30 Menu Berbuka Puasa untuk 1 Bulan Penuh Tanpa Bingung

5 min read

menu buka puasa rawon daging

Tak terasa kita telah memasuki bulan Ramadhan di tahun ini. Bulan penuh berkah yang selalu dinanti oleh setiap umat muslim. Saat Ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Menahan lapar seharian membuat kita selalu menanti kapan waktu adzan tiba untuk segera menyantap menu berbuka puasa. Jika kamu masih bingung berbuka dengan apa, berikut daftar menu buka puasa untuk 1 bulan rekomendasi Kuliner Kota. Yuk simak apa saja menunya!

1. Rendang Daging

menu buka puasa rendang daging
Rendang Daging Sapi, Foto Oleh Piknik Dong Com

Menu berbuka puasa istimewa ini bisa menjadi pilihanmu di hari pertama. Rendang daging akan terasa lebih nikmat jika kamu menambahkan daun singkong dan teri sebagai sayurnya. Lengkapi pula dengan sambal ijo, sudah terasa seperti nasi padang bukan? Momen buka puasa kamu akan lebih menyegarkan jika menambahkan es kopyor sebagai minuman penutupnya, selamat mencoba ya.

2. Gulai Ikan

menu buka puasa gulai ikan
Gulai Ikan, Foto Oleh Grid ID

Menu gulai ikan akan terasa lebih sempurna jika dipadukan dengan sayur kangkung dan sambal teri. Tambahkan cabai hijau dan merah saat memasak gulai ikan untuk menambahkan rasa pedas dan tampilan yang lebih menyenangkan. Untuk minumannya, kamu bisa membuat es kelapa muda murni agar terasa lebih segar.

3. Sayur Asem

menu buka puasa sayur asem
Sayur Asem, Foto Oleh Masak Apa Hari Ini Com

Selama berpuasa, tentunya kamu membutuhkan konsumsi sayur-sayuran untuk melancarkan pencernaan. Menu buka puasa sederhana yang satu ini bisa menjadi pilihanmu, sayur asem. Perpaduan antara kelezatan dan kesegaran sayur asem akan membuat perutmu lega ketika pertama menyuapnya. Untuk menikmati sayur asem, kamu bisa menambahkan menu-menu seperti tempe goreng dan balado terong. Jangan lupakan sambal dan kerupuk juga sebagai pelengkap buka puasamu.

4. Sop Buntut 

menu buka puasa sop buntut
Sop Buntut, Foto Oleh Kumparan Com

Ciri khas dari sop buntut adalah kuahnya yang bening disertai dengan kentang dan wortel yang wajib ada didalamnya. Kaldunya yang begitu menggigit akan membuat lidahmu bergoyang saat berbuka. Sop buntut akan terasa sempurna jika kamu menambahkan nasi hangat dan kecap manibala

5. Soto

menu buka puasa soto
Soto, Foto Oleh Fimela com

Jika kamu penyuka makanan berkuah, maka menu berbuka puasa yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Kesegaran kuah soto mampu melegakan perutmu setelah seharian menahan lapar. Tambahkan telur dan bawang goreng agar lebih lengkap dan nikmat. Sekali lagi, jangan lupakan kerupuk untuk menambah kerenyahannya.

6. Pecel Lele

menu buka puasa pecel lele
Pecel Lele, Foto Oleh Okezone Com

Yang satu ini merupakan makanan khas Indonesia, pecel lele. Untuk menikmati pecel lele, kamu harus menaruhnya di atas sambal kemudian dipenyet agar rasa pedasnya bisa menyerap. Tambahkan sayur lalapan seperti kubis, mentimun dan kacang panjang agar buka puasamu semakin lengkap.

7. Ayam Teriyaki

menu buka puasa ayam teriyaki
Ayam Teriyaki, Foto Oleh Kompas Com

Menu yang satu ini cukup unik namun tetap sederhana. Ayam teriyaki bisa menjadi pilihan ,menu berbuka puasa bagi kamu yang bosan dengan masakan rumahan. Tambahkan buncis, wortel dan kentang untuk menikmati ayam teriyaki dengan sempurna. Untuk minumannya, es jeruk bisa menjadi alternatif.

8. Rolade Tahu

menu buka puasa rolade tahu
Rolade Tahu, Foto Oleh Resep Istimewa Com

Jika biasanya kamu sering mendengar rolade daging, menu yang satu ini lebih sederhana. Rolade tahu terbuat dari tahu yang digiling, namun bentuknya masih sama seperti rolade pada umumnya. Kamu bisa menyantap rolade tahu ini bersama dengan cap cay goreng. Rasa manis dan asin cap cay akan menyempurnakan gurihnya rolade tahu.

9. Ayam Kari

menu buka puasa ayam kari
Ayam Kari, Foto Oleh Cookpad Com

Saat kamu memilih ayam kari sebagai menu buka puasamu, jangan lupakan urap-urap dan sambal sebagai pelengkapnya. Kamu juga bisa menambahkan tempe goreng sebagai lauknya. 

10. Tumis Kangkung

menu buka puasa tumis kangkung
Tumis Kangkung, Foto Oleh Prasmanan Com

Tumis kangkung adalah menu yang sangat sederhana, untuk membuatnya juga cukup mudah. Namun, tidak lengkap bukan jika hanya makan sayur untuk berbuka? Kamu bisa menambahkan ayam goreng dan tempe goreng, akan lebih lengkap jika kamu menambahkan sambal kecap.

11. Cumi-Cumi Asam Manis

menu buka puasa cumi asam manis
Cumi-Cumi Asam Manis, Foto Oleh Fimela Com

Kamu penggemar seafood? Jika iya, maka menu yang satu ini wajib menjadi pilihanmu untuk berbuka. Cumi-cumi asam manis merupakan perpaduan antara rasa asin, manis dan pedas. Jika kamu menyantapnya dengan sayur kangkung, dijamin sesi buka puasamu akan terasa sempurna.

12. Udang Asam Manis

menu buka puasa udang asam manis
Udang Asam Manis, Foto Oleh Fimela Com

Selain cumi-cumi, udang juga bisa menjadi pilihan para penggemar seafood sebagai menu berbuka puasa. Rasa krenyes dari kulit udang tidak akan membuatmu bosan saat menyantapnya.

13. Ayam Pop

menu buka puasa ayam pop
Ayam Pop, Foto Oleh IDN Times Com

Menu kali ini cukup unik, kamu bisa menikmati ayam pop dengan taburan saus barbeque atau balado. Bagi kamu penyuka keju, kamu juga bisa menambahkan saus keju untuk menambah cita rasa uniknya.

14. Pepes Ikan

menu buka puasa pepes ikan
Pepes Ikan, Foto Oleh Yumly Co Uk

Pepes ikan merupakan makanan berupa ikan yang dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang. Rasa tradisionalnya yang melekat cukup lezat untuk kamu nikmati ketika berbuka. Untuk melengkapinya, kamu bisa menyantapnya dengan sayur asem dan kerupuk.

15. Ayam Rica-Rica

menu buka puasa ayam rica
Ayam Rica-Rica, Foto Oleh Grab Food Com

Menu yang satu ini bisa menjadi pilihan para penggemar makanan pedas. Ayam dengan bumbu rica-rica bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa yang  cukup menggugah selera. Jangan lupakan es buahnya ya, agar kamu tidak kebingungan ketika merasa pedas. 

16. Ayam Bumbu Rujak

menu buka puasa ayam bumbu rujak
Ayam Bumbu Rujak, Foto Oleh Resep Istimewa Com

Ayam bumbu rujak terasa lebih nikmat jika kamu menambahkan sayur lodeh dan bakwan tahu saat menyantapnya. Untuk minumannya, es gayo timun bisa menjadi pilihanmu.

17. Tumis Jamur

menu buka puasa tumis jamur
Tumis Jamur, Foto Oleh Masak Apa Hari Ini Com

Rasa kenyal dan manis dari tumis jamur bisa menjadi pilihanmu selanjutnya untuk menu berbuka puasa. Kamu bisa menambahkan tahu di di dalamnya untuk melengkapi menu berbuka puasa kamu. Jadi, ingin mencoba resep buka puasa sederhana tumis jamur sore ini?

18. Balado Ikan

menu buka puasa balado ikan
Balado Ikan, Foto Oleh Resep Makanan Com

Rasa pedas campur gurih dari kenikmatan balado ikan akan memanjakan lidahmu saat berbuka puasa. Kelezatan balado ikan cocok ditemani dengan sayur nangka atau bihun goreng dan jangan lupakan es kelapa muda sebagai minumannya. Kamu juga bisa menambahkan bakso bakwan untuk melengkapi menu buka puasamu.

19. Cap Cay Goreng

menu buka puasa cap cay goreng
Cap Cay Goreng, Foto Oleh Detik Food Com

Cukup mudah membuat menu yang satu ini, jangan lupakan ciri khas cap cay goreng yaitu kuah kentalnya. Kamu bisa menambahkan ayam goreng tepun untuk menyempurnakan santapan yang satu ini.

20. Sayur Lodeh

menu buka puasa sayur lodeh
Sayur Lodeh, Foto Oleh Dapur Naira Com

Untuk menikmati sayur lodeh, tambahkan telur balado sebagai lauknya. Perpaduan rasa keduanya akan menyempurnakan buka puasamu setelah menahan lapar selama belasan jam.

21. Sapi Lada Hitam

menu buka puasa sapi lada hitam
Sapi Lada Hitam, Foto Oleh Prasmanan Com

Ketika memasak daging sapi lada hitam, tambahkan paprika merah hijau dan kuning agar tampilannya lebih menarik. Makanan dengan tampilan yang menarik akan membuatmu lebih bersemangat ketika menyantapnya.

22. Oseng Tahu dan Telur Puyuh

menu buka puasa oseng tahu telur puyuh
Oseng Tahu dan Telur Puyuh, Foto Oleh Cookpad Com

Oseng tahu dan telur puyuh terasa sempurna jika dinikmati bersamaan dengan oseng daun pepaya dan nasi hangat. Menu ini cocok diiringi dengan es selasih sebagai minumannya.

23. Sop Ayam

menu buka puasa sop ayam
Sop Ayam, Foto Oleh iNews Id

Sama seperti sop pada umumnya, sop ayam terasa lebih nikmat jika disantap menggunakan nasi hangat dan sambal.  Satu hal lagi yang tidak boleh terlupakan yaitu kerupuk. 

24. Gurami Asam Manis

daftar menu buk apuasa untuk 1 bulan
Gurami Asam Manis, Foto Oleh Fimela Com

Menu berbuka puasa yang satu ini akan memanjakan lidahmu dengan kelembutan daging ikannya. Perpaduan rasa manis dan asin pada menu yang satu ini cocok dipadukan dengan tumis kangkung atau tumis kol.

25. Telur Ceplok Bumbu Kecap

daftar menu buka puasa untuk 1 bulan
Telur Ceplok Bumbu Kecap, Foto Oleh Masak Apa Hari Ini Com

Sudah terlihat dari namanya bahwa makanan ini bisa menjadi menu berbuka puasa yang sederhana. Cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Telur ceplok bumbu kecap dapat kamu nikmati dengan nasi putih yang masih hangat. Meskipun sederhana, namun rasa lezatnya tidak sesederhana itu.

26. Oseng Pare

menu buka puasa oseng pare
Oseng Pare, Foto Oleh Matamata Com

Jika kamu penggemar makanan yang cenderung pahit, maka oseng apre akan menjadi santapan favorite-mu untuk berbuka puasa. Kamu bisa mencampurkan teri di dalamnya untuk menambahkan cita rasa oseng pare.

27. Cumi Pedas Pete

daftar menu buka puasa untuk 1 bulan
Cumi Pedas Pete, Foto Oleh Orami Co Id

Kelezatan cumi pedas pete langsung terasa saat kamu menyantapnya pertama kali menggunakan nasi hangat saat berbuka. Tambahkan tempe goreng untuk melengkapi santapanmu.

28. Sup Ikan Kakap

daftar menu buka puasa untuk 1 bulan
Sup Ikan Kakap, Foto Oleh Detik Food Com

Sup ikan kakap bisa kamu padukan dengan sambal teri dan tempe mendoan. Untuk minumannya, es teler bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi menu berbuka kamu.

29. Rawon Daging

menu buka puasa rawon daging
Rawon Daging, Foto Oleh Kumparan Com

Saat menyantap rawon, yang harus selalu ada dan tidak boleh terlewatkan adalah kerupuk udang. Makanan ini lebih nikmat ketika masih hangat, jadi pastikan rawon daging tersebut dalam kondisi hangat sebelum kamu menyantapnya untuk berbuka.

30. Tuna Asam Manis

menu buka puasa tuna asam manis
Tuna Asam Manis, Foto Oleh Kompas Com

Kamu akan menemukan suatu kenikmatan yang tiada tara ketika memadukan tuna asam manis dan tumis sawi. Untuk minumannya, kamu bisa memilih minuman yang tidak terlalu manis namun menyegarkan. Es teh dengan perasan lemon bisa menjadi salah satu pilihanmu.

Jadi bagaimana, sudah siap untuk menyiapkan menu berbuka puasa saat bulan Ramadhan? Menu berbuka puasa yang lezat akan membuatmu lebih bersemangat untuk menantikan adzan maghrib tiba. Tak harus repot membelinya, menu-menu di atas bisa kamu masak sendiri dirumah. Selamat menjalankan ibadah puasa sobat Kuliner Kota!

Lovely Fida Nurfaiziah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *