1. Resep
  2. Tak Berkategori

Punya 1 KG Terigu? Yuk, Bikin Stik Bawang Pakai Resep Ini!

Memakan makanan ringan merupakan hal yang sulit untuk dihindari. Saat sedang menonton, membaca buku, bermain sosial media maupun sedang bekerja selalu tersedia makanan ringan di sekitar kita. 

Selain menjadi teman untuk bersantai makanan ringan sering dijadikan makanan pelengkap untuk menyantap makanan berat. Hidangan berat tersebut kerap ditambahkan makanan ringan guna menambah selera dan memperkaya citarasa. 

Salah satu jenis makanan ringan yang sudah tidak asing didengar adalah stik bawang. Tahukah kalian kalau membuat resep stik bawang sendiri hanya membutuhkan 1 kg terigu saja loh! Kuliner Kota akan membocorkan resep stik bawang 1 kg terigu untuk kalian semua nih, Yuk simak selengkapnya! 

Stik Bawang, Camilan Lezat Pilihan di Waktu Santai. 

Stik Bawang Gurih (Sumber: dluz club)
Stik Bawang Gurih (Sumber: dluz club)

Resep stik bawang yang akan Kuliner Kota bahas kali ini selain menjadi referensi untuk membuat camilan namun bisa juga dijadikan sebuah ide usaha juga loh. Dengan mengetahui resep tersebut dapat menambah sumber penghasilan atau bahkan membuka usaha sendiri. 

Stik bawang adalah salah satu jenis camilan yang tidak pernah termakan usia. Camilan ini digemari oleh semua usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Sangat cocok untuk mengisi waktu santai, berkumpul dengan keluarga hingga menjadi suguhan untuk tamu. 

Bahan-bahan yang digunakan untuk resep stik bawang renyah ini dipastikan murah dan mudah ditemukan. Tidak perlu persiapan yang ribet atau pergi ke supermarket besar, sebab bahan-bahan yang digunakan umumnya sudah tersedia di dapur. Selain itu, resep stik bawang ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi anak – anak. 

Kandungan Gizi dan Kalori dalam Stik Bawang

Nikmatnya Stick Bawang yang Renyah dan Gurih (Sumber: Detik Food)
Nikmatnya Stick Bawang yang Renyah dan Gurih (Sumber: Detik Food)

Sebelum membahas terkait resep dan cara membuat stik bawang, Kuliner Kota akan memberikan informasi tentang kandungan gizi dan kalori dalam camilan tersebut. Bagi kalian yang sedang mengatur pola makan untuk menjaga berat badan dipastikan mengetahui kedua hal tersebut adalah hal yang wajib. 

Seperti yang sudah tertulis pada judul artikel ini, resep stik bawang yang akan diberikan mempunyai bahan dasar berupa terigu sebesar 1kg. Dimana kandungan dalam terigu memiliki jumlah kalori yang pastinya tidak sedikit. Jumlah yang tidak sedikit tersebut apabila ditambah dengan bahan – bahan lainnya akan memberikan kalori yang lebih tinggi. 

Menurut sumber berikut jumlah kandungan gizi dan kalori yang terkandung dalam 100 gram stik bawang: 

Energi 434 kkal 
Lemak Total 19.18g
Lemak Jenuh 9.145g
Lemak tak Jenuh Ganda 2.215g 
Lemak tak Jenuh Tunggal 6.416g
Kolesterol 42mg
Protein 5.04g
Karbohidrat 60.25g
Serat 1.3g
Gula 1.38g
Sodium 67mg
Kalium 57mg

Dalam 100 gram stik bawang terdapat 434 kalori, 19.18 gram lemak, 60.25 gram karbohidrat dan 5.04 gram protein. Untuk rincian kalorinya adalah 40% lemak, 56% karbohidrat dan 5% protein. 

Selain ketiga kandungan diatas sumber lain menyebutkan bahwa stik bawang juga mengandung beberapa vitamin. Vitamin tersebut diantaranya sebagai berikut: 

Vitamin A5 IU
Vitamin B1 0.07 mg 
Vitamin C0 mg 

Setelah mengetahui kalori dan kandungan yang terkandung dalam camilan ini para pembaca Kuliner Kota tidak perlu khawatir lagi untuk membuat resep stik bawang dirumah. Dipastikan camilan tersebut aman dikonsumsi karena kita sendiri yang membuat dan tahu prosesnya. 

Namun perlu dicatat bahwa penelitian pada stik bawang berbeda dapat menghasilkan hasil yang berbeda juga, hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Baik dari bahan baku yang digunakan, penambahan bahan lain serta proses memasak yang berbeda. 

Resep Stik Bawang Renyah dan Gurih 1kg Terigu

Membuat resep stik bawang renyah dan gurih hanya membutuhkan bahan – bahan sederhana yang pastinya sudah tersedia di dapur. Jikalau harus ada yang dibeli terlebih dahulu pastinya mudah ditemukan di minimarket atau toko terdekat. 

Berikut merupakan bahan – bahan yang perlu disiapkan untuk membuat resep stik bawang 1 kg terigu: 

Recipe By Kuliner Kota
Course: Snack Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

15 minutes

Preparing Time

20 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

434 kcal

INGREDIENTS

  1. 1 kg tepung terigu

  2. 250 gram tepung kanji 

  3. 150 gram margarin

  4. 4 butir telur 

  5. 2 gelas santan

  6. 6 siung bawang putih 

  7. ½ sendok makan baking powder

  8. 1 sendok makan garam 

  9. ½ sendok teh kaldu bubuk 

DIRECTION

  1. Campur tepung terigu, garam,  tepung kanji  dan  kaldu bubuk. Aduk hingga rata

  2. Masukan margarin, bawang putih yang dihaluskan, telur, santan, dan baking powder.

  3. Campurkan semua bahan lalu uleni hingga kalis

  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit

  5. Bagi adonan ke beberapa bagian, selanjutnya gilas tipis adonan – adonan yang sudah dibagi tersebut

  6. Kemudian potong – potong panjang adonan yang telah digilas hingga berbentuk stik memanjang

  7. Panaskan minyak goreng 

  8. Lalu goreng stik bawang sampai kuning kecoklatan

  9. Setelah warna berubah seperti yang sudah disebutkan tandanya stik bawang sudah matang

  10. Angkat dan tiriskan stik bawang tersebut.

NOTES

    Setelah stik bawang yang digoreng tersebut dingin, simpan di toples kedap udara guna mencegah stik tersebut tidak gampang melempem. Akhirnya camilan murah meriah siap untuk dimakan. <br>

Baca juga: Resep Cheese Stick yang Gampang Dibuat, Gurih & Renyah

Demikian resep stik bawang yang Kuliner Kota berikan. Bagaimana ada yang tertarik mencoba untuk camilan dirumah atau sebagai ide bisnis baru? Baca terus artikel Kuliner Kota lainnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Punya 1 KG Terigu? Yuk, Bikin Stik Bawang Pakai Resep Ini!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]