Lisa Novitasari culinary enthusiast

8 Toko Oleh-Oleh Makassar, Surganya Tempat Belanja!

4 min read

Baklave Makassar

Makassar dikenal dengan tempat-tempat wisata ikoniknya. Potensi tersebut menjadi magnet bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk memilih Makassar sebagai kota tujuan liburan. Menikmati keelokan Pantai Losari atau menyusuri situs sejarah Fort Rotterdam hanyalah segelintir kekayaan pariwisata Kota Daeng yang dapat dieksplor. Nah, setelah puas berkeliling menikmati keindahan destinasi wisata Makassar, kini saatnya mencari buah tangan untuk keluarga di rumah. Tak perlu risau, ada banyak toko oleh-oleh Makassar yang tersebar di penjuru kota.

Berbagai variasi camilan, minuman, bahkan cinderamata lokal akan jadi oleh-oleh terbaik yang bisa kamu bawa pulang. Kali ini Kuliner Kota akan mengajak kamu mampir ke 8 pusat oleh-oleh Makassar yang bakal bikin kalap belanja. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Pasar Senggol

Kalau kamu ingin memborong oleh-oleh khas Makassar khususnya pakaian dengan harga terjangkau, cobalah datang ke Pasar Senggol. Disebut Pasar Senggol karena keramaian orang-orang yang berbelanja di sini sampai berjubel sehingga terjadi senggol menyenggol. Berdiri sejak tahun 1960 an, pasar rakyat ini terletak Jalan Cenderawasih, Mattoangin, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, kira-kira 3 kilometer dari Pantai Losari. 

Pasar Senggol Makassar
Pasar Senggol, Foto oleh Warta Bolmong New

Seperti pasar pada umumnya, mayoritas pedagang menjual sembako dan kebutuhan sehari-hari. Tapi tidak cuma itu, banyak juga lapak-lapak yang menjual pakaian dengan harga terjangkau, mulai dari Rp20.000 per potong. Pusat oleh-oleh Makassar, Pasar Senggol buka setiap hari mulai pukul 6 sore dan biasanya akan makin ramai menjelang pukul 8 malam. 

2. Baklave Makassar

Kamu pecinta kue manis-manis? Toko oleh-oleh Makassar satu ini patut kamu coba datangi. Pergilah ke Jalan Sultan Hasanuddin Nomor 31, Sawergading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, selanjutnya temukanlah tempat oleh-oleh Makassar bernama Baklave Makassar. Sebenarnya, Baklava adalah sejenis makanan ringan yang berasal dari kawasan Turki. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis berupa gula atau madu kemudian dibungkus adonan roti tipis. Teksturnya lembut sekaligus renyah, gabungan dari cake dan pastry dengan takaran yang pas. 

Baklave Makassar
Baklave Makassar, Foto oleh Ini Lina Com

Oleh-oleh khas Makassar satu ini cocok dijadikan camilan saat bersantai sore hari ditemani dengan secangkir teh atau coklat hangat. Tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu royal chocolate, rich cheese dan oreo blast, toko oleh-oleh Makassar ini buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 10 malam. 

3. Kopi Ujung

Jika kamu merupakan pecinta kopi dan berencana membawa pulang Kopi Toraja sebagai buah tangan, cobalah mampir ke toko oleh-oleh Makassar yang satu ini. Kopi Ujung terletak di Jalan Somba Opu, dekat dengan ikon wisata Makassar, Pantai Losari. Istimewanya, kopi khas Makassar yang dijual di sini diproduksi sendiri oleh pemiliknya. 

Kopi Ujung
Kopi Ujung, Foto oleh Travelink Magz Com

Kopi Toraja terkenal dengan kelezatan rasanya yang berkualitas. Oleh karena itu, jenis kopi khas Makassar satu ini banyak dicari para pelancong ketika sedang singgah ke Makassar. Salah satu varian yang terkenal yaitu  Kopi Ujung Arabica Luwu Sisola Ulusalu. 

Tidak hanya menyediakan aneka jenis kopi, ada juga varian oleh-oleh khas Makassar lainnya seperti Kerupuk Bawang Ayam, Selai Sarikaya, hingga aneka pernak pernik lokal. Tertarik datang ke sini? Jangan khawatir, toko oleh-oleh Makassar ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai pukul 10 malam. 

4. Cahaya Oleh-oleh

Satu lagi toko oleh-oleh Makassar legendaris yang sudah ada sejak tahun 1905 yaitu Cahaya Oleh-oleh. Tempat ini menyediakan varian oleh-oleh Makassar yang komplit. Mulai makanan ringan, pernak-pernik, bahkan kerajinan khas lokal bisa kamu dapatkan di sini. Oleh-oleh Makassar berupa makanan ringan misalnya kacang disko, kacang telur, kacang rempah, otak-otak, selai sarikaya, manisan buah-buahan kering, dampo durian dan sirup markisa. Sementara oleh-oleh Makassar berupa pernak-pernik misalnya kaos, sarung, syal dan gantungan kunci.

Cahaya Oleh-oleh
Cahaya Oleh-oleh, Foto oleh Libur Keluarga Com

Suasana di tempat oleh-oleh Makassar ini terbilang nyaman sehingga pengunjung betah berlama-lama berbelanja buah tangan disini. Cahaya Oleh-oleh terletak di Jalan Sulawesi Nomor 181. Apabila kamu tidak bisa mampir ke toko pusatnya, jangan khawatir karena Cahaya Oleh-oleh punya dua cabang yaitu berlokasi di Nusantara dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Pusat oleh-oleh Makassar satu ini buka setiap hari sampai pukul 10 malam.

Baca Juga : Kuliner Malam Makassar

5. Toko Oleh-oleh Kota Daeng

Toko Oleh-oleh Kota Daeng
Toko Oleh-oleh Kota Daeng, Foto oleh Toko Oleh oleh Kota Daeng Bussiness Site

Satu lagi toko oleh-oleh Makassar yang juga lengkap adalah Toko Oleh-oleh Kota Daeng. Terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 19 Ruko 4 Nomor 17A Kota Makassar, tempat ini menyediakan aneka oleh-oleh Makassar yang terjangkau dan banyak variasinya. Apabila kamu berniat membawa pulang Kue Barongko, Otak-otak Ikan Tenggiri, atau Kacang Disko dengan harga yang tidak menguras kantong, toko ini merupakan pilihan terbaiknya. Bukan cuma makanan, ada juga cinderamata lokal yang juga patut dibawa pulang seperti kaos dan kerajinan khas Makassar. Toko Oleh-oleh Kota Daeng buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 11 malam. 

6. Toko Kerajinan Unggul

Toko-kerajinan-unggul
Toko Kerajinan Unggul, Foto oleh Rezki Putera Blogspot Com

Tertarik untuk membeli ragam kerajinan khas Makassar sebagai hiasan di rumah? Tidak ada salahnya untuk mampir ke toko oleh-oleh Makassar bernama Toko Kerajinan Unggul. Tempat oleh-oleh Makassar satu ini terletak di Jalan Pattimura No. 8, Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Produk andalan di sini adalah kerajinan tangan, kaos, kain dan suvenir. Toko Kerajinan Unggul buka mulai pukul 10 pagi sampai pukul 9 malam di hari Senin sampai Sabtu, sedangkan di hari Minggu pusat oleh-oleh Makassar satu ini buka mulai pukul 10 pagi sampai pukul 7 malam. 

7. Kaos Kareba 

Kalau Bali punya Joger dan Jogjakarta punya Dagadu, maka Makassar punya Kareba. Ada satu lagi rekomendasi toko oleh-oleh Makassar yang punya produk andalan kaos khas lokal. Mengusung tagline “Desain artis, kualitas turis, harga friends”, Kaos Kareba menspesifikkan produknya pada kaos yang bertuliskan jargon-jargon khas Makassar. Bukan cuma kaos yang ditawarkan oleh Kareba Makassar, ada juga gantungan kunci, mug, topi dan produk terbarunya yaitu baju batik yang dicap bukan printing. Kaos-kaos yang diproduksi di sini memiliki kualitas bagus, apalagi batiknya ditulis langsung. Baju batik ini punya tiga desain seperti lontara, phinisi dan badik.

Kaos Kareba
Kaos Kareba, Foto oleh Asia Bussiness Info Com

Apabila kamu berniat mampir ke Kaos Keraba, toko oleh-oleh Makassar satu ini berlokasi di Jalan A. P. Pettarani Nomor 102, Balla Parang, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. Kamu bisa datang ke sini kapanpun kamu mau karena tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai pukul 8 malam.

8. Toko Aneka Sutra Makassar 

Rekomendasi toko oleh-oleh Makassar terakhir yaitu Toko Aneka Sutra Makassar. Seperti namanya, produk andalan di sini adalah kain sutra. Bukan cuma menjual kain sutra, tetapi di sini juga menjual pakaian jadi yang berbahan dasar sutra seperti batik, jilbab dan sarung. Beberapa pakaian adat Bugis juga tersedia di pusat oleh-oleh Makassar satu ini seperti Baju Bodo hingga Songkok Recca.

Toko Aneka Sutera Makassar
Toko Aneka Sutra Makassar, Foto oleh Ini Lina Com

Tenang untuk harga produk di sini tidak akan menguras kantong, berkisar antara Rp50.000 sampai Rp150.000. Jika kamu berencana mampir ke Toko Aneka Sutra Makassar, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai pukul 9 malam. 

Mengunjungi kota tertentu kurang pas kalau belum mampir ke toko oleh-olehnya, tak terkecuali Makassar. Ada banyak pusat oleh-oleh Makassar yang tersebar di penjuru kota. Mudah, bukan menemukan tempat belanja oleh-oleh Makassar? Ajaklah teman dan keluarga agar momen belanja kamu makin seru. Jangan lupa untuk memeriksa kualitas barang terutama makanan ya! Cek kapan tanggal kadaluarsanya untuk memastikan semuanya tetap aman dikonsumsi saat sampai di kampung halaman.

Last Updated on August 18, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Lisa Novitasari
Lisa Novitasari culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *