10 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jombang Jawa Timur Populer

Teh Salak (sumber: Tono Wartono on Google Maps)
Teh Salak (sumber: Tono Wartono on Google Maps)
Daftar isi

Jombang Jawa Timur merupakan daerah dengan berbagai potensi wisata yang dapat Sobat Kuliner kunjungi. Kawasan yang dikenal dengan sebutan Kota Santri ini memiliki beragam ciri khas mulai dari makanan hingga souvenirnya yang cocok dijadikan buah tangan. Pilihannya yang cukup beragam, tak jarang membuat para pengunjungnya kebingungan untuk memilihnya.

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jombang Jawa Timur Populer

Ketika berkunjung ke Jombang, tak akan lengkap tanpa membawa buah tangan khas daerah tersebut. Beberapa oleh oleh khas Jombang wajib Sobat Kuliner cicipi dan dapat dibawa pulang sebagai oleh oleh untuk kerabat. Penasaran apa saja oleh oleh khas Jombang Jawa Timur yang bisa menjadi buah tangan? Yuk, simak ulasan dari Kuliner Kota berikut.

1. Tahu Pong

Sudah cukup populer, tahu pong merupakan salah satu oleh oleh khas Jombang yang menjadi langganan sebagai buah tangan. Dinamakan tahu pong lantaran bagian tengahnya memang tidak ada isian apapun alias kosong. Meski tanpa isian, rasa yang dihadirkan tidak perlu diragukan terlebih ketika menikmatinya dalam keadaan panas dengan cabai ataupun saus tomat.

Tahu Pong (sumber: @iklankumautahu on Instagram)

Jika Sobat Kuliner tertarik mencicipinya, silahkan mengunjungi Tahu Pong Gloria, pusat oleh oleh yang berada di jalan Totok Kerot, Sawahan, Sambirejo, Kec. Sumobito, Jombang. Satu kotaknya dihargai sekitar Rp40.000 saja.

2. Jenang Kelapa Muda

Salah satu oleh oleh khas Jombang yang banyak diburu wisatawan adalah jenang kelapa muda atau jenang kupas. Jenang kupas berbahan utama kelapa muda yang dibuat adonan jenang dan diolah bersama tepung terigu, tepung ketan dan gula pasir. Tekstur kue ini kenyal dan lembut serta rasanya manis dan legit dengan aroma kelapa muda yang khas. Merek jenang yang terkenal yakni UD Jenang Kelapa Muda dari desa Denanyar, Jombang diketahui paling banyak peminatnya.

Artikel Terkait

Baca Juga:  14 Oleh-Oleh Khas Cirebon Kekinian yang Wajib Kamu Beli
Jenang Kelapa Muda (sumber: @mampirmakanbersama on Instagram)

3. Bolu Plemben

Bolu Plemben merupakan kue jadul khas Jombang yang menjadi rekomendasi oleh oleh khas Jombang selanjutnya. Terdapat dua varian yang bisa Sobat Kuliner pilih, yaitu bolu kering dan basah. Bolu basah bertekstur lebih empuk sedangkan bolu varian kering lebih renyah. Untuk ketahanannya, bolu kering bertahan hingga satu bulan, lebih lama ketimbang bolu basah yang hanya bertahan beberapa hari. 

Bolu Plemben (sumber: @yummybrunch.trk on Instagram)

4. Brondong Ketan

Umumnya, brondong terbuat dari jagung, bukan? Namun, brondong khas Jombang satu ini justru terbuat dari ketan. Meski berbeda, rasa yang dihadirkan tak kalah lezat terlebih apabila disantap sembari ngeteh atau ngopi dikala bersantai. Brondong ketan ini memiliki tekstur agak lengket yang berasal dari gula karamel yang merekatkannya. Bentuknya bulat dengan rasa renyah dan dominan manis. Untuk mencarinya, jajanan mungil ini dapat ditemukan dengan mudah di toko oleh oleh khas Jombang dengan harga Rp1.000 saja.

Brondong Ketan (sumber: @galankrockerz on Facebook)

5. Pia Kacang Hijau

Pia kacang hijau oleh oleh khas Jombang ini hampir mirip dengan kue pia ala Jogja. Namun pia khas Jombang ini bertekstur lebih lembut dan empuk. Cita rasanya manis dan legit serta khas dari isiannya menjadikan jajanan ini banyak diburu sebagai buah tangan. Terdapat varian pia lain selain original kacang hijau, yaitu coklat, keju dan durian.Sobat Kuliner dapat membeli pia ini di toko oleh oleh khas Jombang. 

Baca Juga:  Daftar 12 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Wajib Dibawa Pulang
Pia Kacang Hijau (sumber: @giling.id on Instagram)

6. Aneka Olahan Salak

Jombang memiliki kawasan yang memproduksi buah salak menjadi aneka panganan yang lezat. Salah satunya adalah jenang salak karena jenang sendiri merupakan ciri khas dari daerah Jombang. Jenang salak ini bertekstur seperti jenang pada umumnya, namun memiliki rasa manis dengan aroma salak. Selain jenang, buah salak juga diolah menjadi teh salak, sirup buah salak, kurma salak, manisan, asinan hingga keripik buah.

Jenang Salak (sumber: @fafazawawy on Instagram)

7. Kerupuk Beras

Orang lokal Jombang menyebut kerupuk beras ini dengan sebutan gendar. Sesuai namanya, oleh oleh khas Jombang satu ini berbahan utama adonan nasi yang ditumbuk hingga halus dan diberi bumbu-bumbu serta rempah-rempah. Usai bumbu dan rempah tercampur rata, adonan akan dijemur hingga kering dan siap untuk digoreng kapanpun. Cita rasanya gurih dan khas serta mudah ditemui di berbagai pasar tradisional ataupun pusat oleh oleh khas Jombang terdekat.

Kerupuk Beras (sumber: @snackautisme on Instagram)

8. Jambu Bol Gondang Manis

Bukan hanya sebagai cemilan atau jajanan saja, buah jambu khas Jombang juga bisa Sobat Kuliner bawa pulang sebagai oleh oleh khas Jombang Jawa Timur. Kulit Jambu Bol Gondang Manis ini berwarna merah segar dengan daging buah berwarna putih. Teksturnya cukup lunak dan empuk serta berwarna putih seperti kapas. Biasanya, buah jambu ini dijual dengan harga Rp5.000 per kilogramnya. 

Baca Juga:  21 Oleh-Oleh Khas Bali yang Murah Incaran Favorit Wisatawan
Jambu Bol Gendang Manis (sumber: @bibit_dan_pupuk_buah_indonesia on Instagram)

9. Donat Kampoeng

Dinamakan donat kampung karena donat oleh oleh khas Jombang ini dibuat dengan cara tradisional. Rasanya manis nan begitu nikmat. Tekstur lembutnya bisa dirasakan sejak gigitan pertama. Terdapat satu produsen donat kampoeng yang terkenal di Jombang yakni Donat Kampoeng Utami karena menyajikan donat ini dalam berbagai rasa topping berwarna-warni. Selain itu, donat kampoeng ini juga bisa ditemukan di pasar tradisional.

Donat Kampoeng (sumber: @liner.eat on Instagram)

10. Onde-Onde Kacang Merah

Cocok menjadi oleh oleh khas Jombang terbaik, onde onde kacang merah ini terasa nikmat disantap bersama dengan teh manis. Yang membuatnya unik dari onde onde lain adalah isiannya tidak berupa kacang hijau yang ditumbuk hingga halus. Namun, berupa kacang merah yang membuatnya mampu menghasilkan cita rasa yang tidak biasa. Tidak hanya kacang merah, terdapat pula isian kacang hijau.

Onde-Onde Kacang Merah (sumber: @id_kuliner.jombang on Instagram)

Apabila tertarik untuk membelinya, Sobat Kuliner dapat berkunjung ke Jalan Laksda Adi Sucipto, Sambong Dukuh, Jombang. Untuk satu kotaknya, dibanderol dengan harga Rp8.000 hingga Rp18.000 an saja. 

Nah, itulah rekomendasi oleh oleh khas Jombang yang dapat Sobat Kuliner jadikan buah tangan. Berkunjung ke kota Jombang, tidak ada salahnya berburu makanan dan jajanan khas Jombang yang bisa Sobat Kuliner cicipi sekaligus bawa pulang untuk dijadikan buah tangan bagi kerabat di kota asal.

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *