1. Kuliner Malam

7 Destinasi Kuliner Malam Semarang, Murah Meriah dan Enak!

Tak hanya tempat wisatanya yang menarik, Semarang juga hadir dengan beragam kuliner yang menggugah selera. Malam hari adalah salah satu waktu terbaik untuk melakukan wisata kuliner di Semarang. Berikut adalah ulasan tentang 7 kuliner malam Semarang terpopuler versi Kuliner Kota.

1. Warung Nasi Kucing pak Gi

https://www.instagram.com/p/CTEpN2ylcoy/

Walaupun sudah banyak yang mengetahui, tak jarang ketika mendengar kata nasi kucing, beberapa dari Anda mungkin masih menyipitkan mata dan sedikit kebingungan tentang makanan ini. Nasi Kucing bukanlah nasi yang digunakan sebagai makanan kucing, melainkan nasi dengan berbagai macam jenis lauk-pauk tetapi disajikan dengan porsi yang amat mini seolah-olah hanya kenyang jika dimakan oleh seekor kucing. Nasi kucing bisa ditemukan di daerah Jawa Tengahan, salah satunya adalah di Semarang.

Kuliner malam Semarang yang pertama adalah Warung Nasi Kucing Pak Gik. Nasi Kucing Pak Gik ini sangat populer di kalangan masyarakat setempat maupun wisatawan. Bagi Anda yang tiba-tiba sering terbangun saat tengah malam karena kelaparan, Nasi Kucing pak Gik bisa jadi pilihan yang pas. Pasalnya, angkringan ini buka mulai pukul 9 malam hingga menjelang pagi. 

Terdapat nasi kucing dengan 20 pilihan lauk disini dengan harga mulai 1000an saja. Sangat bervariasi sekali, bukan? Tak hanya itu, angkringan ini juga surganya para pecinta gorengan karena berdasarkan penuturan pak Gik, terdapat kurang lebih 14 macam gorengan disini. Untuk minumnya, jangan lupa mencoba teh dari angkringan pak Gik karena cita rasanya yang berbeda dari teh-teh pada umumnya.

2. Nasi Ayam khas Semarang bu Wido

https://www.instagram.com/p/CCYPQ3-jBbe/

Kuliner malam Semarang yang kedua adalah Nasi Ayam. Eits, jangan salah. Nasi ayam ini bulan seperti nasi ayam yang biasanya. Bagi yang belum pernah mencoba, nasi ayam seringkali disalah artikan dengan nasi liwet. Padahal, keduanya berbeda. Nasi ayam menggunakan kuah opor, sementara nasi liwet menggunakan kuah areh.

Citarasa nasi ayam juga tak kalah legend dari nasi liwet. Seperti pada warung nasi ayam khas Semarang yang satu ini. Nasi Ayam khas Semarang bu Wido buka mulai pukul 15.30 WIB. Ciri khas dari nasi ayam ini adalah porsinya yang pas di perut karena tidak terlalu besar. Kombinasi rasa gurih dan manisnya pun pas di lidah. Dalam satu porsi nasi ayam, Anda akan mendapat nasi dengan ayam suwir, telur pindang, sayur labu, dan bumbu nasi ayam yang lembut di mulut.

Nasi ayamnya sendiri dibanderol dengan harga 10.000 an saja, kemudian untuk lauk pauknya, sangat bervariasi dengan harga mulai 3000an.

3. Angkringan Blendoek

https://www.instagram.com/p/BvB0Dbfn2Er/

Angkringan selalu memiliki tempat di hati bagi para penggemar kuliner yang murah meriah tapi tetap enak dan mengenyangkan. Angkringan yang akan diulas kali ini adalah Angkringan Blendoek. Angkringan yang besar, nyaman, dan lengkap ini berlokasi di Jl. Gajah Mada No.138, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. 

Dalam satu nasi yang dijual di angkringan ini, Anda hanya perlu mengeluarkan 3.500 rupiah saja, lho! Setelah memilih berbagai jenis makanan beserta gorengan alias lauk pauk yang tersedia, Anda bisa langsung melakukan pembayaran di kasir. Sangat cocok menjadi pilihan untuk wisata kuliner malam Semarang.

4. Gudeg Koyor Mbak Tum

https://www.instagram.com/p/B62fhW2pyYn/

Kuliner malam Semarang kali ini memiliki citarasa yang manis. Apalagi kalau bukan gudeg. Gudeg Koyor Mbak Tum khas Semarang ini akan membuat lidah makin ketar-ketir karena rasanya yang super. Gudeg Koyor Mbak Tum telah ada 1991. Lauknya sangat beragam yang super menggiurkan dan bisa request sesuai selera.

Dalam satu hari saja, Mbak Tum dapat menjual hingga 40 kg daging koyor sapi! Daging koyor ini akan diolah dengan rempah-rempah dan kuah berwarna merah dan siap memeriahkan citarasa manis gurih dari gudegnya. Semakin malam, rumah makan ini justru semakin ramai. Serunya lagi, Anda dapat menikmati musik keroncong ketika makan di tempat. Satu porsinya berharga 22.000 saja.

Selain itu, ada menu unggulan lain, yaitu Ayam Goreng. Wah, jadi makan penasaran dengan rumah makan yang satu ini, ya!

5. Nasi Liwet bu Sami

https://www.instagram.com/p/BsAEr9EAtgl/

Setelah tadi selesai mengulas ‘kembaran’ dari nasi Liwet, sekarang saatnya menelusuri Nasi Liwet sebagai kuliner malam Semarang dekat simpang lima yang enak dan cocok untuk pertimbangan destinasi Anda. 

Bermula dari berjualan nasi liwet dari satu rumah ke rumah yang lainnya, nasi liwet legendaris ini sekarang berlokasi di Pojok Matahari Simpang Lima, Karangkidul, Semarang Tengah, Semarang. Nasi liwet ini buka mulai pukul 23.00 WIB sampai pukul 06.00. Sama seperti nasi liwet pada umumnya, lauk-pauk yang didapatkan dari satu porsi nasi liwet adalah krecek, sayur labu, tahu, ayam suwir, yang disirami dengan kuah areh. Nggak hanya itu, tersedia pilihan lauk tambahan yang bervariasi.

Mulai dari  15.000 saja, nasi Liwet yang recommended ini sudah siap menjadi santapan makan malam Anda.

6. Nasi Goreng Babat Pete Pak Bandi

https://www.instagram.com/p/B3ZbLIuFlci/?utm_source=ig_web_copy_link

Nasi goreng babat memang merupakan salah satu kuliner malam Semarang yang banyak diburu. Terbukti dari beragam tempat yang menyediakan menu ini. Satu diantaranya adalah Nasi Goreng Babat Pete pak Bandi yang berlokasi di dekat Rumah Sakit Telogorejo Semarang, dari Simpang Lima kurang lebih 500 meter. Usaha nasi goreng ini telah dimulai oleh pak Bandi sejak 2006. 

Warung kaki lima ini buka pukul 17.00-23.00. Untuk menunya sendiri, pak Bandi menggunakan segala jenis jeroan sapi. Namun, tenang saja. Segala bau amis dari jeroan sudan hilang sempurna karena jeroan telah direbus terlebih dahulu sebelum digoreng bersama dengan nasi. 

Penyajiannya juga tak kalah unik. Piring berisi nasi goreng dilapisi daun pisang terlebih dahulu. Satu porsi nasi goreng ini dihargai mulai dari …

7. Soto Bangkong

https://www.instagram.com/p/CUMP1OzFMvZ/

Rumah makan Soto Ayam Bangkong yang satu ini memang menyediakan soto ayam khas sebagai menu utama mereka. Nama Bangkong memiliki latar historis yang cukup menarik. Dahulu, daerah Semarang tempat soto ini berada, mayoritas masih berupa rawa-rawa. Oleh karena itu, saat tengah makan, pengunjung biasanya mendengar suara kodok Bangkong. Akhirnya, disematkanlah nama Soto Bangkong ini. Tak hanya soto, masih ada menu favorit lain dari para pelanggan, yaitu Garang Asem Ayam. 

Soto Ayam Bangkong disajikan dengan mangkok yang ramping dan unik. Sebagai menu best seller, soto andalan ini memiliki kuah dari kaldu ayam yang relatif lebih bening daripada soto pada umumnya. Sundukannya pun dijamin ajib dan semakin memeriahkan rasa soto ayamnya. 

Beralamat di Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Soto Bangkong dibanderol dengan harga mulai dari 16.000. Selain itu, berbagai macam menu lain di rumah makan ini siap memanjakan lidah Anda saat melakukan wisata kuliner malam Semarang.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner malam Semarang yang akan menyemarakkan malam liburan Anda. Jadi, tertarik mengunjungi yang mana dulu, nih?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Destinasi Kuliner Malam Semarang, Murah Meriah dan Enak!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]