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang terbuat dari tepung sagu, keju, telur, garam, dan mentega ini memiliki bentuk lonjong dengan cita rasa gurih yang membuat makanan khas satu ini nikmat dan bikin anda ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi. Untuk mendapatkan oleh-oleh satu ini juga cukup mudah, karena dijual di seluruh toko oleh-oleh dan pasar tradisional yang ada di Jakarta. Tertarik untuk menjadikannya sebagai buah tangan keluarga di rumah?

Baca Juga : Tempat Kulineran Favorit di Jakarta

6. Tape Uli

Tape Uli - Oleh-oleh khas Jakarta
Tape Uli Jakarta, Foto oleh Pinterest Com

Bagi anda penyuka tape, oleh-oleh khas Jakarta, Tape Uli juga harus masuk daftar oleh-oleh yang harus anda bawa pulang. Olahan yang terbuat dari ketan putih maupun ketan hitam yang sudah difermentasikan menggunakan ragi ini membuat Tape Uli memiliki cita rasa asam yang nikmat. Jika anda ingin membawa pulang Tape Uli sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, anda bisa datang ke Jalan RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Tetapi perlu diingat, Tape Uli tidak bisa bertahan lama ya! Jadi, jika ingin membawanya pulang, anda harus memperhatikan waktu tempuh anda dari tempat pembelian tape ke tempat tujuan anda.

7. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang - Oleh-oleh Khas Jakarta
Kue Kembang Goyang Jakarta, Foto oleh Oleh oleh Jakarta

Selanjutnya oleh-oleh khas Jakarta yang wajib anda bawa pulang adalah Kue Kembang Goyang. Kue dengan bentuk menyerupai bunga dan diolah dengan bahan dasar tepung beras, santan, vanili, gula, dan campuran garam ini membuat oleh-oleh khas Jakarta satu ini memiliki cita rasa asin, manis, gurih, dan juga renyah. Semakin nikmat disantap jika ditambahkan taburan wijen di atasnya untuk menemani waktu sore anda. Kue Kembang Goyang juga tahan lama, jadi anda tidak perlu khawatir untuk membawanya dalam jarak tempuh yang jauh. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Jakarta satu ini, anda bisa datang ke Warung Mpok Nini yang berada di jalan Belanak 2, Jakarta Timur. Cicipi sendiri sensasi renyah dan nikmatnya makan Kue Kembang Goyang saat bersantai bersama keluarga di rumah.

8. Kebaya Betawi

Kebaya  Betawi - Jakarta
Kebaya Betawi, Foto oleh Bergaya Id

Bagi anda yang bingung ingin membawa buah tangan apa untuk keluarga tersayang, Kebaya Betawi bisa menjadi pilihannya. Kebaya Betawi merupakan pakaian adat khas Jakarta dengan desain dan bentuk yang simpel namun tetap elegan saat digunakan. Selain simpel, Kebaya Betawi pastinya juga cocok menjadi outfit anda untuk datang ke berbagai macam acara.. Warna-warnanya pun beragam, jadi anda bisa memilihnya sesuai dengan selera. Untuk bisa membawa pulang kebaya khas Betawi ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, anda bisa datang ke Pasar Tanah Abang Jakarta. Disana anda bisa menemukan berbagai gerai yang menjual Kebaya Betawi dengan model dan corak serta harga yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. 

9. Kue Geplak

Kue Geplak Jakarta
Kue Geplak Jakarta, Foto oleh Price Area Com

Bagi anda yang ingin membawa pulang kue sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, Kue Geplak bisa menjadi pilihannya. Kue khas Jakarta yang terbuat dari beras, berwarna putih dan coklat, bertekstur lembut, dan memiliki rasa yang manis. Dinamakan “geplak” karena saat proses meratakan adonannya dilakukan dengan cara ditepuk-tepukkan. Kue dengan nama yang unik ini dulunya digunakan sebagai hantaran dalam seserahan pernikahan adat Betawi bersama dengan Roti Buaya, namun kini anda bisa membawanya pulang sebagai buah tangan. Untuk mendapatkan Kue Geplak, anda bisa datang ke daerah Jakarta Timur, khususnya di Jalan H. Taiman No 358, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Tertarik untuk membawanya sebagai buah tangan? Jangan lupa perhatikan waktu tempuh anda dan tentunya budget anda ya!

10. Miniatur Ondel-Ondel

Miniatur Ondel Ondel Jakarta
Miniatur Ondel Ondel Jakarta, Foto oleh Arkha Collection Com

Sebagai rakyat Indonesia tentu sangat familiar dengan Ondel-Ondel yang menjadi ikon di Jakarta. Ondel-Ondel merupakan boneka raksasa yang menjadi salah satu bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang ditampilkan pada pesta-pesta rakyat. Tetapi kini anda bisa membawa pulang Ondel-Ondel khas Jakarta dalam bentuk miniatur. Miniatur Ondel-Ondel terbuat dari kayu dengan berbagai warna unik dan menarik. Selain unik pastinya Miniatur Ondel-Ondel juga tahan lama dan tidak akan memberatkan koper anda. Untuk mendapatkannya pun juga cukup mudah, karena Miniatur Ondel-Ondel ini dijual di semua toko oleh-oleh yang ada di Kota Jakarta. Tertarik untuk membawa oleh-oleh khas Jakarta sekaligus melestarikan keseniannya dengan membawa pulang Miniatur Ondel-Ondel?

Baca juga : 8 Pusat Oleh-Oleh Jakarta Terlengkap dan Termurah

11. Marguerite Nougat

Oleh-oleh khas Betawi ini merupakan panganan seperti permen yang terbuat dari madu atau gula dan kacang-kacangan. Jenis kacang yang dipakai bermacam-macam, seperti kenari, pistachio, dan hazel. Memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang cenderung kenyal membuat Marguerite Nougat ini nikmat dan pastinya bikin nagih. Penyajiannya pun cukup beragam, ada yang berbentuk nougat biasa dan ada yang dicampurkan dalam makanan lain seperti coklat batangan.

Marguerite Nougat Jakarta
Marguerite Nougat Jakarta, Foto oleh Zomato Com

Jika tertarik untuk membawa pulang oleh-oleh khas Jakarta yang satu ini, langsung saja datang ke toko Marguerite Nougat di Boulevard Timur NB1 #36, Kelapa Gading. Disini, kamu bisa langsung memilih berbagai rasa nougat, seperti choco milk, green tea, blueberry, stroberi, dan masih banyak lagi. 

12. Biji Ketapang

Biji Ketapang
Biji Ketapang, Foto oleh Blog Tokowahab Com

Biji ketapang menjadi salah satu cemilan khas Jakarta yang harus kamu bawa pulang. Mungkin sobat Kuliner Kota diluar Jakarta masih asing dengan cemilan ini. Biji ketapang merupakan cemilan yang asalnya dari Betawi. Kue dengan bentuk yang bulat pipih menyerupai buah biji ketapang ini renyah dan gurih rasanya. Namun, kue ini tidak mudah ditemukan, karena orang Betawi lebih sering menjualnya pada hari besar seperti lebaran.

13. Dodol Betawi

Dodol Betawi
Dodol Betawi, Foto oleh Oleholehjakarta Com

Semua orang pasti sudah sangat familiar dengan cemilan manis nan legit ini. Dodol merupakan cemilan melegenda yang banyak dihasilkan oleh beberapa daerah di Indonesia, salah satunya dodol khas Betawi ini. Dodol khas betawi ini pastinya nggak kalah spesial dari dodol biasanya. Selain harganya yang murah, varian rasanya juga beragam lho. Dodol betawi mampu bertahan cukup lama membuat kudapan ini menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk mendapatkan dodol dengan tampilan yang unik, sobat Kuliner Kota perlu mencoba dodol betawi Mak Nini. Jika dodol biasanya dibungkus dalam kemasan sekali suap, dodol Mak Nini dikemas seperti lontong. Harganya juga tergolong murah, dengan mengeluarkan budget seekitar Rp35.000 kamu sudah bisa mendapatkan 1 pak dodol.

14. Kue Rangi

Kue Rangi
Kue Rangi, Foto oleh Lifestyle Okezone Com

Jika berkesempatan untuk jalan-jalan di Jakarta, kudapan legendaris ini patut kamu coba. Secara tampilan kue ini sangat menarik dan menggugah selera dan demikian pula dengan rasanya. Cita rasa kue rangi sangat unik, gurih, asin bercampur dengan manis karena paduan gula merah diatasnya. Biasanya kue Rangi dijajakan keliling rumah dengan gerobak yang dipikul pada sore hari. Teknik membuat kue rangi ini juga dibutuhkan keahlian yang khusus supaya gula merahnya tidak gosong dan pahit. Salah satu Toko Kue yang masih menjual kue rangi favorit warga Jakarta adalah Naban Cake.

15. Pencok Betawi

Pencok Betawi
Pencok Betawi, Foto oleh Bukalapak Com

Sering disebut pencok pengantin, jajanan khas Jakarta ini merupakan jajanan legendaris yang juga digemari masyarakat betawi. Pencok Betawi sebenarnya berbahan dasar kentang yang dibumbui dengan bumbu pedas sesuai lidah orang Indonesia banget. Namun jika kamu tidak begitu suka pedas, kamu juga bisa membeli pencok dengan rasa original maupun rasa bawang. Pencok betawi kini sudah banyak dikemas dengan kemasan kedap udara sehingga cocok banget untuk kamu jadikan oleh-oleh. Jajanan kering ini juga pas dinikmati untuk menemani waktu bersantai kamu. Jangan khawatir, kamu bisa memperoleh jajanan ini di Mpok Romlah Oleh-Oleh Jakarta.

16. Kue Cincin

Kue Cincin

Sekilas melihat cemilan ini mungkin akan sama seperti donat. Namun, kue cincin atau yang biasa disebut Ali Agrem ini sangat berbeda dengan donat. Jika bahan baku kue donat hanya menggunakan telur dan tepung terigu, tapi kue cincin menggunakan campuran tepung beras, tepung ketan dan campuran gula merah. Kue cincin berwarna coklat karena balutan gula aren yang manis tersebut. Rasa dari kue cincin ini jelas manis, gurih, bercampur gurih pastinya. Jika ingin membelinya sebagai oleh-oleh, sobat Kuliner Kota bisa menemukannya di berbagai toko oleh-oleh di Jakarta.

Tak lengkap rasanya jika anda sedang bepergian keluar kota namun tidak membawa oleh-oleh khasnya untuk keluarga di rumah. Berbagai macam oleh-oleh khas diatas bisa menjadi pilihan buah tangan untuk keluarga tersayang yang selalu menunggu kepulangan anda.

Tapi anda harus ingat budget dan estimasi perjalanan anda ya! Jangan sampai anda tidak memikirkan tabungan untuk perjalanan berikutnya. Selamat berlibur di Kota Jakarta, oleh-oleh khas Jakarta bakal bikin anda rindu momen manis saat berada di kotanya!

Last Updated on September 22, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Sisca Dwi Rachmawati
Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

One Reply to “Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Low Budget dan Populer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *