1. Kuliner

10 Rekomendasi Kuliner Semarang yang Terkenal dan Murah

Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini tak hanya mewarisi banyak kisah sejarah saja. Budaya Tionghoa yang masuk ke Kota Semarang telah mempengaruhi berbagai aspek selama masa perkembangannya, mulai dari arsitektur bangunan hingga kuliner Semarang merupakan hasil akulturasi budaya Jawa dengan Tionghoa. Chinese food yang terkenal dengan rasa gurih dan pedas, berpadu dengan rasa manis khas makanan Jawa yang telah berhasil melahirkan perpaduan cita rasa baru yang lezat!

Tak hanya kuliner peranakan dua budaya yang terkenal, makanan Jawa yang khas juga masuk ke dalam daftar makanan nikmat yang wajib kamu coba. Mulai dari rasa gurih, manis, berkuah hangat, hingga minuman es semuanya ada disini.

Nah, kalau kamu sedang berkunjung ke Kota Semarang, tak ada salahnya untuk mencicipi beberapa makanan khas Semarang berikut sebelum kembali ke kota asal. Dijamin enak dan bakal bikin kangen untuk kembali lagi dan pastinya harganya juga terjangkau. Penasaran? Yuk langsung cek 10 Makanan enak di Semarang berikut ini!

1. Nasi Gandul

Di Semarang, ada nama makanan yang cukup unik untuk wisatawan dari luar kota, Nasi Gandul. Eits, jangan salah! Kuliner Khas Kota Semarang ini telah membuat banyak orang untuk kembali loh! Nasi Gandul memberikan potongan daging dan jeroan sapi yang dimasak dengan kuah gurih lalu diberi kecap khusus yang dibuat di daerah Pati, Jawa Tengah.

Nasi Gandul Semarang
Nasi Gandul Semarang, Foto oleh Idn Times Com

Sepiring Nasi Gandul hangat paling nikmat jika menjadi menu makan malam. Makin nikmat dengan tambahan lauk seperti perkedel kentang dan tempe. Di Kota Semarang, terdapat satu tempat makan yang terkenal dan sudah melengenda dengan Nasi Gandulnya, yaitu Nasi Gandul Pak Memet. Dengan kisaran harga Rp15.000 – Rp23.000, kamu sudah bisa merasakan nikmatnya seporsi Nasi Gandul yang pastinya enak dan mantap betul!

2. Nasi Kloyor

Makanan khas Semarang selanjutnya adalah Nasi Koyor. Koyor dalam bahasa Jawa berarti urat sapi. Nasi Koyor berisi potongan daging dan urat sapi yang telah dimasak dengan bumbu rempah gurih dan pedas. Makanan ini juga ramah untuk orang tua yang sulit mengunyah makanan, karena daging dan koyor dari Nasi Koyor ini dijamin empuk dan lembut.

Nasi Kloyor Khas Semarang
Nasi Kloyor Khas Semarang, Foto oleh IG @ Kuliner Pedia

Nasi Koyor disajikan dengan nasi hangat dan disiram sedikit kuah, cocok disantap untuk menghangatkan tubuh di malam hari. Tempat terbaik untuk menikmati hidangan Nasi Koyor adalah Warung Mbak Tum yang berlokasi di daerah Peterongan. Makanan khas ini wajib masuk ke dalam agenda wisata kuliner kamu kalau sedang berkunjung ke Kota Semarang!

3. Nasi Goreng Babat

Berbeda dengan nasi goreng biasanya, Nasi Goreng Babat memiliki perpaduan rasa manis dan gurih yang pastinya lezat untuk jadi menu makan siang dan makan malam. Babat direbus selama 8 jam lalu dipotong dan digoreng bersama nasi dengan bumbu halus, kecap, dan sambal. Tekstur babat yang empuk dengan bumbu yang pas cukup bikin kamu ketagihan dan pastinya pengen balik lagi!

Nasi Goreng Babat Khas Semarang
Nasi Goreng Babat Khas Semarang, Foto oleh Pesen Makan Id

Kuliner Semarang yang satu ini cukup unik, terkenal dan selalu banyak peminatnya loh! Salah satu tempat makan Nasi Goreng Babat yang sudah populer di Semarang adalah Nasi Goreng Babat Pak Karmin. Mulai dari warga lokal hingga food vlogger sudah membuktikan lezatnya menu makanan khas Semarang ini. So, nggak ada alasan untuk tidak mencicipi Nasi Goreng Babat saat berkunjung ke Kota Lawang Sewu dong?

4. Pisang Plenet

Makanan manis satu ini cukup unik lho! Bahan utamanya adalah Pisang Kepok. Pisang dibakar lalu ‘diplenet’ atau dipipihkan menggunakan dua balok kayu. Setelah diplenet, pisang diberi gula halus dan meses. Taraaa! Pisang Plenet siap dinikmati dalam keadaan masih hangat.

Pisang Plenet Khas Semarang
Pisang Plenet Khas Semarang, Foto oleh Pegi Pegi Com

Dari sekian banyak tempat makan yang menyediakan menu ini, Pisang Plenet Pemuda menjadi salah satu tempat makan yang sudah melegenda dan banyak dicari. Rasa manis dan legit dari Pisang Plenet pas banget untuk cemilan sore. Makanan khas Semarang ini bisa kamu dapatkan di daerah Jalan Pemuda Pandansari. Sempatkan untuk membeli Pisang Plenet sebelum kembali ke kota asalmu yaa, sobat Kuliner Kota!

5. Tahu Pong

Tahu Pong Khas Semarang
Tahu Pong Khas Semarang, Foto oleh Beritagar Id

Tahu Pong adalah sebuah singkatan dari “Tahu Kopong”. Tahu yang telah diberi bumbu dan digoreng kering ini cocok untuk dijadikan buah tangan setelah berlibur di Semarang dan cemilan sepanjang hari. Gurihnya tahu yang khas dicocol dengan saus yang legit pastinya akan bikin kamu nggak berhenti makan! Untuk mendapatkan Tahu Pong khas Semarang kamu bisa membelinya di penjual makanan keliling ataupun pusat oleh-oleh Semarang juga ada.

6. Tahu Baxo

Olahan tahu di Semarang memang tidak ada habisnya. Setelah Tahu Pong, ada makanan Tahu Baxo yang menjadi pilihan favorit cemilan dan juga oleh-oleh dari Kota Semarang. Tahu Baxo merupakan tahu yang diisi dengan daging sapi yang telah diberi bumbu. Rasa khas dari tahu yang gurih dicampur dengan kenyalnya daging yang lezat lalu direndam ke dalam bumbu semakin menambah kekayaan rasa dalam sebuah sajian Tahu Baxo.

Tahu Baxo
Tahu Baxo Khas Semarang, Foto oleh Idn Times Com

Selain sebagai cemilan, makanan ini juga cocok untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Tempat terbaik untuk membeli makanan ini adalah Tahu Baxo Bu Pudji yang sudah melegenda. Satu kotak Tahu Baxo dibanderol mulai harga Rp33.000 – Rp35.000 saja. Menikmati Tahu Baxo tak cukup satu buah saja, hati-hati ketagihan yah!

7. Nasi Ayam Semarang 

Nasi Ayam
Nasi Ayam Khas Semarang, Foto oleh Traveling Yuk

Nasi Ayam Semarang menjadi makanan selanjutnya yang wajib kamu coba. Menu makan siang ini terdiri dari nasi hangat, lauk ayam kuah, sayur labu siam, telur rebus bacem dan krecek. Dihidangkan dengan daun pisang lengkap dengan aromanya yang khas sebagai alas makan menjadikan Nasi Ayam Semarang ini semakin menggugah selera! Seporsi Nasi Ayam Semarang lengkap dibandrol dengan harga Rp15.000 saja. Dijamin kenyang, nikmat, dan bikin ketagihan!

8. Lumpia Semarang

Makanan satu ini memang sudah melekat dengan Kota Semarang. Lumpia Semarang tercipta dari hasil perpaduan budaya Tiongkok dan Jawa.  Ada dua jenis Lumpia yang bisa kamu pilih, yaitu Lumpia basah dan Lumpia goreng. Kamu bisa pilih tekstur yang kamu inginkan, lumpia basah yang lembut atau lumpia goreng yang renyah.

Lumpia
Lumpia Khas Semarang, Foto oleh Resep Koki Id

Kulit lumpia yang lezat semakin nikmat berpadu dengan isiannya yang penuh. Legitnya isian Lumpia Semarang tak perlu diragukan lagi. Isian Lumpia Semarang terbuat dari rebung dan tauge yang telah diberi bumbu yang lezat dan gurih. Menikmati Lumpia Semarang memang paling cocok untuk cemilan di siang sore, dan malam hari. Bisa kamu jadikan cemilan temani hari liburmu di Semarang. Untuk mendapatkannya juga sangat mudah, karena Lumpia Semarang dijual dipinggir jalan maupun toko oleh-oleh Semarang.

9. Mie Kopyok

Mi Kopyok
Mi Kopyok Khas Semarang, Foto oleh Traveling Yuk

Makanan Khas Semarang ini telah melegenda sejak beberapa tahun yang lalu. Mie Kopyok berbahan dasar mie dengan potongan daging, potongan tahu, sayuran tauge, daun bawang, dan kerupuk gendar lalu disiram dengan kuah yang segar, manis dan gurih menjadi sajian yang cocok untuk santap malam. Selain itu untuk mendapatkan Mie Kopyok juga mudah lho, karena kuliner khas Semarang ini dapat kita jumpai di berbagai tempat makan di Semarang.

10. Gudeg Semarang

Gudeg Kuliner
Gudeg Khas Semarang, Foto oleh Grab Com

Meskipun memiliki nama yang sama, tetapi cita rasa Gudeg Semarang berbeda dengan Gudeg Yogyakarta. Jika Gudeg di Jogja identik dengan rasa manis dan legit, Gudeg Semarang cenderung gurih dan lebih asin. Karena rasanya yang berbeda, banyak wisatawan yang tertarik untuk mencoba makanan khas Semarang ini. Untuk mendapatkan kuliner ini juga cukup mudah lho sobat Kuliner Kota, kalian bisa menjumpainya pada tempat makan yang tersebar di sudut kota.

Kelezatan makanan khas Kota Semarang di balutan perpaduan budaya Tiongkok dan Jawa tidak akan mengecewakanmu. Jangan sampai menyesal karena belum pernah menunggu lezatnya kuliner khas di Kota Semarang ya, selamat berwisata dan kulineran di Kota Semarang!

Baca Juga : Resep Lumpia Khas Semarang Yang Enak dan Mudah Dibuat

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Rekomendasi Kuliner Semarang yang Terkenal dan Murah

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending