1. Oleh-Oleh Khas

8 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Jadi Favorit Wisatawan

Banjarmasin, kota yang mendapat sebutan seribu sungai karena dikelilingi oleh sungai Barito dan sungai Martapura. Berada di kota ini tidak hanya akan dimanjakan dengan berbagai pilihan tujuan wisata alam, sejarah, religi dan berbagai tujuan wisata lainnya namun lidah anda juga akan dimanjakan dengan ragam kuliner khas dengan cita rasa nikmat dan lezat. Akan tetapi jangan beranjak dulu dari kota ini, sebelum berburu ragam oleh-oleh khas Banjarmasin yang siap melengkapi liburan anda.

Oleh-oleh Banjarmasin mulai dari makanan sampai pernak-pernik bisa jadi pilihan untuk dibawa pulang. Penasaran apa saja oleh-oleh khas dari Banjarmasin tersebut? Yuk, simak artikel Kuliner Kota berikut ini.

1. Amplang

Daftar Isi

Kota Banjarmasin terkenal dengan sebutan kota seribu sungai, oleh karena itu tidak heran jika berbagai produk olahan ikan tawar dijajakan di kota ini, salah satunya Amplang. Oleh-oleh khas Banjarmasin ini merupakan sejenis kerupuk dan terbuat dari campuran tepung beserta ikan pipih. Uniknya lagi Ampalang juga disebut dengan kuku macan karena bentuknya pipih dan kecil.

Amplang Banjarmasin
Amplang, Foto oleh Wikipedia Org

Perpaduan cita rasa gurih dan harganya yang terjangkau juga membuat makanan satu ini selalu jadi favorit para wisatawan sebagai buah tangan untuk untuk keluarga di rumah. Untuk mendapatkannya cukup mudah lho! Karena dijual di semua toko oleh-oleh yang ada di kota Banjarmasin dengan kisaran harga Rp30.000 – Rp60.000 saja. Jadi, kapan lagi bisa bawa pulang oleh-oleh bercita rasa nikmat dengan harga terjangkau kalau bukan Amplang ini salah satu pilihannya.

2. Batik Sasirangan

Kain batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang tersebar di berbagai daerah dengan keunikan yang berbeda-beda, tidak terkecuali di Kota Banjarmasin. Saat berada di kota seribu sungai ini, anda bisa membawa Batik Sasirangan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Memiliki corak dan warna yang cerah membuat Batik Sasirangan cocok jika dijadikan sebagai pakaian, selendang, tas dan berbagai model lainnya untuk dijadikan outfit di segala suasana. 

Batik Sasirangan Banjarmasin
Batik Sasirangan, Foto oleh Umum Banjarmasin Kota Go Id

Nama Batik Sasirangan sendiri diambil dari bahasa Banjarmasin “manyirang” yang berarti dijahit atau diikat. Anda juga bisa melihat secara langsung proses pembuatannya lho! Menarik bukan? Jika, tertarik membawa oleh-oleh khas Banjarmasin ini sebagai cinderamata untuk keluarga di rumah, anda bisa datang ke Kampung Sasirangan atau di pusat oleh-oleh di Kota Banjarmasin.

3. Sambal Acan

Sambal Acan Banjarmasin
Sambel Acan, Foto oleh Buka Lapak Com

Bagi anda pecinta sambal, maka Sambal Acan khas Banjarmasin wajib anda bawa pulang. Merupakan oleh-oleh khas Banjarmasin, Sambal Acan terbuat dari campuran mangga muda dan terasi. Cita rasanya yang khas serta dikemas dengan ukuran yang pas membuat oleh-oleh khas dari Banjarmasin ini cocok jika dibawa kemanapun. Selain itu harganya juga terjangkau lho! Mulai dari Rp15.000 saja, anda bisa membawa pulang Sambal Acan untuk pelengkap berbagai menu makanan. Pastinya bikin makin nikmat dan selera makan naik. Tertarik membawanya sebagai oleh-oleh?

4. Rabuk Ikan

Berbagai produk olahan ikan, bisa anda temukan di kota Banjarmasin salah satunya Rabuk Ikan. Merupakan oleh-oleh khas Banjarmasin, Rabuk Ikan sebenarnya adalah sebutan abon yang berbahan dasar ikan. Jika biasanya anda menikmati abon berbahan dasar ayam maupun sapi, maka di Kota Banjarmasin berbahan dasar ikan haruan yang hidup di sungai Barito. Cita rasanya yang nikmat dan aromanya yang khas membuat Rabuk Ikan cocok melengkapi berbagai menu makanan anda. Apalagi dipadukan dengan nasi hangat, bakal bikin mulut anda tidak berhenti mengunyah. 

Rabuk Ikan Banjarmasin
Rabuk Ikan, Foto oleh Abon Ikan Agus Blogspot Com

Untuk mendapatkan Rabuk Ikan khas Banjarmasin juga mudah lho! Karena oleh-oleh ini dijual di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Banjarmasin. Rasanya enak dan pastinya tahan lama. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

5. Ikan Seluang Goreng

Kota Banjarmasin memang terkenal dengan berbagai macam produk olahan ikan, tidak terkecuali oleh-oleh Banjarmasin satu ini, Ikan Seluang Goreng. Merupakan salah satu oleh-oleh Banjarmasin, ikan seluang adalah ikan air tawar yang berukuran 2 sampai 4 inci. Di Banjarmasin ikan seluang akan diolah dengan cara dibalut menggunakan tepung lalu digoreng dan dikemas ke dalam wadah kedap udara agar lebih awet.

Ikan Seluang Goreng Banjarmasin
Ikan Seluang Goreng, Foto oleh Ensiklopedia Dapur Rakyat Id

Cita rasa gurih dan teksturnya yang renyah cocok sebagai cemilan saat perjalanan maupun pelengkap berbagai menu makanan anda. Apalagi menyantapnya dengan sambal maupun saus cabe? Bikin tidak ingin berhenti mengunyah pastinya. Tertarik membawanya pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah?

6. Batu Permata

Batu Permata Banjarmasin
Batu Permata, Foto oleh Panduan Wisata Id

Sebelum pulang dari kota seribu sungai tidak anda salahnya membawa oleh-oleh Batu Pertama untuk keluarga di rumah. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin, Batu Permata disini memiliki berbagai jenis dan ukuran yang dijual dengan harga yang bervariasi. Uniknya, anda juga bisa melakukan tawar menawar lho! Jadi, bisa membeli Batu Permata khas Banjarmasin sesuai dengan budget. Tertarik membawanya sebagai cinderamata untuk keluarga di rumah? Anda bisa datang ke daerah Martapura untuk mendapatkan berbagai Batu Permata sesuai budget maupun selera

7. Kue Rangai

Kue Rangai Banjarmasin
Kue Rangai, Foto oleh Silau Surya Com

Merupakan salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin, Kue Rangi sekilas mirip dengan sagon. Terbuat dari campuran tepung ketan, kelapa parut serta berbagai bahan lainnya dan diolah dengan cara dipanggang. Teksturnya yang kering diluar namun terasa lembut didalam serta memiliki perpaduan cita rasa gurih dan manis yang pas bakal bikin anda ketagihan untuk mencobanya berulang kali. Untuh harga buah tangan khas Bajarmasin ini juga terjangkau lho! Sekitar Rp20.000 saja, tertarik untuk membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah?

8. Dodol Kandangan

Tidak hanya di pulau Jawa saja anda bisa menemukan bermacam olahan dodol dengan cita rasa nikmat, saat berada di Banjarmasin Dodol Kandangan juga bisa jadi pilihan untuk buah tangan keluarga di rumah. Dodol Kandangan merupakan oleh-oleh khas Banjarmasin yang terbuat dari campuran beras ketan, gula aren dan berbagai macam bahan lainnya sehingga memiliki bentuk tipis serta cita rasa manis dan legit. 

Dodol Kandangan Banjarmasin
Dodol Kandangan, Foto oleh Id M Wikipedia Org

Dodol Kandangan juga memiliki berbagai varian rasa lho! Mulai dari coklat, durian dan berbagai macam rasa lainnya yang pastinya lezat dan nikmat. Harganya yang terjangkau dan awet membuat oleh-oleh Banjarmasin satu ini bisa anda bawa kemanapun. Tertarik membawanya sebagai pilihan buah tangan untuk keluarga di rumah?

Berbagai pilihan buah tangan khas Banjarmasin bisa jadi pilihan untuk dibawa pulang. Jangan sampai anda pulang dengan tangan kosong ya sobat Kuliner Kota! Karena berbagai oleh-oleh khas Banjarmasin di atas pastinya bakal bikin liburan anda lebih semarak dan meriah. Pastikan orang rumah ikut merasakan manisnya berlibur di Kota Banjarmasin dengan membawa berbagai buah tangan khas Banjarmasin untuk mereka.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Jadi Favorit Wisatawan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending