1. Oleh-Oleh Khas

Sebelum Mudik, Belanja 9 Oleh-Oleh Khas Samarinda Terlaris dan Paling Populer!

Singgah di Kota Samarinda tidak akan pernah terasa lengkap jika pulang belum membawa oleh-oleh khasnya. Ragam oleh-oleh khas Samarinda ini bisa jadi buah tangan anda untuk keluarga di rumah. Oleh karena itu, Kuliner Kota punya rekomendasi oleh-oleh khas Samarinda yang bisa jadi pilihan anda untuk dibawa pulang. Mau tau apa saja oleh-oleh khas tersebut? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Batik Kalimantan Timur

Batik dengan berbagai pilihan motif, memang selalu jadi icon kota-kota yang ada di Indonesia, tidak terkecuali Samarinda. Saat berkunjung di kota ini, anda bisa membawa pulang Batik Kalimantan Timur sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Memiliki ciri khas warna yang mencolok dengan dipadukan motif yang merata bernuansa etnis dayak seperti motif tameng, rumah, dan perahu membuat Batik Kalimantan Timur cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Batik Kalimantan Timur Samarinda
Batik Kalimantan Timur dari Samarinda, Foto oleh Buka Lapak Com

Anda juga bisa membelinya dalam berbagai macam model lho! Masih dalam bentuk kain maupun sudah menjadi berbagai model pakaian. Untuk mendapatkannya juga mudah, karena di jual di pusat oleh-oleh di Kota Samarinda. Tertarik membawa pulang oleh-oleh khas Samarinda ini

2. Amplang Samarinda

Camilan ini tidak hanya cocok jadi buah tangan untuk keluarga di rumah, melainkan juga teman anda di perjalanan, Amplang Samarinda. Merupakan oleh-oleh khas Samarinda yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan ikan tenggiri. Memiliki tekstur renyah serta bentuk dan ukuran menyerupai kuku macan membuat makanan ini sering disebut dengan Amplang Kuku Macan.

Amplang Samarinda
Amplang dari Samarinda, Foto oleh Budaya Indonesia Org

Selain itu, dikemas dalam bermacam ukuran membuat anda lebih mudah membelinya sesuai dengan budget dan selera. Jika tertarik membawa Amplang Samarinda sebagai buah tangan, anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh maupun kawasan Jalan Slamet Riyadi di Kelurahan Karang Asam.

3. Roti Durian Panglima

Roti Durian Samarinda
Roti Durian Panglima dari Samarinda, Foto oleh Buka Lapak Com

Bagi anda pecinta buah durian, maka oleh-oleh khas Samarinda ini cocok untuk dibawa pulang, Roti Durian Panglima. Merupakan salah satu roti khas Samarinda dengan isian buah durian serta bertekstur lembut yang pecah di mulut saat anda menyantapnya. Aromanya yang khas dan teksturnya yang lembut bakal menggugah selera anda untuk segera menikmatinya. Tertarik membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah? Sebelum membawanya pulang, pastikan dulu tanggal kadaluarsanya ya sobat Kuliner Kota! Agar Roti Durian Panglima tetap nikmat saat sampai di rumah.

4. Kue Ilat Sapi

Kue Ilat Sapi Samarinda
Kue Ilat Sapi dari Samarinda, Foto oleh Facebook Com

Memiliki nama bagian tubuh sapi, Kue Ilat Sapi sama sekali tidak berbahan dasar daging sapi. Oleh-oleh khas Samarinda satu ini terbuat dari campuran tepung dan gula merah sehingga menghasilkan warna coklat yang menarik dan menggugah selera. Berbentuk bulat dengan taburan wijen diatasnya membuat oleh-oleh ini satu ini memiliki perpaduan cita rasa manis dan gurih yang nikmat. Jika tertarik membawanya sebagai oleh-oleh, anda bisa membelinya di berbagai macam pusat oleh-oleh yang ada di Samarinda.

5. Gula Gait

Gulai Gait Samarinda
Gula Gait dari Samarinda, Foto oleh Buka Lapak Com

Oleh-oleh khas Samarinda selanjutnya yang bisa jadi buah tangan anda untuk keluarga di rumah adalah Gula Gait. Merupakan oleh-oleh Samarinda yang terbuat dari campuran gula aren dan gula putih yang dibentuk menyerupai kayu dengan warna keemasan. Memiliki cita rasa manis yang khas serta bentuknya yang unik membuat Gula Gait cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarganya di rumah. Tidak hanya itu, Gula Gait juga tahan lama lho! Jadi anda bisa membawanya kemanapun. Tertarik membawa Gula Gait sebagai oleh-oleh? Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh yang ada di Samarinda.

6. Kue Keminting

Mau bawa cemilan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah? Anda bisa membawa pulang Kue Keminting. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Samarinda, Kue Keminting terbuat dari campuran sagu, gula merah dan berbagai bahan lainnya. Memiliki tekstur kasar, beruas dan menyerupai biji kemiri membuat orang Samarinda menyebutnya dengan Kue Keminting.

Kue Keminting Samarinda
Kue Keminting dari Samarinda, Foto oleh Buka Lapak Com

Selain itu, perpaduan cita rasa gurih dan manis pada Kue Keminting membuat oleh-oleh ini tidak hanya cocok sebagai buah tangan tetapi juga teman minum kopi maupun teh di sore hari. Tertarik membawanya pulang sebagai buah tangan? Anda bisa mendapatkan di semua toko oleh-oleh Samarinda maupun kios Rindatna Keminting di Jalan Jelawat Gg 9, RT 04 No 05, Sidomulyo, Samarinda Ilir.

7. Lempok Durian Samarinda

Lempok Durian Samarinda
Lempok Durian dari Samarinda, Foto oleh Silau Surya Com

Tidak hanya dalam bentuk roti anda bisa membawa olahan durian sebagai buah tangan, Lempok Durian Samarinda ini juga bisa jadi alternatif pilihannya. Oleh-oleh khas dari Samarinda ini sekilas mirip dengan dodol khas Garut bedanya teksturnya lebih lengket dan terbuat dari campuran buah durian. Rasanya yang manis dan perpaduan aroma khas durian, sukses bikin anda ketagihan untuk mencobanya berulang kali. Untuk mendapatkannya juga mudah, karena Lempok Durian Samarinda dijual di semua toko oleh-oleh yang ada di Samarinda. Tertarik membawanya sebagai buah tangan?

8. Kaos Jungkut

Kaos Jungkut Samarinda
Kaos Jungkut dari Samarinda, Foto oleh Buka Lapak Com

Jika Kota Jogja terkenal dengan Dagadunya maka saat di Samarinda anda bisa menemukan Kaos Jungkut sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Samarinda, Kaos Jungut memiliki desain dan motif unik berupa gambar etnis suku Dayak dan budaya Kalimantan Timur. Tidak hanya itu, ada juga kaos dengan desain kata-kata unik khas Samarinda juga lho! Tertarik membawa Kaos Jungkut sebagai oleh-oleh?

9. Sarung Samarinda

Sarung Samarinda
Sarung dari Samarinda, Foto oleh Google Com

Tidak hanya batik dengan motif unik yang bisa jadi souvenir untuk keluarga di rumah, Sarung Samarinda juga bisa jadi alternatif pilihannya. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Samarinda, Sarung Samarinda memiliki corak serta warna cerah yang dibuat dengan cara ditenun menggunakan alat tenun tradisional. Memiliki tekstur agak kasar tetapi tetap nyaman saat digunakan membuat Sarung Samarinda ini cocok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Untuk harganya juga terjangkau lho! Mulai dari Rp150.000 – Jutaan rupiah. Tertarik membawanya sebagai oleh-oleh?

Berbagai oleh-oleh khas Samarinda bisa jadi pilihan untuk membuat liburan anda lebih semarak dan meriah. Pastikan anda menyediakan waktu khusus untuk berwisata belanja oleh-oleh khas Samarinda di berbagai toko oleh-oleh ya sobat Kuliner Kota! Jangan sampai anda pulang dengan tangan kosong dan melewatkan momen berburu oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: Sebelum Mudik, Belanja 9 Oleh-Oleh Khas Samarinda Terlaris dan Paling Populer!
  • 8 Juni 2020

    kue keminting terbaik memang bagus sekali rekomendasinyaa

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

Trending

Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]