1. Oleh-Oleh Khas

10 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi yang Selalu Dicari Wisatawan

Tidak hanya dikenal akan pesona Jam Gadang yang menjadi icon Kota Bukittinggi, kota ini juga menyimpan berbagai destinasi menarik maupun wisata kuliner yang bakal memanjakan lidah dan mata para wisatawan yang datang. Tidak hanya itu, berbagai oleh-oleh khas Bukittinggi juga siap menjadi buah tangan untuk keluarga di rumah. Dari sekian banyak oleh-oleh dari Bukittinggi yang bisa kamu bawa pulang, 10 oleh-oleh khas ini tidak boleh kamu lewatkan. Cek ulang daftar belanja oleh-oleh Bukittinggi kamu, siapa tau oleh-oleh ini belum masuk list wajib buah tangan yang akan kamu bawa pulang.

1. Saluang

Saluang Bukittingi
Saluang, Foto oleh Jaya Frisando WordPress Com

Jika kamu menyukai alat musik tradisional, maka oleh-oleh Bukittinggi ini bakal jadi favorit kamu, Saluang. Merupakan alat musik tradisional Minang yang terbuat dari bambu dan dilengkapi 4 lubang di badannya. Menariknya, menurut masyarakat Minangkabau bahan terbaik untuk membuat Saluang justru dari talang bekas jemuran yang terlebih dahulu hanyut di sebuah sungai. Cukup aneh memang, namun dari bentuk dan historis inilah yang membuat Saluang wajib dijadikan sebagai souvenir untuk keluarga di rumah. 

2. Songket

Menjadi salah satu oleh-oleh khas Bukittinggi, kain Songket merupakan cinderamata yang selalu diburu wisatawan. Memiliki keunikan yang terletak pada motif sulaman, Songket khas Bukittinggi ini berbeda dengan kain Songket khas melayu. Kamu akan menemukan motif yang khas seperti pakis (kaluak paku), pucuak rabuang (bambu), bungo antimun (mentimun), bijo (biji bayam) dan juga motif rebah (ilalang rebah) di setiap kain Songket khas Bukittinggi.

Songket Bukittinggi
Songket, Foto oleh Buka Lapak Com

Selain itu, Sumatera Barat juga memiliki 4 jenis songket dan semua itu tergantung jumlah benang yang digunakan, yaitu benang 1, 2, 3 dan 4. Makin sedikit benang makin tinggi tingkat kesulitan pembuatannya serta memiliki tekstur yang lebih halus. Jadi, Tertarik membawa oleh-oleh Bukittinggi ini untuk keluarga di rumah?

3. Dendeng

Tidak hanya berbagai souvenir menarik yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan, salah satu makanan seperti Dendeng ini juga bisa jadi alternatif pilihan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Oleh-Oleh khas Bukittinggi ini tidak hanya dikenal bisa bertahan lama, namun juga memiliki cita rasa khas dan lezat. Daging yang diiris tipis lalu di asap membuat Dendeng khas Minang sama sekali tidak mengandung air sehingga bisa awet berbulan-bulan. Selain itu, dikemas dalam berbagai ukuran serta wadah yang kedap udara, membuat kamu tidak perlu khawatir jika ingin membawanya pulang dengan jarak yang cukup jauh.

Dendeng Bukittingi
Dendeng, Foto oleh Buka Lapak Com

Saat ingin mengkonsumsinya, kamu hanya perlu menggorengnya terlebih dahulu. Cita rasa dendeng yang khas bakal makin nikmat saat dipadukan dengan nasi hangat, pastinya bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut sejak dari suapan pertama kamu menikmatinya. Tertarik membawa olahan Dendeng sebagai buah tangan?

4. Keripik Sanjai

Keripik Sanjay Bukittinggi
Keripik Sanjai, Foto oleh Facebook Com

Menjadi salah satu makanan khas Bukittinggi, Keripik Sanjai juga jadi salah satu primadona untuk dibawa pulang lho sobat Kuliner Kota! Perpaduan rasa gurih yang khas serta memiliki 3 varian rasa membuat kamu bisa membawa pulang sesuai dengan selera. Tidak hanya itu, dikemas dalam berbagai ukuran juga memudahkan kamu untuk memilihnya sesuai kebutuhan maupun budget. Tertarik membawa gurih dan renyahnya Keripik Sanjai sebagai buah tangan?

5. Keripik Balado

Keripik Balado Bukittinggi
Keripik Balado, Foto oleh Nan Salero Com

Terbuat dari bahan yang sama seperti keripik sanjai yaitu singkong, Keripik Balado juga bisa kamu jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Olahan keripik dengan bumbu balado yang khas, membuat makanan satu ini memiliki perpaduan cita rasa gurih dan pedas yang bikin ketagihan. Tidak hanya itu dikemas dalam berbagai ukuran juga memudahkan kamu jika ingin membawa oleh-oleh khas Bukittinggi ini untuk keluarga di rumah. Renyahnya Keripik Balado juga cocok jadi teman perjalanan saat pulang kampung lho, sobat Kuliner Kota! Tertarik untuk membeli Keripik Balado khas Bukittinggi ini?

