Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

12 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Terkenal Jadi Favorit

6 min read

Coklat Tahu Kediri

Kediri dengan segala potensi wisata alam yang dimiliki mampu menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam sampai wisata buatan. Tidak hanya itu, Kediri juga menawarkan berbagai makanan khas yang siap menggoyangkan lidah. Puas menghabiskan waktu di Kota Tahu, saatnya kembali ke kota asal dengan oleh-oleh khas Kediri untuk keluarga tercinta. Bagi sobat Kuliner Kota yang ingin terus merasakan momen manis berwisata di Kediri 12 oleh-oleh Kediri ini wajib jadi buah tangan Anda. Mau tau apa saja oleh-oleh khas dari Kediri yang bikin ingat momen manis di kota ini? Simak artikel berikut ini ya!

1. Sambal Tumpang

Sambal Tumpang
Pecel Tumpang, Foto oleh Shopee Co Id

Jika Anda tidak asing dengan Pecel Tumpang, maka Sambal Tumpang bisa Anda jadikan buah tangan. Memiliki cita rasa dan aroma khas tempe yang hampir busuk atau terfermentasi tentunya bakal bikin sensasi berbeda saat Anda meraciknya di rumah. Tentu saja, oleh-oleh khas Kediri ini tidak hanya berbahan dasar tempe busuk, ada berbagai bumbu lainnya yang terdiri kencur, daun jeruk purut, daun salam, bawang merah dan putih, cabe, lengkuas dan sedikit santan yang membuat cita rasa Sambal Tumpang makin kua. Jika tertarik untuk membawa pulang salah satu item utama kuliner khas Kediri ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp20.000 per kemasan plastik yang bisa dibeli di rumah UKM Mbakyu Era yang berada di Desa Ngletih Kecamatan Kandat, Kota Kediri. Jadi, tertarik untuk membawa kelezatan pecel tumpang bersama buah tangan khas Kediri ini?

2. Carang Mas

Camilan enak yang sering dijadikan oleh-oleh Kediri adalah Carang Mas. Makanan ringan tradisional yang terbuat dari ubi jalar ini banyak digemari wisatawan dari berbagai kalangan dan usia. Kudapan dengan perpaduan cita rasa manis dan gurih ini cocok dijadikan teman santai sambil minum teh atau kopi di sore hari. Karena teksturnya yang keras dan renyah serta termasuk jajanan kering, Carang Mas juga mampu bertahan hingga 6 bulan di tempat tertutup. Jadi, bagi Anda yang ingin membawanya pulang dengan jarak tempuh yang cukup jauh, tidak perlu khawatir rasanya akan berubah. 

Carang Mas
Carang Mas, Foto oleh Shopee Co Id

Cukup dengan menyiapkan budget sekitar Rp15.000 – Rp20.000 saja, Anda sudah bisa membawa pulang 1 kemasan Carang Mas berisi 24 biji. Jika tertarik membawa pulang camilan ini, Anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh Kediri, salah satunya Pusat Oleh-oleh Kediri yang berada di Jalan Dr. Wahidin No.16, Pakelan, Kota Kediri.

3. Coklat Tempe

Coklat Tempe
Coklat Tempe, Foto oleh Blanja Com

Di tangan masyarakat Kediri, tempe bisa dijadikan kudapan manis yang selalu jadi favorit wisatawan untuk dibawa pulang, Coklat Tempe namanya. Seperti namanya, coklat ini terbuat dari tempe yang diiris tipis dan dibalut dengan lumuran coklat. Perpaduan cita rasa unik, manis dan gurih akan bikin perpaduan yang pecah bersamaan di setiap gigitan. Kediri punya produk olahan coklat tempe yang terkenal, yaitu NIKI Coklat Tempe. Untuk mendapatkan kudapan manis ini, Anda bisa menuju ke Desa Sambirejo, Kecamatan Gampengrejo, Kediri. Disini Anda bisa memilih 3 varian ukuran Coklat Tempe, mulai dari kecil, sedang dan jumbo dengan kisaran harga Rp1.000 – Rp10.000 per kemasan. Untuk daya tahan oleh-oleh khas Kediri ini cukup lama yaitu 5 bulan, jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin membawanya dalam jarak yang cukup jauh. 

4. Batik Kediri

Batik Kediri
Batik Kediri, Foto oleh Kompasiana Com

Selain makanan, souvenir khas kediri juga cocok dibawa pulang untuk keluarga di rumah, Batik Kediri. Motif batiknya pun beragam, dengan ciri khasnya yang menonjolkan budaya lokal Kediri. Ada yang bermotif Simpang Lima Gumul, Candi Tegowangi, Candi Adan-Adan, Sekar Jagat, makanan khas Kediri dan berbagai motif lainnya. Selain itu, cara pembuatannya pun beragam, ada yang menggunakan proses tulis hingga cap yang lebih digemari wisatawan muda. Oleh-oleh Kediri batik yang memiliki harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah ini bisa Anda temukan di Desa Sekoto, Kecamatan Badas, Kota Kediri, tepatnya di sentra industri kecil batik bernama Joglo Suminar Batik Ndeso milik Ibu Suminarwati.

5. Getuk Pisang Kediri

Getuk Pisang Kediri
Getuk Pisang Kediri, Foto oleh Buka Lapak Com

Cari oleh-oleh khas Kediri yang unik? Getuk Pisang bisa jadi pilihan. Oleh-oleh Kediri satu ini terbuat dari pisang raja nangka yang dibungkus daun pisang dan dibentuk menyerupai lemper. Memiliki cita rasa manis dan sedikit asam dengan aroma khas pisang bakal bikin sensasi unik yang bercampur di mulut saat Anda memakannya. Getuk Pisang yang umumnya tanpa bahan pengawet ini bisa bertahan sampai 2 hari di suhu ruang dan 5 hari saat menyimpannya di kulkas. Varian bentuk dan harganya pun bermacam-macam, mulai dari yang ukurannya kecil hingga besar rata-rata dibanderol mulai dari Rp4.000 – Rp28.000. Getuk Pisang Kediri sebenarnya bisa Anda temukan di berbagai pusat oleh-oleh, tapi ada satu produsen getuk yang jadi favorit wisatawan dan  bisa Anda kunjungi yaitu Getuk Pisang Madusari yang berada di Jalan Ngadisimo Utara I No.27, Ngadirejo, Kota Kediri. 

6. Tahu Takwa Kediri

Tahu Takwa Kediri
Tahu Takwa Kediri, Foto oleh Shopee Co Id

Kediri terkenal sebagai produsen tahu terbesar di Jawa Timur, tak heran jika banyak oleh-oleh Kediri berbahan dasar tahu. Salah satunya adalah Tahu Takwa. Tahu Kediri yang satu ini berbeda dengan tahu pada umumnya karena berwarna kuning, bertekstur lembut dengan cita rasa gurih yang khas. Tahu Takwa Kediri ini, cocok dimasak dengan metode apapun, mulai dari dicampur dalam sayur lodeh rebusan atau hanya sekedar digoreng saja sudah cukup nikmat. Biasanya Anda akan menemukan Tahu Takwa Kediri ini dalam kemasan besek atau anyaman bambu. Jika tertarik untuk membawanya pulang maka Anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Kediri dengan harga rata-rata Rp2.000 per biji, atau coba saja datang ke toko oleh-oleh yang sudah terkenal sebagai pelopor Tahu Takwa yaitu Tahu Takwa Bah Kacung Cakrawijaya yang berada di Jalan Trunojoyo No. 59 Kota Kediri.

7. Tahu Pong Kediri

Selain Tahu Takwa, oleh-oleh Kediri yang selalu diburu wisatawan adalah Tahu Pong. Meskipun sama-sama berbentuk tahu, penampilan Tahu Pong berbeda dengan Tahu Takwa. Jika Tahu Takwa digoreng, maka bagian dalamnya tetap padat maka pada bagian dalam Tahu Pong akan kopong atau kosong. Tahu Pong memiliki cita rasa gurih dan bakal terasa makin mantap saat disantap bersama sambal petis atau cabe rawit. 

Tahu Pong Kediri
Tahu Pong Kediri, Foto oleh Silau Surya Com

Jika tertarik membawa Tahu Pong Kediri sebagai buah tangan, Tahu Pong mentah bisa bertahan dalam kurun waktu 24 jam setelah produksi dan jika membeli tahu yang sudah digoreng maka bisa bertahan hingga 2-3 hari. Untuk bisa membawanya Anda juga tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam cukup mulai dari Rp10.000 – Rp20.000 saja, Anda sudah bisa membawa pulang satu kemasan plastik Tahu Pong yang lezat ini untuk keluarga di rumah. Untuk itu, jika tertarik membawa Tahu Pong sebagai buah tangan setelah berwisata di kediri, Anda bisa menemukannya di Pusat Tahu Takwa POO yang berada di Jalan Yos Sudarso No.36, Pakelan, Kota Kediri.

8. Stik Tahu Kediri

Stik Tahu Kediri
Stik Tahu Kediri, Foto oleh Buka Lapak Com

Tidak hanya dijadikan olahan tahu basah, tahu Kediri juga bisa dijadikan produk kering dalam bentuk Stik Tahu. Oleh-oleh Kediri memiliki cita rasa gurih dan lebih renyah yang cocok dijadikan cemilan dalam perjalanan ataupun teman ngeteh di sore hari bersama teman maupun pasangan.  Seperti halnya camilan kering pada umumnya, Stik Tahu Kediri juga bisa bertahan hingga 2-3 bulan di suhu ruangan tertutup. Jika tertarik membawanya pulang, satu kemasan plastik Stik Tahu rata-rata mulai dari Rp15.000 – Rp20.000. Cukup terjangkau bukan? Anda bisa menemukan camilan sehat nan lezat ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kota Kediri. 

9. Keripik Bekicot Kediri

Keripik Bekicot Kediri
Kepik Bekicot Kediri Foto oleh Shopee Co Id

Selain tahu, Kediri juga terkenal memiliki kuliner unik berbahan dasar bekicot lho! Salah satunya Keripik Bekicot. Selain Sate Bekicot 02 yang terkenal di kalangan para pecinta olahan ekstrim, Keripik Bekicot ini juga tidak kalah terkenal sebagai oleh-oleh khas Kediri yang diburu para wisatawan sebagai buah tangan. Memiliki cita rasa gurih, sedikit manis dan renyah menjadikan Keripik Bekicot punya perpaduan rasa unik yang bikin pecah di mulut.. Jika tertarik ingin membeli oleh-oleh unik ini Anda bisa langsung datang ke Depot milik Ibu Sri yang berada di Desa Plosolor, Plosoklaten, Kediri. Disini Keripik Bekicot dijual dengan harga mulai dari Rp180.000 per 1 kilogram selain itu ada juga kemasan plastik per ons. Jadi, Anda bisa menyesuaikan sendiri budget maupun kebutuhan jika membeli Keripik Bekicot disini.

10. Es Buto Ijo Kediri 

Es Buto Ijo Kediri
Es Buto Ijo Kediri, Foto oleh Foodnesia Net

Selain barang dan makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh Kediri, ada minuman yang wajib anda bawa pulang juga sebagai buah tangan khas Kediri, yaitu Es Buto Ijo Kediri. Jangan salah paham, tampilan minuman segar ini tidak seburuk namanya lho! Minuman bercita rasa manis dan segar ini berwarna hijau yang berasal dari air rebusan kacang hijau, dengan penambahan sagu mutiara, kelapa muda, kolang kaling, selasih dan nata de coco yang bakal tidak hanya menyegarkan tapi juga mengenyangkan. Jadi, bagi Anda yang ingin membawa Es Buto Ijo sebagai teman perjalanan makan Anda bisa menemukannya di beberapa kios pinggir jalan sekitar Kota Kediri.

11. Tenun Ikat Bandar 

Tenun Ikat Bandar
Tenun Ikat Bandar , Foto oleh Tamasya Com

Referensi oleh-oleh khas Kediri yang penuh nilai sejarah dan cocok dijadikan souvenir untuk keluarga di rumah adalah Tenun Ikat Bandar. Tenun Ikat Bandar khas Kediri dibuat menggunakan alat tenun tradisional sehingga pastinya kualitas dan hasilnya lebih bagus dan menarik. Produk lokal Kediri yang penuh sejarah ini bisa Anda temui di rumah-rumah industri tenun yang berada di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, tepatnya tidak jauh dari alun-alun Kota Kediri. Anda bisa membeli produk tenun ini mulai dari kain sarung, kain misris, semi sutra, hingga sutra. Tidak hanya terkenal di sekitar Kediri saja, produk Tenun Ikat Bandar ini sudah dikenal di berbagai daerah luar Pulau Jawa. Menarik Bukan? Jadi, sudah jauh-jauh berkunjung di Kediri wajib banget bawa pulang bawa oleh-oleh khas Kediri ini.

12. Coklat Tahu Kediri

Coklat Tahu Kediri
Coklat Tahu, Foto oleh Tokopedia Com

Tidak hanya dijadikan stik masih ada produk berbahan dasar tahu lainnya yang tidak kalah nikmat dan menarik Coklat Tahu. Seperti namanya oleh-oleh khas Kediri ini terbuat dari tahu yang dipotong dadu lalu digoreng dan dimasukkan ke dalam cetakan coklat ini bakal menghasilkan perpaduan cita rasa gurih, renyah dan manis akan bikin Anda jatuh hati disetiap gigitannya. Jika tertarik membawa Coklat Tahu sebagai buah tangan, Anda bisa menemukannya di Kelurahan Tinalan, Kota Kediri dengan harga mulai dari Rp10.000 per kotak dan berisi 4 batang coklat. 

Nah, sudah menentukan pilihan ingin membawa pulang oleh-oleh apa dari Kediri? Pastikan semua oleh-oleh diatas sudah masuk keranjang belanjaan kamu. Bawa manis momen berwisata disini dengan bawa pulang semua oleh-oleh khas Kediri yang terkenal enak, unik dan pastinya favorit dan tidak ada duanya.

Last Updated on November 20, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *