Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

5 Pusat Oleh-Oleh Jogja yang Murah dan Istimewa

3 min read

Dagadu Jogja

Singgah di Kota Jogja tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir di Pusat Oleh-oleh Jogja yang banyak menawarkan oleh – oleh khas Kota Istimewa untuk kalian bawa pulang ke rumah. Jogja memiliki ragam kuliner dengan cita rasa tiada dua. Jelas, jika Anda sudah singgah di Jogja, maka wajib membawa pulang oleh-oleh khas nya.

Pusat oleh-oleh legendaris, unik, kekinian, hingga paling diburu turis mancanegara semua tersedia. Berikut Kuliner Kota merekomendasikan pusat oleh-oleh Jogja yang wajib anda kunjungi. Segera!!

1. Wilayah Malioboro

Malioboro adalah wilayah sekaligus pusat oleh-oleh paling identik dengan Yogyakarta. Hal itu membuat Malioboro menjadi landmark dan paling sering menjadi tujuan berburu oleh-oleh ketika di Jogja.

Kota ini menyimpan sejuta cerita dalam sejarah berdirinya bangsa Indonesia. Budaya lokal Jogja yang arif bertahan hingga hari ini. Hingga kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi kota ini.

Malioboro
Malioboro Jogja, Foto oleh Maliharjo News Blogspot Com

Malioboro merupakan pusat perbelanjaan dengan jajanan/kuliner, pakaian dan batik, kerajinan tangan, hingga aneka oleh-oleh khas Jogja di sepanjang jalannya. Tempat ini selalu ramai, dan akan lebih padat saat momen tertentu. Misalnya libur sekolah, acara internasional yang sedang berlangsung, dan berbagai kegiatan kerajaan yang mengundang puluhan ribu turis lokal dan mancanegara.

Kawasan ini beroperasi selama 24 jam untuk menjajakan dagangannya, tetapi beberapa toko beroperasi hingga pukul 22.00. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Yang murah hingga mahal semua ada. Tips belanja di Malioboro, “jangan segan dan pandai-pandailah dalam menawar harga” :).

Ketika matahari mulai terbenam, daya pikat Malioboro menjadi berlipat ganda. Warna-warni lampu jalan membuat suasana hangat kota Jogja semakin mempesona. Alunan musik tradisional khas Jawa ikut serta dan memikat hati para wisatawan. Jadi buat kalian yang singgah di Jogja jangan lupa menikmati suasana di Malioboro sekaligus berbelanja oleh-oleh khasnya juga ya!

2. Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok menjadi salah satu buah tangan populer yang paling diincar. Bakpia Pathok 25 merupakan tujuan utama kaitannya dengan aneka oleh-oleh khas Yogyakarta. Bagi warga Jogja, tempat ini begitu melegenda, hingga banyak masyarakat yang dengan mudah memberikan petunjuk arah ke lokasi ini kepada setiap turis yang bertanya. Usaha turun-temurun ini sudah berdiri sejak 1948, berlokasi di Jl AIP II KS Tubun, Desa Pathuk (persis di belakang jalan Malioboro). 

Bakpia Pathok 25 sudah memiliki lima cabang yang tersebar di kota Jogja. Keunikan dari tempat oleh-oleh yang ini adalah kita bisa menyaksikan langsung pembuatan Bakpia Pathok di pabriknya. Toko Bakpia Pathok 25 ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Jogja seperti Bakpia, Yangko, Geplak dan masih banyak lagi.

Bakpia Pathok 25
Bakpia Pathok 25, Foto oleh Harmoni Transport

Pusat oleh-oleh Jogja ini, juga menjual produk bakpia berbagai varian rasa seperti, original, kacang hijau, keju, coklat, nanas, durian, ubi ungu dan kacang merah. Untuk harga satu kotak bakpia ini adalah Rp30.000 sampai RP35.000.

Jika bingung menentukan bakpia rasa apa yang akan dibeli, anda bisa mencoba tester yang disediakan oleh toko oleh-oleh ini Tester yang disajikan pun masih dalam keadaan hangat. Bakpia Pathok 25 beroperasi mulai pukul 06.00 – 24.00, jadi tidak perlu khawatir toko tutup yah.

3. Pasar Beringharjo

Selanjutnya, jika ingin berbelanja oleh-oleh lainnya bisa mampir ke Pasar Beringharjo. Pusat oleh-oleh Jogja, Pasar Beringharjo ini menjual berbagai pilihan batik khas Jogja, kerajinan seni, makanan, oleh-oleh khas hingga barang antik juga tersedia. 

Pasar Bringinharjo
Pasar Bringinharjo, Foto oleh Anyerpedia Com

Wisatawan banyak menghabiskan waktu untuk berbelanja disini selain lengkap jika ingin mencari buah tangan, harga yang ditawarkan juga murah dan anda juga bisa melakukan proses “tawar menawar” dengan pedagangnya langsung. Pasar Beringharjo terletak di Jl. Margo Mulyo No 16, Ngupasan, kota Jogja yang mulai beroperasi pukul 08.30 – 17.00.  Jadi, mau bawa pulang oleh-oleh murah disini tempatnya!

4. Mirota

Mirota merupakan salah satu tempat belanja terlengkap di Kota Yogyakarta. Berlokasi di Jl Ahmad Yani No 9 (masih di dalam lingkup Malioboro); yang beroperasi sejak tahun 1980 dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di Mirota kita bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas kota Jogja, seperti kerajinan tangan, wayang, patung, miniatur candi, berbagai aksesoris, batik khas Jogja hingga mainan anak., pusat oleh-oleh Jogja buka sejak tahun 1980 dan selalu ramai di kunjungi wisatawan. Di Mirota kita bisa membeli buah tangan khas Jogja mulai dari kerajinan tangan, wayang, patung, miniatur candi, berbagai aksesoris sampai mainan anak juga ada.

Mirota Jogja
Mirota, Foto oleh Gudeg Net

Mirota memiliki ciri khas yang unik yakni, ketika para pengunjung atau wisatawan memasuki toko, pasti akan tercium bau dupa yang dibakar dengan aroma menyengat layaknya sedang melakukan ritual. Konsep ini diambil agar memberikan kesan budaya Jawa yang sangat kental. Di setiap lantai di display dengan barang yang berbeda-beda. 

Berbelanja di Mirota berbeda dengan jika kita berbelanja di Malioboro, disini harga yang ditawarkan merupakan harga pas tanpa tawar menawar. Wisatawan selalu membanjiri tempat ini karena menyediakan oleh-oleh khas Jogja dengan harga yang miring. Jadi jangan lupa mampir ke Mirota, merasakan sensasi belanja sekaligus berwisata!

5. Dagadu Jogja

Jogja memiliki brand fashion yang sudah cukup populer, Dagadu Jogja namanya. Dagadu menjual kaos bermacam desain yang unik dengan harga yang terjangkau. Ciri khas produk ini terletak pada desain dengan tulisan kata-kata humor, kritis dan berbeda dari yang lain. 

Dagadu Jogja
Dagadu, Foto oleh Riana Dewie Com

Selain menjual kaos, pusat oleh-oleh Jogja satu ini, juga menjual produk lain sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Bagi wisatawan yang mencari buah tangan unik bisa mampir ke Dagadu Jogja!

Baca Juga : Kuliner Malam di Jogja

Nah, itu dia 5 pusat oleh-oleh Jogja terpopuler yang wajib anda datangi saat singgah di kota ini. Soal rasa, tidak perlu ditanyakan lagi! Paduan cita rasa terbaik dengan harga terjangkau bakal bikin Anda kalap berbelanja. Jadi, sudah terpikirkan toko oleh-oleh Jogja mana yang akan kamu singgahi?

Last Updated on August 23, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Sisca Dwi Rachmawati
Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

One Reply to “5 Pusat Oleh-Oleh Jogja yang Murah dan Istimewa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *