1. Resep

Resep Seblak Kuah Khas Bandung Ala Rumahan yang Praktis

Bagi kalian pecinta makanan khas Bandung pasti sudah tidak asing dengan resep seblak kuah. Selain punya cita rasa yang nikmat, proses resep ini sangat mudah dan dapat menghasilkan cita rasa yang khas.

Untuk itu, bagi kamu yang penasaran akan hidangan spesial ini, Kuliner Kota sudah menyiapkan resep seblak kuah pedas khas Bandung praktis yang pastinya mudah dibuat. Tapi sebelum kamu membuatnya di rumah, yuk intip asal usul seblak maupun kandungan gizi yang ada pada seblak dalam artikel berikut ini.

Asal Usul Resep Seblak Kuah Bandung, Pedas & Nikmat Bikin Ketagihan

Daftar Isi

Meski penggemar seblak sudah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia, namun ternyata belum banyak yang mengetahui asal usulnya, lho. Bahkan masih banyak orang yang salah memahami dan menganggap bahwa seblak adalah bentuk makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus.

Fakta sebenarnya, nama seblak sendiri berarti bumbu yang berbahan dasar kencur atau cikur. Karena bumbu ini digunakan dan dimasak bersama kerupuk, maka muncullah seblak kerupuk. Tidak heran jika masyarakat Bandung cenderung menamai seblak sesuai dengan jenis isinya, contohnya seblak mie, seblak ceker, dll.

Seblak Kuah (sumber: @numpangsaveresep on Instagram)
Seblak Kuah (sumber: @numpangsaveresep on Instagram)

Sebagian orang juga berpendapat jika seblak aslinya adalah makanan yang berasal dari Jawa Tengah. Itu karena kemiripan seblak dengan krupuk godog, makanan khas Jawa Tengah yang juga terbuat dari kerupuk rebus.

Krupuk godog dianggap sebagai asal usul dari seblak karena makanan ini sudah dikenal lebih dulu, tepatnya sejak tahun 1940-an. Sedangkan, di daerah Jawa Barat sendiri seblak baru muncul pada tahun 2000-an.

Meski begitu, hingga saat ini tidak ada yang dapat menyimpulkan dengan pasti dari mana asal usul seblak sebenarnya. Yang jelas, seiring dengan kepopulerannya, seblak pun terus berkembang. Mulai dari munculnya resep seblak kuah dan kering, lalu adanya berbagai tingkatan kepedasan, hingga beragamnya jenis isian seblak. Menarik, bukan?

Kandungan Nutrisi & Kalori Seblak

Setelah menyimak asal usul dan fakta seputar seblak, kamu juga wajib tahu tentang kandungan gizi serta kalori seblak. Jika dilihat dari situs Fatsecret Indonesia, tercatat bahwa dalam satu mangkok seblak terdapat 315 kkal.

Dengan jumlah kalori yang cukup tinggi, kamu harus berhati-hati dalam mengkonsumsi seblak. Usahakan untuk menghindari konsumsi secara berlebih karena dapat meningkatkan resiko naiknya berat badan dan terjadinya penyakit kronis seperti serangan jantung atau stroke.Tapi tidak perlu khawatir, selama kamu mengkonsumsi seblak dalam jumlah yang wajar dan dibarengi dengan olahraga rutin, maka tidak akan ada masalah. 

tidak hanya kalori, seblak juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti 9.77 gram protein, 15.97 gram lemak, 37.38 gram karbohidrat, 662 miligram sodium, dan 567 miligram kalium.

Resep Seblak Kuah Pedas Khas Bandung

Akhirnya kita sampai pada pembahasan yang kamu tunggu-tunggu nih, Sobat Kuliner. Di sini Kuliner Kota akan mengajakmu untuk melihat resep seblak kuah pedas dan cara membuatnya yang simpel dan praktis. Soal rasa, dijamin asli khas Bandung. Langsung saja, yuk simak resepnya di bawah ini.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Appetizer Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

10 minutes

Preparing Time

25 minutes

Cooking Time

15 minutes

Calories

315 kcal

INGREDIENTS

  1. 50 gram kerupuk aci

  2. 50 gram makaroni spiral

  3. 5 butir bakso, potong-potong

  4. 2 buah mie keriting 

  5. 2 butir telur

  6. 3 batang sawi hijau, potong-potong

  7. 1 batang daun bawang, iris

  8. 6 siung bawang putih

  9. 8 siung bawang merah

  10. 6 buah cabai merah

  11. 8 buah cabai rawit

  12. 3 butir kemiri

  13. 2 cm kencur

  14. 1 sdm cabai bubuk

  15. 1 sdt garam

  16. 1 sdt kaldu bubuk

  17. 1 liter air

  18. Minyak goreng

DIRECTION

  1. Rebus kerupuk dan makaroni hingga melunak, setelah itu tiriskan.

  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, kemiri, dan kencur bersama garam serta kaldu bubuk. Untuk bumbu seblak kuah ini bisa kamu haluskan menggunakan  blender ataupun ulekan biasa.

  3. Panaskan sedikit minyak di wajan, kemudian tumis bumbu seblak kuah hingga matang.

  4. Masukkan telur lalu orak-arik dan aduk bersama bumbu.

  5. Jika bumbu sudah benar benar matang, tuangkan air lalu tambahkan bakso, mie, cabai bubuk, dan daun bawang. Aduk kembali hingga rata dan mendidih.

  6. Masukkan kerupuk dan makaroni yang sudah lunak, aduk dan tunggu sebentar hingga bumbunya sedikit menyerap.

  7. Resep seblak pedas khas Bandung selesai.

NOTES

    Baca juga: 8 Cara Membuat Seblak Enak dan Mudah Dibuat Ala Rumahan

    Nah, itulah tadi pembahasan mengenai seblak kuah, mulai dari asal usul, kandungan kalori, hingga resepnya yang mudah dan praktis. Dengan begitu, sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk menikmati seblak kuah, bukan? Yuk, segera coba resepnya di rumah.

    Tidak ada komentar

    Komentar untuk: Resep Seblak Kuah Khas Bandung Ala Rumahan yang Praktis

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      ARTIKEL TERBARU

      Trending