Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Wisata Belanja di 8 Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Terlengkap

4 min read

Istana Gandrung Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi dengan keanekaragaman yang dimiliki membuat siapapun terhipnotis dengan daerah yang terkenal akan Taman Nasional Alas Purwo ini. Puas menikmati destinasi wisata yang ada, Banyuwangi juga tidak lupa menyuguhkan keunikan kuliner khas dan produk lokal yang cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Untuk itulah, menutup liburan di kota ini paling lengkap jika berwisata belanja di pusat oleh-oleh Banyuwangi.

Ada berbagai macam pusat oleh-oleh yang tersebar di seluruh kota. Pastinya juga terjangkau dan lengkap sehingga memudahkan Anda untuk tidak perlu pergi ke banyak toko oleh-oleh Banyuwangi untuk bisa membawa pulang semua produk khas dari kota ini. Oleh sebab itu, bagi Anda yang bingung mencari referensi tempat belanja oleh-oleh di banyuwangi, 8 pusat oleh-oleh di Banyuwangi ini bisa jadi pilihan. Pastinya lengkap dan harganya juga terjangkau. Berikut daftar 8 pusat oleh-oleh Banyuwangi yang Kuliner Kota rekomendasikan untuk anda. Simak artikel berikut ya!

1. Osing Deles

Salah satu tempat oleh-oleh Banyuwangi terlengkap yang wajib anda kunjungi adalah Osing Deles. Toko ini menjual berbagai produk khas Banyuwangi mulai dari produk tekstil hingga makanan khas Banyuwangi. Pusat oleh-oleh Banyuwangi yang berlokasi di Jalan Agus Salim No. 12A, Taman Baru, Kabupaten Banyuwangi ini selalu ramai dikunjungi karena disana menjual aneka produk lokal UMKM yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Anda bisa menjumpai mulai dari kaos etnik Banyuwangi, batik khas Banyuwangi, kue tradisional, hingga pernak pernik juga ada. 

Osing Deles Banyuwangi
Osing Deles, Foto oleh Media 9 Co Id

Uniknya lagi, sobat Kuliner Kota juga bisa berbelanja sekaligus bersantai karena Osing Deles menyediakan spot foto menarik serta jika merasa haus Anda bisa menikmati teh hangat atau jahe hangat yang disediakan secara gratis. Selain itu, nuansa ruangan yang artistik dan tradisional tapi tetap terlihat mewah bakal bikin Anda betah berlama-lama berbelanja disini. Untuk harga produk yang ditawarkan di Osing Deles juga terjangkau lho, mulai dari Rp10.000 – Rp300.000 saja. Jika tertarik mengunjungi Osing Deles yang sudah buka sejak tahun 2013 ini, Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00. 

2. Gajah Oling

Kue Bagiak
Gajah Oling, Foto oleh Pinterest

Kalau pusat oleh-oleh Banyuwangi yang ini terkenal dengan Kue Bagiak nya,  Rumah Kue Gajah Oling yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol No. 34, Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, atau 20 menit dari Pelabuhan Ketapang. Selain Kue Bagiak, toko ini juga menjual berbagai macam makanan dan camilan khas Banyuwangi lainnya yang tak kalah enak mulai dari untir-untir, kelemben dan aneka oleh-oleh lainnya. Tempat oleh-oleh ini, buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 21.00. Jadi, tertarik untuk mampir berwisata belanja di tempat oleh-oleh ini?

3. Pia Glenmore

Pusat oleh-oleh Banyuwangi ini memiliki produk andalan yaitu Pia Glenmore yang merupakan pia aneka rasa khas Banyuwangi. Berdiri sejak tahun 1987 sebagai tempat makan bernama Warung Glenmore, usaha yang dirilis oleh Ibu Suciati ini memiliki banyak penggemar dari semua kalangan wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi. Untuk harga, pia yang ditawarkan juga relatif terjangkau, mulai dari Rp20.000/box yang berisi 10 Bakpia. 

Pia Glenmore
Pia Glenmore, Foto oleh Ksm Tour Com

Selain itu, toko oleh-oleh Banyuwangi yang berlokasi di Jalan Raya Jember No. 51, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi ini juga menyediakan produk olahan makanan khas Banyuwangi lainnya lho, mulai dari kue bagiak, brownies, roll tape khas Jember dan aneka pilihan lainnya. Jika, Anda tertarik membawa buah tangan Banyuwangi dari tempat ini, Pia Glenmore buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 21.00. Jadi, bagaimana apakah tertarik mampir di pusat oleh-oleh di Banyuwangi terlengkap dan melegenda ini?

4. Istana Gandrung Banyuwangi

Istana Gandrung Banyuwangi
Istana Gandrung Banyuwangi, Foto oleh Google Com

Istana Gandrung juga merupakan salah satu pusat oleh-oleh Banyuwangi terlengkap yang merupakan anak cabang dari Pelangi Sari Group. Di tempat oleh-oleh ini, Anda akan disuguhkan berbagai macam produk khas Banyuwangi yang lengkap, mulai dari makanan khas, camilan khas Banyuwangi, kaos etnik Banyuwangi, hingga souvenir yang cocok jadi kenang-kenangan juga ada. Berlokasi di depan Hotel El Royale Banyuwangi, Rest Area Jalan Jember KM 7, Dadapan, Kabat, Dusun Krajan, Kabupaten Banyuwangi tempat oleh-oleh ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, anda tidak perlu khawatir tutup saat ingin berwisata belanja disini.

5. Pelangi Sari Banyuwangi

Pusat oleh-oleh Banyuwangi selanjutnya adalah Pelangi Sari. Toko yang berlokasi di Jalan Letkol Ngurah Rai No. 16 Kabupaten Banyuwangi ini menjual berbagai macam produk home made, mulai dari batik Banyuwangi, aneka kerajinan tangan serta kue kering maupun basah khas Banyuwangi. Selain menjual hasil produknya sendiri, Pelangi Sari juga menjual produk-produk yang dititipkan oleh UMKM di Banyuwangi lho! Jadi, sudah terbayang bukan? Seberapa lengkapnya tempat belanja oleh-oleh ini.

Pelangi Sari Banyuwangi
Pelangi Sari Banyuwangi, Foto oleh Google Com

Untuk harga produk-produk disini juga bervariasi mulai dari Rp10.000 – Rp100.000. Toko oleh-oleh Banyuwangi ini buka setiap hari sekitar pukul 10.00 – 22.00. Jadi, tertarik untuk mampir ke pusat belanja oleh-oleh Banyuwangi ini? Eits, bagi para sobat Kuliner Kota yang datang rombongan menggunakan bus mesti berjalan sekitar 2 menit – 5 menit ya dari jalan raya! Karena Pelangi Sari akses masuknya sedikit sempit. 

6. Sun Osing Banyuwangi

Ingin berkunjung ke toko oleh-oleh Banyuwangi sambil berwisata kuliner? Sun Osing bisa menjadi solusinya. Pusat oleh-oleh Banyuwangi yang sekaligus restoran ini memiliki 2 cabang yang berlokasi di Jalan Brawijaya No. 67, Kebalenan, Glagah dan di Dusun Krajan, Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Sama seperti pusat oleh-oleh lainnya, tempat ini juga menjual berbagai macam produk khas Banyuwangi yang pastinya lengkap dan terjangkau.

Sun Osing banyuwangi
Sun Osing Banyuwangi, Foto oleh Travelink Magz Com

Anda bisa menemukan mulai dari kaos etnik Banyuwangi, aksesoris atau pernak pernik khas Banyuwangi dan berbagai macam jajanan maupun makanan khas Banyuwangi. Pastinya juga oleh-oleh tersebut hasil dari UMKM di seluruh Banyuwangi. Jadi, jika tertarik kulineran dan wisata belanja dalam satu tempat, Sun Osing Banyuwangi buka setiap hari pada pukul 09.00 – 22.00.

7. Ardial

Ardial Banyuwangi
Ardial, Foto oleh Google Com

Pusat oleh-oleh Banyuwangi yang satu ini juga terkenal sebagai produsen Kue Bagiak khas Banyuwangi dengan cita rasa nikmat dan harga terjangkau, Toko Ardial. Salah satu tempat wisata belanja buah tangan yang sudah ada sejak tahun 2011 dan berlokasi di Jalan Basuki Rahmat 115 Kabupaten Banyuwangi. Selain kue Bagiak, toko oleh-oleh Banyuwangi ini menjual camilan khas Banyuwangi lainnya seperti Sale Pisang, Rengginang, Kue Klemben, kerupuk cumi dan jajanan lainnya. Toko Ardial buka setiap hari pada pukul 07.00 – 21.00, jadi tertarik untuk berbelanja dan memborong buah tangan dari tempat ini?

8. Wong Osing Banyuwangi

Mencari toko oleh-oleh Banyuwangi yang ramah dikantong tidaklah susah, cukup dengan mengunjungi salah satu pusat oleh-oleh Banyuwangi, Wong Osing maka kalian bisa memborong semua oleh-oleh khas dari Banyuwangi. Meskipun semua produk yang dijual relatif terjangkau dibandingkan toko oleh-oleh Banyuwangi lainnya, kualitas produk serta cita rasanya tidak kalah dari berbagai pusat oleh-oleh Banyuwangi lainnya.

Wong Osing Banyuwangi
Wong Osing Banyuwangi, Foto oleh Google Com

Anda, bisa membeli produk buah tangan disini mulai dari makanan khas Banyuwangi, camilan kering maupun basah, berbagai macam souvenir, hingga batik khas Banyuwangi juga ada. Berlokasi di Jalan KH. Wahid Hasyim, Pancoran Kulon, Asyari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi yang searah dengan jalan menuju Bandara Banyuwangi, Wong Osing Banyuwangi buka setiap hari mulai pukul 07.30 – 21.00. Jadi, bagian kalian yang sedang ingin bersiap untuk pulang menuju bandara, siapkan waktu khusus untuk berangkat lebih awal agar bisa memborong semua buah tangan di Wong Osing Banyuwangi.

Nah, itu dia tempat belanja oleh-oleh Banyuwangi terlengkap dan jadi favorit wisatawan untuk berbelanja. Sesuaikan jarak dan budget Sobat Kuliner Kota ketika akan mengunjungi toko oleh-oleh Banyuwangi tersebut. Semarakkan liburan sekaligus bawa momen manis saat di Banyuwangi dengan memborong semua oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Last Updated on November 20, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

One Reply to “Wisata Belanja di 8 Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Terlengkap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *