1. Kuliner

√ 14 Pilihan Makanan Khas Samarinda Terkenal Enak

Kota Samarinda, memiliki sungai Mahakam yang membelah pusat kota sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Dikenal dengan kota industri serta memiliki icon “Pesut Mahakam” , tidak hanya ragam destinasi menarik yang ditawarkan. Berbagai makanan khas Samarinda juga siap memanjakan lidah.

Dari sekian banyak kuliner khas Samarinda dengan ragam cita rasa manis, gurih dan pastinya bikin nagih, 14 kuliner Samarinda ini wajib Anda coba. Cita rasanya yang khas dan terkenal sampai kepelosok Indonesia membuat, Anda harus menyiapkan budget dan waktu khusus untuk berwisata kuliner. Jadi, simak apa saja makanan khas dari Samarinda tersebut dalam artikel berikut ini.

1. Roti Pisang

Roti Pisang Samarinda
Roti Bakar dari Samarinda, Foto oleh Ariani Asti WordPress Com

Mencari kudapan yang manis-manis saat berada di Samarinda? Anda bisa mencicipi Roti Pisang. Merupakan salah satu makanan khas Samarinda, Roti Pisang terbuat dari campuran buah pisang talas atau juga pisang raja yang dipotong bulat serta berbentuk bulat pipih, tepung terigu, santan, telur serta ditambah sedikit gula dan garam.

Memiliki cita rasa manis serta aroma yang khas membuat Roti Pisang cocok sebagai pilihan teman ngopi sore bersama keluarga. Apalagi menikmatinya dalam keadaan masih hangat? Bakal bikin anda kurang puas jika hanya menikmatinya satu biji saja. Tertarik mencicipi kenikmatan kuliner ini

2. Ayam Cincane

Ayam Cincane Samarinda
Ayam Cincane dari Samarinda, Foto oleh Pesona Travel

Berada di kota Samarinda tidak akan terasa lengkap jika belum mencoba kuliner Samarinda Ayam Cincane. Merupakan makanan khas Samarinda, Ayam Cincane terbuat dari ayam kampung yang diolah dengan cara direbus bersama berbagai macam rempah setelah itu dibakar. Memiliki tekstur empuk dan aroma yang khas membuat Ayam Cincane memiliki cita rasa lezat dan selalu jadi favorit para wisatawan.

Apalagi anda menyantap Ayam Cincane bersama sambal tomat dan nasi hangat? Bakal bikin anda tidak ingin berhenti mengunyah saat menikmati kuliner satu ini. Tertarik mencicipi nikmatnya Ayam Cincane saat berada di Samarinda?

3. Sayur Asam Kutai

Sayur Asam Kutai
Sayur Asam Kutai dari Samarinda, Foto oleh Google Com

Jika biasanya anda menikmati sayur asam yang terbuat dari aneka sayuran, maka saat berada di Samarinda Sayur Asam Kutai wajib anda coba. Merupakan makanan khas Samarinda, Sayur Asam Kutai sama sekali tidak terbuat dari campuran aneka sayuran melainkan terbuat dari kepala ikan gabus yang dibelah dua, lalu dilumuri garam dan air jeruk nipis.

Kemudian aneka bumbu dan bahan tersebut dimasak dengan kuah khusus sehingga menghasilkan cita rasa segar yang nikmat dan khas. Semakin nikmat, jika anda menikmatinya saat siang hari bersama nasi hangat. Bakal bikin perpaduan yang pas di mulut anda saat menikmatinya. 

4. Pepes Kepiting

Pepes Kepiting Samarinda
Pepes Kepiting dari Samarinda, Foto oleh Budaya Indonesia Org

Bagi anda pecinta pepes maupun seafood, maka makanan khas Samarinda ini wajib anda coba, Pepes Kepiting. Salah satu menu pilihan kulineran anda saat berada di kota Samarinda, terbuat dari kepiting soka ataupun kepiting lemburi yang diolah bersama berbagai macam bumbu seperti kunyit dan cabai, lalu dibungkus menggunakan daun pisang. 

Perpaduan cita rasa pedas dan aroma yang khas, sukses membuat anda ingin mencobanya berulang kali. Apalagi menyantapnya bersama nasi hangat? Bakal bikin tidak ingin berhenti mengunyah. Tertarik mencoba nikmatnya Pepes Kepiting khas Samarinda ini?

5. Bubur Pedas

Bubur Pedas Samarinda
Bubur Pedas dari Samarinda, Foto oleh Pesona Travel

Bagi anda pecinta bubur, cobalah Bubur Pedas khas Samarinda ini. Terbuat dari beras yang disangrai bersama kelapa parut, bubur ini kemudian dimasak dalam air mendidih bersama tetelan daging dan aneka sayuran seperti sayur kesum dan berbagai sayur lainnya sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa pedas, asam dan aroma yang khas dan nikmat.

Apalagi anda menyantap Bubur Pedas dilengkapi dengan ikan teri, perasan jeruk nipis, kacang dan kecap? Bakal semakin lezat dan bikin nagih. Tertarik untuk mencoba kuliner khas Samarinda ini?

6. Gence Ruan

Gence Ruan Samarinda
Gence Ruan dari Samarinda, Foto oleh Google Com

Bagi anda pecinta ikan, maka cobalah Gence Ruan ini. Merupakan salah satu makanan khas Samarinda, Gence Ruan terbuat dari ikan gabus yang diolah dengan cara dibakar setelah itu dilumuri dengan berbagai macam bumbu. Perpaduan empuknya daging ikan dan aroma yang khas sukses meningkatkan selera makan anda. Apalagi anda menyantapnya dalam keadaan masih hangat? Bikin nagih dan tidak ingin berhenti mengunyah.

7. Sate Payau

Sate Payau Samarinda
Sate Payau dari Samarinda, Foto oleh Makan Abis Com

Bagi anda pecinta kuliner sate, maka Sate Payau khas Samarinda ini wajib anda coba. Merupakan salah satu makanan khas Samarinda, Sate Payau termasuk dalam kuliner yang langka karena terbuat dari daging rusa. Tekstur daging yang empuk dan dipadukan dengan berbagai bumbu khas bakal menjadi perpaduan yang pas di mulut anda. Kuliner Khas Samarinda satu ini, bisa anda temukan di berbagai acara adat Kalimantan dan beberapa rumah makan di Kota Samarinda.

8. Rojak Singkil

Rojak Singkil Samarinda
Rojak Singkil dari Samarinda, Foto oleh Traveling Kuy Com

Memiliki nama rojak, kuliner khas Samarinda satu ini sama sekali tidak seperti rojak pada umumnya. Rojak Singkil khas Samarinda ini merupakan sayur dengan kuah santan kelapa yang berisi daun singkil dan ikan haruan. Disajikan bersama ikan, sambal dan nasi hangat bakal bikin anda ketagihan mencobanya berulang kali. Tertarik untuk mencicipi kuliner khas Samarinda ini?

9. Rabo Ruan Samarinda

Rabo Ruan Samarinda
Rabo Ruan dari Samarinda, Foto oleh Sajian Sedap Grid Id

Makanan khas Samarinda, Rabon Ruan Samarinda ini terbuat dari suwiran daging ikan haruan yang dimasak bersama santan dan campuran aneka bumbu sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan nikmat. Perpaduan yang pas jika anda menyantapnya bersama nasi hangat sebagai menu sarapan pagi di Kota Samarinda. Tertarik mencoba kenikmatannya?

10.  Kue Gegicak

Kue Gegincak Samarinda
Kue Gegincak dari Samarinda, Foto oleh Faye Rahman Blogspot Com

Kuliner khas Samarinda satu ini bisa jadi pilihan kudapan anda, Kue Gegicak. Merupakan makanan khas Samarinda yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan daun pandan sehingga menghasilkan warna hijau dan tekstur lembut dan kenyal serta aroma yang khas. Disajikan bersama parutan kelapa dan gula merah bakal bikin perpaduan yang pas bercampur di mulut anda saat menikmatinya. Tertarik mencoba kudapan khas Samarinda ini?

11. Sambal Raja Samarinda

Sambal Raja Samarinda
Sambal Raja dari Samarinda, Foto oleh Google Com

Bagi anda pecinta sambal, maka cobalah kuliner khas Samarinda ini, Sambal Raja Samarinda. Terbuat dari irisan beberapa jenis sayuran seperti terong, kacang panjang dan bawang merah, lalu disiram dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan diberi tambahan irisan telur serta perasan jeruk cina. Perpaduan cita rasa pedas yang khas Sambal Raja Samarinda bakal semakin nikmat jika anda menyantapnya bersama nasi hangat. Tertarik mencoba nikmatnya sambal khas Samarinda satu ini?

12. Pulut Nasi

Pulut Nasi Samarinda
Pulut Nasi dari Samarinda, Foto oleh Putra Travel Net

Makanan khas Samarinda satu ini bisa jadi pilihan bekal anda menikmati keindahan wisata di kota ini, Pulut Nasi. Merupakan kuliner khas Samarinda yang terbuat dari nasi yang dimasak bersama santan, taburan garam, aneka rempah seperti cabai dan berbagai bahan lainnya sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa gurih dan pedas yang khas. Dilengkapi dengan sambal yang dicampur kacang tanah sangrai bakal bikin anda ketagihan untuk mencobanya berulang kali.

13. Bobongko Samarinda

Bobongko Samarinda
Bobongko dari Samarinda, Foto oleh Pesona Travel

Memiliki nama yang unik, kuliner satu ini bisa jadi pilihan kudapan anda saat berada di Samarinda. Bobongko Samarinda, merupakan makanan khas Samarinda yang terbuat dari tepung beras, santan dan aneka rempah lalu dibungkus menggunakan daun pisang. Tekstur kenyal dengan perpaduan rasa pedas dan gurih yang khas bakal cocok disantap saat sore hari di tengah cuaca mendung Kota Samarinda. Tertarik mencoba kenikmatannya?

14. Gado-Gado Kemuning

Gado-Gado Kemuning Samarinda
Gado-Gado Kemuning dari Samarinda, Foto oleh Wisataku Id

Bagi anda pecinta kuliner gado-gado maka, Gado-Gado Kemuning bisa jadi pilihan menu sarapan anda saat di Samarinda. Merupakan salah satu kuliner Samarinda, Gado-Gado Kemuning disajikan bersama ketupat, potongan tahu, sayuran rebus,  tauge dan dilengkapi dengan taburan kerupuk diatasnya. Cita rasanya yang nikmat dan lezat bakal bikin anda tidak hanya merasa kenyang tetapi ingin mencobanya berulang kali. Tertarik mencoba nikmatnya kuliner satu ini?

Ragam kuliner khas Samarinda bisa jadi pilihan untuk melengkapi liburan anda di kota ini. Jangan sampai Anda hanya singgah dan melewatkan untuk icip-icip ragam kuliner Samarinda rekomendasi dari Kuliner Kota di atas ya sobat! Karena ragam makanan khas di atas bakal bikin momen liburan anda semakin manis dan meriah.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: √ 14 Pilihan Makanan Khas Samarinda Terkenal Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]

    Trending