1. Tempat oleh-oleh

Cari Pusat Oleh-Oleh Cirebon? Datang Saja ke 5 Tempat Ini!

Kota Cirebon atau yang juga dikenal dengan sebutan Kota Wali sangat identik dengan budaya pada masa kerajaannya. Tidak hanya itu, Cirebon juga dikenal dengan kuliner dan batiknya. Banyak wisatawan yang datang dari jauh hanya untuk mencoba kuliner khas sekaligus membeli batik dari pusat oleh-oleh Cirebon.

Kepopuleran kuliner khas Cirebon kian meroket seiring berjalannya waktu dan pertambahan jumlah wisatawan, akibatnya bisnis oleh-oleh pun melaju secara pesat. Banyaknya toko oleh-oleh Cirebon, wisatawan pun dibuat bingung untuk memilih tempat membeli buah tangan. Kali ini Kuliner Kota akan berbagi informasi tentang pusat oleh-oleh khas Cirebon yang wajib didatangi.

1. Batik Trusmi

Daftar Isi

Cirebon dikenal dengan motif batik megamendung yang konon merupakan perpaduan antara kebudayaan Tionghoa dan batik pesisir. Tidak hanya menawarkan motif megamendung, disini juga menawarkan berbagai motif batik dari penjuru Indonesia. Tersedia juga barang jadi seperti kemeja, gamis, rok, outer, hingga aksesoris dan camilan.

Batik Trusmi Cirebon
Batik Trusmi Cirebon, Foto Oleh Bt Batik Trusmi Com

Pusat oleh-oleh Cirebon ini terletak di Kawasan Wisata Batik Trusmi yang merupakan sentra batik di Cirebon. Tepatnya berada di Jalan Trusmi No. 148. Jika sedang beruntung, anda bisa melihat langsung proses pembuatan batik disana. Gedungnya luas dan nyaman seperti pusat perbelanjaan dijamin membuat anda betah berlama-lama berburu batik.

Toko ini buka pukul 08.30 dan tutup pada pukul 20.00. Puncak pengunjung terjadi pada pukul 15.00 hingga 17.00. Sudahkah Batik Trusmi masuk ke daftar tempat yang akan anda kunjungi?

2. Toko Daud

Mendatangi Toko Daud merupakan pilihan paling tepat jika ingin membeli banyak oleh-oleh pada satu tempat. Toko ini dikenal merupakan salah satu pusat oleh-oleh Cirebon paling lengkap. Dari makanan khas, terasi, batik, karpet hingga sandal jepit bermotif batik megamendung bisa anda dapatkan disini. Anda juga dapat meminta potongan harga jika membeli dalam jumlah cukup banyak.

Toko Daud Cirebon
Toko Daud Cirebon, Foto oleh Facebook Com

Toko oleh-oleh Cirebon ini terletak di Jalan Sukalila Utara No. 12-14 dan mulai beroperasi sejak pukul 08.00 hingga pukul 21.00. Konon katanya sultan Cirebon sering datang ke Toko Daud untuk membeli oleh-oleh khas Cirebon lho.

3. Toko Pangestu

Terletak tak jauh dari Pasar Kanoman yaitu di Jalan Sukalila Selatan No. 49, toko oleh-oleh Cirebon ini berfokus pada produk khas Cirebon. Toko pangestu memasok mulai dari Terasi Udang, Abon Ebi, Dendeng Udang, Sirup Tjampolay hingga Ketan Kuningan.

Toko Pangestu Cirebon
Toko Pangestu Cirebon, Foto oleh Foursquare Com

Dengan datang ke toko ini anda tidak perlu bingung berkeliling ke berbagai tempat untuk mencari oleh-oleh khas Cirebon. Semuanya telah terkumpul di satu tempat. Toko Pangestu buka pada pukul 08.00 dan tutup pukul 20.00. Pengunjung paling banyak datang jam satu siang hingga dua siang. Kami menyarankan anda untuk datang pada jam 11.00 atau 15.00 dimana pengunjung tidak terlalu ramai sehingga anda dapat memilih oleh-oleh yang diinginkan dengan nyaman.

4. Pasar Kanoman Cirebon

Mencari oleh-oleh murah memang paling tepat dilakukan di pasar tradisional seperti Pasar Kanoman yang terletak di kawasan Kota Tua. Tepatnya di daerah Lemahwungkuk.  Pusat oleh-oleh Cirebon ini buka sejak jam dua dini hari hingga jam enam sore.

Di kawasan pasar banyak pedagang yang menjual berbagai dagangan mulai dari kuliner khas, batik, perabot rumah tangga, hingga produk dari luar kota. Anda juga bisa menemukan jejeran toko oleh-oleh Cirebon dengan mudah. Dan tentunya murah.

Pasar Kanoman Cirebon
Pasar Kanoman Cirebon, Foto oleh Planterand Forester Com

Anda bisa sekalian mampir dan belajar sejarah di Keraton Kanoman yang terletak di belakang Pasar Kanoma. Belanja oleh-oleh, sambil jalan-jalan, sekali mendayung dua tiga pulau terlewati.

5. Pasar Pagi Cirebon

Anda mungkin akan tertipu dengan nama pasar ini. Walaupun disebut pasar pagi, sebenarnya pasar ini buka hingga malam hari lho! Pasar yang terletak di Jalan Siliwangi No. 11, Kejaksaan, Cirebon ini memiliki jam operasi berkisar antara jam delapan pagi hingga delapan malam.

Pasar Pagi Cirebon
Pasar Pagi Cirebon, Foto oleh Travel Detik Com

Pasar ini terdiri atas beberapa lantai. Jika mencari oleh-oleh khas Cirebon anda bisa menjelajahi lantai dasar yang penuh dengan pedagang oleh-oleh. Terdapat berbagai pilihan oleh-oleh menarik untuk dibawa pulang seperti Kerupuk Rambak, Kerupuk Melarat, Terasi Udang, Sirup Tjampolay dan lain-lain. Dijamin anda bisa membawa pulang banyak oleh-oleh jika pandai menawar harga. Tertarik untuk berbelanja di pusat oleh-oleh Cirebon ini?

Berat rasanya jika anda berkunjung ke Cirebon namun tidak mampir ke salah satu pusat oleh-oleh Cirebon di atas, bukan? Manfaatkan waktu singkat anda saat berkunjung ke Cirebon untuk membawa pulang kenangan sebanyak mungkin

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cari Pusat Oleh-Oleh Cirebon? Datang Saja ke 5 Tempat Ini!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending