1. Resep

Resep Leker Teflon Rumahan Praktis & Krispi, Anti Gagal!

Leker adalah jajanan tradisional yang sekilas memiliki bentuk mirip dengan crepes. Teksturnya renyah dan kamu bisa mengisinya dengan berbagai topping menarik, seperti keju, meses, atau bahkan sosis. Tertarik dengan resep leker? Sebelumnya, simak dulu yuk pembahasannya di bawah ini!

Leker, Jajanan Tradisional Sejak Zaman Belanda

Makanan leker bisa dibilang lahir dan berkembang di Kota Solo. Muncul sejak zaman penjajahan, dulunya makanan ini dibuat sebagai versi ekonomis dari pancake yang biasa dimakan oleh orang-orang Eropa di Hindia-Belanda. Dengan bentuk yang lebih tipis, tekstur leker pun menjadi jauh lebih renyah.

Di Surabaya, leker juga cukup digemari. Hanya saja masyarakat di sana biasa menyebut leker dengan sebutan kue pisang. Itu karena leker khas Surabaya seringkali menggunakan potongan pisang, coklat, gula pasir, dan susu kental manis sebagai topping-nya.

Perbedaan Leker dan Crepes

Sekilas leker dan crepes memang terlihat mirip, namun ternyata kedua makanan ini mempunyai beberapa perbedaan lho, Sobat Kuliner. Apa saja kira-kira perbedaannya itu? Yuk, simak langsung pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Perbedaan Leker dan Crepes (sumber: @makanmana on Instagram)
Perbedaan Leker dan Crepes (sumber: @makanmana on Instagram)

1. Asal Usul

Resep leker dan crepes memiliki asal usul yang berbeda. Jika resep leker berasal dari Indonesia, tepatnya Kota Solo dan Surabaya, resep crepes sendiri justru berasal dari Kota Bretagne yang berada di Perancis. Kata crepes bahkan diambil langsung dari bahasa latin, yaitu “crispa” yang berarti keriting.

Sedangkan, leker berasal dari kata “lekker” yang merupakan Bahasa Belanda untuk istilah enak atau lezat. Kata ini digunakan karena banyak orang Belanda yang menyukai makanan yang satu ini. Hal ini terlihat dari kebiasaan mereka yang selalu mengatakan “lekker!” setelah selesai makan.

2. Cara Pembuatan

Seperti yang kita tahu, resep kue leker adalah salah satu resep makanan tradisional yang legendaris. Hal ini tidak terlepas dari cara pembuatannya yang unik. Cara membuat leker tradisional asli biasanya akan memutar-mutar wajan secara manual. Tujuannya adalah untuk menghasilkan leker yang renyah dan matang secara merata.

Cara tradisional ini tentu tidak digunakan untuk membuat crepes. Dengan peralatan yang lebih canggih, makanan ini umumnya dimasak menggunakan kompor listrik dengan api yang lebih stabil.

3. Bentuk

Saat pertama kali melihatnya, Sobat Kuliner mungkin merasa bahwa leker dan crepes sangat mirip. Namun, umumnya leker memiliki bagian pinggir yang lebih tipis dari bagian tengahnya. Hal ini berbeda dengan crepes yang tebalnya cenderung lebih merata.

Bukan hanya itu, cara melipat kedua makanan ini pun berbeda. Leker biasanya hanya dilipat satu kali, sedangkan crepes di Indonesia biasanya memiliki lebih dari satu lipatan dari ukurannya yang cenderung lebih besar.

Kandungan Nutrisi & Kalori Leker 

Makanan leker mengandung kalori sebesar 90 kkal. Terdapat juga 19.1 gram karbohidrat, 1.07 gram lemak, 1.33 gram protein, dan 183 miligram sodium.

Resep Leker Teflon Rumahan Isi Keju Coklat

Berikut adalah resep dan cara membuat leker manis yang praktis dan pastinya bisa kamu buat sendiri di rumah. Meski menggunakan bahan dan peralatan yang sederhana, hasil dari resep leker teflon rumahan ini tetap tidak kalah lho dengan yang biasa dijual. Jadi, pastikan kamu mencobanya, ya!

Recipe By Kuliner Kota
Course: Snack Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

10 minutes

Preparing Time

20 minutes

Cooking Time

15 minutes

Calories

90 kcal

INGREDIENTS

  1. 120 gram tepung beras

  2. 200 ml air

  3. 40 gram tepung maizena

  4. 2 sdm tepung terigu

  5. 6 sdm gula pasir

  6. 27 gram susu bubuk full cream

  7. 1 butir telur

  8. ½ sdt baking soda

  9. Keju dan meses coklat secukupnya

DIRECTION

  1. Campurkan tepung beras dengan tepung maizena dan tepung terigu.

  2. Tambahkan susu bubuk, gula, dan garam, aduk hingga tepung tercampur.

  3. Tuangkan air secara perlahan sambil aduk terus adonan, kemudian masukkan telur dan baking soda.

  4. Aduk kembali selama beberapa saat agar baking sodanya bereaksi.

  5. Saring adonan agar tidak ada tepung yang menggumpal (opsional).

  6. Panaskan teflon anti lengket di atas api kecil, olesi adonan di permukaan teflon menggunakan kuas (adonan bisa juga dituangkan dengan cara biasa, namun pastikan buat setipis mungkin).

  7. Beri isian berupa keju dan meses, setelah itu tunggu hingga lekker mengering.

  8. Lipat dan angkat leker dari teflon.

  9. Resep leker teflon manis rumahan selesai.

NOTES

    Resep Leker Teflon Asin Isi Sosis 

    Setelah menyimak cara membuat leker teflon manis di atas, kamu juga tidak boleh melewatkan resep leker asin isi sosis yang satu ini. Tenang, resep ini sama mudahnya dan kamu juga bisa menggunakan teflon yang dijamin praktis abis!

    Recipe By Kuliner Kota
    Course: Snack Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

    Servings

    10 minutes

    Preparing Time

    20 minutes

    Cooking Time

    15 minutes

    Calories

    90 kcal

    INGREDIENTS

    1. 85 gram tepung terigu

    2. 35 gram tepung tapioka

    3. 20 gram tepung beras

    4. 1 sdm mentega cair

    5. 2 butir telur

    6. 2 buah sosis

    7. 1 batang daun bawang, iris

    8. ¼ sdt baking powder

    9. ½ sdt garam

    10. Saus cabai dan mayonaise secukupnya

    DIRECTION

    1. Aduk tepung terigu dengan tepung tapioka, dan tepung beras.

    2. Beri garam, baking powder, dan sebutir telur kemudian aduk hingga merata.

    3. Tuangkan mentega cair, lalu aduk kembali.

    4. Panaskan teflon dengan api kecil, olesi permukaannya dengan adonan leker atau langsung saja tuang adonan secukupnya kemudian tipiskan.

    5. Beri sebutir telur dan irisan bawah merah di atasnya, orek-orek hingga telur hancur.

    6. Masukkan sosis utuh lalu hancurkan dengan garpu, setelah itu beri mayonaise dan saus.

    7. Lipat leker dan sajikan di piring.

    8. Resep leker teflon asin selesai.

    NOTES

      Baca juga: 5 Resep Selat Solo yang Praktis + Cara Membuat Kuahnya, Mudah Kok!

      Itulah resep leker teflon manis dan asin lengkap dengan cara membuat serta fakta gizinya. Yuk, segara coba semua resep di atas dan pastikan makanan tradisional yang satu ini tetap dikenal oleh generasi Indonesia berikutnya. Selamat mencoba ya, Sobat Kuliner!

      Tidak ada komentar

      Komentar untuk: Resep Leker Teflon Rumahan Praktis & Krispi, Anti Gagal!

        Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

        ARTIKEL TERBARU

        Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
        Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

        Trending