1. Ramadhan

12 Makanan untuk Sahur yang Sederhana dan Enak

Waktu sahur menjadi momen yang mengawali kita melakukan puasa sehari penuh di bulan ramadhan. Selain niat, kita harus mempersiapkan makanan sahur yang memiliki nilai gizi seimbang agar tubuh tetap berenergi dan kuat beraktivitas selama berpuasa. Tapi terkadang, saat mendekati momen lebaran kita sudah mulai malas untuk menyiapkan berbagai menu makanan untuk sahur. 

Oleh sebab itu, Kuliner Kota punya rekomendasi 12 makanan sederhana yang cocok buat kamu masak sendiri di rumah untuk menu sahur. Tidak hanya simpel, pastinya cita rasanya enak dan memiliki nilai gizi yang baik untuk menjaga tubuh tetap berenergi saat berpuasa dan ditengah pandemi seperti saat ini. Berikut daftar makanan yang bisa kamu buat sahur di rumah:

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng
Nasi Goreng, Foto oleh Serious Seats Com

Menjadi salah satu pilihan makanan sahur saat kita telat bangun, Nasi Goreng bakal membantu kamu tetap berenergi selama berpuasa. Proses pembuatannya yang mudah dengan bahan-bahan yang sederhana, serta racikan bumbu yang dijual dipasaran memudahkan kamu untuk menghidangkan menu ini di meja makan rumah untuk sahur. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan telur ceplok di atas Nasi Goreng agar makanan sahur kamu memiliki kandungan protein yang membantu tubuh tetap fit selama berpuasa. 

2. Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal, Foto oleh Cooking Light Com

Merupakan salah satu makanan untuk sahur yang memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks, Oatmeal tidak hanya cocok jadi menu saat diet namun juga di bulan ramadhan seperti saat ini. Proses pembuatannya yang sederhana serta kamu bisa mengkreasikannya dengan tambahan susu dan buah-buahan sesuai selera, bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut saat menikmatinya. Tidak hanya itu, mengkonsumsi Oatmeal sebagai makanan saat sahur akan membuat kamu kenyang lebih lama sampai waktu bedug magrib tiba lho! Jadi, mau menu sahur bergizi dan nikmat tidak perlu repot. Bikin saja kreasi Oatmeal ala selera kamu!

3. Capcay

Capcay
Capcay, Foto oleh Unilever Food Solutions Co Id

Tidak hanya cocok digunakan menu berbuka puasa, Capcay juga pas untuk menu makanan sahur nanti. Memiliki kandungan gizi serta serat yang baik untuk tubuh, Capcay bakal membantu kamu kenyang lebih lama. Kamu hanya perlu menyiapkan, brokoli, jagung muda, udang, kembang kol, wortel dan aneka bumbu rempah seperti bawang merah, merica serta bumbu-bumbu lainnya. Cukup dengan menumisnya menggunakan kaldu ayam sekitar 20 menit maka makanan sahur kamu akan tersedia di meja. Jangan lupa tambahkan nasi putih hangat agar kamu kenyang sehingga kuat menjalani puasa hari ini.

4. Telur Balado

Telur Balado
Telur Balado, Foto oleh Resep Hari Ini Com

Telur merupakan salah satu makanan yang tinggi protein, oleh sebab itulah saat kamu mengkonsumsi olahan telur seperti Telur Balado saat sahur membuat kamu bisa kenyang lebih lama. Proses pembuatannya yang sederhana, kamu bisa membuat Telur Balado menggunakan racikan bumbu yang jual di pasaran ataupun membuatnya sendiri. Cukup dengan siapkan beberapa telur yangs sudah dikupas sesuai selera, dengan menumisnya menggunakan bumbu-bumbu tersebut dalam waktu yang sebentar maka kamu akan menghasilkan Telur Balado bercita rasa lezat dan menggoda. Tertarik membuatnya sebagai menu makanan untuk sahur?

5. Dendeng

Dendeng
Dendeng, Foto oleh Resep Koki Id

Tidak hanya menjadi primadona anak kos sebagai menu makanan untuk sahur maupun berbuka, kamu juga bisa menghadirkan Dendeng sebagai pilihan kuliner saat sahur. Resepnya yang sederhana serta kamu bisa menyimpannya dalam kulkas membuat Dendeng jadi pilihan tepat saat telat bangun untuk masak sahur. Hanya perlu menghangatkan lagi Dendeng yang sudah anda buat, maka kamu bisa menikmatinya bersama seluruh anggota keluarga di rumah.

6. Tumis Ayam Jagung

Tumis Ayam Jagung
Tumis Ayam Jagung, Foto oleh Sunday Morning Story Blogspot Com

Bagi kamu, yang sudah mulai bosan dengan menu sahur yang itu-itu saja maka cobalah untuk membuat Tumis Ayam Jagung ini. Memiliki resep sederhana cukup menyiapkan bahan-bahan seperti dada ayam yang sudah dipotong dadu, jagung manis, jahe, saus cabai, bawang merah, bawang putih dan aneka bumbu lainnya. Kamu hanya perlu mencampurkan bumbu halus dan menumis aneka bahan tersebut kurang lebih sekitar 20 menit – 25 menit makan Tumis Ayam Jagung siap untuk disantap. Kandungan gizi ayam serta jagung bakal membantu kamu merasa kenyang dan tetap berenergi menjalani aktivitas selama bulan puasa.

7. Ayam Tepung

Ayam Tepung
Ayam Tepung, Foto oleh Craf Log Com

Menjadi salah satu makanan untuk sahur yang sederhana, kamu bisa membuat Ayam Tepung seperti yang di jual di resto-resto. Cukup dengan menyiapkan potongan ayam yang sudah dibersihkan, lalu tepung roti dan aneka bumbu lainnya. Maka kamu bisa membuat Ayam Tepung sebagai menu sahur. Resep sederhana yang simpel serta tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat Ayam Tepung, membuatnya cocok jadi hidangan sahur saat kamu telat bangun ataupun bingung ingin masak menu apa hari ini. Jangan lupa tambahkan saus sambal saat menyantap Ayam Tepung, agar cita rasanya makin nikmat layaknya Ayam Tepung di restoran favorit kamu.

8. Sup Sayur

Sup Sayur
Sup Sayur, Foto oleh Review Buka Lapak Com

Selain berlomba-lomba dalam hal ibadah, momen ramadhan juga jadi waktu paling tepat untuk mengembalikan berat tubuh. Oleh sebab itu, untuk menyempurnakan program diet kamu, mengkonsumsi Sup Sayur sebagai makanan untuk sahur bisa jadi alternatif pilihannya. Memiliki kandungan nutrisi dan air yang cukup bakal membantu anda berenergi dan merasa kenyang sampai bedung magrib tiba. Proses pembuatannya yang simpel serta terbuat dari bahan-bahan yang mudah anda beli dimanapun, menjadikan Sup Sayur sebagi pilihan tepat untuk menu makanan sahur nanti. Tertarik membuatnya?

9. Udang Goreng Pedas Manis

Udang Goreng Pedas Manis
Udang Goreng Pedas Manis, Foto oleh Resep Dezt Kitchen WordPress Com

Bingung mencari inspirasi makanan untuk sahur? Cobalah membuat Udang Goreng Pedas manis ini. Kamu hanya perlu menyiapkan udang, tepung terigu, tepung roti, telur, bawang putih, merica bubuk dan aneka bahan-bahan lainnya. Proses pembuatannya yang sederhana serta kandungan gizi yang baik untuk membantu kamu bisa tetap semangat menjalankan aktivitas selama seharian berpuasa. Tertarik untuk mencoba resep membuat Udang Goreng Pedas?

10. Orak Arik

Orak Arik
Orak Arik, Foto oleh Resep Koki Id

Tidak hanya bisa diolah menjadi balado telur, kamu juga bisa membuat Orak Arik sebagai menu makanan untuk sahur dengan bahan dasar telur. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan tambahan seperti wortel, brokoli, buncis dan aneka bumbu lainnya maka Orak Arik bisa kamu hidangkan untuk menu sahur di rumah. Kandungan gizi yang baik untuk tubuh membuat Orak Arik akan membantu kamu tetap kenyang sampai bedug magrib tiba. Proses pembuatannya yang sederhana juga bisa jadi pilihan saat kamu telat bagun sahur lho! 

11. Olahan Salmon

Olahan Salmon
Olahan Salmon, Foto oleh Pak Tani Digital Com

Tidak hanya membantu kita kenyang lebih lama, ikan juga mengandung lemak baik yang membantu kita mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, salah satunya salmon. Kamu bisa mengolah ikan salmon menjadi aneka makanan yang bergizi sebagai menu sahur kamu di rumah. Tidak membutuhkan bahan-bahan yang kompleks, kamu hanya perlu memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas untuk membuat Olahan Salmon sesuai selera. Ikan salmon sudah memiliki cita rasa yang nikmat, jadi dimasak apapun bakal terasa lezat. Cocok bukan menjadi menu sahur di rumah?

12. Cah Sawi

Cah Sawi
Cah Sawi, Foto oleh Gita Cremo Nanda WordPress Com

Jika biasanya kamu membuat cah jamur ataupun cah sawi, kali ini cobalah membuat Cah Sawi untuk menu makanan sahur di rumah. Untuk membuat Cah Sawi sebagai makanan untuk sahur kamu tidak membutuhkan resep khusus, cukup gunakan bumbu yang sama membuat cah kangkung ataupun jamur namun kali ini menggantinya dengan sawi. Kandungan protein, karbohidrat, lemak baik dan vitamin membuat Cah Sawi bakal membantu kamu kenyang lebih lama dan semangat menjalani puasa seharian di tengah pandemi serta menjalankan aktivitas seperti biasanya. Tertarik untuk membuatnya?

Berbagai pilihan makanan sederhana untuk sahur diatas bisa jadi inspirasi masak kamu saat bingung mencari menu makanan sahur. Tetap kontrol kesehatan dalam tubuh selama puasa dan pandemi seperti saat ini dengan memperhatikan kadar gizi makanan yang anda konsumsi. Jangan takut untuk mengkreasikan semuanya sesuai selera kamu! Selamat menjalani ibadah puasa sobat Kuliner Kota.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Makanan untuk Sahur yang Sederhana dan Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending