Atifatul Ismah culinary enthusiast

Resep Sempol Ayam Kenyal, Empuk Ala Rumahan

2 min read

Sempol Ayam

Bagi kamu penggemar jajanan kaki lima, mungkin sudah sangat familiar dengan sempol. Sempol merupakan jajanan yang mudah sekali di jumpai di area Malang. Jajanan satu ini terbuat dari olahan ayam yang ditusuk menggunakan bambu. Tidak jarang sempol juga terbuat dari campuran daging ikan. Untuk itu bagi kamu yang sedang diluar area Malang dan ingin merasakan jajanan khas Malang ini, Kuliner Kota punya resep sempol ayam bertekstur empuk, kenyal dan pastinya mudah banget. Mau tau cara membuatnya? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Asal Usul Sempol

Sempol Ayam
Sempol Ayam, Foto Oleh Cookpad Com

Tidak jauh beda dengan cilok, sempol merupakan jajanan yang terbuat dari tepung kanji sebagai bahan dasarnya. Begitu juga dengan asal usul ide pembuatan sempol sendiri ternyata juga terinspirasi dari cilok. Cak Man, salah satu warga Desa Sempol Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang yang mengusung ide tersebut untuk pertama kali. Meskipun berawal dari iseng, kini jajanan bernama sempol sudah menjadi jajanan favorit banyak kalangan dan dijual di berbagai kota.

Apalagi seiring berjalannya waktu, sempol juga sudah divariasikan dengan berbagai topping, saus dan merk. Banyak pedagang yang menjual sempol dan disandingkan dengan pentol korea yang menjadi inspirasi pembuatan sempol. Semakin penasaran dengan resep sempol ayam ala Kuliner Kota? Silahkan simak resepnya berikut.

Resep Sempol Ayam

Selain punya cita rasa yang nikmat, sempol juga mudah dalam proses pembuatannya. Untuk itu, bagi kalian yang ingin mencoba membuatnya sediri di rumah, siapkan bahan-bahan berikut ini dan baca lengkap cara membuat sempol ayam dibawah ini. Jangan sampai ada yang terlewatkan ya sobat Kuliner Kota! Agar cita rasa dan hasilnya sesuai yang diharapkan.

Bahan Membuat Sempol Ayam

  • 300 gram dada ayam,
  • 10 sdm tepung tapioka,
  • 4 siung bawang putih,
  • 3 sdm tepung terigu,
  • ½ sdt gula,
  • ½ sdt garam,
  • ½ sdt kaldu bubuk,
  • ½ sdt lada bubuk,
  • saus sambal,
  • 3 butir telur,
  • 1 sdm tepung beras,

Cara Membuat Sempol

Resep Sempol Ayam
Resep Sempol Ayam, Foto Oleh Review Buka Lapak Com
  1. Haluskan dada ayam bersama bawang putih dengan menggunakan food chopper hingga halus.
  2. Kemudian masukkan semua bahan mulai dari tepung, gula, garam, kaldu dan lada.
  3. Siapakan tusuk sate atau tusuk bambu dan basahi tangan kalian dengan sedikit minyak goreng agar adonan tidak lengket pada tangan. Balurkan adonan pada tusuk dan tekan-tekan hingga bentuknya memanjang seperti sate lilit.
  4. Rebus adonan sempol yang sudah dililitkan pada tusuk bambu dengan api kecil hingga adonan sempol sedikit mengapung, lalu tiriskan.
  5. Siapkan wajan penggorengan dengan minyak yang cukup banyak agar sempol dapat terendam penuh saat digoreng.
  6. Setelah itu, goreng sempol hingga bagian luarnya menjadi sedikit kering.
  7. Siapkan bahan baluran sempol yang terdiri dari telur dengan tambahan tepung beras agar semakin krispi, kemudian kocok lepas.
  8. Celupkan sempol kedalam telur dan goreng hingga lapisan luar telur berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  9. Sempol yang krispi dan lezat siap disajikan dengan saus sambal/tomat.

Bagaimana cukup mudah bukan resep sempol ayam ala Kuliner Kota diatas? Selain mudah pastinya juga terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp30.000 saja untuk menghasilkan 25 tusuk sempol berukuran besar. Untuk waktu memasak sendiri sekitar 60 menit saja. Jadi, tertarik menghadirkan sempol sebagai camilan di kala hujan? Jangan lupa untuk menambahkan saus sambal ataupun tomat agar makin nikmat.

Kandungan Gizi Sempol Ayam

Sempol Ayam
Sempol, Foto Oleh Hipwee Com

Ketika kamu memutuskan membuat sempol ayam di rumah, dalam tiap tusuknya maka akan mendapatkan 209 kal kalori, 7,94 gram lemak, 24,04 gram karbohidrat, 9,83 gram protein, 0,6 gram serat, 0,77 gram gula, 307 miligram sodium dan 105 miligram kalium. Cukup lengkap bukan nutrisi di dalam satu tusuk sempol?Kamu juga bisa menyimpan sempol yang sudah di rebus dalam kulkas maksimal dua hari. Jadi, ketika ingin menyantapnya tinggal digoreng kapan saja. Untuk itu, mau mencoba mengkreasikan resep sempol ayam ala Kuliner Kota diatas?

Last Updated on November 19, 2020

Atifatul Ismah culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *