1. Tempat Makan

10 Tempat Makan di Bogor yang Murah dan Enak

Kota Bogor menjadi salah satu kota yang sering dikunjungi saat libur tiba maupun akhir pekan. Banyak orang mengunjungi kota ini untuk menghirup udara segar sekaligus mencicipi aneka kuliner pada tempat makan di Bogor. Buat kamu yang bingung berwisata kuliner saat di Bogor, kali ini Kuliner Kota berikan rekomendasi 10 tempat makan Bogor yang khas, enak, murah dan kekinian. Yuk intip artikel berikut!

1. Pepes Sagu Pisang Daniel 

Jika kamu mencari kue atau makanan manis, pepes sagu pisang salah satunya. Makanan khas Bogor pepes sagu yang paling terkenal di Bogor adalah Pepes Sagu Pisang Daniel. Terletak di pinggir Jalan Suryakencana dan berdekatan dengan gang Aut, tepatnya di seberang Bank Mandiri ada gerobak dengan ragam jenis pepes yang di display berjajar.

Pepes Sagu Pisang Daniel Tempat makan di bogor
Pepes Sagu Pisang Daniel, Foto oleh Youtube @ Matkiding

Pepes Daniel menyediakan pepes dengan rasa gurih dan manis. Untuk pepes gurih tersedia pepes usus, jamur, oncom, teri dan beberapa varian lain. Tetapi best seller dan khas dari Pepes Daniel adalah pepes manisnya. Terdapat 3 varian rasa yaitu pisang, pisang keju, dan nangka.

Varian rasa
GurihTeri, telur asin, jamur, otak-otak, oncom, ikan peda, usus, tahu, nasi bakar.
Manis Sagu pisang, sagu pisang keju, sagu pisang coklat, sagu nangka.
Harga mulai dari Rp6.000.

2. Seupan Talas Kukus 

Kalau datang ke Bogor tidak lengkap rasanya kalau belum nyobain Seupan talas kukus. Seupan dalam bahasa sunda artinya kukus. Nah, Seupan talas kukus ini ada di Jalan Suryakencana. Ubi talas yang hangat diberi taburan kelapa dan parutan gula merah di atasnya. Cocok banget dimakan pas hujan sore hari.

Seupan Talas Kukus Tempat makan di bogor
Seupan Talas Kukus, Foto oleh Traveling Yuk Com
HargaRp. 10.000

3. Soto Kuning Pak Yusuf

Kalau kamu jalan-jalan ke Bogor, tempat makan di Bogor soto kuning Pak Yusuf ini wajib untuk kamu datangi. Di soto kuning Pak Yusuf tersedia berbagai pilihan jeroan mulai usus, limpa, babat, urat sapi, dan paru.

Soto Kuning Pak Yusuf Tempat makan
Soto Kuning Pak Yusuf, Foto oleh Pergi Kuliner Com

Jeroan, perkedel dan daging dipotong lalu disiram kuah soto kuning dan kecap. Kuah soto kuning terbuat dari santan tapi tetap light. Tempat makan Bogor, Soto kuning Pak Yusuf ini selalu ramai dan antri loh teman-teman. Jangan sampai kalian kehabisan!

Harga1 Jeroan : Rp11.000

4. Asinan Jagung Bakar Pak Sabur

Kuliner Bogor satu ini wajib kamu cicipi. Beda dari asinan sayur dan buah di kota lain, asinan ini menggunakan jagung yang dibakar terlebih dahulu sebagai bahan dasarnya. Setelah di bakar, jagung diserut dan diberi potongan timun lalu disiram dengan kuah asinan yang asam, gurih, dan pedas. Bau bakaran semakin menggugah selera. Pak Sabur sudah berjualan sejak tahun 1968 loh! Kuah asinan miliknya selalu bikin banyak orang ketagihan. Tertarik untuk mencicipi asinan jagung bakar pak subur ini?

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur Tempat Makan
Asinan Jagung Bakar Pak Sabur, Foto oleh Pesona Travel
AlamatPojokan Jalan Suryakencana No. 289, Babakan Pasar, Bogor
HargaRp 20.000
Waktu Buka09.00 – 16.00

5. Bakso Kikil Pak Jaka

Nggak lengkap rasanya kalau ke Bogor tapi belum merasakan lezatnya Bakso kikil Pak Jaka. Tempat makan di Bogor, Bakso kikil yang cukup terkenal ini berada di Jalan Suryakencana. Meskipun sudah berjalan 2 generasi, Pak Jaka tidak membuka cabang sehingga kamu harus siap bersabar untuk mengantri. Tenang, kesabaranmu akan terbayar dengan nikmatnya bakso kikil yang hangat.

Bakso Kikil Pak Jaka Bogor
Bakso Kikil Pak Jaka, Foto oleh Traxonsky Com

Kuah bakso yang segar, bakso kenyal dan kikil yang chewy bikin kamu pengen balik lagi ke tempat makan Bogor, Bakso Kikil Pak Jaka ini. 

Harga Bakso tanpa Kikil : 15.000
Sepotong kikil : 10.000
Bakso Lengkap ( 9 bakso + 1 potong kikil ) : 25.000

6. Martabak Encek Bangka Legendaris

Mau makanan yang manis? Martabak Encek Bangka ini bisa jadi solusinya.

Tempat makan di Bogor Martabak legendaris Encek Bangka sudah berdiri sejak 1987. Encek Acoy sebelumnya berjualan martabak di perempatan Jalan Surya kencana, lalu pindah mengontrak ke toko dekat lapak legendarisnya tersebut. Banyak orang yang rela antri berjam-jam untuk membeli martabak Encek yang legit, empuk, dan tidak bikin eneg. Resep martabak yang autentik dan masaknya juga masih menggunakan arang. Yakin tidak tertarik untuk bertemu dan membeli martabak Encek Acoy?

Martabak Encek Bangka Legendaris Bogor
Martabak Encek Bangka Legendaris, Foto oleh Pegi Pegi Com
Alamat Jl. Suryakencana (sekarang pindah ke kios belakang indomaret)
Waktu Buka 14.00 – selesai
Harga
Rp50.000 – Rp75.000

7. Mie Baso Bang Oman

Tempat makan di Bogor, Mie baso bening bang Oman pas banget untuk ganjal perut sebelum jam makan siang. Bang Oman sudah berjualan mie baso selama 25 tahun. Kenapa dinamakan baso bening? Karena kuah yang dipakai adalah kuah bening yang light.

Mie baso bang Oman Bogor
Mie baso bang Oman, Foto oleh @ Emakku Indonesia

Tersedia bakso urat dan kwetiau. Kamu bisa request menggunakan kecap atau tidak. Kalau admin suka kwetiau dengan kecap ala kwetiau goreng ditambah bakso urat, kuah, dan bawang goreng. Kamu tim kecap atau kuah bening polos?

Alamat Alfamart Jalan Roda, seberang Gang Aut
Harga Rp12.000

8. Lumpia Basah Ria Khas Bogor

Makanan satu ini bisa dijadikan cemilan di siang hari. Lumpia basah khas Bogor yang terkenal satu ini ada di depan toko Ngo Hiang, Jalan Suryakencana. Pemiliknya merupakan generasi ke-3 yang berjualan di gerobak berwarna hijau sejak tahun 1935. Untuk menjaga cita rasa, pemiliknya masih menggunakan arang.

Lumpia Basah Ria Bogor
Lumpia Basah Ria, Foto oleh Tempat Com

Perbedaan lumpia basah di tempat makan Bogor ini adalah pada isinya. Kalau di kota lain lumpia basah menggunakan isian rebung bambu, di Bogor lumpia basah menggunakan bengkoang sebagai isiannya. Kalau kalian mampir kesini, kalian harus siap antri ya! Rasa gurih bumbu, aroma smokey arang, dan kress dari bengkoang bikin kamu menyesal hanya membeli satu.

Alamat Jl. Suryakencana (depan Ngo Hiang)
Harga Rp 15.000

9. Es Bir Kotjok

Mengunjungi Tempat makan di Bogor kurang lengkap kalau belum minum Es Bir Kotjok si Abah di Jalan Suryakencana. Berdiri sejak 1965 bir kotjok si Abah masih menjaga konsistensinya hingga sekarang. Minuman rempah satu ini sangat menyehatkan dan baik untuk tubuh. Tenang, minuman bir satu ini dijamin 0% alkohol. Dinamakan bir karena setelah di kocok muncul buih dan tampilannya seperti bir. Tertarik untuk merasakan segarnya bir kotjok khas Bogor satu ini?

Es Bir Kotjok Bogor
Es Bir Kotjok, Foto oleh Indonesia Az Com
Waktu Buka 09.00 – 17.30 WIB
Harga 1 Gelas : Rp 5.000
1 Botol :  Rp 15.000

10. Lumpia Basah Indomie Bogor

Sebagai orang Indonesia, kita pasti sudah tidak asing dengan Indomie. Di Kota Bogor, ada makanan khas yang dikolaborasikan dengan nikmatnya Indomie. Bertempat di depan SMA Regina Pacis Bogor, Tempat makan di Bogor satu ini sering dikunjungi youtuber food vlogger loh. Dengan harga yang terjangkau kamu bisa mendapatkan lumpia basah porsi besar. 

Lumpia Indomie Bogor
Lumpia Indomie Bogor, Foto oleh Youtube Com
Harga Rp 10.000

Nah, itu tadi 10 Tempat makan di Bogor yang wajib banget untuk kamu datangi. Siapkan perut, jangan lupa bawa uang yang cukup dan rasakan kelezatan gurih, manisnya kuliner Bogor ya sobat Kuliner Kota. Selamat menikmati 🙂

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Tempat Makan di Bogor yang Murah dan Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending