1. Tempat oleh-oleh

Berkunjung ke Solo, Harus Mampir ke 8 Pusat Oleh-Oleh Solo ini!

Ketika melakukan kunjungan atau wisata ke sebuah kota, yang tak boleh terlewatkan adalah buah tangan untuk dibawa pulang. Jika sedang berkunjung ke kota Solo, cobalah mampir ke Pusat oleh–oleh Solo yang menjadi surganya belanja para wisatawan. Selain mendapatkan barang yang identik dengan kekhasan Kota Solo, kamu juga akan mendapatkan harga yang ramah dikantong alias murah-meriah. Berikut rekomendasi Pusat oleh–oleh khas Solo:

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer Solo
Pasar Klewer Solo, Foto oleh Instagram Com

Membeli oleh-oleh ketika berkunjung ke Solo untuk orang terdekat merupakan kegiatan wajib. Salah satu tempat legendaris dan terkenal di kalangan wisatawan yakni Pasar Klewer. Disini terdapat berbagai pilihan buah tangan, seperti pusat Batik Solo yang dijual dengan harga murah-meriah tapi berkualitas dan berbagai macam oleh-oleh khas Kota Solo. Mulai dari jenang, dodol, enting, intip, ampyang jahe, tempe keripik, brem solo, dan berbagai oleh-oleh lain yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Jangan lupa, di Pasar Klewer menggunakan sistem tawar menawar hingga menemukan harga yang dirasa klik antara penjual dan pembeli! Pasar yang beroperasi mulai pukul 08.00 – 17.00 ini berlokasi di Jalan Dr Radjiman No. 5A, Gajahan. Jadi, jangan lupa berkunjung dan berbelanja oleh-oleh untuk kerabat terdekat ke pasar tradisional imi.

2. Pasar Gede

Pasar Gede Solo
Pasar Gede Solo, Foto oleh Instagram Com

Pasar tradisional yang satu ini memiliki nama Pasar Gede, didalamnya berisikan para penjual oleh–oleh khas Solo yang bisa dibawa pulang dan ditawarkan dengan harga murah meriah. Hampir semua jenis makanan khas Solo ada disini, seperti intip, brem, ampyang, dodol, dan enting-enting kacang. Selain menyediakan makanan, disini juga tersedia berbagai macam buah tangan lainnya, mulai dari pakaian, batik dan kerajinan tangan khas Solo. Pasar Gede berada di Jalan Jendral Sudirman, dengan lokasinya yang strategis membuat pasar ini mudah dijangkau oleh wisatawan ketika Berkunjung ke kota Solo.

3. Batik Danar Hadi Solo

Museum Batik Danar Hadi Solo
Batik Danar Hadi Solo,m Foto oleh Airy Com

Toko Oleh–oleh khas Kota Solo yang bernama Batik Danar Hadi Solo berlokasi di jalan Dr Radjiman No. 164 yang beroperasi mulai pukul 09.00 – 21.00. Batik Danar Hadi menjual berbagai koleksi pakaian untuk pria, wanita, hingga anak–anak, mulai dari formal hingga casual semuanya tersedia disini. Selain menjual pakaian, ada juga ragam aksesoris, pernak-pernik dengan nuansa batik, kerajinan tangan khas Solo, hingga gantungan kunci dengan icon kota Solo pun tersedia disini. Nah, buat yang berencana berkunjung ke Solo jangan lupa menyempatkan mampir ke Batik Danar Hadi Solo ya!

Baca Juga

4. PGS Solo

PGS Solo
PGS Solo, Foto oleh Traveling Yuk Com

Ketika singgah di Kota Solo, jangan lupa untuk mampir ke Pusat Grosir Solo atau yang biasanya disingkat dengan PGS. Tempat ini sudah terkenal di kalangan wisatawan yang gemar berbelanja dengan harga murah tapi kualitasnya tidak kalah dengan brand ternama. Pusat Grosir Solo berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu. Beroperasi mulai pukul 09.00 – 17.00. Uniknya tempat ini, semakin banyak jumlah pembelian kita maka semakin murah harga yang diberikan penjual kepada konsumennya. Dan di PGS ini dipastikan harga yang ditawarkan cenderung murah dan terjangkau di kantong. Jadi, kapan mau mampir dan memborong belanja oleh-oleh khas di Pusat Grosir Solo?

5. Toko Roti Orion

Roti Orion Solo
Roti Orion Solo, Foto oleh Ini Baru Com

Toko Roti Orion merupakan perusahaan roti pertama yang ada di Kota Solo. Kini tidak hanya roti saja, Toko Roti Orion juga menjual berbagai oleh–oleh khas Kota Solo. Beberapa kuliner yang dapat ditemukan di Orion adalah lapis Surabaya yang terkenal di bawah merek Mandarijn. Selain itu, produk Orion yang menjadi favorit adalah roti semir. Cita rasa enak yang ditawarkan membuat pengunjung harus rela antri dan memesan sebelumnya kalau tidak ingin kehabisan. Toko Orion yang berlokasi di Jalan Jendral Urip Sumoharjo No. 80, Purwodiningratan ini beroperasi mulai pukul 07.30 – 20.00. Toko Orion juga menjual kue sus kering, keripik ceker ayam, usus goreng, hingga roti kecik. Jadi jangan lupa mampir ke Toko Orion yang legendaris di Kota Solo ya!

6. Javenir Solo

Javenir Solo
Javenir Solo, Foto oleh Instagram Com

Javenir Solo merupakan toko oleh-oleh yang menjual ragam souvenir khas Solo. Uniknya, di tempat ini beberapa item dibuat secara handmade loh! Beragam oleh-oleh mulai dari aksesoris, kerajinan tangan, pernak-pernik, gantungan kunci, hingga ragam jenis pakaian tersedia di Javenir Solo. Membeli buah tangan yang memiliki ciri khas dari Kota Solo akan  membuat penerima mendapatkan kesan tersendiri.

7. Sentra Oleh-oleh Abon Mesran

sentra abon mesran Solo
sentra abon mesran Solo

Sentra oleh–oleh Kota Solo yang berlokasi di Jalan Kalilarangan No. 71, Jayengan ini menyediakan berbagai pilihan olahan oleh-oleh khas Solo, mulai dari serundeng, abon sapi, abon ayam, keripik paru, usus goreng, roti kecik dan jajanan lainnya. Seperti pada namannya,

ini memiliki menu andalan yang di jual yakni Abon. Cita rasa gurih sebagai andalannya membuat para wisatawan selalu mencarinya untuk dijadikan buah tangan baik dinikmati sendiri maupun disantap bersama dengan kerabat terdekat.

8. Ganep Tradisi Solo

roti genap Solo
roti genap Solo, Foto oleh Good Indonesian Food Com

Untuk berburu berbagai jenis kue kering khas Solo, Toko Roti Ganep adalah pusatnya. Berlokasi di Jalan Sutan Syahrir No. 176, Tambak Segaran, toko ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi terdapat satu kue khas yang yang menjadi menu andalan yaitu roti kecik yang menjadi panganan yang paling diminati. Tidak hanya roti kecik saja, Ganep Tradisi Solo juga menyediakan jajanan lainnya yang menjadi oleh-oleh khas kota Solo.

Ulasan artikel diatas merupakan 8 tempat belanja oleh-oleh di Kota Solo yang dapat anda kunjungi. Jangan lupa untuk selalu bertanya mengenai harga sebelum memutuskan untuk membelinya ya. Sebab, terkadang pedagang mematok harga yang tidak murah. Jangan takut untuk menawar agar bisa mendapatkan harga terendah dengan kualitas barang yang bagus. Nah, agar terhindar dari hal serupa jangan pernah malu untuk bertanya terlebih dahulu ya, selamat berbelanja!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Berkunjung ke Solo, Harus Mampir ke 8 Pusat Oleh-Oleh Solo ini!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending