1. Kuliner

45 Makanan Khas Bandung yang Terkenal Enak dan Bikin Ngiler

Kota Bandung merupakan kota yang mendapat julukan “Kota Kembang” sekaligus “Paris Van Java”. Tidak hanya menyimpan ragam destinasi menarik, Kota Kembang juga menawarkan kuliner khas yang tentunya siap memanjakan lidah. Lalu apa saja makanan khas Bandung yang wajib banget kamu cicipi? Simak ulasan lengkap rekomendasi kuliner Bandung ala Kuliner Kota berikut ini.

1. Siomay Bandung

Siomay Bandung
Siomay Bandung, Foto oleh Diego Bianki Com

Saat kamu berwisata ke Kota Bandung, makanan khas Bandung satu ini tidak boleh terlewatkan. Siomay Bandung, hidangan khas Bandung yang mudah ditemukan baik di pinggir jalan sampai hotel berbintang. Siomay Bandung memiliki ciri khas yang berbeda dengan siomay di kota-kota lain. Dimana olahan khas Bandung ini terbuat dari perpaduan daging ikan dengan campuran sagu yang disajikan bersama telur maupun sayuran sebagai pelengkapnya.

Siomay Bandung semakin nikmat ketika disantap dengan menggunakan sambal kacang yang dituang di atasnya. Bagi kamu penggemar kuliner dengan rasa yang “menggigit”, jangan lupa tambahkan sambal biar makin nendang.

Tempat: Batagor Kingsley
Alamat: Jalan Veteran No. 25, Bandung

2. Bandros Bandung

Bandros Bandung
Bandros Bandung, Foto oleh Pariwisata Bandung Info

Bandros satu ini bukanlah Bandros yang memiliki kepanjangan Bandung Tour on The Bus yang biasa digunakan wisatawan untuk berkeliling Kota Bandung. Bandros Bandung merupakan kue khas Bandung yang terbuat dari campuran tepung beras dengan santan kelapa yang dimasak diatas cetakan berbentuk cekung.

Ketika adonan kue masih setengah matang, kue Bandros akan diberi taburan kelapa parut diatasnya sembari menunggu matang dan siap disajikan. Tentunya cita rasa gurih dan asin menjadi ciri khas dari kue khas Bandung ini. Bandung juga akan lebih nikmat disantap ketika masih hangat, sambil ditemani dengan hidangan wedang bajigur di tengah dinginnya suasana Kota Bandung.

Tempat: Bandros 88
Alamat: Jl. Jupiter Barat No. 65, Sekejati, Bandung
Harga: Mulai Rp3.000

3. Nasi Timbel Bandung

Nasi Timbel
Nasi Timbel Bandung, Foto oleh Food Detik com

Nasi Timbel Bandung adalah rekomendasi kuliner khas Bandung berikutnya. Kuliner khas Bandung ini terbuat dari olahan nasi putih panas yang dibungkus dengan daun pisang dan ditambah bermacam lauk-pauk juga sambal sebagai pelengkapnya.

Kamu wajib mencoba kenikmatan olahan khas Bandung ini! Nikmati sajian rasa yang pas ketika semua bagian dari Nasi Timbel Bandung ini berpadu bersamaan. Tentunya hidangan nikmat khas dari Bandung ini akan terasa sempurna ketika disajikan waktu makan siang.

Tempat: Nasi Timbel Bawean
Alamat: Jalan Bawean No. 03, Bandung
Harga: Sekitar Rp15.000

4. Gepuk Bandung

Gepuk Bandung
Gepuk Bandung, Foto oleh Angkat id

Makanan khas Bandung satu ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat. Gepuk Bandung sendiri terbuat dari daging sapi yang diiris searah dengan serat daging kemudian direbus setengah matang dan dipukul-pukul hingga empuk.

Setelah daging empuk, daging direbus kembali bersama dengan campuran santan dan bumbu sampai air santan meresap habis ke dalam daging. Gepuk Bandung juga merupakan salah satu cita rasa makanan khas dari Indonesia yang wajib kamu coba.Penting dan perlu diingat, kamu harus terlebih dahulu menggoreng Gepuk Bandung dengan sedikit minyak sebelum disajikan.

Harga: Sekitar Rp15.000

5. Lotek Bandung

Lotek Bandung
Lotek Bandung, Foto oleh Grid Id

Sekilas kuliner khas Bandung yang satu ini sangat mirip dengan pecel. Nama makanan ini adalah Lotek Bandung. Lotek Bandung terbuat dari campuran sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang pada bagian atasnya.

Lalu apa yang membedakan Lotek Bandung dengan Pecel? Perbedaannya terletak pada rempah dan sayuran yang digunakan. Pertama, kencur menjadi pembeda di antara kedua makanan khas Indonesia ini. Kedua, perbedaan terletak pada tingkat kematangan sayuran. Dimana, sayuran yang digunakan untuk Lotek Bandung masih sedikit terasa mentah, karena sayuran tidak direbus sampai matang, melainkan hanya dipanaskan sekian menit untuk memberikan rasa hangat pada sajian dari Lotek Bandung itu sendiri.

