15 Pusat Oleh-Oleh Jakarta Paling Lengkap dan Favorit

PGC Jakarta
PGC Jakarta oleh Kuliner Kota
Pusat oleh-oleh Jakarta tak hanya jadi surganya barang murah tapi juga beragam oleh-oleh khas unik dan wajib dibawa pulang
Daftar isi

Pergi ke Ibukota tidak lengkap rasanya jika belum singgah di berbagai pusat oleh-oleh Jakarta. Tak hanya terkenal lengkap, pusat oleh-oleh di Jakarta juga terkenal dengan kisaran harga yang murah. Anda bisa membeli berbagai kuliner khas Jakarta, oleh-oleh khas, sampai barang-barang kekinian untuk dijadikan buah tangan. Mau tau apa saja pusat oleh-oleh terlengkap dan termurah yang ada di Kota Jakarta? Kuliner Kota punya 15 tempat wisata belanja paling recomended yang bisa Anda kunjungi. Mau tau apa saja tempat belanja Jakarta tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Thamrin City

Bagi Anda yang ingin membawa pulang beraneka jenis pakaian dengan harga yang terjangkau, Thamrin City adalah tempatnya! Salah satu pusat oleh-oleh di Jakarta yang menyediakan beraneka jenis pakaian mulai dari kain batik; peralatan elektronik; hingga mainan anak pun ada disini, untuk harganya pun dibanderol ramah di kantong.

Thamrin City Mall Jakarta
Thamrin City Mall Jakarta, Foto oleh Info Promo Diskon Com

Menariknya lagi, Thamrin City juga menyediakan serba-serbi handycraft asli Nusantara. Mulai dari topeng-topengan, miniatur unik, hingga wayang juga bisa didapatkan di Thamrin City. Lokasi pusat oleh-oleh Jakarta ini berada di jalan Thamrin Boulevard, Waduk Melati, Jakarta Pusat, buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 22.00.

2. Pasar Baru

Pasar Baru Jakarta
Pasar Baru Jakarta, Foto oleh Wikipedia Org

Mau berbelanja di tempat yang terkenal dengan harganya yang ramah di kantong? Pasar Baru tempatnya! Pasar Baru buka mulai pukul 09.00-18.00 dan berlokasi di jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pusat oleh-oleh ini sudah berdiri sejak tahun 1820. Di tempat ini anda bisa menemukan toko sepatu Sin Lie Seng yang sudah berdiri sejak tahun 1943 atau Bombay Textile yang menjual berbagai jenis brukat yang juga sudah berdiri lama yaitu sejak tahun 1951 dan berbagai macam toko legendaris lainnya. Tak hanya pakaian, oleh-oleh khas Betawi lainnya seperti asinan, dodol betawi, dan berbagai macam oleh-oleh lain pun ada. Legendaris, lengkap dan murah jadi tidak akan menyesal jika Anda berbelanja oleh-oleh di Pasar Baru.

3. ITC Cempaka Mas

Pusat Oleh-oleh Jakarta - ITC Cempaka Mas Jakarta
ITC Cempaka Mas Jakarta, Foto oleh Beton Co Id

Bagi Anda yang memiliki jumlah keluarga yang cukup banyak dan bingung mencari oleh-oleh yang murah tapi berkualitas, Anda bisa datang ke ITC Cempaka Mas. ITC Cempaka Mas merupakan salah satu pusat grosir terbesar di Asia Tenggara. Disini kamu bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Jakarta mulai dari pakaian biasa, muslim dan batik dengan harga yang miring. Pusat perbelanjaan Jakarta ini berdiri di lahan seluas 4,8 hektar dan memiliki 12 blok, pastinya anda akan merasa puas berkeliling untuk mencari oleh-oleh sesuai dengan budget dan kebutuhan. ITC Cempaka Mas berlokasi di Jalan Cemp. Mas Tim. Nomor 586, RW.8, Sumur Batu, Kemayoran, Kota Jakarta Pusat.

Artikel Terkait

Baca Juga:  Ragam 5 Pusat Oleh-Oleh Sidoarjo Favorit Wisatawan

4. Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang Jakarta
Pasar Tanah Abang Jakarta, Foto oleh Arah Com

Tak akan lengkap rasanya jika berada di Jakarta tapi tidak berbelanja di Pasar Tanah Abang. salah satu pusat grosir terbesar di Indonesia dan terkenal hingga ke Malaysia. Di Pasar Tanah Abang Anda bisa membeli berbagai jenis oleh-oleh khas Jakarta mulai dari pakaian, dodol betawi, Asinan dan berbagai macam oleh-oleh yang pastinya dibanderol dengan harga yang murah. Tertarik untuk berbelanja oleh-oleh di Pasar Tanang abang? Lokasinya berada di Jalan. Kebon Jati, Kebon Kacang, Tanah Abang, RT 1 RW 9, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00. Tapi ingat ya, jangan sampai kalap! Karena barang-barang yang dijual di Pasar Tanah Abang murah dan berkualitas.

5. Pasar Asemka

Pusat oleh-oleh Jakarta - Pasar Asemka
Pasar Asemka Jakarta, Foto oleh Medcom Co Id

Bagi Anda yang ingin membawa pulang berbagai macam souvenir khas Jakarta seperti miniatur monas, boneka ondel-ondel sampai miniatur bajaj dan berbagai souvenir khas Jakarta yang unik dan menarik, Pasar Asemka Tempatnya. Disini ada beragam pilihan aksesoris serta barang-barang souvenir dengan harga yang murah hingga mahal, jadi Anda bisa memilih sesuai dengan budget. Pasar Asemka berlokasi di Jalan Asemka, RT.3/RW.6, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Tertarik untuk datang kesini dan memborong semua souvenir unik khas Jakarta?

6. Pasar Pagi Mangga Dua

Pasar Mangga Dua Jakarta
Pasar Pagi Mangga Dua Jakarta, Foto oleh Air Bnb Com

Selanjutnya, ada Pasar Pagi Mangga Dua yang merupakan surganya barang-barang murah. Pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Mangga Dua Raya, Ancol, Pademangan, RT.11/RW.5, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Pusat ini menjual berbagai macam barang-barang mulai dari pakaian, makanan khas Jakarta dengan harga terjangkau dan pastinya berkualitas. Disini Anda juga bisa menemukan toko yang menjual barang-barang branded. Pastinya belanja di Pasar Pagi Mangga Dua bakal bikin kamu kalap ingin membawa pulang semua untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Berniat untuk kalap belanja di tempat ini?

7. PGC Jakarta

Pusat oleh-oleh Jakarta - PGC Jakarta
PGC Jakarta, Foto oleh Kuliner Kota

Pasar Grosir Cililitan atau sering disebut dengan PGC Jakarta merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling lengkap di Jakarta, karena berbagai macam barang bisa ditemukan disini. PGC menjadi tempat yang tepat untuk Anda mencari berbagai oleh-oleh khas Jakarta untuk keluarga di rumah. Anda bisa menemukan beragam aksesoris, souvenir, pakaian dan berbagai pernak-pernik khas Kota Jakarta di tempat ini. Untuk harganya juga sangat terjangkau bahkan paling murah diantara yang lain. Jadi, puas berbelanja dan nggak bikin kantong bolong. Untuk itu saat berada di Kota Jakarta Anda bisa datang di Jalan Mayor Jenderal Sutoyo No.78, Cililitan, Kramat Jati, RW.11, Cililitan, Kramatjati, Kota Jakarta Timur. 

Baca Juga:  10 Pusat Oleh-oleh Semarang Terlengkap yang Wajib Kamu Datangi!

8. Mpok Romlah Oleh-Oleh Jakarta

Mpok Romlah Oleh Oleh Jakarta
Mpok Romlah Oleh Oleh Jakarta, Foto oleh Informasi Kawasan

Mau oleh-oleh yang Jakarta banget? Mpok Romlah Oleh-Oleh Jakarta tempatnya. Disini Anda menemukan berbagai oleh-oleh khas Betawi mulai dari Biji Ketapang, Dodol Betawi, Geplak dan berbagai oleh-oleh lainnya. Untuk harganya pastinya juga sangat terjangkau dan ramah di kantong. Kapan lagi bawa pulang banyak oleh-oleh khas Jakarta dengan harga yang murah kalau nggak di tempat ini. Untuk itu saat Anda berada di Jakarta anda bisa mampir ke Mpok Romlah Oleh-Oleh Jakarta yang berlokasi di Jalan Swadaya II No. 20B, RT 7/ RW 5, Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan dan di Harmonic Xchange Mall, Jl. Hayam Wuruk VI No.2, RT 6/ RW 2, Kb. Kelapa, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

 9. Pasar Jatinegara

pasar jatinegara
Pasar Jatinegara, Foto Oleh Rmco Id

Tak jauh dari pinggir jalan Matraman Jatinegara, Jakarta Timur, terdapat pasar terkenal yang mesti Anda kunjungi, Pasar Jatinegara namanya. Dengan lokasinya yang strategis membuat Pasar Jatinegara mudah untuk ditemukan. Di pusat oleh-oleh Jakarta Anda akan menemukan bermacam kebutuhan belanja, mulai dari grosir souvenir pernikahan, perlengkapan sekolah anak sampai grosir pakaian.

Tenang saja, karena segala produk di sini berkualitas dan harganya terjangkau. Selain barang uniknya, Pasar Jatinegara juga tak dapat terlepas dari berbagai kebutuhan religius loh sobat Kuliner Kota! Mulai dari pakaian muslim, perlengkapan sholat, aksesoris islami dan masih banyak lagi. Lokasi Pasar Jatinegara tidak jauh dari Stasiun Jatinegara, Polres Jakarta Timur, Terminal Kampung Melayu. Jadi, makin penasaran dengan pusat oleh Pasar Jatinegara ini?

10. Plaza Blok M

plaza blok m
Plaza Blok M, Foto Oleh Properti Kompas Com

Bagi Anda yang hendak berbelanja di tempat yang lebih nyaman dan tidak suka berdesak-desakan, datang saja ke kawasan perbelanjaan Plaza Blok M. Pusat oleh-oleh Jakarta Plaza Blok M merupakan tempat perbelanjaan modern yang memiliki komoditas lengkap. Plaza Blok M terdiri dari 7 lantai area perbelanjaan. Di sana Anda akan ditawarkan berbagai produk, terutama pakaian dan aneka buah tangan khas Betawi. Meski dari bentuknya pusat oleh-oleh Jakarta modern, namun jangan salah, harganya tentu terjangkau. Jadi, mau wisata belanja di Jakarta disini tempatnya.

11. Pasar Glodok

pasar glodok
Pasar Glodok, Foto Oleh Jakarta Tribunnews Com

Sudah pernah dengar tentang Chinatown-nya Jakarta? Yaps, Glodok merupakan salah satu daerah yang terkenal akan sebutan Chinatown. Bukan hanya terkenal lengkap pusat oleh-oleh Jakarta Pasar Glodok juga menjadi jujugan utama jika hendak mencari atribut untuk hari raya penting seperti Imlek. Di Pasar Glodok ini Anda akan menemukan berbagai jenis pakaian, amplop ampau, lampion, sampai baju ala negeri tirai bambu. Menarik bukan?

Baca Juga:  10 Makanan Khas Betawi Ini Terkenal Lezat, Wajib Dicoba

Jadi, untuk Anda yang senang berwisata sambil berbelanja, kawasan pusat oleh-oleh di Jakarta ini salah satu pilihan terbaik untuk berwisata belanjang. Pasar Glodok berlokasi di Jalan Gajah Mada, RT. 2/RW.1, Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

12. Pusat Oleh-Oleh dan Kerajinan Jakarta

pusat oleh-oleh dan kerajinan jakarta
Pusat Oleh-Oleh dan Kerajinan Jakarta, Foto Oleh M Tribunnews Com

Seperti namanya, Anda pasti sudah dapat menebak kalau pusat oleh-oleh Jakarta selanjutnya ini menyediakan berbagai macam jajanan dan kerajinan khas Jakarta. Di tempat oleh-oleh Jakarta ini kamu akan menemukan makanan khas betawi seperti kembang goyang dan bir pletok sampai beragam jenis cinderamata seperti gantungan kucing, kaos Jakarta dan batik khas Betawi. Semuanya tersedia dalam satu tempat dengan harga ramah kantong. Pusat oleh-oleh dan Kerajinan Jakarta terletak di Jalan Prof Dr. Satrio No. 7, Kuningan, Jakarta Selatan. Untuk itu, luangkan waktu sejenak untuk mampir dan menikmati setiap keindahan cinderamata disini ya sobat Kuliner Kota!

13. KSM Oleh-Oleh Khas Betawi

ksm oleh-oleh khas Betawi
KSM Oleh-Oleh Khas Betawi, Foto Oleh Checkinjakarta Id

Tak ada lagi halangan bagi Anda untuk mengunjungi KSM Oleh-oleh Betawi sebagai destinasi istimewa. Pusat oleh-oleh di Jakarta satu ini merupakan salah satu tempat yang biasa diburu wisatawan. Bermacam kuliner hingga hasil kerajinan tangan ada disini. Kamu bisa menemukan buah tangan mulai dari dodol Betawi, bir pletok, kue geplak, biji ketapang dan masih banyak hidangan lezat lagi.

Tak puas dengan sajian jajanannya, Anda juga bisa membawa pulang cinderamata seperti sandal khas Jakarta, kaos bergambar monas, gantungan kunci, miniatur ondel-ondel dan lain-lain. KSM Oleh-oleh khas Betawi di Jalan Gajah Mada Blok C No. 19 sampai 26, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat dan buka setiap hari pukul 08.00 – 20.00.

14. Pasar Senen

pasar senen
Pasar Senen, Foto Oleh Liputan6 Com

Siapa sih yang tidak tahu dengan Pasar Senen yang berada di Jakarta ini? Setidaknya mendengar namanya saja kita sudah pasti tahu bahwa pusat oleh-oleh Jakarta Pasar Senen memang paling populer dan lengkap. Letaknya strategis juga harganya yang terjangkau membuat tempat belanja buah tangan ini selalu ramai setiap harinya. Jika tertarik berburu oleh-oleh dari tempat belanja ini, Pasar Senen Jakarta berlokasi di  Jalan Senen Raya, RW. 3, Senen, Jakarta Pusat.

15. ITC Mangga Dua

itc mangga dua
ITC Mangga Dua, Foto Oleh Egindo Co

ITC Mangga Dua memproduksi banyak komoditas menarik, bermanfaat dan berkualitas tinggi. Sejumlah produk cantik sering dibanderol dengan harga terjangkau yang bisa bikin kalian kalap mata seketika. Pusat oleh-oleh Jakarta juga menjadi salah satu surganya belanja busana muslim dan barang fashion, bahkan tak tanggung-tanggung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara telah menyisipkan ITC Mangga Dua ke dalam 12 destinasi wisata Ibukota. Gedung kawasannya pun terhubung dengan jembatan niaga ke Mall lain seperti Orion Mall dan Mangga Dua Mall. Jadi, ketika ingin datang ke tempat ini, langsung saja pergi di Jalan Mangga Dua Raya No. 43, RT 11/RW 05, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara.

Jadi, dari beberapa rekomendasi tempat di atas, mau belanja oleh-oleh dimana saat berada di Jakarta? Banyak oleh-oleh khas Jakarta yang bisa anda bawa pulang dan pastinya harganya murah. Jangan sampai Anda menyesal jika tidak mengunjungi semua tempatnya. Kapan lagi bisa belanja puas tapi nggak bikin kantong kempes kalau bukan diragam tempat oleh-oleh Jakarta di atas tempatnya.

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Comments 1

  1. Angga darmawan says:

    mantabss lah, bisa tau banyak tempat – tempat penting disetiap kota lewat kuliner kota.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *