1. Tempat oleh-oleh

7 Daftar Pusat Oleh Oleh Jember yang Super Lengkap

Menyambangi suatu kota belum lengkap rasanya kalau tidak membawakan oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara di rumah. Termasuk salah satunya ketika mengunjungi daerah Jember. Tak hanya terkenal akan wisata baharinya, Jember juga memiliki beragam oleh-oleh yang unik dan lezat, seperti prol tape, suwar suwir, wader, dan Edamame.

Bagi kamu yang tengah atau berencana berwisata ke Jember, yuk, cari tahu beberapa pusat oleh oleh Jember yang layak kamu kunjungi!

Oleh Oleh Khas Jember

Sama seperti daerah-daerah lainnya, Jember memiliki kuliner dan oleh-oleh khas yang mantul. Kota dengan produksi tembakau terbesar di Indonesia ini punya deretan makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Makanan-makanan khas di bawah ini juga dapat ditemukan dengan mudah di pusat oleh oleh Jember.

1. Prol Tape

Oleh-oleh khas Jember terkenal dengan bahan dasarnya yang mayoritas adalah tape. Tape merupakan singkong yang telah difermentasi selama beberapa saat. Di Jember, tape dikreasikan menjadi berbagai macam kudapan. Termasuk prol tape yang sederhananya adalah kue rasa tape. Prol tape ini banyak dijual dengan berbagai varian ukuran di pusat oleh oleh Jember.

Bagi penggemar kue dan tape, prol tape bagaikan surga dunia. Bagaimana tidak, teksturnya yang lembut dengan rasa tape yang light dan pas di lidah pasti bakal membuat ketagihan!

2. Suwar Suwir

Ketika mengunjungi pusat oleh oleh Jember, kamu mungkin sedikit mengernyitkan dahi ketika menjumpai oleh-oleh yang satu ini. Apa itu suwar-suwir? Apakah sama dengan ayam suwir?

Nyatanya, suwar-suwir tidak menggunakan ayam sebagai dasarnya, melainkan tape! Ya, masih menggunakan tape seperti prol tape di atas. Penampilan dan rasa suwar-suwir sendiri sedikit mirip dengan dodol. Uniknya, suwar-suwir ini masih mempertahankan citarasa tape dengan menambahkan varian rasa yang menarik seperti vanila, stroberi, melon, pepaya, dan rasa buah-buahan lainnya. Wah, jadi makin penasaran dengan rasanya, ya!

3. Keripik Nangka

Siapa, sih, yang tak kenal dengan nangka? Buah yang sering disalahpahami sebagai saudara durian ini juga marak ditemukan di pusat oleh oleh Jember dengan bentuk keripik. 

Meski sekilas terdengar sederhana, produsen keripik nangka di Jember, tepatnya di Desa Wonosari sudah mampu mengekspor kripik ini ke pasar internasional, lho! Rasa nangka yang unik dan memiliki sensasi masam membuat keripik ini makin banyak diburu.

4. Jenang Waluh

Tak hanya bisa dibuat kolak, waluh atau labu kuning juga bisa diolah menjadi dodol yang kenyal dan legit! Jenang waluh ini termasuk deretan oleh-oleh yang laris di pusat oleh oleh Jember. Dengan kreativitas dan inovasi, hadirlah beragam kreasi jenang waluh ini. Harganya pun terbilang ekonomis. Rata-rata hanya berkisar 25.000 rupiah per bungkus!

5. Pia Tape

Tape memang selalu ada di hati masyarakat Jember. Kuliner yang satu ini memiliki tampilan kotak dengan ukuran kurang lebih 5 cm, sekilas hampir mirip kue bolen yang dalamnya berisi tape.

Berawal dari coba-coba, pia tape kini siap berjejer di rak pusat oleh oleh Jember, bersaing dengan produk oleh-oleh yang lainnya. Rasa pia tape juga beraneka ragam, mulai dari rasa keju, rasa coklat, sampai rasa kombinasi keduanya.

6. Edamame

Edamame memang bukan berasal dari negeri tercinta. Tapi, bisa dikatakan iklim di Jember sangat cocok dijadikan pusat budidaya edamame untuk kemudian dimanfaatkan sebagai oleh-oleh Jember.

Edamame kaya akan serat yang secara tidak langsung akan membantu proses pencernaan. Oleh karena itu, edamame termasuk dalam camilan yang sehat dan direkomendasikan. Di pusat oleh oleh Jember, edamame biasanya sudah dimasak atau digoreng terlebih dahulu sehingga kering dan kriuk. Namun, tetap ada kok edamame yang masih fresh dan dapat langsung dinikmati.

Pusat Oleh Oleh Jember

1. Toko Primadona

Primadona (sumber - @primadona_oleholehjember on Instagram)
Primadona (sumber – @primadona_oleholehjember on Instagram)

Terkenal akan citarasa prol tapenya, pusat oleh oleh Jember Primadona ini berlokasi tidak jauh dari pasar tradisional Pasar Tanjung, yakni di Jl. Trunojoyo No.137, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember. Pusat oleh oleh Jember ini populer karena juga melayani pembelian lewat website yang semakin memudahkan pelanggan. Toko Primadona buka setiap hari mulai pukul 07.30 sampai 21.00 WIB.

2. Cita Rasa Pusat Oleh-Oleh

Cita Rasa (sumber - Google Maps)
Cita Rasa (sumber – Google Maps)

Berlokasi tidak jauh dari pusat kota, pusat oleh oleh Jember yang kedua ini beralamat di Jl. Trunojoyo No.17, Kebondalem, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pusat oleh-oleh ini buka mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore. Dan 8 pagi sampai 1 siang di hari minggu. Untuk itu, pastikan mengingat jam bukanya, ya, agar tidak kecele saat mengunjungi toko yang satu ini.

3. Toko Sari Rasa

Sari Rasa (sumber - Google Maps)
Sari Rasa (sumber – Google Maps)

Sudah larut malam tapi belum membelikan oleh-oleh? Eits, nggak perlu panik. Ada pusat oleh oleh Jember yang buka hingga pukul 00.00! Toko Sari Rasa ini buka mulai pukul 7 pagi dan tutup pada waktu dini hari. Toko oleh-oleh ini beralamat di Jl. Trunojoyo No.91, Kauman, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

4. Toko Oleh-Oleh Purnama Jati

Purnama Jati (sumber - @purnamajati_jember on Instagram)
Purnama Jati (sumber – @purnamajati_jember on Instagram)

Berdiri sejak tahun 2000, pusat oleh oleh Jember Purnama Jati kini turut berinovasi dengan hadir di marketplace! Wah, jadi makin mudah ketika ingin belanja oleh-oleh khas Kota Santri ini. Pusat oleh-oleh Purnama Jati berlokasi di Jl. Bungur No.9, Darwo Timur, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur dan beroperasi dari pukul 7 pagi sampai 9 malam. Bagi yang ingin kepoin beragam oleh-oleh yang tersedia, bisa langsung kunjungi instagram mereka di @purnamajati_jember.

5. Kembang Madu Pusat Oleh-Oleh

Kembang Madu (sumber - Google Maps)
Kembang Madu (sumber – Google Maps)

Pecinta tape khas Jember tidak boleh melewatkan pusat oleh-oleh ini. Toko Kembang Madu menyediakan berbagai jenis oleh-oleh khas Jember, utamanya tape manis. Tape Manis Kembang Madu dibuat dari singkong kuning dan tanpa menggunakan pengawet. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh selepas berwisata di Jember. Toko ini beralamat di Jl. Slamet Riyadi No.104, Krajan, Patrang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

6. Toko Oleh-Oleh Sari Madu khas Jember

Sari Madu (sumber - @makananjember on Instagram)
Sari Madu (sumber – @makananjember on Instagram)

Pusat oleh oleh Jember kali ini populer dengan tapenya yang manis dan berukuran besar-besar. Tak hanya tape saja, Sari Madu juga memproduksi macam-macam olahan tape, contohnya prol tape. Untuk rasa jangan ditanya, selalu enak dan mantul. Pusat oleh oleh Jember Sari Madu ini buka mulai pukul 7 pagi sampai 9 malam dan beralamat di Jl. Letjen Panjaitan No.10, Lingkungan Sumberdand, Kebonsari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Buat kamu yang masih sibuk berwisata dan nggak punya waktu beli oleh-oleh, toko Sari Madu juga menyediakan opsi Delivery Order, lho!

7. Toko Oleh-Oleh Jember New Papuma

Toko Oleh Oleh New Jember Papuma (sumber - Google Maps)
Toko Oleh Oleh New Jember Papuma (sumber – Google Maps)

Pusat oleh oleh Jember terdekat yang bisa kamu sambangi salah satunya yaitu toko oleh-oleh Jember New Palapa. Segala camilan dan oleh-oleh Jember tersedia disini. Mulai dari tape, suwar suwir, edamame, ketan, dan masih banyak lagi. Bahkan, beberapa pelanggan mengulas kalau prol tape yang tersedia di toko ini disajikan fresh dan masih hangat! Alamatnya ada di Jl. Gajah Mada no 165 Kaliwates Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Itulah beberapa rekomendasi toko oleh-oleh yang ada di Jember. Jadi, toko mana yang ingin kamu kunjungi lebih dulu? Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi kamu, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Daftar Pusat Oleh Oleh Jember yang Super Lengkap

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]