Lotek Bandung sangat nikmat jika disantap bersama dengan lontong ataupun ketupat. Kamu juga bisa menggunakan tempe sebagai pelengkap saat menyantap Lotek Badung.

Tempat: Lotek Mahmud
Alamat: Jalan Mahmud IV No. 9, Pamoyanan, Bandung

6. Combro Bandung

Combro
Combro Bandung, Foto oleh Google com

Siapa yang sudah kangen dengan Combro Bandung? Iya, “Combro” atau “Oncom Dijero” ini adalah salah satu jajanan khas Bandung yang populer tempo dulu.

Masakan yang terbuat dari olahan singkong ini menjadi teman bersantainya warga Bandung pada masanya. Sayangnya, saat ini kita sudah mulai sulit menemukan Combro, sekalipun di kota asalnya, Bandung.

Namun, jangan khawatir! Kamu masih bisa menemukan makanan khas ini di beberapa wilayah di Kota Bandung yang lokasinya berdekatan dengan pasar tradisional. Harganya murah dan cita rasa singkongnya masih sama loh!

Satu lagi, Combro Bandung ini dimasak dengan cara digoreng, sehingga akan sangat nikmat apabila dimakan dalam keadaan hangat.

7. Misro Bandung

Misro
Misro Bandung, Foto oleh Indonesian Culinary Tumblr Com

Makanan khas Bandung yang satu ini mirip dengan Combro Bandung, yaitu sama-sama terbuat dari parutan singkong dan dimasak dengan cara digoreng. Bedanya, Misro Bandung memiliki isian gula merah, sehingga cocok dijadikan teman minum teh ataupun kopi di pagi maupun malam hari. 

8. Tutut Bandung

Tutut Bandung
Tutut Bandung, Foto oleh Ayo Bandung Com

Ingat namanya saja sudah bikin ngiler ya! Kunyit, jahe, serai dan daun salam menjadi bahan rempah-rempah dari masakan ini. Rasa pedas dan gurih yang dihasilkan dari kuahnya selalu membuat kita rindu dengan masakan khas Bandung tutut. Tutut Bandung adalah kuliner Bandung yang menggunakan keong sawah sebagai bahan utamanya. 

Seperti yang kita ketahui, jika keong sawah ini memiliki segudang gizi dan manfaat yang baik bagi tubuh. Tutut memiliki kadar protein tinggi, kandungan mineral dan kadar kolesterol dengan proposisi yang lebih baik dibandingkan lobster. Cita rasa yang nikmat dengan varian bumbu pedas makin membuat Tutut Bandung wajib banget kamu coba.

Tempat: Tutut Mang Oded
Alamat: Jalan Rereng Adumanis, No. 15, Bandung

9. Karedok Bandung

Karedok Bandung
Karedok Bandung, Foto oleh Go Travelly Com

Kamu seorang vegetarian? Saat berkunjung ke Kota Bandung wajib mencoba makanan khas Bandung Karedok. Hidangan ini merupakan olahan sayuran yang masih fresh dengan dilumuri bumbu kacang diatasnya. Dimana bumbu kacang karedok memiliki campuran kencur sehingga aroma harum makin membuat kamu tergoda ingin segera menyantapnya.

Harga: Sekitar Rp15.000

10. Seblak Bandung

Seblak Bandung
Seblak Bandung, Foto oleh Seva Id

Saat berkunjung ke Kota Bandung, rasanya belum afdol apabila belum mencoba kuliner khas Bandung yang satu ini, Seblak Bandung. Panganan khas Kota Bandung yang menjamur di berbagai kota di Indonesia.Seblak Bandung memiliki ciri khas bumbu yang berbeda dengan seblak pada umumnya. 

Campuran olahan kerupuk mentah yang sudah dimasak kembali dengan cabai, bawang putih, sereh dan kencur bersama dengan bihun, bakso maupun makanan lainnya menjadi sajian pelengkap yang pas dan menggugah selera. Jadi, tertarik mencoba bagaimana kelezatannya?

Harga: Mulai Rp7.000

11. Cuanki Bandung

Cuanki Bandung
Cuanki Bandung, Foto oleh Traveling Yuk com

Kuliner Bandung yang satu ini mirip sekali dengan bakso, namun bedanya Cuanki Bandung disajikan tanpa tambahan mie kuning ataupun bihun. Bagi kamu penikmat kuliner bakso, wajib banget mencoba sensasi rasa Cuanki Bandung! Kuah panas dan gurih ditemani dengan cuaca Kota Bandung yang dingin menjadikan Cuanki Bandung sangat cocok untuk mengisi perut dan menghangatkan tubuh.

12. Surabi/Serabi Bandung

Surabi Bandung
Surabi Bandung, Foto oleh Traveling Yuk com

Makanan khas Bandung ini sudah menjamur hampir di seluruh penjuru Indonesia. Tapi kamu wajib mencobanya di kota asli Surabi itu berasal. Makanan yang satu ini mirip dengan pancake, karena sama-sama terbuat dari bahan tepung terigu. Bedanya, Surabi Bandung dimasak dengan cara dibakar diatas tungku dengan adonan tebal, sehingga terasa nikmat untuk disantap dalam keadaan masih hangat.

Untuk menambah cita rasa dari Surabi, kamu bisa memilih bermacam varian toping seperti coklat, durian, keju bahkan sosis untuk diletakan di atasnya. Surabi Bandung menjadi teman yang sangat cocok menyeruput teh di sore hari.

Harga: Mulai Rp5.000 – Rp13.000

13. Batagor

Batagor Bandung
Batagor Bandung, Foto oleh Pegi Pegi com

Kuliner khas kota Bandung yang satu ini sering disajikan bersamaan dengan Siomay Bandung. “Bakso Tahu Goreng” atau yang sering disebut dengan Batagor ini terbuat dari adonan tepung kanji dicampur dengan olahan ikan. Semakin lengkap rasanya saat disantap dengan baluran saus kacang dan kesegaran dari perasan jeruk limau diatasnya. Dijamin bikin ingin ngunyah terus.

Tempat: Batagor Kingsley
Alamat: Jalan Veteran No. 25, Bandung

14. Colenak Bandung

Colenak Bandung
Colenak Bandung, Foto oleh Sajian Sedap grid id

Kuliner khas Bandung ini merupakan kepanjangan dari “Cocol Enak”. Colenak sudah dikenal sejak tahun 1930-an. Makanan ini terbuat dari olahan peuyeum yang dibakar lalu disiram dengan gula merah kental serta toping parutan kelapa diatasnya.

Rasa asam dari peuyeum dan manis dari gula merah kental akan bercampur menjadi satu ketika digigit. Colenak Bandung akan membuat kamu ingin kembali ke Kota Bandung kedua kalinya hanya untuk menikmati kuliner yang satu ini!

Tempat: Colenak Murdi Putra
Alamat: Jalan Jendral Ahmad Yani No. 07, Bandung
Harga: Sekitar Rp5.000

15. Mie Kocok

Mi Kocok Bandung
Mi Kocok Bandung, Foto oleh Pesona Indonesia Kompas Com

Kuliner khas Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan berikutnya adalah Mie Kocok Bandung. Olahan mie berbentuk pipih dengan ditambah bermacam sayuran, tauge serta kikil sapi membuat makanan khas Bandung ini memiliki cita rasa yang akan dirindukan setiap harinya. Nama “Mie Kocok” sendiri diberikan karena sebelum disajikan, olahan mie terlebih dahulu diaduk dan dikocok.

Mie Kocok Bandung akan semakin nikmat apabila disantap pada sore menjelang malam hari. Makanan khas Bandung satu ini pastinya akan masuk dalam daftar kuliner terfavorit yang akan paling kamu indukan tiap kali hendak berkunjung ke Kota Bandung.

Harga: Sekitar Rp12.900

16. Kupat Tahu

Kupat Tahu
Kupat Tahu Bandung, Foto oleh Jabar Idn Times

Kuliner khas Bandung ini berbahan dasar kupat. Kupat Tahu Bandung disajikan dengan campuran sayur tauge dengan siraman bumbu kacang kental diatasnya. Semakin nikmat lagi jika kamu menyantapnya dengan tambahan kerupuk. 

Cita rasa dari sambal kacang bercampur dengan gurihnya kerupuk akan sangat menggoyang lidah saat kamu memadukannya menjadi satu. Eits, jangan lupa, satu porsi Kupat Tahu Bandung dapat membuat perut merasa kenyang loh! Tapi, saking lezatnya, Kupat Tahu Bandung mampu menggoda selera makan kamu untuk menambah porsi kedua, ketiga, bahkan lebih banyak lagi!

Tempat: Kupat Tahu Gempol
Alamat: Jalan Gempol Kulon No. 53, Bandung
Harga: Sekitar Rp6.500

17. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutuk Oncom Bandung
Nasi Tutuk Oncom Bandung, Wonderful Island Id

Makanan khas Bandung yang satu ini wajib masuk dalam daftar kuliner Bandung yang tidak boleh terlewatkan. Nasi Tutug Oncom Bandung berasal dari olahan nasi yang dibuat dengan cara dibakar dan dicampur dengan bumbu oncom serta diberi sedikit tepung tapioka terlebih dahulu.

Semakin terasa nikmat jika kamu menikmati kuliner khas Bandung ini saat masih hangat sambil ditemani dengan sambal serta sayuran. Pilihan waktu yang pas untuk menyantap Nasi Tutug Oncom Bandung adalah sebagai menu sarapan di pagi hari.

18. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca
Ulukutek Leunca Bandung, Foto oleh Genpi Co

Kuliner Kota Bandung ini memiliki nama yang sangat susah untuk diucapkan tapi sangat nikmat untuk disantap. Ulukutek Leunca Bandung berasal dari olahan makanan yang terbuat dari campuran oncom dan buah leunca serta ditambah dengan bumbu-bumbu lain, Nikmat pastinya jika kamu menyantapnya dengan nasi hangat dan ditemani dengan olahan ikan, maupun ayam sebagai lauk pelengkapnya.

 Harga: Mulai Rp10.000

19. Rujak Cuka

Rujak Cuka
Rujak Cuka, Foto oleh Flickr

Bagi kamu penggemar rujak, wajib mencoba sensasi hidangan Bandung yang satu ini. Rujak Cuka Bandung terbuat dari campuran sayuran dan buah-buahan yang ditambah dengan bumbu rujak serta cuka untuk memberikan cita rasa asam dan segar. Rujak Cuka Bandung akan sangat segar dinikmati di pagi menjelang siang hari, terlebih lagi bagi para penggemar rujak, tidak ada keraguan untuk menikmatinya lebih dari satu kali!

Harga: Sekitar Rp12.000

20. Cilok Bandung

Cilok Bandung
Cilok Bandung, Foto oleh Berita Baik

Makanan khas Bandung yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Cilok Bandung merupakan olahan rumahan yang kini menjadi makanan khas yang bisa kamu coba di restoran maupun jajanan pinggir jalan.

Terbuat dari bahan tepung dengan sedikit campuran daging memberikan rasa kenyal ketika kamu mengunyahnya. Semakin lengkap dengan ditemani bumbu kacang maupun saus mayonaise sesuai selera. Apalagi kamu menyantapnya sebagai cemilan nonton. Dijamin ingin nambah lagi dan lagi.

Tempat: Cilok Bapri
Alamat: Jalan Babakan Priangan Raya, Bandung

Baca Juga : 30 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari & Modal Rendah

21. Mochi Ice Cream

mochi es cream
Mochi Ice Cream, Foto Oleh En Wikipedia Org

Makanan khas Bandung yang terbilang baru hits dikalangan masyarakat Bandung yakni Mochi Ice Cream. Tentu berbeda dari mochi biasa yang memakai isian kacang tanah, Mochi Ice Cream khas Bandung berisi es krim dengan berbagai varian rasa, di antaranya strawberry, chocolate, vanilla blue, durian dan green tea. 

Tekstur kenyalnya berasal dari lapisan mochi, ditambah dengan es krim yang lembut di lidah. Sajian ini tentu akan menawarkan sensasi kelezatan luar biasa. Berkunjung ke Bandung akan lebih menyenangkan jika sudah bertemu dengan dingin manisnya Mochi Ice Cream sebagai camilan di siang hari.

Tempat: Kedai Mochilok
Alamat: Jl. Sekeloa No. 31, Dipatiukur, Coblong, Bandung
Harga: Sekitar Rp20.000

22. Cimol Bandung

cimol bandung
Cimol Bandung, Foto Oleh Kulinerkota Com

Termasuk ke dalam jenis cilok, satu lagi jajanan khas Bandung yang lagi naik daun, yaitu Cimol Bandung. Bahannya masih sama seperti cilok, yakni memakai kanji yang dibentuk bulat seperti bakso. Bedanya hanya pada cara memasak, jika cilok melalui proses perebusan atau kukus, berbeda dengan Cimol yang digoreng. 

Setelah Cimol digoreng biasanya dicampur dengan bubuk cabai, keju atau saus kacang. Jika berada di Bandung, kamu akan menemukan berjejer penjual Cimol di pinggiran jalan, tentunya dengan harga terjangkau dan lezat. Paling enak makan Cimol Bandung saat masih hangat apalagi bareng teman.

Tempat: Cimol Candu
Alamat: Wangunsari, Lembang, Bandung
Harga: Mulai Rp3.000

23. Peuyeum

peuyeum
Peuyeum, Foto Oleh Kompas Co

Masyarakat asli Bandung sudah tak asing bukan dengan nama Peuyeum? Makanan terkenal di Bandung dan sekitarnya ini juga cukup familiar di kalangan wisatawan. Sejenis tape, hanya saja Peuyeum cenderung kering, berbeda dengan tape yang biasanya mengandung banyak air. Peuyeum terbuat dari bahan baku singkong. 

Proses pembuatannya sendiri, yakni singkon dikukus matang, kemudian didinginkan untuk ditaburi ragi dan disimpan ke dalam wadah tertutup sekitar 2-3 hari. Rasanya manis dan empuk saat digigit, membuat Peuyeum cocok dihidangkan sebagai cemilan senggang ditemani teh hangat. Makanan khas Bandung ini juga bisa digoreng layaknya pisang goreng lalu diberi topping keju atau coklat.

Tempat: Peuyeum Si Madu
Alamat: Jalan Cihampelas 122, Depan Putra Snack, Bandung
Harga: Sekitar Rp15.000

24. Tahu Susu Lembang

tahu susu lembang
Tahu Susu Lembang, Foto Oleh Tempawisatadibandung Info

Tahu enak di Bandung yang nyesel saat dilewatkan? Tentunya Tahu Susu Lembang. Persis namanya, makanan khas Bandung ini diolah dengan mencampurkan kedelai dan susu sehingga menghasilkan rasa gurih, padat dan teksturnya lembut. Pada dasarnya Tahu Susu melalui tahap perebusan sebanyak dua kali sehingga aman untuk langsung dikonsumsi.

Itulah sebabnya, tak heran wisatawan sering memborong kuliner Bandung ini sebagai buah tangan buat dicicipi bersama keluarga. Di Bandung terdapat dua pilihan membelinya, bisa tahu susu mentah atau yang sudah digoreng siap makan.

Tempat: Tahu Susu Lembang
Alamat: Jl. Raya Lembang No. 177, Jayagiri, Bandung
Harga: Sekitar Rp15.000

25. Tahu Jablay

Satu lagi hidangan tahu tak kalah lezat setelah tahu susu, Tahu Jablay namanya. Dari namanya saja sudah menarik, diketahui pencetus nama Tahu Jablay adalah sekumpulan anak tongkrongan yang saat itu sedang menikmati tahu crispy khas Bandung. 

Dimulai dari guyonan mereka menghasilkan nama yang sampai sekarang terkenal dikalangan masyarakat Bandung. Cemilan ini berupa tahu yang dipotong kotak kecil lalu digoreng bersama adonan tepung crispy. Jika mampir ke Bandung dan menemukan Tahu Jablay, jangan lupa membawanya pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

26. Basreng Bandung

tahu jablay khas bandung
Tahu Jablay, Foto Oleh Cookpad Com

Jika di Malang terkenal dengan bakso bakarnya, maka Bandung juga punya andalan, namanya Basreng atau kepanjangan dari Bakso Goreng. Seperti halnya bakso biasa, Basreng dibuat memakai daging, namun bedanya adalah menggunakan daging ikan tenggiri segar. Bakso yang sudah jadi tersebut kemudian digoreng dan dibumbui tanpa kuah. 

Umumnya, bumbu yang dipakai beraneka rasa mulai dari asin, keju, pedas hingga manis. Teksturnya memang keras, namun akan langsung terasa gurih di lidah saat disantap. Jadikan Basreng Bandung sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk keluarga atau bisa juga pengganti kerupuk.

Harga: Sekitar Rp30.000

27. Gehu Jeletot

gehu jeletot khas bandung
Gehu Jeletot, Foto Oleh Sajinsedap Grid Id

Gehu merupakan makanan khas Bandung berupa tahu yang diisi toge dan digoreng. Tak lupa, untuk memberi kesan lezat tahu khas Bandung ini juga dilapisi tepung crispy. Tentu saja, rasanya gurih dan renyah. Dan seiring berkembangnya bahan makanan, Gehu Jeletot mulai berinovasi dan tak hanya berisi dua bahan tersebut, melain bervariasi seperti adanya bihun, kol, wortel hingga daging cincang dan jika beruntung kamu dapat menemukan udang di isiannya. Bahan-bahan tersebut biasanya ditumis bersama rempah dan cabai sebelum dimasukkan ke dalam tahu. Menikmati jajanan Bandung satu ini dijamin akan menghilangkan penat seharian.

Harga: Sekitar Rp2.000

28. Keripik Setan

keripik setan khas bandung
Keripik Setan, Foto Oleh Cookpad Com

Mirip keripik balado, cemilan khas Bandung Keripik Setan pun memiliki level pedas setara dengan namanya. Kudapan jenis keripik satu ini sudah menjadi pamor dan dikenal sebagai Pikset, sebutan tersebut diperoleh sebab pedasnya menyengat lidah. Keripik Setan terbuat dari singkong yang dibumbui bubuk cabai. 

Cemilan Keripik Setan memang cocok bagi kamu pecinta pedas, namun tak menutup kemungkinan bagi yang tidak terlalu suka pedas, karena jajanan ini punya tingkat kepedasan sendiri dari yang biasa sampai pedas setan. Jadi, tertarik untuk ngemil dengan Keripik Setan?

Harga: Sekitar Rp10.000

29. Pisang Coklat

pisang coklat bandug khas bandung
Pisang Coklat, Foto Oleh Cookpad Com

Satu lagi cemilan enak khas Bandung yang wajib dinikmati, adalah Pisang Coklat atau singkatnya Piscok. Sesuai namanya, Piscok terbuat dari pisang yang dilumuri coklat dan dibungkus kulit lumpia kemudian digoreng. Rasanya yang manis, lembut dan gurih membuat siapapun ketagihan. 

Jajanan khas dari Bandung ini juga terkenal murah meriah namun bukan murahan karena sudah digemari semua kalangan baik masyarakat Bandung maupun wisatawan. Cukup menggoda bukan sajian Pisang Coklat khas Bandung? Itulah sebabnya jangan lupa mencicipinya ketika berada di Kota Kembang.

Tempat: Pisang Keju Papaday
Alamat: Jl. Cibadak No. 101, Astanaanyar, Bandung
Harga: Sekitar Rp18.000

30. Cireng Bandung

cireng bandung khas bandung
Cireng Bandung, Foto Oleh Ifestyle Okezone Com

Kalau sudah menemukan Cilok dan Cimol, akan lebih lengkap jika menghadirkan Cireng Bandung. Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng, yang berarti makanan khas Bandung ini memang terbuat dari aci dan bahan lain seperti terigu, daun bawang, bawang putih, merica bubuk, garam dan air. 

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur hingga membentuk adonan, lalu dicetak bundar dan digoreng. Sampai sekarang Cireng pun telah mengalami inovasi berupa tambahan isian mulai dari keju, sosis, ayam sampai daging sapi. Paling enak makan Cireng ditemani sambal atau kecap, dijamin ingin ngunyah terus.

Tempat: Cireng Kamsia
Alamat: Jalan Pajajaran, Husen Sastranegara, Bandung

31. Perkedel Bondon

perkedel bondon khas bandung
Perkedel Bondon, Foto Oleh Ksmtoru Com

Tak kalah pamor dengan Cireng, Perkedel Bondon juga familiar di Kota Bandung. Makanan khas Bandung yang dikenal sejak tahun 1970 ini biasanya dihidangkan bersama sambal dan bumbu terasi. Rasanya tidak terlalu pedas dan lebih terasa aroma ikannya. 

Tidak seperti perkedel pada umumnya, Perkedel Bondon mempunyai keistimewaan tersendiri yakni proses menggorengnya menggunakan tungku api, sehingga berpengaruh pada rasa yang khas. Nikmati kuliner Bandung dibarengi lauk Perkedel Bondon sebagai camilan maupun lauk pelengkap.

Alamat: Stasiun Hall Bandung, Jl. Stasiun Timur 1
Harga: Mulai Rp2.000

32. Comring Bandung

comring bandung khas bandung
Comring Bandung, Foto Oleh Lazada Com

Bandung memang kaya akan cemilan unik yang menarik perhatian setiap mata, salah satunya adalah Comring. Comring adalah makanan ringan yang terbuat dari tapioka, bawang merah, daun bawang dan berbagai bumbu lain. Bahan tersebut dicampur hingga membentuk adonan, kemudian dicetak bulat, dipipihkan dan dijemur. 

Setelah Comring kering barulah digoreng. Rasanya sudah pasti gurih dengan tekstur renyah membuat cemilan khas Bandung ini digemari banyak kalangan sebagai teman waktu senggang. Cocok pula bagi kamu yang suka pedas, dijamin ingin ngunyah lagi dan lagi.

33. Moring Bandung

moring bandung khas bandung
Moring Bandung, Foto Oleh Cookpad Com

Cimol bukan hanya digoreng dengan tekstur kenyal di dalam nya, namun saat ini ada Moring atau cimol kering. Moring dibuat dengan aci bercampur berbagai bumbu, hampir sama seperti cara membuat Cimol. Namun bedanya, jajanan Bandung ini memiliki adonan yang harus diiris tipis sebelum nantinya digoreng. 

Rasanya pun beragam, termasuk pedas dan manis. Bentuk Moring mirip keripik, membuat masyarakat Bandung menyebutnya sebagai Keripik Moring. Jangan sampai ketinggalan memborong Moring sebagai oleh-oleh khas Bandung dan bagikan kelezatannya di rumah.

Tempat: Keripik Moring Muchy
Alamat: Jalan Cisaranten Baru No.A8, Bandung

34. Wajit Cililin

wajit cililin khas bandung
Wajit Cililin, Foto Oleh Wisatabdg Com

Ketika singgah ke toko oleh-oleh Bandung, biasanya kamu akan menemukan makanan berbungkus daun jagung kering, makanan ini disebut Wajit Cililin. Persis julukannya, Wajit ini berasal dari daerah Cililin, Bandung. Tak heran jika produsen jajanan khas Bandung ini kebanyak berasal dari wilayah Bandung Barat tersebut. 

Rasa Wajit Cililin manis, bertekstur lengket karena berasal dari campuran beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak. Masyarakat Bandung biasanya menyajikan wajit ini saat hajatan maupun hari penting seperti Idul Fitri. Menarik bukan? Satu bungkusnya dijamin buat kamu nambah lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp24.500

35. Bandrek Bandung

bandrek bandung khas bandung
Bandrek Bandung, Foto Oleh Id Tastemade Com

Agar tidak seret menikmati setiap kuliner Bandung, kamu bisa mencoba segarnya Bandrek loh. Minuman khas Bandung ini terkenal bisa menghangatkan tubuh juga berkhasiat. Bandrek terbuat dari gula merah, jahe dan rempah lain. Saat disajikan, minuman satu ini diberi kelapa muda yang dikeruk sebagai topping. Karena berperan sebagai penghangat, maka Bandrek cocok disajikan ketika malam hari atau cuaca dingin.

Saat ini, kamu juga bisa menikmati minuman tradisional khas Bandung ini dengan bahan tambahan seperti merica, serai, telur ayam kampung hingga susu sapi. Bahkan ketika ingin membawanya pulang, kamu bisa membeli dalam bentuk sachet sehingga tak perlu khawatirkan keawetannya. Dijamin kehangatan Bandrek bisa kamu bawa sampai kampung halaman dengan aman.

Tempat: Bajigur Bandrek Hj. Siti Maemunah
Alamat: Jl. Cisangkuy No. 32, Cihapit, Bandung
Harga: Mulai Rp5.000 – Rp7.500

36. Bajigur Bandung

bajigur bandung khas bandung
Bajigur Bandung, Foto Oleh Trael Kompas Com

Satu lagi minuman hangat khas Bandung adalah Bajigur. Minuman ini terbuat dari santan dan gula aren yang direbus dengan sedikit tambahan jahe, garam dan vanili. Agar lebih nikmat dan termasuk ciri khasnya, Bajigur diberi kolang-kaling atau dalam bahasa Sunda disebut Cangkaleng. Cocok buat kamu yang tidak terlalu suka manis karena terdapat rasa gurihnya kelapa yang menjadi campuran Bajigur.

Karena sudah melegenda, maka kamu akan dengan mudah menemukan minuman ini di pinggiran jalan Kota Bandung. Untuk menambah kenikmatan, biasanya Bajigur juga dihidangkan bersama ubi rebus, pisang rebus dan kacang rebus.

Tempat: Bajigur Mak Uneh
Alamat: Jl. Suci, Bandung

37. Martabak Bandung

martabak bandung khas bandung
Martabak Bandung, Foto Oleh Idntimes Com

Siapa yang tega mengabaikan kuliner Martabak Bandung? Hampir seluruh masyarakat Kota Bandung mengenal dan menobatkan makanan ini sebagai salah satu primadona kota. Rasanya yang manis dan lembut saat digigit ditambah beragam varian rasa membuat setiap orang tak sabar menikmatinya. 

Karena bukan hanya menawarkan satu jenis martabak sehingga semakin meledak persaingan dagang, penjual kuliner ini pun kebanyakan tak tanggung-tanggung mengeluarkan setiap jenis Martabak Bandung. Begitu pula dengan pembeli yang tak pernah absen mengantri di depan gerobak martabak demi mendapatkan seporsinya. Jadi, sudah mencicipi kenikmatan Martabak khas Bandung spesial ini?

Harga: Sekitar Rp15.000

38. Es Cendol Elizabeth

es cendol elizabeth khas bandung
Es Cendol Elizabeth, Foto Oleh Ayobandung Com

Cuaca panas terik di Bandung? Berarti peringatan untuk kamu mencoba segarnya Es Cendol Elizabeth. Minuman khas Sunda ini terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau berasal dari daun suji. Es cendol yang dirintis sejak 1984 ini memakai bahan alami pilihan dan bebas campuran kimia. 

Umumnya Es Cendol Elizabeth disajikan bersama santan dan gula merah cair. Jika dibandingkan dengan es cendol lainnya di Bandung, Es Cendol Elizabeth ialah juaranya. Masih ragu menikmati kesegaran es cendol satu ini jika sudah di Bandung?

Tempat: Kedai Es Cendol Elizabeth
Alamat: Jl. Inhoftank No. 64, Bandung

39. Oncom

oncom khas bandung
Oncom, Foto Oleh Kompas Com

Oncom menjadi salah satu bahan makanan yang cukup populer di Jawa Barat, khususnya wilayah Bandung. Makanan ini terbuat dari hasil fermentasi kedelai. Walau mirip dengan tempe, Oncom tetap berbeda dari segi bahan baku termasuk jenis ragi yang dipakai. Di luar, bahan makanan ini terlihat membusuk karena terdapat endapan serbuk oranye hasil peragian di sekitar permukaan oncom.

Memiliki tekstur kasar, berwarna kelabu dan kering. Dari segi rasa, butiran kacang pada bahan ini menghasilkan rasa berbeda jauh dari tempe. Makanan yang biasanya menggunakan Oncom yakni Ulukutek Leunca, Tutug Oncom dan Pepes Oncom. Jadi, tertarik membawa pulang bahan baku dapur khas Bandung satu ini?

Harga: Sekitar Rp7.000

40. Nasi Kalong

nasi kalong khas bandung
Nasi Kalong, Foto Oleh Jabar Tribunnews Com

Seperti namanya, Nasi Kalong hanya dapat ditemukan ketika malam hari di Bandung. Makanan khas Bandung ini terbuat dari beras merah dan bumbu lain seperti cabai, daun salam, bawang dan kluwek yang menjadi pemicu warna hitamnya. Di tempat makan yang menyediakan Nasi Kalong, dipastikan mereka menawarkan berbagai lauk mulai dari daging hingga sayur rebusan.

Bukan tanpa alasan masyarakat Bandung memilih beras merah sebagai bahan utama, salah satunya karena beras merah dua kali lebih mengenyangkan dibanding beras biasa. Porsi makan siang dan malam hari pastinya berbeda dari segi kandungan lemak dan gizi, maka dari itu Nasi Kalong adalah pilihan tepat ketika kulineran malam di Bandung.

Tempat: Restoran Nasi Kalong
Alamat: Jalan R.E Martadinata No. 57, Bandung
Harga: Sekitar Rp20.000

41. Es Oyen

es oyen khas bandung
Es Oyen, Foto Oleh Lifestyle Okezone Com

Kamu tentu tidak asing dengan nama Es Oyen bukan? Minuman segar ini bukan sekadar es campur biasa, melain salah satu es campur terenak setelah Es Cendol Elizabeth. Di dalamnya terdapat irisan buah alpukat, nangka dan kelapa muda. Buah tersebut dipadukan dengan pacar cina, kolang kaling, es serut dan susu kental manis. 

Ciri khas es campur satu ini adalah terdapat biji mutiara yang lumayan memenuhi kuah esnya. Sekilas minuman Es Oyen mirip dengan es teler karena isian yang dipakai, namun untuk rasa sudah pasti keduanya memiliki perbedaan. Jadi, hidangkan Es Oyen sebagai penghilang dahaga segar di Bandung.

Tempat: Es Campur Oyen
Alamat: Jalan K. H. Ahmad Dahlan No. 06, Bandung
Harga: Sekitar Rp5.000

42. Es Goyobod

es goyobod khas bandung
Es Goyobod, Foto Oleh Theboxsceneproject Org

Meneguk es dikala terik selalu menjadi hal yang menggiurkan. Mengunjungi Kota Kembang, kamu bisa menjajal Es Goyobod khas buatan masyarakat Bandung. Berbahan tepung sagu aren dengan tekstur mirip agar-agar. Goyobod tak hanya disajikan sendiri, dalam segelasnya ditambahkan berbagai bahan seperti alpukat, pacar cina, tape, kelapa muda, potongan roti dan diguyur air santan, gula merah cair dan susu kental manis. Rasanya tentu saja manis dan segar. Dijamin cocok dijadikan sebagai penghilang dahaga setelah lelah berkeliling Bandung.

Tempat: Goyobod Kuno 1949
Alamat: Jl. Pasar Utara Bandung
Harga: Sekitar Rp15.000

43. Es Mambo Lembang

es mambo khas bandung
Es Mambo, Foto Oleh Pergidulu Com

Ketika mengunjungi Lembang, jangan sampai melewatkan makanan khas Jawa Barat satu ini, Es Mambo Lembang julukannya. Es Mambo ini berbentuk layaknya es lilin dengan rasa beragam. Spesialnya lagi, terdapat potongan buah di masing-masing esnya. Ukuran Es Mambo Lembang cukup besar, hampir tidak muat jika dimasukkan ke dalam lingkaran mulut. Namun hal itulah yang menjadi kepuasan bagi penikmat Es Mambo. Buruan nikmati sensasi mencicipi Es Mambo Lembang agar semakin mengejutkan harimu.

Tempat: Es Mambo & Yoghurt Lembang
Alamat: Jalan Mekar Agung No. 75, Bandung

44. Yoghurt Cisangkuy

yoghurt cisangkuy khas bandung
Yoghurt Cisangkuy, Foto Oleh Pergikuliner Com

Kuliner legendaris asal Bandung yang sebaiknya tak terlewatkan adalah Yoghurt Cisangkuy. Minuman khas Kota Kembang ini bercita rasa manis dengan sedikit asam. Jenis yoghurt yang ditawarkan mulai dari stroberi,  anggur, coklat, leci, mocca dan berbagai rasa lain. Terdapat pula potongan buah yang akan disamakan dengan rasa yoghurt. Tak perlu khawatirkan pengolahannya, Yoghurt Cisangkuy diproduksi homemade sehingga menjamin kualitasnya. Ngemil basreng dan cimol paling cocok jika ditemani segelas Yoghurt Cisangkuy.

Tempat: Yoghurt Cisangkuy
Alamat: Jl. Cisangkuy, Bandung
Harga: Sekitar Rp9.500

45. Es Cincau Kacang Merah

es cincau kacang merah khas bandung
Es Cincau Kacang Merah, Foto Oleh Qraved Com

Kembali membahas es khas Bandung, Es Cincau Kacang Merah menjadi minuman segar yang semestinya dicoba saat dahaga mulai menyerang. Masyarakat Bandung menyukai es ini karena nikmat dan isiannya tak tanggung-tanggung, seperti cendol, cincau dan kelapa muda. Berbeda dengan es cincau biasa yang hanya menawarkan kuah santan, minuman ini menambahkan kacang merah sehingga rasanya akan lebih manis. Siap-siap antri ketika ingin menyantap semangkuk Es Cincau Kacang Merah, karena kebanyakan warung yang menjual minuman ini selalu ramai setiap harinya.

Tempat: Rumah Kayu Kafe Taiwan
Alamat: Jl. Wira No. 22, Bandung

Ragam cita rasa makanan khas dari Bandung memang tidak pernah mengecewakan. Kamu bisa mencicipi mulai dari makanan manis, pedas, gurih dari berbagai kuliner Bandung. Tentunya cita rasa yang sempurna bakal bikin kamu tidak henti menikmati makanan dan minuman khas Bandung. Jadi, mau berkeliling Kota Kembang dan menikmati berbagai kuliner khasnya?

Baca Juga : 34 Pusat Oleh-oleh Bandung Terlengkap yang Wajib Dikunjungi

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 45 Makanan Khas Bandung yang Terkenal Enak dan Bikin Ngiler
  • 18 Februari 2020

    Buanyak ya kuliner di Bandung, mantap informasinyaa

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Trending