Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Masak Apa Hari Ini? Coba Resep Semur Tahu Saja

2 min read

Resep Semur Tahu

Olahan tahu memang sudah familiar di lidah orang Indonesia. Banyak makanan yang menyediakan campuran tahu ataupun menyajikan tahu sebagai menu andalannya, misalnya saja tumis tahu saus tiram, tahu kecap pedas, pepes tahu, sayur lodeh tahu dan beragam jenis olahan tahu lainnya. Seperti tahu kecap pedas, olahan tahu yang satu ini juga tak kalah nikmat lho, kuahnya yang gurih dengan bumbu khas nusantara dijamin bakal nambah selera makan kamu. Semur tahu, alternatif pilihan masakan berkuah bercita rasa manis yang khas dan menggoyang lidah. Untuk itu, yuk hadirkan olahan tahu ini dengan mencoba resep semur tahu sebagai sajian menu masakan hari ini. 

Asal Usul Semur

Semur sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini merupakan hasil olahan dari panganan Negeri Tulip, Belanda. Hachee menjadi inspirasi utama semur, sebuah hidangan daging berbaur saus berwarna gelap, bercita rasa gurih yang menjadi ciri khas serta  menggunakan protein hewani sebagai bahan utamanya. Rasa semur cenderung manis serta kaya rempah, jadi masih ada perbedaan antara semur dengan Hachee yang memiliki rasa asin dan gurih. Untuk mendapatkan warna kehitaman seperti Hachee, semur daging menggunakan kecap manis.

Tetapi, ada riwayat lain yang menyebutkan bahwa semur dibawa oleh pedagang China. Makanan berkuah kental dari negeri Bambu ini kebanyakan memakai kecap asin, yang kemudian diadaptasi menggunakan kecap manis oleh pribumi yang menikah dengan orang China saat itu. Tak hanya pada satu titik, semur lalu menjelajah ke berbagai wilayah di Indonesia. Oleh karena itu sampai sekarang hidangan semur menjadi berbeda disetiap daerah sebab penggunaan rempah yang digunakan. Misalnya saja Semur Jawa yang lebih hitam dan manis dibandingkan dengan Semur Betawi yang memiliki tekstur pekat serta lebih merah.

Resep Semur Tahu

Tak hanya enak, Semur Tahu ternyata juga cukup gampang dipraktekkan di rumah. Untuk itu bagi kamu yang ingin mencobanya sendiri, siapkan bahan-bahan berikut dan baca lengkap resep semur tahu di bawah ini. Jangan sampai ada yang terlewatkan ya sobat Kuliner Kota, agar hasilnya dapat maksimal dan cita rasanya juga sesuai harapan!

Bahan Semur Tahu

  • 4 balok tahu putih, potong sesuai selera,
  • 2 lembar daun salam,
  • 1 batang serai, memarkan,
  • ¾ sdt garam,
  • 400 ml air,
  • 1 sdm gula merah,
  • 4 sdm kecap manis,
  • ¼ buah pala,
  • 1 sdt merica kasar,
  • 2 sdm minyak,
  • 3 siung bawang putih,
  • 3 butir kemiri yang sudah disangrai,
  • 6 siung bawang merah,
  • bawang merah goreng,

Cara Membuat Semur Tahu

Cara Membuat Semur Tahu
Cara Membuat Semur Tahu, Foto Oleh Travel Tribun News Com
  1. Potong-potong tahu berbentuk segitiga, goreng setengah matang kemudian sisihkan.
  2. Haluskan pala, merica kasar, bawang putih, kemiri dan bawang merah, kemudian tumis dengan minyak. Tambahkan serai dan daun salam hingga tercium harum dan matang.
  3. Masukkan tahu, kecap manis, garam dan gula merah. Lalu aduk hingga rata.
  4. Tuang air. Masak hingga mendidih.
  5. Masak hingga bumbu meresap sempurna, kemudian angkat.
  6. Semur Tahu yang manis dan gurih siap disajikan dengan bawang goreng.

Cukup mudah bukan resep semur tahu di atas? Selain mudah pastinya juga terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp30.000 saja untuk 1 mangkok semur tahu yang bisa dikonsumsi 3 – 4 orang. Sedangkan untuk waktu memasak sendiri hanya sekitar 30 menit saja. Jadi, cukup recomended jika kamu memasaknya di pagi hari. Untuk itu tertarik menghadirkan masak semur tahu hari ini? 

Kandungan Gizi Semur Tahu

Semur Tahu
Semur Tahu, Foto Oleh Grid Id

Saat ingin membuat resep semur tahu di rumah, kamu juga perlu memperhatikan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan berkuah kental, manis dan gurih ini. Ketika menyantapnya, maka kamu akan mendapatkan 260 kal kalori, 15,62 gram lemak, 10,55 gram karbohidrat, 19,4 gram protein, 1,5 gram serat, 4,6 gram gula, 834 miligram sodium dan 362 miligram kalium. Cukup lengkap bukan kandungan gizi yang terdapat dalam Semur? Untuk itu, yuk cobain berkreasi resep semur tahu hari ini sebagai hidangan yang simpel, enak dan ramah di kantong!

Last Updated on November 19, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *