1. Ramadhan

Inspirasi 15 Menu Sahur Praktis Untuk Kuat Puasa Seharian

Bulan ramadhan tiba, saatnya seorang muslim berlomba-lomba menjalankan ibadah di bulan penuh berkah ini. Kamu bisa memulai untuk menyiapkan menu sahur bergizi agar kuat untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk membuat menu makanan sahur tidak harus ribet, kamu hanya perlu menyiapkan makanan dengan kandungan nilai gizi seimbang seperti protein, karbohidrat maupun buah agar nutrisi terpenuhi dan kuat menjalani ibadah puasa.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang bingung mencari menu makanan untuk sahur, Kuliner Kota punya rekomendasi untuk kamu. Pastinya praktis, anti ribet dan mengandung nutrisi yang akan membantu kamu tetap berenergi selama berpuasa. Berikut apa saja menu praktis yang bisa jadi pilihan kamu sahur besok pagi.

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng
Nasi Goreng, Foto oleh Holidin Com Blogspot Com

Menjadi salah satu menu makanan sahur yang praktis, Nasi Goreng bisa jadi pilihan kamu jika bangun saat mendekati waktu imsak. Kamu hanya perlu menyiapkan nasi dan bumbu-bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan garam yang sudah di haluskan. Jika tidak ingin menyiapkan sendiri bumbu nasi goreng, kamu juga bisa membeli bumbu nasi goreng jadi lho! Cita rasanya yang nikmat serta praktis, cocok jadi pilihan menu makanan saat sahur. Jangan lupa tambahkan telur ceplok dan sosis agar Nasi Goreng sahur kamu makin terasa lezat saat di santap!

2. Buah Apel

Buah Apel
Buah Apel, Foto oleh Ini Baru Id

Menjadi salah satu menu penutup sahur yang bakal membuat kamu bersemangat berpuasa, jangan lupa sediakan stok Buah Apel di kulkas. Tingginya kandungan kadar air serta serat dalam buah apel bakal bikin kamu kenyang lebih lama. Selain itu sebutir Buah Apel hanya memiliki kandungan 80 kalori jadi bagi anda yang sedang diet Buah Apel cocok jadi menu makannya. Jangan lupa untuk makannya tanpa membuang kulit Buah Apel, sebab kulit Buah Apel mengandung serat pektin yang berperan untuk menekan nafsu makan. Tertarik mencoba menu sahur menggunakan Buah Apel yang kaya serat ini? 

3. Susu

Susu
Susu, Foto oleh Faktual News Co

Bagi kamu yang masih di tanah rantau dan tidak bisa pulang ke rumah, menu sahur ini cocok untuk menjaga nutrisi tubuh selama seharian berpuasa, Susu. Memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh, mengkonsumsi Susu sebagai pilihan menu saat sahur bisa jadi pilihan jika kamu tidak sempat memasak berbagai menu untuk sahur. Apalagi bagi anak kost yang sering mengkonsumsi mie instan dan abon? Susu ini, bisa membuat kamu tetap berenergi meskipun berpuasa seharian.

4. Rendang

Rendang
Rendang, Foto oleh Google Id

Bagi kamu yang tidak ingin repot menyiapkan menu sahur, cobalah memasak rendang saat berbuka puasa. Rendang merupakan makanan daerah Minangkabau yang terbuat dari daging sapi dengan campuran berbagai macam bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa nikmat dan cocok disantap di berbagai suasana. Karena Rendang bisa tahan lama saat di simpan di Kulkas, kamu bisa menggunakannya sebagai menu makanan sahur juga. Jadi praktis, hanya perlu menghangatkan kembali saat kamu ingin mengkonsumsinya. Tertarik membuat rendang sebagai menu berbuka puasa sekaligus sahur?

5. Abon

Abon
Abon, Foto oleh Id Wikipedia Org

Bagi anak kos menu sahur praktis selain indomie adalah Abon. Memiliki daya tahan lama serta nikmat dikonsumsi meskipun hanya dengan nasi hangat saja, membuat makanan ini cocok jadi pilihan kamu yang tidak sempat bangun untuk memasak. Meskipun begitu, jangan sering-sering yang sobat Kuliner Kota mengkonsumsi abon sebagai menu makanan sahur! Karena pastinya sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh nantinya.

6. Alpukat

Alpukat
Alpukat, Foto oleh Dokter Sehat Com

Selain buah apel, kamu juga bisa mengkonsumsi Alpukat sebagai menu sahur besok pagi. Alpukat memiliki kandungan gizi serat, lemak, potassium, folat dan vitamin E yang pastinya baik untuk tubuh serta membuat kamu tetap berenergi selama seharian berpuasa. Kamu juga bisa mengkreasikan Alpukat dengan mencampurnya dengan susu ataupun madu sesuai selera lho! Jadi praktis bukan sahur dengan menggunakan menu buah Alpukat?

7. Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal, Foto oleh Love and Lemons Com

Menu sahur satu ini memang terkenal memiliki cita rasa yang nikmat dan kandungan gizi yang sukses membuat kita bisa merasa kenyang lebih lama, Oatmeal. Menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta serat yang memberikan energi tubuh untuk bisa bersemangat menjalankan aktivitas seharian meskipun berpuasa. Kamu bisa menambahkan susu, almond dan buah-buahan segar agar lebih nikmat dan pastinya membuat kamu kuat puasa seharian tanpa merasakan lapar. Praktis bukan menu makanan sahur satu ini?

8. Susu Kedelai

Susu Kedelai
Susu Kedelai, Foto oleh Pikiran Rakyat Com

Jika kamu tidak sempat bangun untuk menyiapkan makanan sahur, Susu kedelai bisa jadi pilihan untuk tetap membuat tubuh berenergi menjalani puasa sehari penuh. Memiliki kandungan protein, zat besi, vitamin, mineral dan berbagai gizi lainnya yang pastinya baik untuk membuat tubuh tetap fit selama berpuasa, kamu bisa mengkonsumsi 1 gelas Susu Kedelai saat sahur. Pastinya, praktis sederhana dengan kandungan gizi bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan berenergi meskipun seharian berpuasa.

9. Ayam Kecap

Menjadi salah satu menu sahur sederhana yang praktis, kamu bisa membuat Ayam Kecap di rumah saat sahur nanti. Kayu hanya perlu menyiapkan ayam, kecap, aneka bumbu seperti bawang merah dan bawang putih serta berbagai bumbu lainnya. Agar kamu tidak repot memasak Ayam Kecap saat pagi hari, disarankan sudah menyiapkan bumbunya dulu ya sobat Kuliner Kota saat malam harinya. Agar paginya kamu tinggal memasak, tanpa perlu menyiapkan bumbu-bumbu terlebih dulu.

Ayam Kecap
Ayam Kecap, Foto oleh Resep Koki Id

Empuknya daging ayam serta manisnya kecap bakal makin lengkap saat disantap bersama nasi hangat. Bikin kamu tetap berenergi menjalani aktivitas sehari-hari meskipun berpuasa. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah ya sobat Kuliner Kota sebagai penutup makan sahur sebelum berpuasa.[

10. Kornet

Kornet
Kornet, Foto oleh Cookpad Com

Menjadi salah satu menu sahur praktis bagi kamu yg telat untuk bangun sahur, Kornet bisa jadi pilihannya. Proses pembuatannya yang sederhana namun memiliki cita rasa yang nikmat, kamu hanya perlu menumis bawang merah dan bawang putih serta tambahkan garam lalu Kornet. Rasanya yang nikmat akan sangat cocok disantap menggunakan nasi hangat. Tertarik untuk menyajikan Kornet sebagai menu makanan sahur di rumah?

11. Telur Balado

Telur Balado
Telur Balado, Foto oleh Masak Apa Hari Ini Com

Bosan sahur dengan menu itu-itu saja? Kamu bisa mencoba membuat Telur Balado sebagai menu sahur nanti. Sebelum membuat Telur Balado, siapkan telur yang sudah di rebus serta dikupas kulitnya, lalu siapkan bumbu seperti, cabai merah, bawang putih, bawang merah, daun jeruk serta berbagai bumbu lainnya. Resep menu sahur sederhana namun memiliki cita rasa yang lezat dan bergizi, apalagi disantap menggunakan nasi hangat? Bikin perpaduan yang pecah serta membuat kamu berenergi menjalani aktivitas seharian selama berpuasa.

12. Sereal

Sereal
Sereal, Foto oleh Zwitsal Co Id

Menjelang lebaran, pasti rasa malas untuk menyiapkan menu sahur akan sering datang. Untuk itu kamu perlu menyiapkan menu praktis seperti Sereal dan susu agar tetap bisa menjalani ibadah puasa seharian dan tetap berenergi. Sereal dan susu memiliki kandungan gizi yang baik sehingga kamu bisa tetap bersemangat menjalani puasa meskipun hanya sahur menggunakan sereal saja.

13. Dendeng

Dendeng
Dendeng, Foto oleh Brilicius Brilio Net

Selain rendang, kamu juga bisa mengkonsumsi Dendeng sebagai menu sahur lho! Memiliki daya tahan cukup lama saat di simpan di dalam kulkas membuat kamu tidak perlu repot membuat masakan baru saat menjadikan Dendeng sebagai menu buka puasa. Cukup hangatkan kembali sebelum kamu menikmatinya maka anda bisa sahur menggunakan Dendeng bercita rasa nikmat yang membuat kamu berenergi menjalani puasa seharian.

14. Sarden

Sarden
Sarden, Foto oleh Resep Koki Id

Menu makan sahur praktis lainnya yang bisa kamu buat di rumah, adalah Sarden. Meskipun hanya menggunakan Sarden sebagai makanan Sahur, kamu tetap akan mendapatkan nilai gizi ikan yang ada dalam sekaleng Sarden sehingga tetap berenergi untuk menjalani puasa seharian. Kamu hanya perlu menghangatkan kembali Sarden dengan tambahan sedikit garam dan gula sesuai selera. Bisa juga menambahkan sosis juga lho dalam olahan Sarden kamu! Menarik bukan meskipun sahur hanya dengan Sarden tetapi kamu tetap bisa mengkreasikan sesuai kreativitas.

15. Chicken Nugget

Chicken Nugget
Chicken Nugget, Foto oleh Google Com

Adanya pademi seperti saat ini, membuat Chicken Nugget sendiri di rumah bisa jadi alternatif untuk camilan anak-anak ataupun menu Sahur. Untuk membuat Chicken Nugget  siapkan ayam yang sudah digiling, aneka rempah-rempah serta tepung dan bahan-bahan lainnya untuk membuat Chicken Nugget di rumah. Pastinya juga lebih higienis dan kamu hanya perlu menyimpannya di kulkas lalu menggorengnya saat ingin mengkonsumsi. Tertarik sahur dengan menu praktis ini?

Berbagai menu sahur praktis bisa anda buat sendiri di rumah. Dengan menyiapkan semua menu buka puasa dan sahur di rumah maka kamu akan lebih bisa mengontrol kehigienisan semua makanan yang masuk ke dalam ke perut serta ikut berperan memutus mata rantai persebaran virus corona atau covid-19 karena tidak sering pergi keluar rumah. Jadi, mau makan sahur dengan menu apa hari ini?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inspirasi 15 Menu Sahur Praktis Untuk Kuat Puasa Seharian

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending