10 Menu Angkringan Kekinian Murah Meriah, Dijamin Kenyang!

10 Menu Angkringan Kekinian Murah Meriah, Dijamin Kenyang! (sumber: MEDIAINI)
10 Menu Angkringan Kekinian Murah Meriah, Dijamin Kenyang! (sumber: MEDIAINI)
Daftar isi

Sudah pernah makan di angkringan? Kalau belum, kamu harus segera mencobanya! Namun, sebelum itu simak dulu informasi seputar menu angkringan kekinian yang telah Kuliner Kota rangkum spesial untuk kamu. Simak sampai selesai, ya!

Angkringan, Tempat Makan Murah Meriah Dijamin Puas! 

Pasti kamu sudah tidak asing dengan kata angkringan, bukan? Namun sebenarnya, apa sih angkringan itu? Angkringan adalah sebutan untuk tempat jualan makanan keliling dengan pikulan yang membentuk lengkungan ke atas. Tempat ini biasanya ditaruh pada sebuah gerobak yang didorong melewati pinggiran jalan di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Solo.

Tempat makan ini biasanya buka mulai sore hingga dini hari. Selain berkeliling, saat ini sudah banyak juga angkringan yang mangkal di satu tempat tertentu. Biasanya para penjual akan menggunakan terpal untuk melindungi gerobaknya sekaligus menjadi tempat para pengunjung untuk makan dan berteduh.

Suasana makan di angkringan sangat terasa seru dan dekat. Tak sedikit para pengunjung yang suka berlama-lama di suatu angkringan hanya untuk mengobrol santai. Apalagi menu angkringan pun dijual dengan harga yang serba murah, pengunjung pun tak perlu khawatir lagi masalah biaya.

Daftar Menu Angkringan Kekinian

Berikut adalah daftar menu angkringan Jogja dan Solo yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah meriah.

Artikel Terkait

1. Tempe Mendoan

Menu Angkringan: Tempe Mendoan (sumber: @imahbabaturan on Instagram)
Tempe Mendoan (sumber: @imahbabaturan on Instagram)

Siapa sih yang tidak mengenal olahan tempe satu ini? Berasal dari wilayah Banyumas, mendoan hadir sebagai menu angkringan wajib yang banyak diburu pengunjung. Rasanya gurih dan sangat nikmat jika dimakan bersama sepiring nasi.

Keunikan dari gorengan tempe ini terletak pada hasilnya yang cenderung lembek dan setengah matang, sangat berbeda dengan jenis gorengan lain yang biasanya justru kering dan renyah. Fakta ini sesuai dengan asal namanya, mendo yang berarti setengah matang dalam Bahasa Banyumas.

Tempe mendoan populer bukan hanya di kalangan para penikmat angkringan saja lho, Sobat Kuliner. Bahkan saat ini ada tempe khusus yang berukuran sangat tipis khusus untuk membuat mendoan.

Selain lezat, menu angkringan Jogja yang satu ini juga sangat terjangkau. Umumnya, kamu sudah bisa menyantap satu buah tempe mendoan dengan kocek Rp.500 saja. Meski begitu, ada juga yang menjualnya dengan harga satuan Rp1.000 atau Rp2.000 untuk tiga buah.

Baca Juga:  12 Makanan Khas Padang yang Populer dan Menggoyang Lidah

2. Aneka Bacem

Menu Angkringan: Aneka Bacem (sumber: @makgadiis on Instagram)
Aneka Bacem (sumber: @makgadiis on Instagram)

Kebanyakan makanan khas Jawa memang memiliki cita rasa yang manis, tidak terkecuali bacem. Buat kamu yang belum tahu, bacem sebenarnya adalah cara mengolah makanan dengan merendamnya dalam air gula atau garam. Awalnya, teknik ini bertujuan agar bahan makanan bisa bertahan lebih lama.

Ada banyak bahan makanan yang bisa dibuat bacem, namun yang paling populer di masyarakat adalah tempe dan tahu. Karena murah dan mudah didapat, tempe serta tahu bacem pun hampir selalu menjadi salah satu menu angkringan andalan.

Di beberapa angkringan juga menyediakan pilihan bacem lain, seperti ayam bacem. Rasa manis dari bumbu dan gurihnya ayam kerap kali menjadi incaran para pengunjung yang ingin makan enak dengan budget terbatas.

Harga untuk ayam bacem biasanya dihitung per potong, misal untuk satu potong paha dihargai Rp5.000 dan Rp3.500 untuk satu potong sayap. Sedangkan, satu potong besar tempe atau tahu bacem umumnya dibanderol dengan harga Rp2.000.

3. Sego Kucing

Menu Angkringan: Sego Kucing (sumber: @banususanto on Instagram)
Sego Kucing (sumber: @banususanto on Instagram)

Bisa dibilang, sego kucing atau yang lebih akrab dikenal sebagai nasi kucing ini merupakan menu angkringan Jogja legendaris. Itu karena kamu bisa menemuinya di hampir seluruh angkringan. Yang menjadikan menu ini spesial adalah harganya yang kelewat murah.

Untuk satu porsinya, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp1.000 hingga Rp3.000 saja. Sangat murah, bukan? Soal rasa, kamu juga tidak perlu khawatir. Menu angkringan kekinian ini terdiri dari nasi lengkap dengan lauk, seperti ikan bandeng dan tempe yang lezat. Ada juga yang menambahkannya dengan telur atau ayam.

Asal usul nama sego kucing atau nasi kucing sendiri berasal dari ukuran porsinya yang kecil. Jika dilihat sekilas, menu ini terlihat seperti makanan untuk kucing. Namun, sekalipun kecil, harganya yang murah tetap membuatnya laku diburu pelanggan.

4. Tahu Isi

Tahu Isi (sumber: @kokobuncit on Instagram)
Tahu Isi (sumber: @kokobuncit on Instagram)

Selain mendoan, kamu juga bisa menemukan gorengan tahu isi di daftar menu angkringan kekinian. Isi dari gorengan ini biasanya menggunakan campuran dari berbagai sayuran, seperti tauge, wortel, dan kol.

Teksturnya yang kriuk di luar membuat tahu isi menjadi alternatif terbaik jika kamu bosan dengan tempe mendoan. Dari segi harga, tahu isi juga sama murahnya, yaitu sekitar Rp1.000-Rp2.000 per satu potong.

Baca Juga:  16 Makanan Khas Pekanbaru Terkenal Enak Banget#

5. Oseng Soun

Oseng Soun (sumber: @shareresepmasakan on Instagram)
Oseng Soun (sumber: @shareresepmasakan on Instagram)

Menu angkringan berikut ini biasanya kamu temukan di berbagai angkringan Solo. Terbuat dari bihun yang dimasak bersama bumbu kecap dan cabai hijau, oseng soun adalah teman makan nasi yang wajib kamu coba saat pergi ke angkringan. Penambahan cabai hijau juga dijamin akan membuat nafsu makanmu meningkat!

6. Cengkaruk

Cengkaruk (sumber: @solonyaman on Instagram)
Cengkaruk (sumber: @solonyaman on Instagram)

Sudah tahu apa itu cengkaruk? Makanan yang satu ini berasal dari nasi kering yang digoreng hingga bertekstur crispy. Nama cengkaruk sendiri berasal dari cara ‘mencaruk’ atau cara makan dengan menggenggamnya dalam jumlah banyak. Alih-alih menjadi makanan berat, ‘nasi goreng’ khas Solo ini lebih cocok untuk kamu jadikan camilan.

Cengkaruk umumnya dijual dalam kemasan plastik kecil. Kamu bisa menemukannya di angkringan ataupun warung biasa dengan harga jual Rp500-Rp2.000 saja.

7. Aneka Sate Angkringan

Aneka Sate Angkringan (sumber: @banususanto on Instagram)
Aneka Sate Angkringan (sumber: @banususanto on Instagram)

Pergi ke angkringan rasanya kurang lengkap bila tidak mencoba aneka sate. Hidangan ini memang acap kali menjadi sasaran para pengunjung karena rasanya yang lezat namun terjangkau. Kamu juga tidak perlu khawatir karena ada begitu banyak jenis sate yang biasa dijual di angkringan, jadi kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan seleramu. Berikut adalah beberapa contohnya.

Sate Telur Puyuh

Sate Telur Puyuh (sumber: @mayfang28 on Instagram)
Sate Telur Puyuh (sumber: @mayfang28 on Instagram)

Sate yang menggunakan telur puyuh sebagai bahan utamanya ini memiliki rasanya yang cenderung manis. Itu karena sate ini diolah menggunakan bumbu kecap atau bacem, sebelum akhirnya dibakar di atas bara. Satu tusuknya biasa berisi 3-5 butir telur puyuh dan dijual dengan harga Rp2.000 saja.

Sate Kerang

Sate Kerang (sumber: @plgfoodmafia on Instagram)
Sate Kerang (sumber: @plgfoodmafia on Instagram)

Menu angkringan kekinian ini terbuat dari kerang yang dimasak dengan bumbu pedas manis. Setelah itu, kerang baru dibakar seperti sate pada umumnya. Jika kamu pecinta seafood, harus banget deh mencoba sate kerang ini. Harga per tusuknya pun sangat murah, hanya Rp1.000 saja. 

Sate Usus Ayam

Sate Usus Ayam (sumber: @resep_masakan_emak on Instagram)
Sate Usus Ayam (sumber: @resep_masakan_emak on Instagram)

Di beberapa angkringan, kamu akan menemukan sate usus ayam yang disajikan dengan cara berbeda. Ada yang menggunakan bumbu pedas manis, balado, ataupun bumbu kuning biasa. Yang jelas, semua versi sate usus ayam ini sangat nikmat untuk dimakan bersama nasi nih, Sobat Kuliner! Satu tusuk sate usus rata-rata dihargai dengan kisaran Rp2.000-Rp3.000.

Sate Bakso Bakar

Sate Bakso Bakar (sumber: @kulinersoloenak on Instagram)
Sate Bakso Bakar (sumber: @kulinersoloenak on Instagram)

Sate bakso bakar adalah menu angkringan kekinian yang lezat untuk disantap bersama nasi kucing. Selain itu, sate yang satu ini juga enak untuk kamu jadikan camilan. Bumbu yang digunakan biasanya bumbu pedas manis, dan aromanya saat terbakar dijamin pasti akan menggugah selera.

Baca Juga:  32 Makanan Khas Malang yang Terkenal Enak Menggoyang Lidah

Sate Jeroan

Sate Jeroan (sumber: @taichansenayan.plg on Instagram)
Sate Jeroan (sumber: @taichansenayan.plg on Instagram)

Bukan hanya usus, jeroan ayam lainnya juga biasa disajikan sebagai menu angkringan kekinian, di antaranya ada ati ampela, paruh, ceker, dan kepala. Aneka sate jeroan ini dijual dengan harga miring dan pastinya lezat.

8. STMJ (Susu Telur Madu Jahe Rempah)

STMJ (sumber: @reystafauzia on Instagram)
STMJ (sumber: @reystafauzia on Instagram)

Setelah membahas tentang makanan, kita juga tidak boleh melewatkan menu minuman khas angkringan yang legendaris ini. Apalagi kalau bukan, STMJ atau Susu Telur Madu Jahe Rempah.

Minuman ini umumnya diincar pengunjung saat malam atau pagi hari, itu karena khasiatnya yang mampu menghangatkan tubuh. Selain itu, STMJ juga tergolong minuman yang menyehatkan karena menggunakan bahan-bahan alami, seperti jahe, cengkeh, madu, telur, dan susu. Satu gelas STMJ bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp10.000-Rp15.000 saja.

9. Wedang

Wedang (sumber: @resepherbalmujarab on Instagram)
Wedang (sumber: @resepherbalmujarab on Instagram)

Satu lagi menu angkringan yang ampuh sebagai penangkal dingin, yaitu wadang. Minuman ini terbuat dari jahe, serai, dan gula merah yang dimasak bersama daun pandan untuk menambah aromanya. Berbeda dengan STMJ yang menggunakan susu dan telur, harga wedang cenderung lebih murah, yaitu Rp3.000-Rp5.000 saja per gelasnya.

10. Teh Kampul

Teh Kampul (sumber: @angkringan_jabrik_borobudur on Instagram)
Teh Kampul (sumber: @angkringan_jabrik_borobudur on Instagram)

Teh kampul adalah nama lain dari sajian teh hangat dengan jeruk wedang yang manis. Minuman ini juga menjadi menu angkringan favorit karena rasanya yang menyegarkan. Kamu bisa menikmati segelas teh kampul dengan merogoh kocek sebesar Rp3.000 saja lho, Sobat Kuliner.

Daftar Harga Menu Angkringan 2022

Setelah mengetahui berbagai menu angkringan kekinian yang bisa kamu jumpai saat ini, yuk kita lihat rata-rata daftar harga menu angkringan terlengkap 2022 berikut.

Menu AngkringanHarga Rata-Rata
Tempe MendoanRp500-Rp1.000 per potong
Paha Ayam BacemRp5.000 per potong
Sayap Ayam BacemRp3.500 per potong
Kepala Ayam BacemRp1.000 per potong
Ceker Ayam BacemRp3.500 per potong
Tahu BacemRp2.000 per potong
Tempe BacemRp2.000 per potong
Sego Kucing / Nasi KucingRp1.000-Rp3.000 per porsi
Tahu IsiRp1.000-Rp2.000 per potong
CengkarukRp500-Rp2.000 per buah
Sate Telur PuyuhRp2.000 per tusuk
Sate KerangRp1.000 per tusuk
Sate Usus AyamRp2.000-Rp3.000 per tusuk
Sate Bakso BakarRp1.500 per tusuk
Sate JeroanRp2.000-Rp3.000 per tusuk
STMJRp10.000-Rp15.000 per gelas
WedangRp3.000-Rp5.000 per gelas
Teh KampulRp3.000 per gelas

Baca juga: 25 Kuliner Malam Jogja Ini Terkenal Enak & Murah Meriah

Itulah berbagai menu angkringan kekinian lengkap dengan harganya. Setelah mengetahui informasi di atas, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mencoba sensasi menyantap makanan di angkringan. Karena selain lezat dan nyaman, makan di angkringan  juga dijamin aman untuk kantong. Jadi, yuk buruan pergi ke angkringan terdekatmu!

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *