1. Ramadhan

Inspirasi 10 Minuman Buka Puasa yang Segar dan Nikmat

Bedug maghrib menjadi momen yang paling dinantikan saat bulan ramadhan. Dimana segala persiapan menu makanan dan minuman disajikan untuk menu saat berbuka puasa. Disaat keadaan cuaca panas seperti yang terjadi di beberapa kota di Indonesia akhir-akhir ini, menyiapkan minuman buka puasa yang segar-segar dan manis pasti jadi solusi untuk melepaskan rasa dahaga.

Oleh karena itu, saat kamu sedang bingung mencari inspirasi sajian minuman buka puasa hari ini, Kuliner Kota punya 10 rekomendasi untuk kamu. Pastinya berbagai minuman dibuat dengan cara yang simpel, segar dan bergizi. Berikut daftar apa saja 10 minuman segar buka puasa yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Awas, jangan icip-icip dahulu sebelum bedug magrib tiba!

1. Es Campur

Es Campur
Es Campur, foto oleh Nibble Id

Mau minuman buka puasa yang segar dan nikmat? Kamu bisa membuat Es Campur di rumah. Menggunakan bahan-bahan sederhana yaitu sirup, santan, kolang kaling, cendol, serutan es dan berbagai bahan lainnya pastinya bakal melepaskan rasa dahaga kamu setelah seharian berpuasa. Tidak hanya itu, Es Campur juga bisa jadi solusi tepat untuk menu pembuka saat bedug magrib tiba. Rasanya yang nikmat dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan, membuat kamu bisa membuatnya di rumah sore ini.

2. Es Kopyor

Membatalkan puasa menggunakan Es Kopyor saat bedug magrib tiba, memang paling cocok untuk membasahi tenggorokan yang kering setelah seharian berpuasa. Minuman buka puasa yang simpel dan praktis yang berisi serutan daging kelapa muda, air kelapa dan tambahan gula merah cair serta es batu sebagai pelengkapnya. Rasanya yang manis cocok untuk mengembalikan ion tubuh setelah seharian berpuasa.

Es Kopyor
Es Kopyor foto oleh Toko Mesin Com

Namun bagi kamu yang tidak sempat untuk keluar rumah membeli kelapa muda di situasi pandemi seperti sekarang, kamu bisa membuat Es Kopyor menggunakan campuran tepung hunkwe dengan santan setelah dingin, dipotong tipis-tipis serta disajikan dengan sirup dan tambahan es. Untuk rasanya, kamu tidak perlu khawatir, nikmat dan bakal bikin kamu tidak ingin berhenti untuk meminumnya saat buka puasa nanti.

3. Es Sop Buah

Buah-buahan memang jadi salah satu menu favorit untuk dijadikan berbagai minuman untuk buka puasa, salah satu Es Sop Buah. Ketika biasanya kamu membeli Es Sop Buah di pinggir jalan saat bulan ramadhan, di situasi adanya wabah virus covid-19 atau corona kamu bisa membuat sendiri Es Sop Buah di rumah.

Es Sop Buah
Es Sop Buah, foto oleh Minuman Sehat 3 Blogspot Com

Kamu, hanya perlu menyiapkan 4 buah favorit kamu misalnya buah naga, jeruk, melon dan stroberi lalu di campurkan dengan air, susu kental manis dan sirup. Cita rasanya yang nikmat dan segar cocok untuk melepas dahaga saat berbuka puasa nanti. Tertarik untuk membuatnya?

4. Dalgona Coffee

Dalgona Coffee
Dalgona Coffee, foto oleh Bontang Post Id

Belum sempat mencoba membuat Dalgona Coffee karena masih sibuk work from home? Kamu bisa mencoba membuat minuman yang lagi ngehits ini untuk buka puasa hari ini. Minuman yang sangat simpel, terbuat dari berbagai macam jenis coffee sachet  sesuai selera kamu. Cukup dengan mencampurnya menggunakan gula pasir dan air hangat yang diaduk menggunakan mixer ataupun sendok sampai warna berubah. Setelah jadi, tuangkan susu dan tambahkan es ke dalam gelas serta letakkan coffee yang sudah di mixer tadi diatasnya, sekarang kamu bisa menikmati Dalgona Coffee untuk minuman buka puasa nanti. Mudah bukan?

5. Es Biji Selasih

Es Biji Selasih
Es Biji Selasih, foto oleh Resep Koki Id

Mau minuman buka puasa yang sederhana namun memiliki gizi yang baik untuk tubuh? Kamu bisa mencoba membuat Es Biji Selasih ini di rumah. Seperti namanya, minuman ini berbahan utama biji selasih yang dipercaya memiliki kandungan eugenol, tymol, metal eugenol, berbagai macam vitamin kompleks, serat dan juga lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu hanya perlu merendamnya menggunakan air hingga mengembang lalu ditambahkan nata de coco serta sirup rasa melon. Satu gelas Es Biji Selasih bakal bikin perpaduan cita rasa segar, kenyal dan gurih yang pecah di mulut saat kamu mulai menikmatinya. Tertarik untuk membuatnya sore ini?

6. Es Kolak Pisang

Es Kolak Pisang
Es Kolak Pisang, foto oleh Blog Titipku Com

Selalu menjadi primadona saat bulan puasa tiba, Kolak Pisang juga kamu bisa jadikan sebuah es lho! Cukup dengan bahan-bahan sederhana seperti pisang kepok, dan ubi yang dimasak dengan campuran santan, gula merah, pandan dan sedikit tepung maizena maka Kolak Pisang bisa kamu hidangkan sebagai menu untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dengan tambahan es batu membuat minuman ini memiliki perpaduan cita rasa yang bakal menghilangkan rasa dahaga setelah seharian berpuasa. 

7. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya
Es Lidah Buaya, foto oleh Id Taste Made Com

Disaat adanya pandemi seperti saat ini, memanfaatkan apapun yang ada di rumah sebagai bahan membuat makanan untuk buka puasa adalah pilihan terbaik agar tidak sering ke luar rumah. Salah satunya, kamu bisa membuat minuman Es Lidah Buaya untuk buka puasa. Cukup dengan cuci daging tanaman lidah buaya setelah itu rebus hingga dengan menggunakan air gula dan pandan hingga mendidih. Diamkan sampai dingin lalu kamu bisa menyajikannya bersama tambahan selasih maupun buah di kulkas agar Es Lidah Buaya makin terasa lezat. Sudah lezat, menyegarkan, pembuatannya mudah dan bahan-bahannya juga terjangkau, jadi tertarik untuk membuatnya sebagai minuman buka puasa kamu hari ini? 

8. Es Biji Salak

Es Biji Salak
Es Biji Salak, foto oleh Goole Com

Seperti halnya kolak pisang, minum satu ini juga jadi favorit sebagai pilihan menu untuk berbuka puasa, Es Biji Salak. Terbuat dari ubi yang sudah dihaluskan dan dibentuk bulatan kecil lalu dihidangkan dengan santan yang sudah dicampur dengan gula merah serta ditambahkan es, membuat perpaduan yang pas saat kamu menikmatinya sebagai sajian berbuka puasa. Pembuatannya yang mudah dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana cocok bagi kamu yang tidak ingin ribet mencari minuman buka puasa sekaligus takjil. Tertarik untuk membuatnya?

9. Es Blewah

Es Blewah
Es Blewah, foto oleh Tirto Id

Minuman buka puasa yang tidak kalah simpel dan segar adalah Es Blewah. Menggunakan bahan-bahan yang simpel yaitu cukup dengan menyerut daging buah blewah dan menyiapkan rebusan air gula ataupun sirup dan tambahan susu kental manis, Es Blewah bisa langsung disajikan sebagai minuman saat berbuka. Rasanya yang segar dan tidak membutuhkan waktu lama saat membuatnya, menjadikannya cocok sebagai pilihan kamu yang sedang work from home tapi harus menyiapkan menu berbuka puasa untuk keluarga di rumah.

10. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang
Es Selendang Mayang, foto oleh Resep Gulaku Com

Menjadi salah satu minuman khas Betawi, kini kamu bisa membuat Es Selendang Mayang sebagai pilihan minuman buka puasa di rumah. Cita rasanya yang manis dan segar cocok untuk mengobati kering tenggorokan setelah seharian berpuasa. Kamu hanya perlu menyiapkan tepung hunkwe, tepung sagu, dan pewarna makanan serta daun pandan, gula merah serta santan sebagai kuahnya. Dihidangkan dalam mangkuk dengan tambahan es batu bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut sekaligus menyegarkan tenggorokan saat kamu menyantapnya. Tertarik membuat minuman khas Betawi ini di rumah?


Bagaimana? Sudah tergoda ingin membuat minuman apa untuk berbuka puasa hari ini. Racik sendiri bahan-bahan yang ada di kulkas kamu dan kreasikan berbagai rekomendasi minuman dari Kuliner Kota diatas, agar buka puasamu lebih semarak dan meriah. Jadi, kamu tidak perlu sering pergi keluar rumah, cukup berkreasi memasak bersama keluarga maka nikmatnya makanan dan minuman untuk buka puasa akan tercipta di meja makan kamu. Selamat mencoba sobat Kuliner Kota!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inspirasi 10 Minuman Buka Puasa yang Segar dan Nikmat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]