1. Resep

Resep Tempe Mendol Pedas Malang, Cocok Disantap Pakai Nasi

Salah satu olahan tempe khas Malang (Sumber: @mommies.culinary on Instagram)
Salah satu olahan tempe khas Malang (Sumber: @mommies.culinary on Instagram)

Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Makanan tersebut menjadi sumber protein nabati yang harganya cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Tempe dapat dikreasikan menjadi beberapa masakan, seperti kering tempe, tempe goreng, steak tempe, oseng-oseng tempe, dan lain sebagainya.

Salah satu kreasi menu yang terbuat dari tempe adalah tempe mendol. Penasaran apa itu tempe mendol? Kali ini Kuliner Kota akan membahas tentang kuliner khas malang ini lengkap beserta resep tempe mendol. Sobat kuliner bisa simak informasinya sampai habis.

Lezatnya Tempe Mendol, Kudapan Khas Malang, Jawa Timur

Tampilan tempe mendol yang menggiurkan (Sumber: @iindapur on Instagram)
Tampilan tempe mendol yang menggiurkan (Sumber: @iindapur on Instagram)

Tempe mendol adalah salah satu olahan tempe khas Malang, Jawa Timur. Resep tempe mendol terbuat dari tempe yang dihancurkan dan diberi beberapa bumbu dan rempah agar lebih sedap. Tempe mendol memiliki bentuk yang khas, yaitu bulat lonjong namun sedikit pipih. Beberapa orang ada yang menyebut tempe mendol sebagai perkedel tempe, namun mayoritas orang Malang menyebutnya mendol.

Kandungan Gizi dan Kalori pada Tempe Mendol

Sebelum menyimak resep tempe mendol, sobat kuliner perlu mengetahui kandungan gizi dan kalori pada makanan ini. Bahan utama dari tempe mendol adalah tempe, oleh karena itu tempe mendol juga mengandung protein yang cukup tinggi. Satu buah mendol mengandung 68 kkal, 3.99g protein, 3.58g karbohidrat, dan 4.56g lemak. Lalu, bagaimana resep tempe mendol? Simak informasinya di bawah ini

Resep Tempe Mendol Pedas Khas Malang

Bagi sobat kuliner yang tidak di Malang dan penasaran mencicipi tempe mendol, kali ini kuliner kota akan memberikan resep tempe mendol khas Malang. Sobat kuliner bisa mencoba membuatnya sendiri dengan resep tempe mendol di rumah. Tak perlu khawatir kesusahan, karena resep tempe mendol ini cukup mudah dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Berikut adalah resep tempe mendol sederhana yang bisa kamu coba recook di rumah.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Side Dish Cusine:Indonesian Difficulty:Medium

Servings

15 minutes

Preparing Time

15 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

68 kcal

INGREDIENTS

  1. 2 papan tempe biasa

  2. 1 ruas lengkuas

  3. 1 ruas kencur

  4. 2 lembar daun jeruk

  5. 2 sdt ketumbar utuh

  6. 5 siung bawang putih

  7. 4 siung bawang merah

  8. 7 buah cabai rawit atau sesuai selera

  9. Gula secukupnya

  10. Garam secukupnya

  11. Minyak untuk menggoreng

DIRECTION

  1. Masukkan bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas, kencur, daun jeruk, dan ketumbar ke dalam cobek.

  2. Uleg atau tumbuk semua bumbu yang ada di cobek hingga halus.

  3. Masukkan gula dan garam secukupnya ke dalam bumbu yang sudah ditumbuk

  4. Masukkan tempe dan tumbuk sedikit demi sedikit di atas bumbu yang sudah halus hingga hancur sedikit kasar.

  5. Campurkan tumbukan tempe dan bumbu hingga merata, lalu koreksi rasa.

  6. Kepal-kepal dan padatkan adonan menjadi bentuk bulat lonjong sedikit pipih.

  7. Panaskan minyak di wajan yang agak besar agar dapat merendam tempe mendol.

  8. Pastikan minyak sudah panas, kemudian masukkan tempe mendol perlahan-lahan.

  9. Kecilkan api dan biarkan menggoreng dengan api kecil.

  10. Biarkan tempe mendol sampai agak garing dan jangan dibolak-balik agar tidak hancur.

  11. Jika bawahnya sudah garing, balik satu kali saja untuk membuat bagian atasnya juga garing.

  12. Jika sudah garing merata dan berwarna coklat seperti tempe goreng, angkat tempe mendol lalu tiriskan.

NOTES

Makanan yang Cocok Dimakan dengan Tempe Mendol

Setelah kamu mencoba resep tempe mendol di atas, kali ini kuliner kota akan memberikan rekomendasi cara menikmati tempe mendol khas Malang ini. Berikut adalah beberapa makanan yang cocok dimakan menggunakan lauk tempe mendol khas Malang.

Rawon

Tempe mendol menjadi lauk pendamping dari Rawon (Sumber: @yshd_ka on Instagram)
Tempe mendol menjadi lauk pendamping dari Rawon (Sumber: @yshd_ka on Instagram)

Rawon merupakan salah satu makanan khas Indonesia, khususnya Jawa Timur. Rawon merupakan makanan berkuah seperti sup yang berwarna hitam karena menggunakan kluwek sebagai bumbu utamanya. Meskipun berasal dari Jawa Timur, namun rawon sudah terkenal di banyak daerah di Indonesia.

Rawon biasanya disajikan dengan lauk utama daging sapi yang diiris tipis dan dibumbui bersama bumbu rawon. Rawon biasanya juga dilengkapi dengan pelengkap seperti kecambah pendek dan bawang goreng serta sambal. Di Malang, tempe mendol seringkali menjadi lauk pendamping dari rawon. Hampir semua penjual rawon di Malang menyediakan tempe mendol sebagai lauk pendampingnya.

Pecel

Tempe mendol yang dimakan dengan pecel (Sumber: Instagram)

Pecel juga merupakan salah satu makanan yang berasal dari Jawa. Setiap daerah memiliki pecel khas nya masing-masing. Tak heran, biasanya nama daerahnya mengikuti di belakang, seperti pecel Madiun, pecel Blitar, atau pecel Kediri. Meskipun demikian, pecel merupakan makanan yang sudah dikenal hampir di seluruh Indonesia.

Pecel merupakan makanan yang terdiri dari berbagai sayuran, seperti tauge, mentimun, kangkung, dan daun kemangi yang disiram dengan bumbu kacang. Pecel menggunakan bumbu kacang yang berbeda dengan bumbu kacang yang pada rujak atau gado-gado. Bumbu pecel biasanya lebih pedas namun masih terasa rasa manisnya.

Biasanya, pecel disajikan dengan lauk bakwan jagung, tempe goreng, atau telur ceplok. Di Malang, pecel juga biasanya disajikan dengan lauk tempe mendol sebagai pengganti tempe goreng. Tempe mendol memiliki bumbu yang lebih sedap sehingga cocok jika menyantapnya dengan bumbu pecel.

Nasi Urap-Urap

Tempe mendol dimakan bersama nasi urap-urap (Sumber: Instagram)

Nasi urap-urap adalah nasi yang terdiri dari berbagai sayuran rebus. Orang-orang biasa menyebutnya sayur urap-urap. Sayur urap-urap biasanya terdiri dari tauge, kangkung, daun singkong atau daun pepaya, dan kacang panjang, bercampur dengan kelapa parut dengan bumbu dan rempah khas.

Selain lauk bakwan jagung dan tahu, di Malang nasi urap-urap  juga disajikan dengan lauk tempe mendol. Rasa tempe mendol nikmat dan teksturnya krispi dan mudah hancur, oleh karena itu, cocok menikmatinya dengan cara dihancurkan dan diurap (dicampur) juga menjadi satu kesatuan dengan nasi urap-urap.

Baca juga: Resep Rawon Daging Enak dan Empuk Khas Jawa Timur

Itulah tadi informasi mengenai resep tempe mendol dan makanan yang cocok dimakan dengan tempe mendol. Resep tempe mendol tersebut cukup sederhana dan semua orang bisa mencobanya. Sobat kuliner juga bisa berkunjung ke Malang untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum mencoba resep tempe mendol agar dapat mengidentifikasi rasanya. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Tempe Mendol Pedas Malang, Cocok Disantap Pakai Nasi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending