1. Oleh-Oleh Khas

12 Oleh-Oleh Khas Karawang, Patut Diibawa Pulang

Apa yang wajib sobat kuliner kota lakukan ketika berada di kota orang? Ya, berburu kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner yang khas tak terkecuali dengan Karawang. Kota yang dijuluki dengan Kota Industri ini memiliki berbagai macam hidangan yang telah menjadi oleh-oleh khas Karawang yang banyak diincar oleh para wisatawan. Mau tahu apa aja buah tangan wajib dari kota ini? Yuk simak 12 oleh-oleh khas Karawang di bawah ini!

1. Rengginang Ketan

rengginang ketan karawang
Rengginang Ketan, Foto Oleh Java Travel Net

Makanan khas Karawang ini menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya. Beras ketan tersebut dikukus kemudian dibentuk bulat pipih lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga kering dan mengeras. 

Cukup mudah untuk menikmati rengginang ketan, kamu hanya perlu menggorengnya hingga mengembang. Rengginang ketan tersedia dalam dua varian rasa yaitu gurih dan asin, akan sangat cocok untuk menjadi camilanmu beserta keluarga sembari menikmati waktu bersama dirumah.

Tenang saja, oleh -oleh khas Karawang yang satu ini juga cukup bertahan lama. Kamu bisa menemukannya dengan mudah hampir di semua gerai oleh-oleh. Biasanya, rengginang ketan dijual dalam bentuk mentah atau siap makan. Masalah harga tidak perlu dikhawatirkan, makanan khas Karawang ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Harga: Mulai dari Rp10.000

2. Gandasturi

gandasturi karawang
Gandasturi, Foto Oleh Grid ID

Gandasturi adalah sebutan untuk kue basah yang terbuat dari campuran tepung roti dan kacang hijau. Makanan khas Karawang ini memiliki ukuran yang mungil yang bisa habis dalam dua gigitan. Uniknya, gandasturi memiliki tekstur yang kasar diluarnya namun dalamnya terasa begitu lembut.

Kue ini biasanya dijual dalam keadaan yang sudah siap makan. Kombinasi antara kerenyahannya dari luar, kelembutannya dari dalam dan manisnya rasa kacang hijau patut kamu coba sebagai camilan di sore hari. Tidak perlu takut untuk memborongnya, karena oleh-oleh khas Karawang ini dijual dengan harga yang cukup murah.

Harga: Rp2.500/porsi

3. Opak Ketan

opak ketan karawang
Opak Ketan, Foto Oleh Java Travel Net

Kota Karawang cukup terkenal dengan jenis makanan kerupuk, salah satu kerupuk yang wajib kamu coba adalah opak ketan. Sesuai dengan namanya, opak ketan terbuat dari bahan ketan yang diolah kemudian dipanggang hingga gurih dan renyah. Bahan-bahan lain yang digunakan adalah gula pasir, garam dan kelapa parut. 

Opak ketan umumnya dijual dalam bentuk matang dan siap dimakan. Kerenyahan kerupuknya cocok untuk dijadikan sebagai camilan atau teman makanmu. ketahannya juga cukup lama, asal disimpan di tempat yang tertutup. Bagi kalian yang ingin memberikan oleh-oleh khas Karawang untuk keluarga jauh, kerupuk ini bisa menjadi salah satu pilihanmu.

Harga: Mulai dari Rp27.000

4. Gonjing

kue gonjing karawang
Kue Gonjing, Foto Oleh Lupa Libur Com

Oleh-oleh khas Karawang yang satu ini cukup digemari di Karawang. Menjadi salah satu kuliner khas Karawang yang cukup legendaris, kue gonjing terbuat dari tepung terigu, parutan kelapa dan santan. Rasanya tidak perlu diragukan, campuran antara ketiga bahan tersebut mampu memanjakan lidahmu dengan rasa gurihnya.

Selain itu, di bandung, kue ini juga disebut dengan bandros. Tekstur dari kue ini mirip seperti serabi, dan bentuknyanya yang setengah lingkaran mirip kue pukis. Gonjing akan terasa lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan hangat. Namun, bagi kalian yang ingin menikmati gonjing dirumah dalam keadaan hangat, bisa membelinya mentahannya dalam bentuk adonan.

5. Minuman Kawista Madu

kawista madu karawang
Minuman Kawista Madu, Foto Oleh Kaskus Co Id

Oleh-oleh khas Karawang kali ini cukup istimewa, yaitu minuman yang berasal dari buah kawista yang memiliki kulit cangkang cukup keras dan dicampur dengan madu. Buah kawista sendiri juga mempunyai aroma sedap ketika sudah matang. Itulah sebabnya tak heran jika minuman ini memiliki rasa yang begitu manis. Sirup ini juga mengandung cola, karena itu disebut dengan cola java. 

Selain memiliki rasa yang menggiurkan, sirup ini juga memiliki khasiat baik bagi tubuh. Biasanya minuman kawista madu dijual dalam kemasan botol dan memiliki ketahanan yang cukup sehingga cocok dijadikan buah tangan.

Harga: Rp25.000/botol 

6. Serabi Hijau

serabi hijau karawang oleh-oleh khas karawang
Serabi Hijau, Foto Oleh Info Rengasdengklok

Seperti yang kita tahu, serabi pada umumnya berwarna kecoklatan namun berbeda dengan kuliner khas Karawang ini. Di Karawang, serabi disajikan dengan warna hijau, tak heran jika disebut dengan serabi hijau. Warna hijau yang disajikan diperoleh dari bahan alami yaitu ekstrak daun suji.

Bahan-bahan yang digunakan sama seperti serabi pada umumnya berupa tepung beras, santan kelapa, parutan kelapa, daun pandan serta gula yang dicampur  sehingga menciptakan rasa lezat. Kalian bisa dengan mudah mendapatkan oleh-oleh khas Karawang ini di daerah rengasdengklok.

Harga: Rp3.000/biji.

7. Kue Semprong

kue semprong karawang oleh-oleh khas karawang
Kue Semprong, Foto Oleh Bandoeng Co Id

Kue ini berbentuk lonjong seperti pipa, teksturnya agak kasar namun dijamin kerenyahannya tak terkalahkan. Jajanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula dan kayu manis kemudian dicetak berbentuk pipa.

Saat ini, kue semprong telah tersebar di seluruh daerah di Indonesia, kita bisa menemukannya dengan mudah. Namun, membeli kue semprong dari asal daerahnya lebih istimewa bukan? Jika kamu berkunjung ke Karawang, jangan lupa untuk membelinya langsung dari gerai oleh-oleh khas Karawang.

8. Bolu Kijing

bolu kijing karawang oleh-oleh khas karawang
Bolu Kijing, Foto Oleh Merah Putih Com

Perpaduan tekstur yang lembut dan renyah akan memanjakan lidahmu ketika pertama menggigit kuliner khas Karawang ini. Bolu kijing ini termasuk dalam kue kering sehingga bagi kalian yang ingin membawa pulang dalam jumlah banyak tidak perlu khawatir akan ketahanannya.

Bolu kijing memiliki bentuk yang cantik menyerupai bunga. Oleh-oleh khas Karawang ini bisa kamu temukan di gerai oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.

Harga: Mulai Rp15.000

9. Telur Asin Bakar Batik

telur asin bakar batik karawang oleh-oleh khas karawang
Telur Asin Bakar Batik, Foto Oleh Pertamina Com

Saat melihat namanya saja, kalian sudah pasti bisa membayangkan keunikan dari telur asin ini. Yup benar sekali, sesuai dengan namanya, telur asin ini memiliki corak batik di cangkangnya. Warga Karawang rupanya tidak kehabisan akal untuk menciptakan makanan khas Karawang yang menarik.

Telur asin ini diolah dengan cara dibakar dan dilukis dengan batik. Jadi, selain memanjakan lidah, makanan ini juga akan memanjakan mata. Telur asin bakar batik cocok untuk dijadikan lauk ataupun dimakan secara langsung. Tampilannya yang menarik tentu saja akan menambah selera makanmu.

10. Gegeplak Karawang

Gegeplak Khas Karawang, Foto Oleh Omiyago Com

Satu lagi oleh-oleh khas Karawang yang tidak boleh kalian lewatkan, yaitu gegeplak. Gegeplak merupakan jajanan yang terbuat dari kelapa muda kemudian dicampur dengan gula pasir, garam serta diberi pewarna makanan seperti hijau atau merah muda. Selain rasanya yang enak, gegeplak juga memiliki tampilan yang menarik.

Makanan khas Karawang ini hadir dalam berbagai varian cita rasa yang. Kombinasi antara rasa manis dan gurih akan membuatmu ketagihan saat pertama memakannya.

11. Ali Agrem

ali grem karawang oleh-oleh khas karawang
Ali Grem, Foto Oleh Bandoeng Co Id

Kue ini memiliki bentuk menyerupai donat namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Ali grem terbuat dari tepung beras dengan campuran gula merah dan parutan kelapa yang sebelumnya sudah digoreng. Warnanya yang kecoklatan berasal dari gula merah yang terdapat dalam adonannya. Biasanya, kue ini juga disajikan dalam acara hajatan warga Karawang.

Selain rasanya yang manis, ali grem juga memiliki tekstur yang empuk di bagian dalamnya. Kalian dapat membeli oleh-oleh khas Karawang ini di toko oleh-oleh atau kalian juga bisa langsung menuju ke Desa Lemahmukti, disana kalian bisa mendapatkan ali grem dengan resep original.

Harga: Rp27.000/porsi

12. Tahu Bumbu

tahu bumbu karawang oleh-oleh khas karawang
Tahu Bumbu Khas Karawang, Foto Oleh Tahu Bumbu Teh Engkom Bussiness Site

Tahu bumbu menjadi salah satu kuliner khas karawang yang menjadi primadona warga sekitar. Tahu ini memiliki ciri khas yang terdapat dalam bumbunya, rasa kental, gurih dan manis menjadi satu dan siap menggoyangkan lidahmu saat pertama merasakannya. Apalagi dengan tambahan bawang goreng dan kerupuk, dijamin mantap!

Kuliner khas Karawang ini telah ada sejak tahun 1908, jadi tak heran jika makanan ini menjadi salah satu kuliner legendaris di kota Karawang. Makanan ini memang lebih enak dinikmati secara langsung di tempat, namun bukan tidak mungkin bagi kalian untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Karawang.

Bagi kalian yang sedang berkunjung ke Karawang, kalian bisa menikmati tahu bumbu ini di dekat soto tangkar Mang Nead atau tepat di sebelah toko roti Dewi, Karawang.

Harga: Rp6.000 – Rp 8.000/porsi.

Jadi bagaimana, apakah kalian penasaran dengan makanan tersebut? Selain harganya yang terjangkau, oleh-oleh khas Karawang tersebut juga bisa dengan mudah didapatkan di gerai oleh-oleh yang tersebar di penjuru kota Karawang. Untuk itu bagi sobat Kuliner Kota yang sedang berkunjung ke Karawang, pastikan kamu membawa beberapa oleh-oleh khas Karawang bagi keluarga yang sedang menunggu dirumah.

Baca Juga : 5 Pusat Oleh-Oleh Garut Terlengkap dan Wajib Dikunjungi

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Oleh-Oleh Khas Karawang, Patut Diibawa Pulang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]