Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Oleh-Oleh Khas Palembang, Dari Pempek Sampai Kuenya yang Populer

5 min read

Kue Delapan jam Palembang

Berlibur memang menjadi rutinitas untuk menghilangkan penat atau hanya sekedar mendapatkan pengalaman baru dengan mendatangi kota yang belum pernah anda datangi. Sisi positif dalam berlibur sangat beragam, oleh karena itu banyak orang sengaja menyiapkan budget untuk mengagendakan liburan ke suatu kota. Saat anda memilih berlibur ke Kota Palembang berwisata kuliner harus jadi rutinitas yang anda lakukan, begitu pula dengan berbelanja oleh-oleh. Oleh-oleh Palembang punya cita rasa khas yang bakal bikin anda kangen momen manis di kota ini. Mau tau apa saja oleh-oleh khas Palembang yang wajib anda bawa pulang? Kuliner Kota punya rekomendasi oleh-oleh khas sampai suvenir yang wajib jadi buah tangan untuk keluarga di rumah. Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Pempek

Pempek Palembang
Pempek Palembang, Foto oleh La Rasa Pempek Blogspot Com

Mendengar Kota Pelembang pasti yang terlintas dipikiran anda adalah Pempek. Oleh karena itu tidak akan terasa lengkap jika anda belum membawa Pempek sebagai oleh-oleh khas Palembang untuk keluarga di rumah. Terbuat dari sagu dan ikan yang sudah dihaluskan serta telur, bawang putih dan garam lalu dikemas dan dibekukan agar memudahkan anda membawanya. Cita rasa Pempek Palembang yang nikmat bakal bisa anda nikmati bersama keluarga di rumah. Anda salah satu Pempek yang bisa jadi pilihan anda Pempek Candy namanya. Anda bisa memilih membawa Pempek Candy dalam keadaan matang atau mentah sebagai buah tangan. Praktis dan nikmat jadi tidak ada alasan untuk tidak membawa Pempek sebagai pilihan buah tangan anda.

2. Tempoyak

Sambal Tempoyak Palembang
Sambal Tempoyak Palembang, Foto oleh Dsi Pin Shop Com

Bagi anda penyuka durian Palembang, ada cara lain untuk membawanya sebagai oleh-oleh yaitu dengan membeli Tempoyak. Tempoyak merupakan salah satu sambal khas Palembang berbahan dasar campuran buah durian. Rasanya yang khas bakal nikmat jika disantap dengan nasi hangat, ikan patin maupun beragam panganan lainnya. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Palembang satu ini juga cukup mudah karena dijual di berbagai pusat oleh-oleh di Palembang. Tapi jangan lupa perhatikan waktu perjalanan anda ya! Agar Tempoyak tetap nikmat saat sampai di rumah.

3. Songket Palembang

Songket Oleh-oleh Kota Palembang
Songket Palembang, Foto oleh Budaya Co

Tidak akan lengkap kalau pulang dari Kota Palembang tanpa membawa kain Songket Palembang. Kain Songket merupakan kain tenun khas Kota Palembang yang terbuat dari benang emas dan berbagai jenis benang lainnya. Songket Palembang memiliki motif unik dan menarik yang bisa anda gunakan untuk berbagai macam acara. Menarik bukan untuk dijadikan sebagai buah tangan

4. Kemplang

Kemplang Palembang
Kemplang Palembang, Foto oleh Lazada Co Id

Salah satu oleh-oleh khas Palembang yang wajib anda bawa pulang adalah Kemplang. Kemplang merupakan kerupuk yang terbuat dari ikan yang memiliki tekstur kasar namun renyah dan mudah dikunyah. Walau terdapat beberapa cara memasak kemplang. Namun yang paling khas adalah yang dibakar. Adonan kemplang tersebut dibakar di atas bara api. Sehingga memiliki bau dan rasa yang khas. Kemplang memiliki ketahanan yang cukup lama, jadi tidak mudah melempem sehingga cocok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Semakin nikmat jika anda menikmati Kemplang dengan menggunakan saus terasi maupun dijadikan sebagai pelengkap saat makan. Untuk mendapatakn oleh-oleh khas Palembang satu ini anda bisa datang ke semua pusat oleh-oleh yang ada di Palembang. Tertarik membawanya sebagai buah tangan?

5. Bolu Kojo

Bolu Koju Oleh-oleh khas Palembang
Bolu Koju Palembang, Foto oleh Rkb Id

Mau bawa oleh-oleh kue khas Kota Palembang? Bolu Kojo bisa jadi pilihan anda. Nama “kojo” yang berarti kamboja digunakan karena umumnya kue dicetak dalam loyang berbentuk bunga. Namun, kini kamu bisa menemukan bolu kojo dalam berbagai bentuk dan ukuran. Uniknya, kue khas Palembang ini terbuat dari telur bebek dan memiliki warna hijau serta aroma yang khas. Hal tersebut dikarenakan adonan kue dicampur dengan pandan ataupun daun suji. Untuk rasanya sendiri pastinya manis dan cocok menjadi teman ngopi saat sore hari.

6. Lempok Durian

Lempok Durian Palembang
Lempok Durian Palembang, Footo oleh Bukalapak Com

Tidak hanya dalam bentuk Tempoyak anda bisa membawa oleh-oleh khas Palembang yang terbuat dari durian, Lempok Durian juga bisa jadi pilihannya. Lempok Durian memiliki tekstur menyerupai dodol Garut bedanya Lempok Durian berasal dari campuran buah Durian dan gula yang proses memasaknya menggunakan kayu bakar. Sehingga cita rasa serta aroma Lempok Durian pastinya lebih khas. Jika anda tertarik membawa oleh-oleh ini sebagai buah tangan, sebaiknya anda mencari Lempok Durian yang tidak mengandung bahan pengawet agar cita rasa durian tidak memudar dan tetap nikmat. 

7. Ikan Salai

Ikan Salai Oleh-oleh khas Palembang
Ikan Salai Palembang, Foto oleh Bukalapak Com

Tidak hanya makanan dengan campuran ikan saja yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Palembang, Ikan Salai juga bisa salah satu pilihan. Ikan Salai terbuat dari berbagai jenis ikan mulai dari ikan patin, ikan gabus, ikan lais dan berbagai jenis ikan lainnya yang diolah dengan cara diasap. Oleh-oleh khas Palembang satu ini bisa anda jadikan sebagai bahan baku masakan lainnya maupun digoreng saja. Cita rasa yang nikmat dan pastinya lebih awet membuat Ikan Salai cocok sebagai pilihan buah tangan untuk keluarga dirumah. Anda bisa mendapatkan Oleh-oleh khas Palembang ini di beberapa supermarket besar di Palembang ataupun pedagang Ikan Salai di jembatan poros Musi II Palembang.

8. Pecah Seribu

Pecah Seribu  Palembang
Pecah Seribu Palembang, Foto oleh Bukalapak Com

Tidak hanya Kemplang yang bisa anda jadikan sebagai buah tangan yang berbahan dasar ikan, Pecah Seribu juga bisa jadi pilihan. Pecah Seribu merupakan kerupuk khas Kota Palembang yang terbuat dari ikan sama seperti Kemplang. Bedanya Pecah Seribu memiliki teknik penggorengan yang berbeda sehingga membuat kerupuk ini memiliki tekstur unik seperti pecah atau retak seribu. Penampilan Pecah Seribu ini pun juga cukup unik menyerupai mangkok. Untuk harga oleh-oleh khas Palembang satu ini juga cukup murah mulai dari Rp20.000 per 250 gram. Nikmat, murah dan cocok sebagai cemilan maupun pelengkap memon makan anda, jadi tidak ada alasan tidak membawanya pulang sebagai buah tangan.

9. Engkak Ketan

Engkak Ketan Oleh-oleh khas Palembang
Engkak Ketan Palembang, Foto oleh Laskar Wong Kito Com

Jika anda mencari oleh-oleh kue untuk keluarga di rumah, Engkak Ketan juga bisa jadi salah satu pilihan. Engkak Ketan sama seperti Bolu Kojo yang terbuat dari telur bebek, hanya saja Engkak Ketan menggunakan ketan sebagai bahan dasarnya dan tambahan gula yang cukup banyak pada tiap adonan agar lebih tahan lama. Jika anda ingin membawa pulang oleh-oleh khas Palembang satu ini, anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Kota Palembang.

10. Bolu Suri

Bolu Suri Palembang
Bolu Suri Palembang, Foto oleh Cook Pad Com

Selain Bolu Kojo dan Engkak Ketan, anda juga bisa menjadikan Bolu Suri sebagai buah tangan. Bolu Suri punya bentuk dan tekstur yang mirip dengan Bika Ambon, bedanya Bolu Suri tidak menggunakan daun serai dan daun jeruk dalam adonannya. Tidak hanya itu, Bolu Suri juga punya cita rasa manis dan gurih. Semakin nikmat jika anda menyantapnya sebagai teman untuk minum teh maupun kopi. Jika, tertarik membawa Bolu Suri sebagai oleh-oleh anda bisa datang ke berbagai pusat oleh-oleh di Kota Palembang. Namun jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya ya! Agar Bolu Suri tetap nikmat sampai di rumah.

11. Kue Delapan Jam

Kue Delapan jam Palembang
Kue Delapan jam Palembang, Foto oleh Itik Kecil Com

Ada satu lagi pilihan kue untuk dijadikan oleh-oleh khas Palembang untuk keluarga di rumah, Kue Delapan Jam namanya. Penamaan kue diambil dari proses pembuatan yang memakan waktu hingga 8 jam. Uniknya, kue ini tidak berbahan dasar tepung melainkan telur bebek dan gula. Oleh Karena itu tekstur kue sangat lembut dan memiliki daya tahan yang cukup lama. Selain itu memiliki ukuran yang cukup besar jadi cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah maupun dibagikan. Tertarik membawa kenikmatan Kue Delapan Jam sebagai oleh-oleh?

12. Sambal Lingkung

Mau bawa oleh-oleh khas Palembang yang praktis dan tahan lama? Sambal Liku pilihannya. Jika biasanya sambal berwarna merah dan berbahan dasar cabai, Sambal Liku malah memiliki bentuk seperti abon yang terbuat dari ikan yang ditumbuk halus sehingga menyerupai ikan. Bagi kamu yang tidak suka pedas Sambal Liku cocok sebagai pilihan karena bercita rasa gurih. Sambal Liku memang paling pas disajikan bersama nasi hangat. Untuk mendapatkan oleh-oleh satu ini anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh di Kota Palembang maupun pasar tradisional.

13. Kue Maksuba

Kue Maksuba Palembang
Kue Maksuba Palembang, Foto oleh Cookpad Com

Palembang memang kotanya segala macam kue. Bagi sobat Kuliner Kota penggemar jajanan kue, pasti ingin mencicipi aneka cita rasa kue khas Palembang. Termasuk kue maksuba. Kue ini mirip dengan kue lapis yang memiliki garis warna yang berlapis-lapis, bahkan warnanya sama-sama cokelat dengan kuning. Namun hal yang membuatnya berbeda adalah garis-garis tersebut berbentuk tidak teratur, kadang terlihat lurus, kadang pula berbentuk bulat dan tebal. Cita rasa kue Maksuba manis dan legit. Namun, rasa kue Maksuba tak sepenuhnya manis lho. Cita rasa unik tercipta karena ada campuran telur bebek dalam adonan kue maksuba. Kamu dapat membeli kue Maksuba di toko kue sekitar Palembang.

14. Kue Lumpang

Kue Lumpang
Kue Lumpang, Foto oleh Cookpad Com

Pecinta kue basah wajib banget untuk mencicipi kue Lumpang. Kue Lumpang merupakan jenis kue basah yang memiliki warna beragam, seperti putih, merah dan hijau dengan cita rasa manis. Kue Lumpang memiliki tekstur kenyal. Lumpang dalam bahasa Indonesia berarti lesung. Sesuai namanya kue ini memiliki cekungan yang biasa ditaburi dengan parutan kelapa. Tak susah untuk mendapatkan kue ini, hampir semua toko oleh-oleh di Palembang menjual kue Lumpang.

15. Gulo Puan

Gulo puan jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti gula susu. Ya, bahan utama jajanan ini adalah gula dan susu. Susu yang digunakan dalam olahan adalah susu kerbau rawa yang akan dipanaskan bersama gula pasir selama lima jam. Setelah matang akan berubah warna menjadi cokelat dengan tekstur sedikit berpasir. Cara menikmati gulo puan dapat dijadikan sebagai selai yang dioleskan pada roti maupun pisang goreng. Cocok banget dinikmati bersama secangkir kopi.

Gulo Puan
Gulo Puan, Foto oleh Kumparan Com

Harganya tergolong mahal, karena untuk mendapatkan susunya hanya ada di daerah Pulo Layang, Pampangan, Ogan Komering Ilir. Sedikit sulit mendapatkan oleh-oleh Gulo Puan. Salah satu yang masih terlihat menjualnya ada di Pasar Jum’at Masjid Agung Palembang dengan harga 100 ribu/kilogram.

Bagaimana, sudahkah merencanakan oleh-oleh yang akan dibeli saat berkunjung ke Kota Palembang? Tak hanya beraneka rasa, oleh-oleh khas Palembang punya cita rasa unik dan khas. Apalagi macam-macam kue yang menggunakan olahan telur bebek, dijamin membuat rasa baru di lidahmu. Berbelanja oleh-oleh memang sudah menjadi kewajiban saat kalian mengunjungi suatu kota, begitu pula saat di Kota Palembang. Namun, jangan sampai lupa! Sesuaikan dengan budget kamu agar bisa tetap menyimpan uang untuk agenda liburan selanjutnya. Selamat berbelanja!

Last Updated on November 20, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *