1. Kuliner

25 Makanan Khas Solo Jawa Tengah yang Harus Kamu Cicipi

“The Spirit of Java”, begitulah julukan yang disematkan bagi kota yang dilengkapi dengan pesona wisata budaya maupun alam yang membuat orang selalu ingin berkunjung, Kota Solo! Tidak hanya kaya akan budaya, aneka makanan khas Solo juga bercita rasa istimewa dan wajib dicoba. Berikut 10 rekomendasi kuliner Solo yang harus anda coba:

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Nasi Liwet Solo, Foto oleh IG @ Ide Makan Siang

Ingin merasakan sarapan dengan menu istimewa khas Kota Solo? Nasi Liwet bisa dijadikan pilihan untuk menikmati sajian khas kota ini. Olahan yang berisikan nasi gurih, sayur dan areh ini banyak diminati oleh wisatawan maupun warga lokal. Sama dengan nasi uduk, makanan khas di Solo ini dimasak dengan santan kelapa yang menghasilkan rasa yang gurih.

Biasanya cara penyajiannya menggunakan daun pisang yang dipincuk sehingga memunculkan aroma yang menggugah selera. Penasaran bagaimana rasa kuliner khas Solo ini? Jangan lupa mencicipi ketika singgah di Kota Solo ya!

2. Serabi

Serabi Solo
Serabi Solo, Foto oleh IG @ Buat Kue

Setelah mencoba makanan berat, pastinya penasaran dan tertarik untuk mencicipi jajanan ataupun kue khas Kota Solo. Serabi merupakan jajanan atau kue yang sudah terkenal dan banyak peminatnya. Serabi merupakan jajan tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan cita rasa manis dan bertekstur lembut.

Diolah dengan santan kental membuat serabi memiliki cita rasa manis dan gurih. Wah, cukup menggiurkan untuk dicoba bukan? Dengan harga yang terjangkau serta mudah di jumpai di sudut Kota Solo, membuat kuliner ini tidak boleh terlewatkan ya sobat Kuliner Kota!

3. Selat Solo

Selat Solo
Selat Solo, Foto oleh Indonesia Go Id

Selanjutnya, kuliner Solo yang satu ini juga wajib dicoba, yakni Selat Solo. Kuliner bistik khas Jawa dengan sentuhan ala Eropa ini tidak kalah nikmat dan pastinya lebih bersahabat dengan lidah orang Indonesia. Selat Solo merupakan sajian daging sapi khas luar yang direbus dan dihidangkan dengan kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, pala dan merica. Satu porsi Selat Solo juga dilengkapi dengan wortel, tomat, buncis, potongan kentang, irisan telur dan bumbu goreng. Nah, sudah terbayang kan bagaimana kelezatan Selat Solo?

4. Tengkleng Kambing

Tengkleng Kambing
Tengkleng Kambing Solo, Foto oleh IG @ Jkt Food Destination

Anda suka mengkonsumsi daging kambing? Jika iya, kuliner Solo yang ini wajib untuk dicoba. Nama kuliner Solo yang satu ini adalah Tengkleng Kambing! Sekilas tampilannya seperti gulai kambing. Olahan daging kambing yang dihidangkan dengan kuah hangat dan lebih encer atau cair dari kuah gulai yang ada didalamnya, berisikan tulang dan daging kambing yang tiada dua kenikmatannya!

Tak jarang, Tengkleng Kambing disajikan diatas daun pincuk untuk menambah kenikmatan ketika menyantap dan menyeruput kuahnya hingga habis. Well, Anda harus mencicipi kelembutan tekstur Tengkleng Kambing khas Solo ini!

5. Timlo

Berikutnya, Timlo. Kuliner khas kota Solo yang menawarkan cita rasa sup dengan kesegaran disetiap suapannya. Timlo merupakan makanan khas Solo yang menjadi primadona. Timlo sendiri disajikan dengan suwiran daging ayam, wortel, pindang kecap, potongan sosis solo, ati ampela dan tidak lupa dilengkapi dengan siraman kuah kaldu panas yang semakin menggugah selera untuk segera menikmatinya. Kuliner Solo ini biasanya disajikan bersamaan dengan nasi putih hangat. Bagaimana? Sudah terbayangkan kelezatan rasa Timlo?

Timlo
Timlo Solo, Foto oleh IG @ Gitoeste

Tempat: Timlo Sastro
Alamat: Jalan Kapten Mulyadi Nomor 8, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta

6. Tahu Kupat 

Tahu Kupat
Tahu Kupat Solo, Foto oleh IG @ Jajan Guyon

Tahu Kupat merupakan kuliner yang berasal dari Kota Solo. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari kupat dan tahu putih yang digoreng lalu diiris tipis berbentuk dadu. Kuliner Solo, Tahu Kupat berisikan mie, tauge dan kol yang kemudian disiram dengan kuah khas diatasnya. Kuah pada kuliner ini memiliki ciri khas terbuat dari gula merah, gula pasir, daun jeruk dan sedikit bawang putih yang menghasilkan rasa manis. Jika Anda menyukai rasa pedas, tinggal tambahkan cabai pada Tahu Kupat. Hidangan yang menarik untuk dicoba bukan?

7. Tahok

Tahok
Tahok Solo, Foto oleh Traveling Yuk Com

Kuliner khas Solo yang terkenal dan wajib dicoba berikutnya adalah Tahok. Tahok disajikan dalam keadaan hangat di atas mangkuk yang dilengkapi dengan siraman kuah panas dari olahan jahe, pandan, serai, gula merah dan daun jeruk. Kuliner Solo ini memiliki tekstur lembut dan lumer seperti puding dengan cita rasanya yang manis.

Selain nikmat dan menyegarkan tenggorokan, mengkonsumsi Tahok dipercaya dapat menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya menopause pada kaum wanita. Jadi, kapan nih cobain kuliner khas Solo yang menyegarkan dan menyehatkan ini?

8. Sate Buntel

Sate Buntel
Sate Buntel, Foto oleh @ Sby Kuliner Info

SSolo memiliki sajian sate yang tak kalah lezat dengan kota lainnya. Sate Buntel merupakan kuliner khas Solo berbahan dasar olahan daging kambing yang dicincang hingga memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Hidangan sate lalu ‘dibuntel’ sampai padat menggunakan olahan lapisan lemak tipis yang dibakar, membuat rasa sate semakin lezat untuk disantap.

Aroma lemak yang dibakar mampu menarik perhatian dan menggugah selera para penikmat hidangan sate. Disajikan dengan bumbu yang terbuat dari bumbu kecap, irisan bawang merah, cabai rawit dan lengkap dengan daun jeruk, kuliner Solo ini sangat menggugah selera bukan?

9. Brambang Asem 

Brambang Asem
Brambang Asem, Foto oleh IG @ Ciput23

Kuliner khas yang sudah melegendaris di Kota Solo lainnya adalah Brambang Asem. Makanan dengan rasa pedas yang dibuat dari daun ubi jalar ini direbus hingga matang dengan irisan bawang merah agar semakin sedap dan memicu aroma bawang khas. Brambang Asem biasanya disajikan dengan tempe gembus, yang membuat rasanya semakin nikmat! Jadi, tidak ada salahnya mencicipi makanan khas Solo Brambang Asem jika singgah di Kota Solo.

10. Soto Kwali

Soto Kwali
Soto Kwali Solo, Foto oleh IG @ Kedai Kuning Ponorogo

Kuliner Solo memang tidak boleh Anda lewatkan, salah satunya Soto Kwali. Seperti namanya, yakni ‘kwali’ yang memiliki artian ‘tungku yang terbuat dari tanah liat’, sajian ini juga akan menghidangkan dan menghasilkan aroma khas dari Soto Kwali itu sendiri. Soto dengan kuah bening yang disajikan dengan irisan daging sapi, ditambah lagi keripik kentang membuat kuliner khas Soto Kwali ini semakin nikmat untuk disantap.

11. Cabuk Rambak

cabuk rambak
Cabuk Rambak, Foto Oleh Wow Tribunnews Com

Saat berada di Kota Batik, wajib banget untuk mampir mencicipi makanan khas Solo yang populer ini. Cabuk Rambak, jajanan yang berisi ketupat, karak dan sambal wijen. Soal rasa sudah pasti memanjakan lidah di setiap gigitannya. Sambal wijen terbuat dari kemiri dan parutan kelapa yang digongseng terlebih dahulu kemudian barulah diolah menjadi sambal.

Rasa gurih yang dihasilkan juga berasal dari sangraian kelapa itu sendiri. Selain itu, kandungan karbohidrat yang ada dalam Cabuk Rambak mampu menjadi sumber energi untuk beraktivitas selama seharian. Itulah sebabnya kuliner khas Solo ini sering dijadikan menu sarapan. Jadi, mau sarapan menggunakan Cabuk Rambak?

12. Soto Gading

soto gading
Soto Gading, Foto Oleh Travel Kompas Com

Olahan soto sampai sekarang telah merajalela dengan ciri khas rasa yang berbeda di setiap daerah. Termasuk Soto Gading yang pastinya berbeda dengan soto khas lainnya. Kuah kental dari kaldu ayam bening menghasilkan rasa gurih yang menggoda. Isiannya juga berupa ayam, potongan kentang, tauge, kubis, tomat, taburan bawang goreng dan irisan seledri. Seluruh isian tersebut kemudian disiram dengan kuah kaldu ayam gurih dan segar. Perpaduan rasa sempurna dalam satu mangkuk bikin Anda tidak mau berhenti ngunyah lagi dan lagi.

Tempat: Warung Soto Gading
Alamat: Jalan Brigjen Sudiarta 76, Solo.

13. Es Gempol Pleret

es gempol pleret
Es Gempol Pleret, Foto Oleh Tokomesin Com

Berbincang tentang minuman khas Solo, sudah pasti Es Gempol Pleret ini jagonya. Es Gempol Pleret menyuguhkan cita rasa manis, gurih dan segar penghilang dahaga. Minuman ini terbuat dari bahan utama adonan tepung beras yang disiram bersama kuah santan. Larutan air gula jawa menambah rasa manisnya, sedangkan serutan es yang menggunung semakin memberi kesegaran ketika disantap.Tak perlu bingung dimana ingin mencicipi Es Gempol Pleret, karena Anda akan dengan mudah menemukannya di pinggir jalan kota Solo!

14. Ampyang

Ampyang khas solo
Ampyang, Foto Oleh Id Pinterest Com

Makanan dengan bahan dasar kacang sudah pasti memiliki rasa yang renyah. Bagi Anda pecinta olahan kacang wajib mencoba Ampyang. Makanan khas Solo yang ada sejak dulu ini juga termasuk jajanan yang masih eksis sampai saat ini lho sobat Kuliner Kota!

Bahan utama yang digunakan adalah kacang, jahe dan gula merah. Kuliner khas Solo ini memiliki bentuk yang mirip rempeyek, namun rasa yang dihasilkan akan berbeda jauh. Ampyang memiliki perpaduan rasa manis, gurih dan legit yang bersatu saat menggigitnya. Untuk itu, temukan jajanan Ampyang ini toko oleh-oleh Solo langganan Anda.

15. Rambak Petis

Rambak Petis khas solo
Rambak Petis, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Rambak Petis merupakan makanan khas dari Solo yang menggunakan kulit sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya. Bahan tersebut diiris sebesar ibu jari dan dijemur, lalu dibumbui dan digoreng sampai kering. Adanya petis sebagai pelengkap menjadikan kuliner khas Solo ini makin istimewa dan nagih. Kuliner Solo Rambak Petis jadi incaran wisatawan karena unik dan tak pernah terlupakan rasanya. Gurihnya yang ngena sampai dihati, bikin kamu wajib membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

16. Lenjongan

Lenjongan khas solo
Lenjongan, Foto Oleh Tribunnewswiki Com

Jajanan tradisional manis ini cukup terkenal di masyarakat Solo. Lenjongan merupakan paduan dari beberapa cemilan khas Solo seperti ketan hitam, tiwul, getuk, ketan putih, klepon dan cenil. Rasanya sudah tentu manis dalam setiap gigitannya. Untuk itu, tertarik mencoba jajanan khas dari Solo satu ini?

Tempat: Yu Sum
Alamat: Pasar Gede Hardjonagoro, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Jawa Tengah.

Baca Juga : 10+ Jajanan Pasar yang Enak dan Eksis Hingga Saat Ini

17. Es Dawet Telasih

es dawet telasih khas solo
Es Dawet Telasih, Foto Oleh Blog Airyrooms Com

Cuaca sedang panas dan ingin mencari minuman segar? Segera cicipi Es Dawet Telasih, dijamin minuman khas Solo ini menyegarkan tenggorokan. Perpaduan rasa manis dan segar membuat Es Dawet Telasih ini banyak diincar siapapun yang sedang berwisata ke Solo.

Selain itu, yang membedakan Es Dawet Telasih dengan es dawet lainnya adalah campuran gula merahnya dengan perpaduan rasa sempurna setiap teguknya. Untuk itu belum sah rasanya ketika dilanda haus ketika berada di Solo tidak mencoba Es Dawet telasih.

Tempat:  Es Dawet Telasih Bu Dermi
Alamat: Jalan Ir. Juanda, Jebres, Gandekan Kota Surakarta.

18. Sup Matahari

sup matahari khas solo
Sup Matahari, Foto Oleh Id Wikpedia Org

Sup dan sejenisnya sudah pasti memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita, seperti Sup Matahari ini. Makanan khas Solo ini dinamakan Sup Matahari karena sajiannya yang mekar menyerupai bunga matahari. Kuah kaldunya biasa diberikan saat sudah tersedia adonan tipis berisi berbagai sayuran sehat. Mencicipi Sup Matahari tambah nagih jika ditambahkan sambal pedas loh. Bikin rasa yang sempurna dan ingin mencoba untuk kedua kalinya.

19. Sate Kere

sate kere khas solo
Sate Kere, Foto Oleh Inibaru Id

Sate Kere memang sudah sebaiknya wajib Anda coba ketika bertandang ke Kota Solo. Dulunya, makanan khas Solo ini merupakan bentuk kreativitas masyarakat yang terbilang cukup mewah. Dan saat sekarang Sate Kere telah beralih menjadi kuliner khas yang paling dicari oleh wisatawan. Yang membedakan sate ini dengan sate lainnya, adalah bahan dasar yang dipakai bukanlah daging, tetapi tempe dengan bumbu yang mirip dengan sate pada umumnya. Perpaduan rasa sempurna dan pastinya otentik membuat kamu wajib mencoba sate unik khas Solo ini.

20. Pisang Molen Tawangmangu

pisang molen tawangmangu khas solo
Pisang Molen Tawangmangu, Foto Oleh Cookpad Com

Pisang Molen Tawangmangu memang terdengar biasa saja bahkan tidak terdengar familiar di telinga kita. Namun, jangan diremehkan soal rasa, Pisang Molen ini mempunyai cita rasa sempurna yang bikin kamu tergoda segera menyantapnya. Molen dengan berbagai isi dilumuri gula halus setelah digoreng. Perpaduan rasa gurih, manis yang sempurna bakal terasa makin nikmat saat disantap dalam keadaan hangat.

21. Intip Solo

Intip khas solo
Intip Solo, Foto Oleh Nyero Id

Pernah dengar tentang kerak nasi? Jika sudah pasti Anda juga mengenal cemilan khas Solo Intip. Intip Solo terbuat dari kerak nasi yang diproses dengan cara khusus. Anda dapat menjadikan makanan khas Solo ini sebagai oleh-oleh, karena selain enak dan renyah Intip Solo juga awet. Perpaduan rasa yang gurih dan khas pastinya memang akan semakin berkesan ketika Anda jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

22. Abon Mesran Solo

abon mesran solo khas solo
Abon Mesran Solo, Foto Oleh M Omiyago Com

Siapa yang akan menolak jika sudah ada hidangan Abon yang menjadi pelengkap berbagai makanan? Di Solo, Abon Mesran jadi andalannya. Makanan khas Solo ini lebih nikmat jika disantap bersama nasi putih hangat dan beragam hidangan lainnya. Perpaduan rasa gurih dari Abon mesran bakal bikin rasa sempurna ketika kamu menjadikan pelengkap berbagai hidangan.

Tidak cukup sampai disitu, Abon Mesran khas Solo ini juga memiliki beragam pilihan rasa, mulai dari gurih, manis dan pedas. Selain itu, pastinya Abon Mesran juga awet jadi cocok banget ketika Anda menjadikan sebagai oleh-oleh khas dari Solo untuk keluarga di rumah.

23. Susu Shi Jack

susu shi jack khas solo
Susu Shi Jack, Foto Oleh Perpus Jatengprov Go Id

Cocok banget bagi kamu yang sedang berada di Solo saat malam hari, Susu Shi Jack sebagai pilihan menu yang menghatkan. Terbuat dari susu sapi, dengan banyak varian rasa yang dapat disesuaikan dengan selera. Susu Shi Jack tambah berselera jika ditemani dengan roti bakar yang empuk. Itulah sebabnya, tak heran jika Susu Shi Jack banyak digunakan sebagai tempat tongkrongan warga Solo. Jadi tunggu apa lagi? Segera mampir ke Warung Susu Shi Jack dan nikmati manis dan gurihnya susu sapi khas Solo disini.

24. Sup Galantin

Sup Galantin khas solo
Sup Galantin, Foto Oleh Suara Com

Sup Galantin merupakan makanan khas Solo yang nikmat ketika dihidangkan bersama sepiring nasi hangat pulen. Sup ini termasuk variasi sup di Solo yang wajib masuk menu favorit Anda. Galantin sendiri adalah campuran daging ayam dengan roti tawar yang diberi bumbu rempah khusus, kemudian disandingkan dengan berbagai sayuran dan kaldu pekat yang disiram di atasnya. Tambah ngiler bukan? Untuk itu jangan sampai melewatkan nikmatnya Sip Gelatin ketika berada di Solo.

25. Mie Gajah Mas

mie gajah mada khas solo
Mie Gajah Mas, Foto Oleh Surakarta Go Id

Kuliner Mie Gajah Mas akan memuaskan lidah Anda sebagai pecinta olahan mie. Makanan khas Solo yang bertempat di dekat Pasar Gede selalu ramai pengunjung setiap harinya. Di sana, Anda disuguhkan dengan menu aneka mie, mulai dari mie ayam bakso sampai mie pelangi. Soal cita rasa sudah pasti enak dan bikin nagih untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Bagaimana, cukup beragam bukan kuliner khas dari Solo? Untuk itu, jangan sampai Anda melewatkan momen berwisata kuliner di kota ini. Manjakan lidah Anda dengan ragam kuliner Solo yang pastinya enak abis ditemani suasana otentik Kota Solo. Jadi, sudah merencanakan akan berlibur di Kota Solo kapan?

Baca Juga : 6 Kuliner Malam Solo yang Enak dan Wajib Dicoba

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 25 Makanan Khas Solo Jawa Tengah yang Harus Kamu Cicipi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]