1. Oleh-Oleh Khas

Inilah 15 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Kuningan Jawa Barat

Kuningan merupakan salah satu kawasan di Jawa Barat yang dikenal kaya akan wisata alamnya. Kondisi udaranya yang sejuk membuat kondisi alamnya sangat subur dan cantik. Para wisatawan yang menghabiskan waktu di Kuningan bukan hanya mengunjungi destinasi wisata, namun juga berburu berbagai kuliner yang lezat dan khas.  

15 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Kuningan Jawa Barat

Jika Sobat Kuliner berlibur ke Kuningan, sebaiknya jangan hanya mengunjungi objek wisatanya semata. Sebab di kota mungil ini terdapat berbagai buah tangan khas seperti cemilan ringan yang wajib dibawa pulang untuk kerabat di kota asal. Lantas, apa saja deretan oleh oleh khas Kuningan Jawa Barat yang bisa dibawa pulang? Yuk, simak ulasan dari Kuliner Kota berikut ini!

1. Kwecang

Oleh oleh khas Kuningan yang tidak kalah menarik jatuh kepada Kwecang. Kuliner yang terbuat dari beras ketan yang dicampurkan bersama dengan air apu ini bertekstur kental dan dibungkus dengan helaian daun bambu. Rasanya manis dan biasanya dinikmati dengan cocolan gula pasir. Berbeda dengan bacang yang rasanya gurih dan berisi potongan daging dan sayur di dalamnya.

Kwecang (sumber: @christabellenanetta on Instagram)

Jika Sobat Kuliner penasaran dengan oleh oleh khas Kuningan satu ini, bisa mencoba berkunjung ke pasar tradisional atau toko oleh oleh khas Kuningan seperti di toko Denurrah Food yang berlokasi di Jalan Siliwangi 263, Cijoho, Kuningan.

2. Tahu Lamping

Kuningan diketahui memiliki tingkat produksi tahu yang cukup tinggi, maka tidak mengherankan terdapat banyak pedagang yang memanfaatkan tahu sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai jenis jajanan. Salah satunya adalah tahu lamping. Oleh oleh khas Kuningan satu ini memiliki cita rasa yang cenderung gurih dan bertekstur renyah. Sedangkan isiannya lembut dan padat sehingga cukup mengenyangkan.

Tahu Lamping (sumber: @kuninganfoodies on Instagram)

3. Kue Satu Kacang Hijau

Makanan tradisional Kuningan yang banyak diburu oleh wisatawan adalah Kue Satu Kacang Hijau. Sesuai namanya, camilan ringan ini terbuat dari kacang hijau yang disangrai, sebelum akhirnya dihaluskan lalu ditambahkan dengan sedikit gula sebagai pemanis alami. Kacang hijau yang bertekstur halus tersebut dicetak dalam berbagai ukuran dan dipanggang hingga matang.

Kue Satu Kacang Hijau (sumber: @an631st on Instagram)

Jika Sobat Kuliner ingin mencobanya, cobalah berkunjung ke toko oleh oleh khas Kuningan seperti di Toko Bu Sepuh yang beralamat di Jalan Bojong 144-146, Cilimus, Kuningan. Untuk harganya, Sobat Kuliner tidak perlu khawatir karena cukup bersahabat di kantong.

4. Keripik Gemblong

Bagi Sobat Kuliner yang senang dengan camilan ringan yang renyah dan gurih, membeli Keripik Gemblong atau Ketempling merupakan pilihan yang tepat. Keripik gurih satu ini terbuat dari singkong yang dipotong dengan ukuran kecil dan tipis. Tidak seperti keripik singkong pada umumnya, karena Keripik Gemblong ini ditambahkan oncom di bagiian tengahnya. Bentuknya bulat tipis dan memiliki berbagai varian rasa lain seperti pedas atau manis.

Keripik Gemblong atau Ketempling (sumber: @jastip_nv on Instagram)

Salah satu toko oleh oleh khas Kuningan yang menjual Keripik Gemblong terletak di toko Jelita Oleh Oleh yang terletak di Jalan Dewi Sartika No. 29, Kuningan atau di toko kue kering lainnya. Harga yang ditawarkan bervariasi dan disesuaikan dengan ukuran beratnya.

5. Kopi Luwak Linggarjati

Bagi Sobat Kuliner penggemar kopi, kamu tidak bisa melewatkan kelezatan dari Kopi Luwak Linggarjati. Kopi satu ini terbuat dari biji kopi yang dikonsumsi oleh luwak lalu diproses menggunakan cara tradisional. Bubuk kopinya juga dikemas dengan baik dan rapat, jadi tidak perlu khawatir untuk dijadikan buah tangan. Soal rasanya tidak perlu diragukan lagi karena terbukti dari tingginya minat wisatawan untuk membeli kopi satu ini.

Kopi Luwak Linggarjati (sumber: akwnulis)

6. Jeniper

Bagi Sobat Kuliner yang baru pertama kali mengetahui namanya, memang masih asing, ya? Tetapi Jeniper ini bukan nama orang, lho! Jeniper merupakan kepanjangan dari jeruk nipis peras. Hihihi cukup unik, ya? Sebenarnya minuman satu ini serupa dengan sirup, namun proses pembuatannya memanfaatkan jeruk nipis yang diperas untuk diambil airnya dan ditambahkan dengan sedikit gula. 

Jeniper (sumber: @kajiankesehatanislam on Instagram)

Jeniper ini dikemas dalam botol dalam berbagai ukuran. Cara penyajiannya sendiri terbilang cukup mudah, hanya perlu menuangkan sedikit Jeniper ke dalam gelas dan tambahkan air secukupnya. Sobat Kuliner dapat mengunjungi Desa Ciaigebang untuk mencicipi segelas jeniper segar yang kaya akan vitamin C.

7. Sirup Tjampolay

Next, ada Sirup Tjampolay sebagai salah satu oleh oleh khas Kuningan yang wajib jadi buah tangan. Sirup yang memiliki cita rasa manis nan menyegarkan ini hadir dengan variasi rasa buah seperti melon, jeruk nipis, pisang susu, mangga gedong, hingga nanas yang tersedia di pasaran. Dari sekian banyak varian rasa tersebut, rasa pisang susu paling banyak diminati di pasaran. Kalau Sobat Kuliner mau beli rasa apa, nih?

Sirup Tjampolay (sumber: @brastagi_supermarket on Instagram)

8. Tape Ketan Ember

Oleh oleh khas Kuningan adalah sekumpulan jajanan tradisional yang menarik. Seperti kuliner satu ini yang cukup unik, pasalnya jajanan khas ini diletakkan di dalam ember. Jajanan khas tersebut bernama Tape Ketan Ember, dimana camilan tersebut dibentuk kecil kecil lalu dibalut dengan daun. 

Tape Ketan Ember (sumber: tokpedia)

Mungkin Sobat Kuliner penasaran kenapa harus diletakkan di ember? Ternyata bukan tanpa alasan, melainkan hal tersebut membantu dalam proses fermentasi ragi dalam pembuatan tape. Selain itu air segar tersebut juga tidak tumpah di dalam kendaraan sehingga diletakkan di ember dan siap dikonsumsi kapanpun.

9. Tahu Susu Tamiang

Selain Tahu Lamping, Kuningan juga punya Tahu Susu Tamiang. Kuliner ini merupakan inovasi terbaru dari bahan dasar tahu yang memang banyak diproduksi oleh warga Kuningan. Siapa sangka jika tahu yang diolah menjadi makanan kekinian ini banyak diminati wisatawan bahkan warga lokal. Tahu susu ini juga dijual dengan harga yang terjangkau, yakni 2 ribu rupiah saja per bijinya.

Tahu Susu Kuningan (sumber: @uciamayanti on Instagram)

10. Lepet Kuningan

Jawa Barat memang terkenal dengan produksi lepetnya. Namun, hanya di daerah Kuningan saja yang menjadi daerah yang bisa dengan mudah mendapatkan lepet. Jajanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur parutan kelapa, kemudian dibungkus menggunakan janur atau daun kelapa muda. Setelah lepet siap dibungkus, lepet direbus dahulu hingga matang dan bertekstur kenyal. Rasanya gurih dan menjadi favorit banyak orang.

Kue Lepet (sumber: @4fendy on Instagram)

11. Opak Bakar

Berkunjung ke Kuningan tidak akan terasa lengkap apabila tidak membeli opak bakar sebagai buah tangan. Jika pada umumnya opak diolah menjadi kerupuk, berbeda dengan opak satu ini yang terbuat dari beras ketan serta kelapa yang kemudian diolah dengan cara dipanggang tanpa menggunakan minyak. Opak tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Opak Bakar (sumber: @warung.kuring on Instagram)

Tidak sulit untuk menemukan Opak Bakar ini, karena berbagai toko oleh oleh khas Kuningan sudah banyak menawarkan jajanan ringan satu ini. Selain itu, Sobat Kuliner juga dapat mengunjungi sentra produksi Opak Bakar di Kuningan, yakni di Desa Mandirancan untuk dapat melihat proses produksinya secara langsung dan mendapatkan harga yang lebih murah tentunya.

12. Jenisa

Tidak hanya Jeniper, ternyata masih ada satu lagi minuman oleh oleh khas Kuningan Jawa Barat yang diolah dari perasan jeruk nipis yaitu Jenisa. Minuman ini dikemas dalam botol sekali minum yang praktis. Jenisa ini tidak hanya menyegarkan, namun juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Jadi jangan sampai melewatkan minuman Jenisa sebagai oleh oleh khas Kuningan untuk dibawa pulang ketika Sobat Kuliner berkunjung ke Kuningan, ya!

Jenisa (sumber: @jenisaofficial on Instagram)

13. Keripik Gadung

Next, ada Keripik Gadung yang bisa menjadi salah satu pilihan oleh oleh khas Kuningan selanjutnya. Disebut Keripik Gadung karena keripik ini diolah dari umbi tanaman gadung. Setelah umbi gadung dikupas dan dicuci bersih, langsung diiris tipis kemudian digoreng di dalam minyak panas hingga kering dan bertekstur renyah. Keripik Gadung ini hadir dengan berbagai rasa mulai dari original, pedas, manis, keju, gurih, dan masih banyak lagi.

Keripik Gadung (sumber: @geniproduction on Instagram)

14. Golono

Golono merupakan gorengan oleh oleh khas Kuningan yang dibuat dari ampas tahu. Meskipun hanya terbuat dari bahan sisa, namun rasa Golono ini sangat enak dan gurih. Untuk membuatnya pun tidaklah susah, cukup menyiapkan ampas tahu lalu dicampur dengan bumbu Golono. Setelah itu Golono dilumuri balutan tepung dan langsung di goreng. Gorengan satu ini cocok disantap apabila masih hangat. 

Golono (sumber: @kuningantshirtculture on Instagram)

15. Jawadah

Jawadah merupakan dodol yang bertekstur kenyal dan legit. Hal tersebutlah yang membuat Jawadah selalu diburu para wisatawan untuk dijadikan oleh oleh khas Kuningan. Untuk membuat Jawadah, diperlukan beras ketan, gula merah, serta santan kelapa. Semua bahan tersebut dicampur kemudian dimasak sembari diaduk terus hingga matang. Bagi Sobat Kuliner yang tertarik membeli Jawadah, dapat mengunjungi Toko Oleh Oleh The Diah yang berlokasi di Jalan Bojong No.81, Cilimus, Kuningan.

Jawadah (sumber: sportinfoandeducation.blogspot)

Nah, itu tadi sederet rekomendasi oleh oleh khas Kuningan Jawa Barat yang wajib Sobat Kuliner bawa pulang. Dengan pilihan dan tawaran harga yang cukup bervariasi, akan membuat Sobat Kuliner semakin antusias memasukkan satu persatu jajanan khas Kuningan ke dalam keranjang. Selamat berburu oleh oleh khas Kuningan!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inilah 15 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Kuningan Jawa Barat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]