5 Pusat Oleh-oleh Pemalang Ini Selalu Ramai Pengunjung, Lho!

Pusat Oleh Oleh Pemalang (sumber - Bukalapak)
Pusat Oleh Oleh Pemalang (sumber - Bukalapak)
Daftar isi

Berlibur dan berjalan-jalan mengelilingi kota lain tentunya menjadi suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Salah satu daerah yang cocok untuk dikunjungi adalah Pemalang, yang mana merupakan salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun kota ini tidak terlalu populer seperti kota besar di Jawa Tengah lainnya, namun Pemalang memiliki sejuta pesona atas keindahan alamnya.


Saat mampir di Pemalang, akan kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh ketika pulang dari kota ini. Terlebih daerah ini sudah terkenal dengan keberagaman makanan dengan rasa yang nikmat. Lalu, mana saja pusat oleh-oleh Pemalang yang bisa dikunjungi? Yuk, simak artikel berikut ini untuk tahu rekomendasi pusat oleh-oleh Pemalang yang paling populer!

5 Pusat Oleh-oleh Pemalang yang Selalu Ramai Pengunjung

1. Toko Ogel-Ogel

Toko Ogel-Ogel (Sumber: wartacakrawala)
Toko Ogel-Ogel (Sumber: wartacakrawala)

Toko Ogel-Ogel merupakan salah satu pusat oleh-oleh Pemalang terpopuler yang selalu ramai pengunjung. Di sini menjual berbagai macam makanan dan jajanan khas Pemalang dengan kualitas terbaik. Harga yang ditawarkan pun bervariasi dan terjangkau. Toko Ogel-Ogel juga memiliki kualitas pelayanan yang baik terbukti dari ramahnya pegawai yang siap membantu pengunjung.

Alamat: Jalan Raya Dr. Cipto Mangunkusumo, Kaligelang, Taman, Pemalang

Jam buka: 08.00 – 20.00 WIB (Setiap hari)

Artikel Terkait

Telepon: (0284) 321662

Website: https://toko-ogel-ogel.business.site

2. Toko Oleh-oleh dan Jajanan Khas Pemalang “Bandeng Montok”

Toko Oleh-oleh dan Jajanan Khas Pemalang “Bandeng Montok” (Sumber: @bandengmontok on Instagram)
Toko Oleh-oleh dan Jajanan Khas Pemalang “Bandeng Montok” (Sumber: @bandengmontok on Instagram)

Rekomendasi pusat oleh-oleh Pemalang selanjutnya yang bisa Sobat Kuliner kunjungi adalah Toko Oleh-oleh dan Jajanan Khas Pemalang “Bandeng Montok”. Toko ini tidak hanya menjual ikan bandeng, tetapi juga menjual makanan khas Pemalang lainnya. Lokasi toko ini juga mudah ditemukan karena berlokasi di dekat alun-alun Pemalang, tepatnya 100 meter ke utara dari alun-alun.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Batu Favorit Wisatawan

Alamat: Jl. Urip Sumoharjo No. 127, Pelutan, Pemalang

Jam buka: 08.00 – 20.00 WIB (Setiap hari)

Telepon: 08562611430

Website: instagram.com/bandengmontok

3. Jajanan Khas Pemalang Mbah Monah

Jajanan Khas Pemalang Mbah Monah (Sumber: Dewie Owie on Google Maps)
Jajanan Khas Pemalang Mbah Monah (Sumber: Dewie Owie on Google Maps)

Pusat oleh-oleh Pemalang milik Mbah Monah ini diketahui memiliki cita rasa yang otentik dan tradisional karena menggunakan bahan-bahan berkualitas tanpa pengawet sehingga rasanya enak dan unik dari yang lain. Tempat yang cocok untuk kamu yang mencari oleh-oleh khas Pemalang yang masih terkesan tradisional banget!

Alamat: Ndasri, Kabunan, Kec. Taman, Pemalang 

Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB (Setiap hari)

Telepon: 0812-2891-2297

Website: –

4. King Fish Pemalang

King Fish Pemalang (Sumber: @king_fish_pemalang on Instagram)
King Fish Pemalang (Sumber: @king_fish_pemalang on Instagram)

Next, masih ada lagi rekomendasi pusat oleh-oleh Pemalang yang bisa Sobat Kuliner kunjungi. Toko kali ini menjual jajanan khas Pemalang yaitu ikan asap, ikan segar, pindang presto, dan seafood. Lokasinya juga mudah ditemukan karena berada di belakang SMA PGRI 01 Taman, Pemalang. 

Alamat: Desa Cibelok RT 04/04, Kec. Taman, Pemalang

Jam buka: 06.00 – 12.00 WIB (Setiap hari)

Telepon: 081573189574

Website: instagram.com/king_fish_pemalang

5. Pusat Oleh-oleh Vitanas 

Pusat Oleh-oleh Vitanas (Sumber: pusatoleholehvitanas)
Pusat Oleh-oleh Vitanas (Sumber: pusatoleholehvitanas)

Rekomendasi pusat oleh-oleh Pemalang yang terakhir yaitu Pusat Oleh-oleh Vitanas yang merupakan food producer Kabupaten Pemalang. Toko ini menyediakan oleh-oleh khas Pemalang yaitu aneka olahan makanan nanas dan minuman dari nanas.

Alamat: Jl. Gatot Subroto, Randudongkal, Belik, Pemalang

Jam buka: 06.00 – 21.00 WIB (Setiap hari)

Telepon: 0815-6544-183

Website: https://pusatoleholehvitanas.business.site

5 Oleh-oleh Khas Pemalang yang Paling Dicari oleh Wisatawan

Nah, setelah mengetahui lokasi pusat oleh-oleh Pemalang, kali ini kita akan membahas rekomendasi oleh-oleh khas Pemalang yang terpopuler karena jajanan ini merupakan incaran para wisatawan. Yuk, simak daftar rekomendasinya berikut ini!

Baca Juga:  Deretan Alamat 5 Pusat Oleh-Oleh Tegal Terlengkap

1. Bandeng Montok

Bandeng Montok (Sumber: Jejak Piknik)
Bandeng Montok (Sumber: Jejak Piknik)

Oleh-oleh khas Pemalang pertama yang bisa Sobat Kuliner beli dan coba adalah Bandeng Montok. Bisa ditebak dari namanya, makanan ini merupakan hasil olahan dari ikan bandeng. Kotoran yang ada di mulut ikan bandeng akan dibersihkan dahulu kemudian akan diisi dengan daging ikan bandeng dan ayam serta  bumbu rempahnya. Kemudian ikan tersebut dikukus dan siap untuk dijual.

Proses pengukusan yang lama tersebut, olahan ikan bandengan memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang sangat empuk. Terlebih lagi bumbu rempah yang menjadi isiannya meresap hingga ke bagian sisi ikannya. Oleh-oleh khas Pemalang satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan karena dapat bertahan untuk beberapa hari kedepan.

2. Ogel-Ogel

Ogel-Ogel (Sumber: @ilarizky on Instagram)
Ogel-Ogel (Sumber: @ilarizky on Instagram)

Rekomendasi selanjutnya adalah Ogel Ogel yang merupakan makanan ringan khas Pemalang dengan cita rasa sangat gurih, renyah, dan sangat lezat. Ogel Ogel berbahan dasar tepung beras ketan yang digoreng sehingga teksturnya renyah dan sangat gurih. Oleh-oleh khas Pemalang satu ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan terlebih saat waktu bersantai bersama keluarga atau teman.

3. Bongko Mento

Bongko Mento (Sumber: @pawon.buhani on Instagram)
Bongko Mento (Sumber: @pawon.buhani on Instagram)

Bagi Sobat Kuliner pecinta olahan masakan dengan cita rasa yang manis, oleh-oleh khas Pemalang satu ini tidak bisa dilewatkan. Bongko Mento adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan tumisan pepaya muda. Untuk kulitnya terbuat dari bahan tepung yang dibuat dadar, sedangkan isiannya memiliki cita rasa manis dan gurih. Makanan satu ini juga dicampur dengan bumbu rempah yang khas.

Baca Juga:  Wisata Belanja di 8 Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Terlengkap


Selain itu, terdapat tambahan suwiran ayam yang membuat Bongko Mento ini memiliki rasa yang unik. Menariknya, sebelum menikmati makanan ini, Bongko Mento akan disiram dahulu menggunakan kuah santan yang kental sehingga rasanya akan semakin nikmat.

4. Apem Comal

Apem Comal (Sumber: @dapoerjoglocantik on Instagram)
Apem Comal (Sumber: @dapoerjoglocantik on Instagram)

Pasti Sobat Kuliner sudah tidak asing dengan sebuah jajanan tradisional bernama apem? Namun, apem dari Pemalang ini berbeda dengan apem pada umumnya, lho. Apem Comal khas Pemalang ini memiliki cita rasa yang manis. Untuk bahan bakunya sendiri adalah tepung beras sehingga akan cukup membuat perut kenyang ketika selesai menyantapnya.

Oleh-oleh yang satu ini, cocok untuk mengganjal perut atau bahkan pengganti nasi. Terlebih lagi, bagian tengah dari Apel Comal diberi cairan gula merah yang menciptakan cita rasa yang manis. Untuk penyajiannya pun juga unik karena disajikan dalam daun pisang.

5. Kraca

Kraca (Sumber: @makan.jateng on Instagram)
Kraca (Sumber: @makan.jateng on Instagram)

Rekomendasi oleh-oleh khas Pemalang selanjutnya adalah Kraca. Makanan ini merupakan salah satu jenis keong sawah yang diolah dengan sedemikian rupa. Walaupun kerap kali dianggap sebagai pengganggu tanaman padi, hewan satu ini dapat diolah menjadi makanan yang menggugah selera, lho. Kraca ini juga bisa bertahan dalam beberapa hari sehingga cocok dijadikan buah tangan.

Itu tadi rekomendasi pusat oleh-oleh Pemalang beserta oleh-oleh khas Pemalang yang bisa jadi referensi Sobat Kuliner untuk membawa pulang buah tangan dari Pemalang untuk kerabat di rumah. Jadi, sudah tertarik untuk membeli oleh-oleh yang mana nih, Sobat Kuliner?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *