1. Tempat Makan

9 Tempat Makan di Solo, Kulineran Enak di Tempat – tempat Hits Berikut ini

Kota Solo menawarkan destinasi wisata kuliner dengan konsep tempat yang menarik juga sajian makanan yang bercita-rasa nikmat. Sajian kuliner khas Kota Solo memang sangat banyak, berikut 9 daftar tempat makan di Solo yang wajib kamu kunjungi:

1. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman merupakan kuliner khas Solo yang sudah terkenal sejak 1923 dan menjadi primadona bagi para wisatawan yang melancong ke Kota Solo. Kuliner ini terbuat dari olahan tepung beras yang dicampur dengan santan, kentan, lalu di masak di atas tungku tradisional dengan bara api yang panas. Teksturnya yang lembut membuat Serabi Notosuman selalu dicari para wisatawan yang berkunjung.

Serabi Notosuman Tempat Makan di Solo
Serabi Notosuman Solo, Foto oleh Google Maps

Serabi Notosuman yang berlokasi di Jalan Mohammad Yamin No. 28 ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Varian rasa yang tersedia yakni serabi polos dan serabi coklat disajikan dengan aromanya yang menggugah selera untuk segera menyantapnya. Satu porsi Serabi Notosuman berisikan 10 buah serabi yang dibandrol dengan harga Rp20.000-Rp25.000 saja, terjangkau bukan? Jangan lupa mampir mencicipi Serabi Notosuman khas Solo ini ya!

2. Timlo Sastro

Singgah ke Kota Solo tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas di kedai Timlo Sastro. Tempat ini menjadi salah satu kedai legendaris yang sudah berdiri sejak 1962. Kedai yang berlokasi di Jalan Abdul Muis No. 32A ini beroperasi mulai pukul 06.30-15.30 WIB. Timlo sendiri merupakan sajian kuliner berkuah bening yang dilengkapi dengan mie soun, wortel, irisan telur dan diolah dengan kecap, sosis solo, dan suwiran ayam. Bumbu yang digunakan pada olahan Timlo ini adalah bawang putih, lada, bawang goreng, dan pala. Timlo Sastro selalu disajikan lengkap dengan nasi hangat, sudah terbayang kan rasanya? Kuliner khas Solo ini dibandrol dengan harga Rp7.000-Rp18.000 per porsinya. Rasanya yang gurih dan segar membuat kuliner satu ini selalu dibanjiri pembeli. Jadi, kapan berkunjung ke Timlo Sastro di Kota Solo?

Timlo Sastro Tempat Makan di Solo
Timlo Sastro Solo, Foto oleh Jalan Jalan Enak Com

3. Selat Mbak Lies

Selat Mbak Lies merupakan salah satu tempat makan yang menyajikan menu andalan serta legendaris dari Kota Solo. Berlokasi di Gg. II No.42, Serengan, beroperasi mulai pukul 08.30-17.30 WIB. Konsep klasik dari Selat Mbak Lies ditampilkan melalui berbagai ornamen sebagai dekorasi ruangan seperti, piring, guci, dan lukisan dinding. Selat Solo yang menjadi hidangan utama di tempat makan ini merupakan olahan yang terbuat dari daging sapi khas luar, gelatin yang direbus lalu disiram dengan kuah encer yang terbuat dari campuran bawang putih, cuka, kecap inggris, kecap manis, pala, dan merica. Keunikan yang membuat Selat Mbak Lies berbeda dengan sajian Selat Solo di tempat lainnya yaitu Selat Mbak Lies disajikan dengan guyuran mustard yang terbuat dari campuran kuning telur dan cuka yang menghasilkan cita rasa yang gurih dan segar. Menggugah selera bukan?

Selat Mbak Lies Solo
Selat Mbak Lies Solo, Foto oleh Phinemo Com

4. Tengkleng Bu Edi

Bingung menentukan menu makan siang? Jangan khawatir, Kota Solo memiliki ragam kuliner legendaris yang wajib dicoba. Tengkleng Bu Edi yang berada di Pasar Klewer ini sudah berdiri sejak 1971, dan selalu ramai dengan antrian pembeli! Tengkleng Bu Edi ini memiliki dua cabang, yang pertama berada di Pendopo Taman Parkir Pasar Klewer dan cabang keduanya terletak di daerah Kedung Lumbu, Pasar Kliwon. Tengkleng merupakan olahan daging kambing, tulang, dan jeroan kambing yang menghasilkan cita rasa gurih dan pedas. Tengkleng Bu Edi memiliki ciri khas tersendiri dari cara penyajiannya, yaitu disajikan di atas daun pisang yang dibentuk pincukan. Untuk harga satu porsi Tengkleng Bu Edi dibandrol dengan harga Rp30.000 – Rp50.000 per porsinya, dengan isiannya berupa satu tusuk kepala dengan tulang kambing yang dipincuk dengan nasi, pipi, kaki, dan dengan tambahan otak. Dijamin pasti bikin ketagihan!

Tengkleng Bu Edi Tempat Makan di Solo
Tengkleng Bu Edi Solo, Foto oleh Tribun News Com

5. Bakso Alex Solo

Malang memang terkenal dengan kuliner baksonya, tetapi Solo memiliki kuliner bakso yang tak kalah nikmatnya. Saat anda datang ke Kota Solo ada salah satu tempat kuliner bakso yang wajib anda datangi, Bakso Alex Solo namanya. Bakso Alex Solo ini memiliki beberapa cabang, salah satunya dapat anda temui di Jalan Gajah Mada, Banjarsari. Warung bakso ini mulai beroperasi pukul 08.00-20.00 WIB. Bakso Alex Solo memiliki dua macam pilihan bakso, yakni bakso halus dan bakso urat. Diantara dua menu tersebut, bakso urat menjadi menu favoritnya. Jika ingin merasakan semua menu yang ada, anda bisa mencoba memesan menu bakso komplit yang berisikan bakso halus dan bakso urat yang dilengkapi dengan mie dan pangsit, kemudian disiram dengan kuah kaldu yang enak dan menggugah selera. Rasa daging sapi yang lembut dengan aromanya yang khas tentunya akan semakin menarik perhatian orang untuk mencicipinya. Satu porsi Bakso Alex Solo di bandrol dengan harga Rp9.000, murah bukan?

Bakso Alex Solo
Bakso Alex Solo, Foto oleh Milisdad Blogspot Com

6. Nasi Liwet Wongso Lemu

Tak lengkap rasanya jika sudah datang ke Kota Solo namun belum mencicipi kuliner khasnya yakni Nasi Liwet! Warung Nasi Liwet Wongso Lemu sudah memiliki nama dihati para pecinta kuliner Nasi Liwet. Berdiri sejak 1950, berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon, dan beroperasi mulai pukul 16.00-01.00 WIB. Warung Nasi Liwet Wongso Lemu ini sudah menjadi usaha turun-temurun yang saat ini dikelola oleh Ati Tri Wulandari yakni cucu dari Ibu Wongso Lemu.

Nasi Liwet Wongso Lemu Solo
Nasi Liwet Wongso Lemu Solo, Foto oleh Traveling Yuk Com

Seperti nama tempatnya, Nasi Liwet menjadi menu andalan di tempat makan ini. Nasi yang memiliki rasa gurih dan dilengkapi dengan telur rebus, sayur labu, suwiran ayam, dan areh untuk menambah rasa gurih pada nasi. Harga satu porsi Nasi Liwet Rp10.000 – Rp17.000 saja. Jangan lupa mampir ke Nasi Liwet milik Ibu Wongso Lemu untuk mencicipi nasi gurih andalan Kota Solo ini ya!

7. Sate Buntel Mbok Galak

Saat pertama kali mendengar namanya pasti terdengar seram ya? Jangan dibayangkan keseramanya ya, tapi bayangkan saja rasa yang ditawarkan oleh Sate Buntel Mbok Galak ini. Kuliner khas Solo yang satu ini selalu ramai dibanjiri pembeli mulai dari warga lokal hingga para wisatawan yang berkunjung. Sate Buntel Mbok Galak ini buka mulai pukul 06.00-16.00 WIB dan berlokasi di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar. Warung Sate Buntel Mbok Galak ini menyediakan berbagai menu olahan daging kambing dengan rasa yang membuat orang ingin merasakannya lagi dan lagi.

Sate Buntel Mbok Galak Solo
Sate Buntel Mbok Galak Solo, Foto oleh Youtube com

8. Bale Padi Resto

Bale Padi Resto merupakan sebuah restoran dengan konsep tradisional Jawa yang masih kental. Tempat kuliner ini berlokasi di Jalan Ovensari Raya No. 17. Tempat ini dilengkapi dengan konsep unik, yakni pemandangan sawah nan hijau layaknya berada di kampung halaman yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Menu yang disajikan pun tak kalah unik, pada pagi hingga sore hari kuliner yang disajikan adalah makanan tradisional antara lain oseng tempe pare, gulai kakap, dan empal gepuk. Sedangkan pada malam harinya, Bale Padi Resto menyediakan menu olahan berupa seafood.

Bale Padi Resto Solo
Bale Padi Resto Solo, Foto oleh Native Indonesia Com

9. Nasi Soto Gading

Kuliner yang satu ini selalu cocok untuk dinikmati kapanpun; pagi, siang, sore, bahkan malam hari ketika turun hujan, kuliner soto mampu memberikan sensasi hangat pada tubuh yang sedang merasa dingin. Soto Gading berlokasi di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75, Pasar Kliwon. Pada pukul 06.00 pagi, warung Soto Gading ini sudah ramai pembeli yang mengantri untuk menikmati kenikmatan Soto Gading ini loh!

Nasi Soto Gading Solo
Nasi Soto Gading Solo, Foto oleh Traveling Yuk Com

Soto Gading disajikan dengan nasi hangat, suwiran daging ayam, telur puyuh, lalu disiram dengan kuah bening hangat yang lengkap dengan aroma rempahnya yang khas. Warung Nasi Soto Gading ini juga menyediakan berbagai lauk tambahan seperti, sosis, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel, sate uritan, dan bakwan yang bisa membuat rasa Soto Gading semakin nikmat disantap.


Bagaimana, sudah terpikirkan menu apa yang harus dicicipi ketika singgah di Kota Solo? Sajian kuliner dengan cita rasa yang khas pastinya akan menambah kenangan manis yang dapat kamu bawa pulang bersama indahnya cerita tentang Kota Solo. Jadi, segera luangkan waktu anda untuk berkunjung ke Kota Solo dan mampir ke tempat makan kuliner khas Kota Solo rekomendasi Kuliner Kota diatas ya, selamat menikmati!

Artikel lainnya tentang Solo :

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Tempat Makan di Solo, Kulineran Enak di Tempat – tempat Hits Berikut ini

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]