1. Kuliner

Hipnotis Lidah Anda Dengan 9 Makanan Khas Blitar Ini!

Kota Blitar tidak hanya dikenal memiliki event Blitar tempo dulu serta berbagai destinasi sejarah yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Makanan khas Blitar juga menjadi daya tarik para wisatawan untuk singgah di kota ini. Berbagai kuliner dengan cita rasa yang khas dan enak pastinya harus anda cicipi. Oleh karena itu Kuliner Kota merekomendasikan 9 kuliner Blitar yang wajib anda coba saat berada di kota kelahiran Bung karno ini. Mau tau apa saja kuliner tersebut? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Rujak Cingur

Bagi anda penggemar rujak maka kuliner Blitar ini wajib anda coba, Rujak Cingur. Merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang bisa anda temui dimanapun tidak terkecuali saat berada di Kota Blitar. Rujak Cingur khas Blitar terdiri dari berbagai macam buah seperti kedondong, mentimun, mangga muda, bengkuang, nanas, kerahi dan ditambah lontong. Tidak lupa diberi pelengkap tempe, tahu, serta sayuran seperti kacang panjang, kangkung dan tauge lalu dicampur dengan saus yang terbuat dari bumbu petis, udang, kacang tanah goreng, bawang goreng dan irisan pisang biji hijau. Selanjutnya ditambahkan cingur atau mulut sapi.

Rujak Cingur Blitar
Rujak Cingur, Foto oleh Tfa Manasek Com

Perpaduan cita rasa pedas, gurih dan tekstur kenyal dari cingur sapi membuat makanan khas Blitar ini nikmat dan lezat. Apalagi anda menyantapnya saat siang hari? Bakal bikin seger dan perut anda kenyang.

2. Nasi Pecel

Kuliner satu ini juga merupakan makanan yang tidak boleh anda lewatkan saat singgah di Kota Blitar, Nasi Pecel. Merupakan salah satu kuliner yang bisa anda jumpai di berbagai kota di Jawa Timur. Pecel terbuat kacang tanah disangrai lalu di berikan bumbu berupa cabe rawit, kencur, jeruk purut, gula merah, bawang putih, garam dan asam jawa serta tambahan sayuran seperti kecambah, kacang dan sayuran hijau lainnya.

Nasi Pecel Blitar
Nasi Pecel, Foto oleh Pecel Web WordPress Com

Uniknya makanan khas Blitar ini disajikan menggunakan pincuk atau daun pisang yang ditekuk dan diberi lidi pada bagian ujungnya. Cita rasa khas pecel yang nikmat ditambahkan aroma daun pisang bakal semakin menggugah selera anda untuk menikmati kuliner Blitar ini.

3. Wajik Kletik

Wajik Kletik Blitar
Wajik Kletik, Foto oleh Blitar Mall Com

Mau kudapan yang manis-manis saat berada di Kota Blitar, anda bisa mencoba Wajik Kletik. Merupakan salah satu makanan khas Blitar yang terbuat dari beras ketan dan gula kelapa yang dibungkus menggunakan kulit jagung yang sudah dikeringkan. Perpaduan cita rasa manis, gurih dan mempunyai tekstur kletik-kletik ketika dimakan membuat kuliner ini bakal bikin anda ketagihan jika hanya mencobanya satu bungkus saja. Apalagi anda menyantapnya saat sore hari ditemani kopi dan teh hangat? Semakin bikin momen ngopi anda nikmat pastinya.

4. Es Pleret

Es Pleret Blitar
Es Pleret, Foto oleh Traveling Kuy Com

Panasnya Kota Blitar di siang hari membuat anda harus mencicipi kuliner Blitar ini, Es Pleret. Merupakan minuman es khas Blitar yang terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan sirup serta santan lalu ditambahkan kelapa muda dan berbagai macam buah segar. Perpaduan rasa manis, gurih dan segar dari Es Pleret bakal menghilangkan rasa haus dan dahaga anda saat berada di Blitar.

5. Geti

Geti Blitar
Geti, Foto oleh Pesona Wisata Kabupaten Blitar 07 Blogspot Com

Mau kuliner yang nikmat sekaligus cocok jadi buah tangan? Geti. Merupakan makanan khas Blitar yang terbuat dari gula merah, kacang dan wijen. Cita rasa Geti yang manis sekaligus juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan membuat makanan khas ini wajib masuk daftar kuliner yang harus anda coba.

6. Nasi Ampok

Nasi Ampok Blitar
Nasi Ampok, Foto oleh Back Packer Jakarta Com

Makanan khas Blitar selanjutnya yang wajib anda coba adalah Nasi Ampok. Nasi Ampok merupakan sajian kuliner Blitar pengganti nasi yang berbahan dasar jagung. Cita rasanya yang lezat dipadukan dengan sambal tomat, ikan asin dan sayur rebus bakal membuat anda tidak berhenti mengunyah saat menyantap kuliner ini. Tertarik untuk mencoba kenikmatannya?

7. Es Drop Blitar

Es Drop Blitar
Es Drop Blitar, Foto oleh Mbrilio Net

Kuliner Blitar yang bakal menghilangkan rasa dahaga anda dan wajib dicoba adalah Es Drop Blitar. Merupakan minuman es khas Blitar yang bentuknya mirip dengan es krim tetapi dibungkus menggunakan kertas lalu disimpan di dalam termos berwarna merah supaya tidak mencair. Jika anda ingin mencoba jajanan khas Blitar ini, bisa temui di makam Bung Karno, alun-alun blitar dan berbagai tempat wisata lain yang ada di Blitar.

8. Uceng Goreng

Uceng Goreng Blitar
Uceng Goreng, Foto oleh Jatim Idn Times Com

Makanan khas Blitar yang juga wajib kamu coba adalah Uceng Goreng.  Uceng merupakan ikan air tawar yang bentuknya bulat memanjang dan pipih serta hidup di sungai. Cita rasa ikan yang khas membuat olahan yang terbuat dari uceng selalu jadi favorit para wisatawan. Apalagi anda memakan Uceng Goreng bersama dengan nasi hangat dan sambal bakal bikin kamu ketagihan dan tidak ingin berhenti mengunyah.

9. Tahu Bumbu Lawu 

Tahu Bumbu Lawu Blitar
Tahu Bumbu Lawu, Foto oleh Amazing Indonesia Id

Bagi anda pecinta olahan tahu, maka Tahu Bumbu Lawu merupakan kuliner Blitar yang wajib anda coba. Merupakan salah satu makanan khas Blitar yang berisikan lontong yang dipotong-potong lalu dilengkapi dengan tahu setengah matang, kerupuk, tauge, sambal dan juga bumbu lawu  dengan cita rasa yang nikmat yang khas. Kuliner Blitar ini tidak hanya bakal memanjakan lidah anda dengan kenikmatannya tetapi juga bakal mengenyangkan perut anda. Tertarik untuk mencobanya?

Berbagai makanan khas Blitar bisa jadi pilihan wisata kulineran untuk melengkapi liburan anda di kota ini. Tidak hanya akan memanjakan lidah anda namun cita rasanya yang unik juga bakal membuat anda ingin datang kedua kalinya. Jangan sampai anda menyesal jika melewatkan melengkapi liburan anda tanpa berburu berbagai macam kuliner Blitar rekomendasi dari Kuliner Kota di atas. Jadi, mau mencoba kuliner khas Blitar yang mana dulu saat singgah di kota ini?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Hipnotis Lidah Anda Dengan 9 Makanan Khas Blitar Ini!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]