1. Resep

Resep Banoffee Pie Tanpa Oven yang Legit dan Praktis

Banoffee pie atau banana toffee pie kini digemari berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua sekalipun. Hal tersebut menjadikan dessert kekinian ini banyak dijual hingga di online shop. Padahal, cara membuat banoffee pie ini cukup mudah sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah. Penasaran seperti apa resepnya? Yuk, simak resep banoffee pie tanpa oven yang legit dan praktis berikut ini.

Banoffee Pie, Dessert Kekinian yang Wajib Dicoba

Banoffee adalah hidangan penutup asal Inggris yang banyak digemari karena rasanya yang manis dan legit. Hidangan penutup ini merupakan paduan buah pisang dan toffe yang merupakan saus karamel. Selain itu, terdapat bahan tambahan berupa biskuit di bagian bawah lapisan pie dan whipped cream yang turut menambah kelezatan hidangan ini.

Setiap bahan tersebut disusun dan didinginkan di dalam lemari es agar tetap terjaga kualitasnya. Tidak mengherankan jika rasanya begitu legit dan memberikan banyak tekstur yang sangat enak untuk dinikmati. Rasanya yang enak dan bikin nagih, serta bahan dan cara membuat banoffee yang super gampang jadi alasan kenapa Sobat Kuliner mesti coba membuat dessert kekinian satu ini di rumah. 

Kandungan Kalori pada Banoffee Pie

Jika Sobat Kuliner pecinta hidangan manis, tentu dessert kekinian seperti banoffee pie ini bakal jadi kesukaan kamu. Namun, sama seperti hidangan manis pada umumnya, banoffee pie ini juga memiliki kalori yang terkandung didalamnya. Berikut rincian kalori per ⅙ banoffee pie:

  • Energi: 220 kkal
  • Lemak: 11,60 gram
  • Lemak jenuh: 6,000 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 1,100 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 4,000 gram
  • Protein: 2,40 gram
  • Karbohidrat: 26,00 gram
  • Serat: 1,9 gram
  • Gula: 19,30 gram

Tips Cara Membuat Banoffee Pie Anti Gagal

Cara Membuat Banoffee Pie Anti Gagal (sumber: @menjant_amb_en_toni on Instagram)
Cara Membuat Banoffee Pie Anti Gagal (sumber: @menjant_amb_en_toni on Instagram)

Sebelum beralih ke resep banoffee, ada baiknya kita ketahui lebih dahulu tips cara membuat dessert ini agar lebih enak dan anti gagal. Selain itu, meskipun cenderung mudah dibuat, namun ada beberapa tips yang perlu diketahui dalam resep banoffee ini. Yuk, simak apa saja tips tersebut. 

1. Gunakan biskuit yang berkualitas

Hidangan penutup khas Inggris ini biasanya dibuat dengan menggunakan graham crackers, namun di Indonesia, mungkin biskuit tersebut tidak mudah untuk ditemukan. Oleh karena itu, Sobat Kuliner bisa menggantinya dengan menggunakan biskuit susu marie. 

Agar hasilnya legit dan adonan pie-nya set dengan sempurna, pilih biskuit susu marie yang berkualitas. Pastikan juga, Sobat Kuliner benar-benar menghancurkan biskuitnya dengan halus dan merata serta tercampur dengan lelehan margarin secara merata pula agar pie yang dibuat bertekstur sempurna dan tidak mudah crack.

2. Menggunakan whip cream hewani

Untuk mendapatkan rasa yang legit dan enak, disarankan untuk menggunakan whip cream hewani yang berjenis cair dan dikocok sendiri. Whip cream jenis ini akan menjadi pilihan terbaik karena kandungan lemaknya tinggi sehingga akan memberikan sensasi rasa yang lebih lembut dan legit.

Tetapi, Sobat Kuliner perlu hati-hati saat mengocok whip cream. Jangan sampai berlebihan atau terlalu lama karena bisa membuat cream-nya pecah, sehingga teksturnya menjadi kasar dan mudah mencair atau tidak set.

3. Pilih jenis pisang yang tepat dan matangnya pas

Dessert kekinian satu ini asalnya dari Inggris, dimana pisang yang tersedia disana umumnya hanyalah satu jenis, yaitu pisang cavendish. Untuk mendapatkan cita rasa yang cukup autentik, disarankan memilih jenis pisang cavendish

Tetapi, pisang lain seperti pisang ambon juga bisa dipilih, hanya saja tekstur dan rasa yang dihasilkan tidak akan sama. Lalu, sebaiknya jangan gunakan pisang jenis tanduk atau kepok yang cenderung lebih keras karena pisang pada hidangan ini akan langsung disajikan tanpa dihancurkan atau dimasak lagi.

Oleh karena itu, selain memilih jenis pisang yang tepat, penting juga untuk memilih pisang dengan tingkat kematangan yang pas. Jangan memilih pisang yang masih keras atau kurang matang, dan jangan juga memilih yang sudah mulai lembek. Sobat Kuliner bisa melihat dari kulit pisang tersebut, jika manis kuning muda dan terang, maka bisa jadi tingkat kematangannya sudah pas.

4. Kreatif dalam memilih topping

Umumnya, hidangan penutup ini diberi topping coklat, baik yang diserut ataupun berupa chips. Namun, bukan berarti Sobat Kuliner tidak bisa menggantinya, lho. Jika kurang suka dengan coklat atau ingin memakai topping yang lain, maka silahkan saja.

Sobat Kuliner juga bisa coba tambahkan kacang seperti toasted almond atau walnut, dan juga taburan palm sugar atau bahkan kismis dan topping lain yang kira-kira cocok dengan pisang dan karamel.

Resep Banoffee Pie

Nah, kali ini Sobat Kuliner tidak perlu membeli di pedagang atau restoran karena dengan resep banoffee pie ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Resep ini menggabungkan biskuit cracker yang renyah, irisan pisang yang tebal, krim karamel yang manis, dan whipping cream yang creamy. Tidak hanya itu, resep ini juga tidak menggunakan oven dalam prosesnya, lho! Sangat praktis, bukan?

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Western Difficulty:Easy

Servings

8 minutes

Cooking Time

25 minutes

Calories

220 kcal

INGREDIENTS

  1. 200 gram biskuit susu (bahan utama)

  2. 80 gram margarin leleh (bahan utama)

  3. 3 buah pisang matang, potong bulat (bahan utama)

  4. 200 ml <em>whipping cream </em>cair, kocok kaku (bahan utama)

  5. 200 ml <em>whipping cream </em>cair (bahan karamel)

  6. 200 gram gula pasir (bahan karamel)

  7. 1 sdm margarin (bahan karamel)

  8. <em>Dark cooking chocolate</em> secukupnya, serut (bahan <em>topping</em>)

DIRECTION

  1. Untuk membuat kulit pie, haluskan biskuit susu menggunakan blender atau <em>chopper</em>. Kemudian masukkan margarin cair. Aduk hingga tercampur rata.

  2. Masukkan biskuit halus tadi ke dalam cetakan pie, tekan-tekan seluruh permukaannya hingga padat. Sisihkan.

  3. Untuk membuat lapisan karamel, panaskan gula pasir hingga mencair dan menjadi karamel. Masukkan <em>whipping cream </em>cair lalu aduk hingga tidak ada gumpalan.

  4. Tuang lapisan karamel tadi ke dalam kulit pie. Dinginkan sebentar di kulkas hingga karamel menjadi padat. Kemudian tata potongan pisang diatas karamel.

  5. Tutup permukaan pie dengan <em>whipping cream </em>yang sudah dikocok kaku. Taburi dengan <em>dark cooking chocolate </em>yang sudah diserut sebagai <em>topping</em>.

  6. Diamkan di kulkas hingga dingin. Banoffee pie siap disajikan. <br>

NOTES

    Tips: Bisa mengganti <em>topping </em>coklat serut dengan bubuk kopi instan di atas <em>whipped cream</em>.

Itulah tadi resep banoffee pie yang legit dan praktis. Selain untuk dinikmati sendiri bersama orang di rumah, Sobat Kuliner juga bisa menjual banoffee yang kamu buat sendiri kepada teman-teman atau di online shop, lho. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Banoffee Pie Tanpa Oven yang Legit dan Praktis

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending