1. Resep
  2. Tak Berkategori

Resep Kapurung, Kuliner Lezat Sulawesi Selatan & Cara Membuat

Suka dengan makanan yang sederhana dan menyegarkan? Itu artinya kamu wajib mencoba makanan khas Sulawesi Selatan yang bernama “kapurung”. Cara membuat kapurung ini mudah dan praktis, loh, kamu pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Ingin mencobanya? Yuk, ikuti resep kapurung di bawah ini!

Mengenal Kapurung, Kuliner Asam Bercampur Gurih dari Palopo

Kapurung, Kuliner Asam Bercampur Gurih dari Palopo (sumber: @mamaettty on Instagram)
Kapurung, Kuliner Asam Bercampur Gurih dari Palopo (sumber: @mamaettty on Instagram)

Kapurung adalah makanan yang berasal dari daerah Luwuk, Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Makanan ini sangat disukai masyarakat setempat karena rasanya yang sederhana dan menyegarkan. Adanya migrasi penduduk juga menjadi faktor penting yang membuat kapurung akhirnya dikenal luas oleh masyarakat Sulawesi Selatan (khususnya daerah Makassar, Toraja, dan Mamuju).

Resep kapurung asli Palopo menggunakan bahan-bahan hasil alam yang sederhana, seperti: sagu yang diambil langsung dari pohon, sayuran segar yang ditanam warga sekitar, dan ikan atau udang segar yang baru ditangkap. Namun, seiring dengan kepopulerannya, kapurung terus berkembang. Sekarang kamu bisa membuat kapurung dari tepung sagu di supermarket atau mengganti isian ikan dengan ayam.

Yang menarik, penggunaan sagu pada resep kapurung membuat makanan ini baik untuk pencernaan. Bukan hanya itu, beragam sayuran yang ada di dalamnya juga mengandung segudang nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh.

Kapurung juga memiliki nama yang berbeda di beberapa daerah, contohnya di Maluku makanan ini lebih dikenal dengan nama Papeda. Sedangkan di tempat asalnya, Luwuk, kapurung juga terkenal dengan sebutan Pagalu.

Tempat Menikmati Kuliner Kapurung Makassar di Indonesia

Tempat Menikmati Kuliner Kapurung Makassar di Indonesia (sumber: @dapoer_sammulia on Instagram)
Tempat Menikmati Kuliner Kapurung Makassar di Indonesia (sumber: @dapoer_sammulia on Instagram)

Di Makassar, kapurung sangat mudah untuk didapatkan. Kamu cukup mengunjungi salah satu warung makan lokal yang ada di pinggir-pinggir jalan saja. Biasanya mereka menyajikan kapurung dengan tambahan lain, seperti kapurung ayam, kapurung ikan, dan kapurung udang. Ada beberapa rumah makan yang sangat terkenal dengan kapurung Makassar-nya yang lezat. Penasaran? Berikut adalah daftarnya.

Harga satu porsi kapurung di berbagai rumah makan berkisar sekitar Rp. 15.000. Relatif murah, bukan? Namun, harga ini bisa saja berbeda tergantung dengan bahan tambahan apa yang ditawarkan untuk menu kapurung.

Kandungan Nutrisi dan Kalori dalam Makanan Kapurung

Nutrisi dan Kalori dalam Makanan Kapurung (sumber: @ngemil_lucu on Instagram)
Nutrisi dan Kalori dalam Makanan Kapurung (sumber: @ngemil_lucu on Instagram)

Berdasarkan situs Fatsecret Indonesia, satu porsi makanan Kapurung memiliki kalori sebesar 397 kkal, lemak 9.84 gram, protein 24.77 gram, dan karbohidrat 54.08 gram. Selain itu, kapurung Palopo juga mengandung 753 miligram sodium dan 781 miligram kalium. Secara rinci, makanan yang satu ini terdiri dari 22% lemak, 54% karbohidrat, dan 255 protein.

Resep Kapurung Agar Bisa Membuat Sendiri di Rumah

Berikut adalah resep kapurung Palopo lezat yang kaya akan rasa. Cara membuat kapurung juga sangat mudah sehingga kamu pasti bisa membuatnya sendiri di rumah.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Main Course Cusine:Indonesian Difficulty:Medium

Servings

10 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

397 kcal

INGREDIENTS

  1. 200 gram tepung sagu

  2. 500 ml air

  3. 1 buah jeruk nipis, potong pinggirannya

  4. Bahan Ikan Kuah Kuning:

  5. 1 ekor ikan bandeng, bagi 3

  6. 100 ml air

  7. 50 ml air asam jawa

  8. ¼ sdt garam

  9. ¼ sdt kunyit bubuk

  10. Bahan Sayur Bening:

  11. 7 batang kacang panjang, potong per 3 cm

  12. 2 ikat bayam, siangi daunnya

  13. 3 buah jagung, pipil

  14. Bumbu halus:

  15. 6 buah cabai rawit

  16. 7 sdm kacang tanah, goreng

  17. 2 buah tomat

  18. 1 sdm kaldu bubuk

  19. Garam secukupnya

DIRECTION

  1. Masak ikan dengan air asam dan kunyit bubuk, tambahkan juga air, lalu  biarkan hingga mendidih dan matang.

  2. Pisahkan ikan dari kuah kuning, kemudian buang durinya.

  3. Ulek atau tumbuk daging ikan bersama kacang tanah, tomat, cabai rawit, kaldu bubuk, dan sedikit garam.

  4. Sementara itu, rebus air sampai mendidih, masukkan jagung yang sudah dipipil.

  5. Tambahkan sayuran lainnya dan masak hingga semua bahan matang.

  6. Buat bola-bola sagu: campur tepung sagu dan air, panaskan di atas api sedang, aduk terus hingga teksturnya menjadi lengket dan kenyal.

  7. Matikan kompor lalu mulai bentuk adonan menjadi bulat dengan bantuan sendok.

  8. Masukkan bola-bola sagu langsung ke dalam kuah kuning.

  9. Siapkan sebuah wadah besar, campur bola-bola sagu kuah kuning dengan sayur bening.

  10. Masukkan juga campuran ikan dan bumbu halus, kemudian aduk hingga merata.

  11. Resep kapurung selesai dan siap disajikan dengan potongan jeruk nipis.

NOTES

    Baca juga: 29 Makanan Khas Makassar yang Terkenal Menggugah Selera

    Itulah resep kapurung Palopo, makanan khas Makassar yang memiliki sejuta rasa. Dengan cara bikin kapurung yang sudah dijelaskan di atas, kamu tidak perlu bingung lagi saat membuatnya di rumah. Bahan-bahannya pun sangat sederhana dan mudah didapat. Jadi, pastikan kamu mencatat resep dan mencoba menu makanan kapurung ini ya!

    Tidak ada komentar

    Komentar untuk: Resep Kapurung, Kuliner Lezat Sulawesi Selatan & Cara Membuat

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      ARTIKEL TERBARU

        Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

      Trending

      Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
      Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
      Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]