6. Galamai

Galamai Bukittingi
Galamai, Foto oleh Buka Lapak Com

Kalau oleh-oleh khas Bukittinggi ini merupakan dodolnya orang Minang, Galamai. Salah satu makanan yang memiliki tampilan mirip dengan dodol khas Jawa namun terbuat dari campuran tepung beras, gula aren, kacang tanah yang sudah disangrai dan santan, sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa manis dan gurih yang lezat. Tidak hanya itu, dikemas dalam wadah berbagai ukuran juga mudahkan kamu memilihnya sesuai dengan budget maupun kebutuhan. Tertarik membawa oleh-oleh Bukittinggi ini?

7. Karak Kaliang

Karak Kaliang
Karak Kaliang, Foto oleh Shopee Co Id

Tidak kalah nikmat dengan keripik khas Minang, oleh-oleh khas Bukittinggi Karak Kaliang juga harus masuk daftar buah tangan untuk dibawa pulang. Terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan aneka macam bumbu serta memiliki bentuk seperti angka delapan, membuat Karak Kaliang punya tampilan yang unik dan cita rasa gurih yang bikin nagih. Teksturnya yang renyah membuat Karak Kaliang juga cocok dijadikan teman dalam perjalanan maupun cemilan saat minum kopi ataupun teh lho, sobat Kuliner Kota! Jadi, tertarik untuk membawa Karak Kaliang sebagai oleh-oleh?

8. Arai Pinang

Arai Pinang Bukittingi
Arai Pinang, Foto oleh Ladu Arai Pinang Bunda Business Site

Kalau kamu pecinta kue lebaran, maka cobalah membawa Arai Pinang sebagai buah tangan setelah singgah di Kota Bukittinggi. Salah satu oleh-oleh khas yang biasa disajikan saat lebaran, Arai Pinang punya cita rasa gurih dan aroma yang khas serta menggugah selera. Tidak hanya itu, dikemas dalam berbagai ukuran serta mudah ditemukan pada semua pusat oleh-oleh di Bukittinggi, Arai Pindang wajib kamu bawa pulang ke kampung halaman.

9. Mukena Kerancang

Mukena Kerancang Bukittingi
Mukena Kerancang, Foto oleh Buka Lapak Com

Di Bukittinggi, mayoritas masyarakatnya beragama islam, hingga perlengkapan sholat menjadi salah satu hal krusial dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, salah satu oleh-oleh khas Bukittinggi, Mukena Kerancang sangat populer dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang. Terbuat dari kain berwarna putih dengan ciri khas lubang-lubang kecil yang membentuk motif tertentu seperti hewan, tumbuhan sampai kaligrafi membuat Mukena Kerancang terlihat unik dan menarik saat dikenakan. Tidak hanya itu pastinya oleh-oleh Bukittinggi ini juga awet dan tahan lama lho! Tertarik membeli Mukena Kerancang sebagai buah tangan?

10. Pernak-Pernik Bukittinggi

Pernak-Pernik Bukittingi
Pernak-Pernik Bukittinggi, Foto oleh Bagasi Kreasi WordPress Com

Tidak hanya makanan maupun kain songket yang bisa jadi buah tangan untuk keluarga di rumah, Pernak-Pernik Bukittinggi juga tidak kalah menarik dijadikan oleh-oleh. Dengan berbagai macam bentuk seperti gantungan kunci, gelang sampai pajangan, oleh-oleh khas Bukittinggi ini pastinya cocok untuk kamu bagikan pada sanak-saudara di rumah. Harganya yang terjangkau serta dengan berbagai pilihan motif khas Bukittinggi yang menarik bakal bikin kamu ingat terus momen manis saat berlibur di kota ini.

Jadi, apakah 10 oleh-oleh Bukittinggi diatas sudah masuk daftar belanja kamu? Pastikan membeli semua buah tangan untuk dibawa pulang sesuai dengan budget maupun kebutuhan ya sobat Kuliner Kota! Agar kamu tetap memiliki tabungan untuk berlibur di kota-kota selanjutnya. Selamat berbelanja buah tangan untuk keluarga di rumah 🙂

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 10 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi yang Selalu Dicari Wisatawan
  • 11 Juni 2020

    Meskipun bolak-baik ke Bukittinggi nggak pernah absen sih beli semua oleh-oleh tersebut,

    Bikin nagih soalnya. HIHIHI

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

Trending

Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]