Ayu Setya Rini culinary enthusiast

25 Makanan Khas Batak Paling Populer Penuh Cita Rasa

7 min read

pohul-pohul

Suku Batak dikenal memiliki berbagai ungkapan juga amanat dalam suatu kehidupan, yang kadang kita sendiri sampai tidak menyadari bahwa ungkapan yang didengar berasal dari sana. Namun, bukan hanya banyak ungkapan dan sejenisnya yang terkenal dari Suku Batak, tetapi ragam kuliner khas yang pastinya nikmat. Kamu bisa menemukan ragam jenis makanan khas Batak menarik dengan olahan daging yang otentik dan nikmat. Tapi apa sajakah kuliner Batak yang wajib banget coba? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Arsik

arsik
Arsik, Foto Oleh Angsungenak Com

Makanan khas Batak Karo yang perlu kamu coba adalah Arsik. Kuliner lezat ini merupakan salah satu sajian yang diolah menggunakan bahan dasar ikan nila, mas atau ikan mujair. Jenis ikan tersebut diperoleh di sekitaran daerah Danau Toba. Cara pengolahannya pun hampir sama dengan proses memasak ikan biasa, hanya saja hidangan ini memakai bumbu rempah khas Batak yang disebut Andaliman. Untuk cita rasa Arsik sendiri pastinya nikmat, pedas dan siap memanjakan lidah.

2. Natinombur

natinombur
Natinombur, Foto Oleh Correcto Id

Kuliner Batak selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Natinombur. Sama seperti Arsik, kuliner ini menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Kuliner Batak Natinombur umumnya menggunakan ikan nila atau mujair, sedangkan untuk bumbunya sama dengan ketika memasak Arsik. Yang menjadikan makanan ini otentik adalah adalah proses pembakarannya yang menggunakan olesan bumbu Andaliman. Dijamin rasanya nikmat dan bikin ingin nambah lagi.

Alamat: Desa Pasaribu, Doloksanggul, Kab. Humbahas
Harga: Mulai Rp20.000.

3. Naniura

naniura
Naniura, Foto Oleh Indonesia Go Id

Ingin tahu sushinya orang Batak? Naniura namanya. Kuliner khas Batak ini memiliki tampilan dan bahan yang hampir sama dengan sushi. Ikan yang digunakan merupakan jenis ikan mas, ikan mujair dan ikan nila. Layaknya sushi, jenis ikan tersebut disajikan mentah bersama bumbu khas daerah Batak. Naniura dimatangkan menggunakan asam, oleh sebab itu cita rasa asam yang segar membuat kuliner ini semakin terkenal dan lebih lezat disantap selagi hangat.

Tempat: Rumah Makan Fly Over

4. Cipera

Cipera
Cipera, Foto Oleh Belanga Id

Kuliner khas Batak Karo selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah  Cipera. Kuliner Batak ini berbahan dasar ayam kampung. Dimana, ayam kampung tersebut dipotong dan dimasak menggunakan tepung jagung sampai teksturnya mengental dan harum. Perpaduan aroma pedas yang khas serta rasa asam yang otentik pada Cipera menjadikan kuliner ini selalu diminati semua kalangan. Apalagi ketika menyantapnya bersama nasi hangat, bikin ingin terus mengunyah lagi dan lagi.

5. Manuk Napinadar

manuk napindar
Manuk Napindar, Foto Oleh Makananoleholeh Com

Kamu pecinta ayam? Coba saja hidangan khas Batak yang satu ini, Manuk Napinadar namanya. Makanan khas Batak berbahan ayam segar yang dibumbui dengan bumbu khas Batak. Yang menjadikan hidangan khas Batak ini berbeda dari olahan ayam lain yaitu pengolahannya harus disiram menggunakan darah ayam terlebih dahulu. Perpaduan rasa khas Batak yang otentik dengan empuknya daging bakal bikin kamu tergoda untuk segera menikmatinya.

Harga: Mulai Rp13.000 per porsi.

6. Tasak Telu

tasak telu
Tasak Telu, Foto Oleh Kompasiana Com

Bicara tentang makanan khas dari Batak berbahan dasar ayam, kamu tidak boleh melupakan Tasak Telu. Tasak Telu adalah hidangan khas Batak Karo yang spesial dan sulit terlupakan. Cara membuatnya pun tak memerlukan banyak waktu, ayam direbus lalu dicampur menggunakan bumbu khas Batak, kemudian air rebusan tadi disisihkan untuk dijadikan sebagai kaldu. Biasanya Tasak Telu akan ditambahkan sayur cincang sebagai pelengkapnya. Rasanya yang khas dan pastinya mengenyangkan bakal bikin kamu lupa sedang diet ketika pertama kali mencobanya.

7. Doyok Nabinatur

doyok nabinatur
Doyok Nabinatur, Foto Oleh Tagar Id

Makanan khas Batak Simalungun yang pertama adalah Dayok Nabinatur. Kuliner istimewa ini biasanya hanya dihidangkan ketika ada upacara adat sampai acara keluarga dari masyarakat Batak sendiri. Untuk bahan dasarnya yaitu menggunakan daging ayam yang diolah dengan bumbu khusus khas Batak. Biasanya Dayok Nabinatur akan diolah dengan cara dipanggang atau digulai (Olimpah). Perpaduan rasa serta tekstur daging yang empuk sukses bakal bikin kamu tergoda menyantapnya lagi dan lagi.

8. Makanan Khas Batak Saksang

saksang
Saksang, Foto Oleh Pariwisatasumut Net

Ingin mencicipi olahan daging babi yang nendang? Wajib coba makanan khas Batak Saksang ini. Pembuatannya hampir sama dengan Napinadar, yaitu mencampur darah babi pada masakan tersebut. Seperti kuliner khas Batak lainnya makanan ini menggunakan bumbu khusus sebagai pelengkapnya. Daging Saksang sendiri memiliki lebih banyak daging dibanding lemaknya. Jadi, sudah dipastikan rasanya lebih nendang, nikmat dan bikin nagih.

Tempat: Babi Panggang Karo
Harga: Mulai Rp8.000 per porsi.

9. Babi Panggang

babi panggang
Babi Panggang, Foto Oleh Cookpad Com

Dari namanya saja sudah dapat ditebak kalau kuliner ini diolah dengan cara dipanggang, Babi Panggang namanya. Berbahan utama daging babi bersih yang dipanggang lalu dituang sedikit asam selagi melalui proses pemanggangan. Tak cukup sampai disitu, darah babi juga dapat dijadikan saus pada hidangan satu ini. Menggoda bukan? Untuk itu, tidak ada alasan kamu tidak mencicipi makanan satu ini.

Tempat: Babi Panggang Karo
Harga: Mulai Rp10.000 per porsi.

10. Lomok-Lomok

lomok-lomok
Lomok-Lomok, Foto Oleh Id Pinterest Com

Kuliner Batak tak lepas dari kuliner daging babinya yang lezat, termasuk Lomok-Lomok. Hidangan ini menggunakan daging babi muda yang berumur sekitar 4 – 6 bulan sebagai bahan dasarnya. Memiliki tekstur yang renyah juga campuran darah babi makin bikin masakan ini makin nendang. Uniknya lagi, kuliner ini sering dijadikan sebagai sajian khusus tamu kehormatan lho! Untuk itu bagi kamu pecinta olahan babi, wajib banget mencoba Lomok-Lomok.

Harga: Mulai dari Rp10.000 – Rp20.000 per porsi.

11. Tanggo-Tanggo

tanggo tanggo
Tanggo-Tanggo, Foto Oleh Id Wikipedia Org

Masih dengan hidangan khas dari Batak berbahan utama babi, Tanggo-Tanggo juga wajib banget dicoba. Uniknya, hidangan satu ini tak hanya dapat disajikan menggunakan daging babi, tetapi juga menggunakan daging anjing sebagai penggantinya. Tanggo-Tanggo biasanya menggunakan potongan daging lebih besar dibanding hidangan lain. Selain itu, daging yang digunakan juga babi yang masih muda sehingga teksturnya lebih lunak. Cita rasanya khas dan tentunya nikmat bakal bikin kamu tergoda menyantapnya sampai habis.

12. Itak Gurgur

itak gurgur
Itak Gurgur, Foto Oleh Cookpad Com

Jika kamu pernah menghadiri upacara adat Batak, tentu akan menemui kuliner khas Batak Itak Gurgur. Itak Gurgur merupakan kuliner Batak kue mirip lapet dengan rasa gurih dan manis yang memikat. Kue ini diolah dengan cara mengadoni kelapa muda parut, gula pasir dan air hangat, lalu dicetak menggunakan kepalan tangan. Kata Gurgur diartikan sebagai Membara, dengan harap setelah menikmati makanan khas Batak ini memiliki semangat membara.

13. Lapet

lamet
Lapet, Foto Oleh Cookpad Com

Kue khas Batak selanjutnya yang juga wajib banget dicoba adalah Lapet. Camilan ini berbentuk menyerupai limas dan dibungkus menggunakan daun pisang. Cara pembuatan sendiri yaitu dengan mencampurkan parutan kelapa setengah tua yang ditambah gula merah dengan tepung beras, lalu adonan tersebut dibalut daun pisang, kemudian dikukus sampai matang. Perpaduan cita rasa gurih dan manis yang khas dari Lapet menjadikan jajanan ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

14. Makanan Khas Batak Mandailing, Pohul-Pohul

pohul-pohul
Pohul-Pohul, Foto Oleh Cookpad Com

Jika sudah berkenalan dengan Kue Lapet, wajib untuk kamu mengenal tentang kue lezat satu ini, Pohul-Pohul. Kue khasnya orang Batak Mandailing  yang dicetak menggunakan kepalan tangan seperti halnya Itak Gurgur, hanya saja makanan ini menggunakan campuran gula merah. Sudah bisa dipastikan rasa manis dan gurih bercampur nikmat saat digigit. Biar makin tambah nikmat, jangan lupa jadikan sebagai camilan saat bersantai bersama keluarga.

Harga: Mulai Rp6.000

15. Ombus-Ombus

ombus ombus
Ombus-Ombus, Foto Oleh Cookpad Com

Suka dengan berbagai cemilan tradisional? Kamu wajib banget mencoba Ombus-Ombus saat berada di Tapanuli Utara. Makanan khas Batak ini menggunakan tepung beras dan gula merah sebagai bahan dasar. Kedua bahan tersebut dicampur dan dibungkus menggunakan daun pisang. Ombus-Ombus memiliki makna ditiup atau dihembus-hembus. Cemilan enak khas Batak ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat.

Alamat: Jalan Karya Jaya, Sumatera Utara
Harga: Sekitar Rp1.000 per buah

16. Sasagun

sasagun
Sasagun, Foto Oleh Kompasiana Com

Kuliner khas Batak ini juga menggunakan tepung beras untuk bahan utamanya. Sasagun diolah dengan tepung beras yang disangrai dengan kelapa, kemudian dicampur dengan gula merah atau gula aren. Biasanya agar terasa makin nikmat cemilan ini dicampur dengan nanas atau durian, kacang-kacangan dan buah lainnya. Perpaduan rasa yang sempurna dalam setiap gigitannya bakal bikin kamu ingin terus mengunyah jajanan satu ini.

Harga: Mulai Rp50.000.

17. Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo
Dali Ni Horbo, Foto Oleh Ayotraveling Com

Minuman khas Batak lainnya yang wajib kamu coba adalah Dali Ni Horbo. Minuman ini tidak hanya punya cita rasa nikmat tapi juga menyegarkan. Dimana minuman ini menggunakan susu kerbau sebagai bahan dasarnya. Uniknya lagi, Dali Ni Horbo adalah susu yang memiliki tekstur kental seperti tahu putih. Hal tersebut dikarenakan olahannya ditambah dengan garam juga campuran perasan daun kelapa. Perpaduan rasa gurih dan menyegarkan dari minuman ini cocok dinikmati ketika siang hari yang terik.

Tempat: Pasar tradisional Sumatera Utara
Harga: Mulai dari Rp5.000 – Rp15.000

18. Tuak Batak

tuak batak
Tuak Batak, Sumut Indozone Id

Ketika kamu berkunjung ke warung-warung dengan penjual orang Batak, maka minuman ini adalah yang paling sering ditemui, Tuak Batak namanya. Salah satu minuman khas Batak yang hanya dijual ketika upacara adat Batak saja. Seperti namanya, minuman tersebut adalah tuak yang punya cita rasa khas dan pastinya menyegarkan dalam setiap tegukan.

19. Kopi Lintong

kopi lintong
Kopi Lintong, Foto Oleh Kompasiana Com

Minuman yang berasal dari Hubang Hasundutan ini sempat memeroleh predikat sebagai white kopi terbaik, Kopi Lintong namanya. Aroma yang menggoda dengan tekstur kental menjadi ciri khas dari kopi ini. Namun meskipun begitu, Kopi Lintong memiliki kafein yang rendah. Jadi, bagi kamu pecinta kopi wajib banget mencoba Kopi khas Batak satu ini.

Tempat: Arabica Coffee
Harga: Mulai Rp95.000

20. Mie Gomak

mie gomak
Mie Gomak, Foto Oleh Cookpad Com

Bagi kamu pecinta masakan mie, kali ini ada hidangan khas Batak menggunakan bahan dasar mie yang wajib dicoba, Mie Gomak namanya. Kuliner khas Batak ini memiliki nama, Gomak yang berasal dari kata digomak-gomak atau digenggam. Mie khas Batak akan yang sudah matang akan disajikan dengan siraman kuah dan sambal yang diolah dengan bumbu khas Batak, seperti Andaliman. Maka dari itu, perpaduan rasa gurih dan sedap dari Mie Gomak bakal bikin kamu tidak ingin berhenti ngunyah sampai habis.

Harga: Mulai Rp5.000 per porsi

21. Daun Ubi Tumbuk

daun ubi tumbuk
Daun Ubi Tumbuk, Foto Oleh Sumut Indozone Id

Kuliner khas dari Batak satu ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau lauk tambahan. Daun Ubi Tumbuk dimana makanan khas Batak berbahan dasar buah rimbang yang ditumbuk dengan beragam rempah sebelum dimasakan bersama santan. Perpaduan cita rasa gurih dan teksturnya yang khas membuat olahan khas Batak ini cocok dijadikan menu di segala macam suasana.

22. Daun Ubi Jantung Pisang

daun ubi jantung pisang
Daun Ubi Jantung Pisang, Foto Oleh Cookpad Com

Jika daun ubi dapat ditumbuk dan rasanya tetap nikmat, bagaimana jika daun ubi dimasak dengan potongan daun pisang? Pastinya semakin lezat dan bikin nagih! Kedua bahan tersebut menjadi makanan khas Batak yang wajib kamu coba. Dimana bahan tersebut akan ditumis bersama parutan kelapa dan rempah khusus. Perpaduan rasa gurih dan asin, cocok untuk dijadikan pendamping nasi dan makanan khas Batak lainnya. Jadi, mau mencoba bagaimana lezatnya?

23. Sambal Tuktuk

sambal tuktuk
Sambal Tuktuk, Foto Oleh Cookpad Com

Kamu penggila pedas? Sambal Tuktuk jagonya membakar lidah. Sambal ini hampir sama dengan sambal pada umumnya, akan tetapi cita rasa dari racikan andaliman yang menjadi keunikan sambal Tuktuk. Salah satu bahan dasarnya yaitu ikan cincang yang sudah di urap, atau bisa saja menggunakan ikan teri. Perpaduan rasa pedas yang nendang bakal cocok disandingkan dengan beragam menu kuliner khas Batak Simalungun maupun nasi hangat.

24. Labar

labar
Labar, Foto Oleh Indonesia Go Id

Kuliner sederhana khas Batak ini menggunakan ubi kayu dan daging hewan bertulang lunak seperti ayam, tupai dan puyuh sebagai bahan dasarnya. Labar, kuliner khas Batak yang proses pengolahannya yaitu menggunakan daging cincang dicampurkan bersama ubi kayu halus, kemudian diberi garam dan gula, juga sedikit jeruk nipis sebagai penghilang bau amis. Rasanya yang nikmat serta tekstur khas cocok disantap sebagai lauk di segala macam suasana. Dijamin bikin nagih ingin nambah lagi ketika menyantap olahan satu ini.

25. Tipa-Tipa

tipa-tipa
Tipa-Tipa, Foto Oleh Merahputih Com

Kuliner khas dari Batak terakhir yang wajib masuk daftar makanan kamu, adalah Tipa-Tipa. Dimana makanan ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan. Tipa-Tiba sendiri terbuat dari padi yang sudah tua. Sama halnya dengan beras, makanan ini juga mengandung banyak karbohidrat. Teksturnya yang renyah dan pastinya juga awet menjadikan makanan ini wajib masuk daftar buah tangan yang tidak boleh terlewatkan.

Harga: Sekitar Rp10.000 per bungkus.

Cukup beragam bukan makanan khas dari Batak yang siap menggoyang lidah? Jangan sampai kamu melewatkan untuk icip-icip semua makanan yang pastinya enak dan nendang abis. Tapi perlu diingat, bagi kamu seorang muslim pastikan terlebih dahulu makanan tersebut halal atau tidak! Karena kebanyakan ragam kuliner khas batak berbahan dasar daging babi. Jadi, sudah siap memasukan list menu apa yang ingin dicicipi terlebih dahulu oleh sobat Kuliner Kota!

Last Updated on November 19, 2020

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *