Shofiyya Dini culinary enthusiast

10 Makanan Khas Cirebon yang Terkenal Enak dan Murah

3 min read

Docang Cirebon

Sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha Kota Cirebon telah menjadi jalur perdagangan yang sering disinggahi para pedagang Eropa dan Timur Tengah karena berada di wilayah pesisir. Sudah sewajarnya jika banyak kerajaan yang mendirikan pusat pemerintahannya di Cirebon. Hingga saat ini masih terdapat berbagai peninggalan zaman kerajaan yang masih dapat kita saksikan. Kebudayaan tersebut telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat Cirebon, tidak terkecuali makanan khas cirebon yang unik dan memiliki cita rasa tersendiri.

Salah satu pengaruh zaman kerajaan terhadap kuliner Cirebon adalah banyaknya makanan yang menggunakan daging dan berbagai sayuran sebagai bahan utama serta garam sebagai bumbu penyedap karena masakan dengan daging dan sayur dianggap sebagai menu yang mewah dan hanya dapat dikonsumsi oleh bangsawan atau masyarakat yang tinggal di kerajaan serta garam adalah dagangan yang cukup berharga.

Saat ini makanan khas Cirebon telah banyak dibuat dan dijual di kota lain. Namun bagaimanapun juga masakan di daerah asalnya tentu memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan yang dijual di kota lain.

Karenanya banyak orang yang datang ke Cirebon untuk berlibur sekaligus menjajal kuliner Cirebon yang membuat air liur menetes. Mari kita intip kuliner apa saja yang akan menyempurnakan liburanmu di Cirebon!

1. Nasi Jamblang

Cita rasa yang khas serta berbagai lauk yang dapat dipilih sendiri membuat makanan khas Cirebon yang satu ini sangat dikenal hingga menjadi ciri khas Kota Cirebon.

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang Cirebon, Foto oleh Indonesia Go Id

Yang membuat Nasi Jamblang Cirebon berbeda dengan kuliner dari daerah lain adalah pembungkus yang digunakannya. Nasi Jamblang dibungkus dengan daun jati alih-alih daun pisang. Pembungkusan dengan daun jati ini menghasilkan aroma menggoda yang khas pada makanan sehingga setiap orang ingin mencobanya. Harga satu porsi nasi jamblang berkisar antara Rp2.000 hingga Rp20.000. Sangat murah bukan makanan khas Cirebon satu ini?

2. Empal Gentong

Seperti namanya, makanan khas Cirebon yang satu ini terbuat dari daging yang direbus di dalam gentong (kuali tanah liat) hingga bertekstur lembut sehingga mudah dimakan. Walaupun sekilas mirip gulai, Empal Gentong Cirebon memiliki cita rasa yang berbeda dengan gulai karena penggunaan kombinasi rempah yang berbeda. Kuliner ini biasanya disajikan dengan nasi atau lontong ditambah dengan kucai dan sambal yang berupa cabai kering giling.

Empal Gentong
Empal Gentong Cirebon, Foto oleh Grid Id

Nikmat bukan? Anda bisa menikmati seporsi Empal Gentong Cirebon dengan harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp25.000 untuk satu porsi.

3. Mie Koclok Cirebon

Jika anda adalah penggemar mie, maka jangan lupa untuk mencicipi mie koclok saat bertandang ke Cirebon. Mie koclok sendiri merupakan kependekan dari “Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okey”.

Mi Koclok Cirebon
Mie Koclok Cirebon, Foto oleh Masak Apa Hari Ini Com

Kuliner Cirebon ini merupakan mie basah yang disajikan dengan menyiramnya dengan kaldu ayam kental dan toping berupa ayam suwir, irisan telur rebus, tauge dan taburan bawang goreng. Kombinasi antara kaldu ayam dengan telur dan daun bawang akan melahirkan cita rasa gurih khas Cirebon. Sudah terbayangkan nikmatnya Mie Koclok Bandung ini?

4. Gado-Gado Ayam

Berbeda dengan gado-gado pada umumnya kuliner Cirebon satu ini terdiri atas potongan lontong, irisan mentimun dan kentang, tauge, suwiran ayam goren kemudian disiram bumbu kacang. Sekilas seperti gado-gado pada umumnya bukan?

Namun tidak hanya sampai situ, gado-gado ini kemudian disiram lagi dengan kuah kari.

Gado Gado Ayam
Gado – Gado Ayam, Foto Oleh IG @ Endang Guntoro Canggu

Perpaduan bumbu kacang dan kuah kari cita rasa gurih yang unik di lidah dan akan meninggalkan kesan yang khas. Tertarik untuk mencoba kenikmatan gado-gado ayam cirebon ini?

5. Bubur Sop Ayam Cirebon

Sop Bubur Ayam Cirebon saat mendengar nama kuliner Cirebon satu ini anda pasti merasa sedikit bingung untuk membayangkan makan bubur dengan kuah dan cita rasa sop ayam bukan?

Bubur Sop Ayam
Bubur Sop Ayam Khas Cirebon, Foto oleh Grid Id

Walaupun penamaannya adalah bubur, sebenarnya nasi yang digunakan tidak benar-benar lembut seperti bubur namun lebih seperti nasi tim. Kuliner ini disajikan dengan menyiram nasi dengan sop ayam. Didalam sop tersebut terdapat sayur, suwiran ayam, daun bawang, bawang goreng dan kemudian diberi kerupuk. Menggugah selera bukan?

6. Sate Kalong Cirebon

Kalian pasti akan langsung terpikir bahwa sate ini berbahan kelelawar. Namun tenang saja sate ini tidak berbahan daging kelelawar. Kuliner khas Cirebon ini berbahan dasar daging kerbau yang dihaluskan dengan cara ditumbuk. Yang membuat Sate Kalong Cirebon unik bukan hanya namanya namun juga karena penjual sate kalong hanya keluar saat malam seperti kalong.

Sate Kalong
Sate Kalong Cirebon, Foto oleh Grid Id

Selain itu berbeda dengan cita rasa sate pada umumnya, kuliner malam ini memiliki raya yang manis. Jika anda penyuka pedas, anda dapat menambahkan sambal sehingga menghasilkan cita rasa yang akan memanjakan lidah anda. Enak dan nikmat pastinya untuk anda coba!

7. Empal Asem

Empal Asem
Empal Asem Khas Cirebon, Foto oleh Cookpad Com

Setelah mencicipi empal gentong, tidak ada salahnya untuk mencoba cita rasa Empal Asem Cirebon. Sesuai dengan namanya, kuliner Cirebon yang satu ini memiliki cita rasa yang asam namun segar di mulut. Rasa asam khas pada kuliner ini adalah berasal dari belimbing wuluh yang merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

Jangan khawatir, rasa gurih khas Empal Asem tidak kalah dengan Empal Gentong. Perpaduan asam dan gurih akan membuat anda ketagihan. Tertarik mencoba bagimana nikmatnya makanan khas Cirebon ini?

8. Pedesan Entog Cirebon

Jika anda adalah penggemar makanan pedas, maka anda wajib untuk mencoba makanan khas Cirebon yang satu ini.

Pedesan Entog
Pedesan Entog Khas Cirebon, Foto oleh Kumparan Com

Pedesan entog adalah kuliner olahan daging entog (mirip bebek) yang dimasak dengan berbagai rempah hingga menghasilkan rasa pedas gurih yang membuat lidah bergoyang. Kuliner Cirebon ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan disiram dengan sedikit kuah pedas. Jika anda tidak begitu menyukai masakan pedas anda dapat meminta pedesan entog yang tidak terlalu pedas lho.

9. Nasi Lengko

Nasi lengko
Nasi Lengko Khas Cirebon, Foto oleh Merdeka Com

Satu lagi menu kuliner Cirebon yang menggunakan nasi. Berbeda dengan kuliner sebelumnya, kuliner yang satu ini lebih menyehatkan karena menggunakan banyak sayuran dan diguyur dengan sambal kacang membuat cita rasanya beragam. Mirip dengan pecel bukan?

Dapat dikatakan bahwa nasi lengko adalah pecelnya orang Cirebon. Gurih, nikmat, dan menggugah selera pastinya.

10. Docang

Nama kuliner yang satu ini sekilas terdengar mirip dengan kuliner khas Bogor doclang. Tak hanya itu, bahan yang digunakan juga sedikit mirip.

Docang Cirebon
Docang Cirebon, Foto oleh Prima Rasa Co Id

Namun cara penyajian dan bumbu yang digunakan berbeda dengan doclang, docang Cirebon merupakan makanan khas Cirebon yang disajikan dengan menyiram lontong, daun singkong, daun kucai, toge, bungkil kacang serta parutan kelapa dengan kuah oncom. Rasa kuah oncom pada docang gurih hingga terasa segar di mulut.

Nah!! setelah anda mengetahui berbagai kuliner Cirebon, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipinya ketika bertandang ke Kota Cirebon. Bawa juga beberapa oleh-oleh khas Cirebon untuk keluarga yang menantikan kedatangan anda di rumah.

Nikmati cita rasa kuliner khas Cirebon yang membuat anda ingin datang kedua kalinya!

Last Updated on November 19, 2020

Shofiyya Dini
Shofiyya Dini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *