1. Ramadhan

12 Jajanan Lebaran yang Wajib Ada di Meja Saat Idul Fitri

Momen lebaran menjadi waktu yang paling ditunggu umat muslim, dimana hari kemenangan telah tiba serta menjadikan momen yang pas untuk menjalin tali silaturahmi antar keluarga. Untuk menyambut para tamu yang berkunjung ke rumah, tidak hanya makanan khas lebaran yang disiapkan, tetapi jajanan lebaran sebagai suguhan di meja juga tidak boleh ketinggalan. Berbagai kue khas lebaran sengaja dibuat untuk menyambut para sanak saudara yang datang.

Namun tahukah anda 12 kue kering khas lebaran yang tidak pernah absen di berbagai rumah yang kamu kunjungi. Mereka selalu menghadirkan kue kering lebaran ini sebagai suguhan dan teman berbincang saat waktu lebaran. Mau tau apa saja kue kering tersebut? Yuk, cek artikel Kuliner Kota berikut ini!

1. Nastar

Nastar
Nastar, Foto oleh Jabar Idn Times Com

Menjadi jajanan lebaran wajib yang ada untuk menyambut tamu di hari idul fitri, Nastar adalah kue kering yang selalu jadi favorit semua orang. Kue yang memiliki isian selai nanas ini, memiliki cita rasa manis serta renyah pada bagian luar. Perpaduan rasa yang pas cocok menjadi camilan untuk menyambut para tamu yang datang. Untuk membuat kue Nastar juga cukup mudah lho! Cukup siapkan adonan kue seperti pada umumnya. Jika tidak mau repot, kamu juga bisa membeli kue Nastar di berbagai toko tradisional maupun toko-toko online. Rasanya yummy serta bikin kamu ketagihan untuk mencobanya berulang kali. 

2. Rengginang

Rengginang
Rengginang, Foto oleh Makanan Tradisional 22 Blogspot Com

Tidak hanya jadi makanan favorit warga Purworejo, Rengginang juga masuk jajanan lebaran yang wajib ada di rumah kamu. Perpaduan kriuk dan renyahnya Rengginan bakal bikin momen lebaran kamu lebih semarak. Apalagi kamu menikmatinya bersama es sirup? Bikin perpaduan yang pas di mulut sejak dari gigitan pertama kamu menikmatinya. Tertarik untuk menyuguhkan Rengginan sebagai kue lebaran untuk tamu yang datang ke rumah?

3. Putri Salju

Putri Salju
Putri Salju, Foto oleh Masak Apa Ya Com

Jajanan lebaran selanjutnya yang juga tidak pernah absen dari meja setiap rumah adalah Putri Salju. Salah satu kue khas lebaran yang memiliki nama unik karena berbentuk bulan sabit dengan taburan gula halus diatasnya. Rasanya yang manis dan legit menjadikannya kue ini selalu jadi favorit anak-anak yang berkunjung di rumah. Saking jadi favorit, kue ini pasti selalu habis pertama kali saat disuguhkan. Oleh sebab itu, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah agar stok untuk suguhan lebih banyak. Jadi, tertarik untuk beli atau membuatnya sendiri di rumah?

4. Astor

Astor
Astor, Foto oleh Hipwee Com

Menjadi salah satu jajanan lebaran yang wajib ada di setiap rumah, Astor sebenarnya adalah sebuah merek makanan berbentuk wafer stick dengan berbagai isian yang dijual di Indonesia. Saking eksisnya merek tersebut orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan Astor. Cita rasanya yang manis serta gurih membuat jajanan ini selalu jadi favorit semua kalangan. Tertarik menyuguhkan Astor di meja kamu saat lebaran tiba?

5. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa
Kue Akar Kelapa, Foto oleh Resep Koki Id

Ingin menghadirkan kue kering lebaran bercita rasa gurih? Kamu bisa menghadirkan Kue Akar Kelapa sebagai alternatif pilihannya. Salah satu jajanan lebaran dengan berbentuk memanjang seperti sebuah akar, bercita rasa gurih serta renyah yang bikin nagih. Kue Akar Kelapa dijual dalam bentuk kiloan, jadi pastikan kamu membelinya dalam jumlah yang banyak agar tidak kehabisan stok untuk suguhan para tamu yang datang. Tertarik untuk menyuguhkan kue kering lebaran satu ini?

6. Biji Ketapang

Biji Ketapang
Biji Ketapang, Foto oleh Resep Koki Id

Kue kering khas Betawi ini juga harus masuk suguhan untuk para tamu di meja rumah kamu, Biji Ketapang. Jajanan lebaran dengan bentuk menyerupai biji ketapang bercita rasa renyah, manis dan sedikit asin. Perpaduan rasa yang pas apabila kamu menyantapnya bersama es sirup maupun teh hangat. Kue ini juga mudah lho dalam pembuatannya! Tidak membutuhkan oven, hanya digoreng saja. Jadi, cocok jika kamu ingin belajar membuatnya sendiri di rumah.

7. Kue Semprit

Kue Semprit
Kue Semprit, Foto oleh Resep Koki Id

Bingung mengisi jajanan toples untuk suguhan saat lebaran? Kamu bisa memilih Kue Semprit sebagai alternatif pilihannya. Kue kering lebaran ini terbuat dari tepung terigu dengan tekstur yang khas serta bercita rasa manis dan legit. Uniknya kue ini memiliki topping choco chip atau selai diatas yang membuatnya terlihat menarik. Tertarik untuk mengisi toples suguhan lebaran menggunakan Kue Semprit?

Baca Juga : Makanan Khas Lebaran

8. Lidah Kucing

Lidah Kucing
Lidah Kucing, Foto oleh Craft Log Com

Menjadi salah satu jajanan lebaran sejak zaman Belanda, Lidah Kucing harus masuk kue wajib yang kamu hidangkan di rumah. Kue Lidah Kucing ini, memiliki bentuk seperti Lidah Kucing dengan kepadatan tipis serta bercita rasa manis dan gurih yang khas. Bentuknya yang unik menjadikan Lidah Kucing selalu jadi incaran para anak-anak yang berkunjung ke rumah saat lebaran. Proses pembuatan lidah kucing juga cukup mudah lho! Jadi, kamu bisa mengkreasikannya sendiri di rumah sesuai dengan selera.

9. Kuping Gajah

Kuping Gajah
Kuping Gajah, Foto oleh Resep Online Info

Menjadi salah satu jajanan wajib saat lebaran tiba, Kuping Gajah selalu jadi favorit semua kalangan untuk suguhan para tamu yang datang. Memiliki bentuk unik layaknya sebuah telinga gajah, kue kering ini memiliki cita rasa gurih dan tekstur renyah setiap gigitannya. Memiliki warna-warna yang menarik, menjadikannya terlihat cantik dan menggugah selera saat berada di toples menjadi suguhan hari lebaran tiba. Tertarik menyuguhkan Kuping Gajah saat lebaran nanti?

10. Kue Keciput

Kue Keciput
Kue Keciput, Foto oleh Google Com

Menjelang hari raya tiba, Kue Keciput harus masuk jajanan lebaran yang wajib ada di rumah. Terbuat dari tepung ketan, telur dan berbagai bahan lainnya, Kue Keciput memiliki bentuk bulat kecil dengan tekstur renyah serta cita rasa yang nikmat. Taburan wijen di atas Kue Keciput makin membuatnya terlihat unik dan menggugah selera. Apalagi saat dimasukan ke dalam toples? Bikin tergoda untuk segera membuka dan menikmatinya.

11. Kastangel

Kastangel
Kastangel, Foto oleh Diah Didi Com

Jajanan lebaran selanjutnya dengan cita rasa gurih dan jadi favorit semua kalangan adalah Kastengel. Sebuah kue kering dengan perpaduan cita rasa gurih dan asin yang khas karena berbahan dasar keju. Tampilannya yang menarik, serta rasanya yang nggak bikin eneg membuat Kastengel jadi favorit semua orang, khususnya yang sedang mengurangi mengkonsumsi gula. Proses pembuatannya yang sederhana serta rasanya yang nikmat, membuat siapa saja pasti menghadirkan jajanan ini sebagai pelengkap suguhan hari raya tiba.

12. Kue Putu Kacang

Kue Putu Kacang
Kue Putu Kacang, Foto oleh Google Com

Sajian kue kering lebaran selanjutnya adalah Kue Putu Kacang. Salah satu kue khas lebaran berbahan dasar kacang hijau, gula dan aneka bahan lainnya yang diolah dengan cara ditumbuk lalu dijemur di bawah sinar matahari. Perpaduan rasa gurih dan manis serta tekstur yang agak sedikit keras cocok disantap dengan teh hangat ataupun sirup. Tertarik untuk menyuguhkannya Kue Putu Kacang sebagai jajanan lebaran nanti?

Berbagai kue khas lebaran di atas bisa jadi pilihan suguhan wajib kamu saat hari raya tiba. Jangan biarkan tamu-tamu yang datang berkunjung tanpa jamuan jajanan lebaran yang nikmat ya sobat Kuliner Kota! Pastikan hari rayamu semakin semarak dan penuh berkah dengan memberikan sajian terbaik untuk para tamu yang bersilaturahmi ke rumah.

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 12 Jajanan Lebaran yang Wajib Ada di Meja Saat Idul Fitri
  • 8 Juni 2020

    Nastar, kastangel, lidah kucing, keciput, kuping gajah selalu wajib di meja ruang tamu saat lebaran. Mantaaap

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

  Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

Trending

Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]