1. Kuliner Malam

6 Kuliner Malam Solo yang Enak dan Wajib Dicoba

Singgah di Kota Solo tak akan ada habisnya untuk berburu kulinernya yang istimewa. Mulai dari makanan kekinian yang semakin menjamur hingga makanan legendaris yang sudah berdiri puluhan tahun pun tersedia di Solo. Tak dapat dipungkiri dalam setiap waktu, ada saja kuliner enak di Kota Solo yang menarik perhatian kita untuk mencicipinya dan bahkan membuat ketagihan apalagi dengan Kuliner malam Solo yang terkenal nikmatnya! Bagi anda yang mau berkunjung ke Kota Solo tetapi belum tahu mau kulineran sambil nongkrong asik dimana, berikut rekomendasi kuliner malam Solo versi Kuliner Kota:

1. Angkringan Solo

Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar kata angkringan? Ya, kuliner malam pinggir jalan. Bukan hanya kota Jogja saja yang punya angkringan, Solo pun memiliki angkringan yakni Angkringan Solo yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto No. 129. Angkringan identik dengan kuliner dengan cara penyajiannya yang menggunakan tusuk lidi. Menu yang tersedia seperti, sego kucing, sego banting, sate telur, sate keong, sate sosis, sate daging, gorengan, dan baceman. Harga yang ditawarkan pun murah-meriah, mulai dari Rp3.000 saja anda sudah bisa menikmati kuliner malam Solo yang nikmat ini, terjangkau kan?

Angkringan Solo
Angkringan Solo, Foto oleh IG @ Paket Wisata Jogja75 Com

2. Soto Seger

Kuliner Soto memang bisa dijumpai di kota mana saja. Tetapi, Kota Solo memiliki kuliner Soto yang berbeda, yakni Soto Seger! Soto yang dilengkapi dengan daging sapi, irisan ayam, seledri, tauge, dan koya ini lalu disiram dengan kuah bening yang masih panas. Menikmati sajian Soto semakin nikmat dilengkapi dengan gorengan dan berbagai sate-satean. Harga per porsi kuliner malam Solo ini hanya dibandrol Rp9.000 saja loh! Bagi anda yang singgah di Kota Solo, jangan lupa mampir ke Soto Seger yah! Dijamin bisa membuat kamu ketagihan karena rasanya yang enak tiada dua.

Soto Seger Solo
Soto Seger, Foto oleh Traveling Yuk Com

3. Seafood Pak Petruk

Kuliner seafood yang enak identik dengan restoran mewah. Namun, di Kota Solo, anda bisa menikmati seafood lezat di kedai sederhana pinggir jalan. Rumah Makan Seafood Pak Petruk berlokasi di Jalan Gajahmada No. 48, Banjarsari (di depan hotel Grand Orchid), yang mulai beroperasi pukul 17.30 – 21.00 WIB. Beraneka hidangan laut yang disajikan di Rumah Makan Seafood Pak Petruk ini antara lain seperti: kepiting saus padang, udang goreng mentega, kerang rebus, cumi goreng, hingga sayuran tumis kangkung pun tersedia disini! Dengan harga Rp10.000 saja anda sudah bisa menikmati satu porsi seafood dengan cita rasa yang nikmat. Jangan lupa mampir untuk mencicipi kesegaran kuliner malam Solo di Rumah Makan Seafood Pak Petruk ya!

Seafood Pak Pertuk Solo
Seafood Pak Pertuk, Foto oleh Id Open Rice Com

4. Nasi Liwet Solo

Salah satu kuliner khas yang ada di Solo adalah Nasi Liwet. Nasi Liwet Mbok Mami merupakan salah satu yang menjual sajian khas Nasi Liwet yang berlokasi di Jalan Dr Rajiman No. 580, Sondakan, yang mulai beroperasi pukul 20.00 – 03.00 dini hari. Menu yang menjadi andalan sudah pasti Nasi Liwet seperti nama kedai sederhananya. Nasi yang dilengkapi dengan suwiran ayam, ceker, ati ampela, telur, dan baceman ini disajikan diatas daun pincukan yang diatasnya disiram lagi dengan kuah sayur labu hangat. Menggoda bukan? Jangan lupa mampir untuk mencicipi kuliner malam Solo Nasi Liwet ini jika malam hari dilanda rasa lapar ya!

Nasi Liwet Solo
Nasi Liwet Solo, Foto oleh Food Detik Com

5. Gudeg Ceker Margoyudan

Anda pecinta berbagai macam olahan ceker? Penasaran ingin mencicipi sajian ceker khas Kota Solo di malam hari? Gudeg Ceker Margoyudan adalah tempatnya! Yang unik dari kedai sederhana Margoyudan ini adalah jam bukanya yang dimulai dari pukul 02.00 dini hari. Di tempat ini, ceker diolah dengan menggunakan bumbu khas Gudeg dengan rasa pedas, manis, dan gurih. Tak heran jika Gudeg Ceker Margoyudan ini selalu ramai dikunjungi pembeli hingga antrian yang panjang pun tak lagi menjadi masalah. Berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi No. 41 – 43, Gudeg Ceker Margoyudan ini sudah berdiri sejak 1970 dan diracik langsung oleh Bu Kasno pemilik kedai ini. Berikutnya yang membuat Gudeg Ceker ini semakin lezat ialah penyajian nasinya yang menggunakan Nasi Liwet dengan rasanya yang begitu gurih. Jadi, jangan sampai dilewatkan ya kuliner malam Solo yang satu ini, paket komplit dengan sejuknya udara di Kota Solo pada malam hari.

Gudeg Ceker Margoyudan Solo
Gudeng Ceker Margoyudan , Foto oleh Juwis Foody Stuff Blogspot Com

6. Sate Kere Yu Rebi

Bagi anda pecinta kuliner sate, anda diwajibkan mampir ke Sate Kere Yu Rebi yang berada di Jalan Kebangkitan Nasional No. 2, Sriwedari, Laweyan. Kuliner Malam Solo yang satu ini menjadi salah satu favorit warga lokal maupun wisatawan yang singgah di Kota Solo. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi sate ini mulai dari Rp10.000 – Rp22.000 saja. Melayani pembeli mulai dari pukul 09.00 – 20.00 WIB. Jadi, bagi anda yang ingin mencicipi olahan sate khas Kota Solo di malam hari, tak perlu khawatir! Ada Sate Kere Yu Rebi yang siap untuk dinikmati dengan rasanya yang super lezat.

Sate Kere Yu Rebi Solo
Sate Kere Yu Rebi , Foto oleh Allabout Mgl Blogspot Com

Well, sangat menggiurkan untuk dicicipi bukan berbagai kuliner malam Solo di atas? Sajian kuliner malam dengan cita rasanya yang lezat dan khas pastinya menambah selera anda untuk berwisata kuliner sambil menikmati indahnya liburan di Kota Solo.


Tidak ada komentar

Komentar untuk: 6 Kuliner Malam Solo yang Enak dan Wajib Dicoba

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending